tp karena alm. papa seneng avanza jadilah kita beli avanza.
sekarang kmnya sudah 110k. spet hanya di bumper depan dan bodykit samping blkg. masih full ori untuk yg bagian metalnya.
Saya pernah piara banyak mobil, tapi Avanza paling berkesan buat saya. Karena mobil ini tidak pernah komplain dan bunyi apapun dari kakinya.
bahkan ketika empat sokrebekernya sudah mati total, dan kesisa pernya saja. setirnya jg sudah mulai agak speleng dan tie rodnya sudah agak loss.
Saya hampir beli rack steer assy, tp atas rekomendasi bengkel akastra mereka lebih rekomen saya ganti long dan end tie rod karena kondisi rack steernya masih sangat bagus
mobil ini juga cukup lama diam di garasi setelah papa ga ada, dan sudah 2 minggu ini saya restorasi full supaya bisa enak lagi dibawa.
Pelan2 saya restorasi bumper depannya yg penyok dan beli jaring ram bumper depan yg kiri bawah ilang. foglamp baru, sedang inden headlamp baru kiri kanan.
555 Japan (karena setelah saya liat barangnya justru lebih bagus drpd ori dan steeringnya berasa lebih "padat"):
End Tie Rod
Long Tie Rod
Link Stabilizer
Ori Toyota
Support depan
Bearing Roda
Bushing stabilizer (karet roti)
Lower Arm assy kiri kanan
Sok Tokico 4 roda, ini sok thanks to forum seraya. kalau anda jarang isi baris ketiga, ini sok the best sih. ga keras ga lembut, pas aja. kalau ber6, sayangnya ini amblas bgt. menurut saya ride qualitynya skrg lebih bagus drpd kondisi barunya dulu
Kondisi mesin juga masih sangat baik dengan 5w-30 masih jalan tanpa ada issue. tidak ada ngelitik karena mobil ini cuma minum oktan 95 dulu dan skrg selalu 98. mobil ini jg masih ada record di bengkel resmi dan sering menjadi pertanyaan orang2, kenapa masih mau servis ke bengkel resmi.
penggantian di sektor ini cuma selang power steering, engine mounting baru, motor fan baru, kopling set ori dan throttle body assy (idlenya sudah agak aneh, dan saya mau mobil ini perfect.)
13thn lalu saya benci sekali avanza, karena ride qualitynya sampah, sasisnya lentur kayak karet kolor, bising, dan tidak ada refinement. Tapi sekarang saya mengerti sekali kenapa almarhum papa paling suka pakai mobil ini buat harian walaupun dia ada mobil yg jauh lebih enak dan lebih bagus. Memang Toyota reliabilitynya luar biasa dan bikin papa demen sama toyota buat jadi "kaki", walaupun sebenarnya dia adalah fans honda (karena dia pasti ada piara honda civic sampai akhir hayatnya).
dan semoga saya tetap diberikan rejeki untuk maintain mobil ini untuk bisa mengenang papa yg sudah tenang disana.
+ Reliabilitynya luar biasa
+ Sparepartnya mau kelas kaki lima sampai bintang lima ada
+ Harga Jualnya sangat baik
+ Lampu depannya surprisingly bagus dan terang, salah satu foglamp terbaik yang saya pernah temukan di mobil. (ternyata bohlamnya hb4

+ Radius putarnya luar biasa
+ walaupun kecil, baris ketiganya cukup lumayan dibanding misal kia yg panjangnya mirip2 tapi 7 seater
+ Owning experience yg menyenangkan karena biayanya murah dan tidak banyak issue
- Ride Quality sampah
- Refinement yg nyaris nol
- sepertinya desainernya berpikir owner avanza itu tidak ada yg 170 apalagi 180, jarak setirnya terlalu dekat dari dashboard (reachnya busuk), pedal yg terlalu menonjol ke belakang. saya yang 180 sangat menderita bawa avanza untuk berlama2.
- ada kalanya masuk ke gigi 1 cukup sulit, ini saya temukan dari baru.
- Desainer mobil ini juga jelas tidak berpikir mobil ini untuk masuk tol, gearnya seperti mobil drag race. jalan 100 di tol mesin serasa mau meledak.
High speed stabilitynya juga busuk, rasanya mau take off