CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Baru liat short nya cvtindonesia di youtube
Dibayar brp ama suzuki sampe sgitunya "edukasi" soal "hybrid" ertiga
Kocak amat yang oper D ke N kalau lagi jalan
Diikutin masyarakat awam alamat banyak kejadian insiden deh
Dibayar brp ama suzuki sampe sgitunya "edukasi" soal "hybrid" ertiga
Kocak amat yang oper D ke N kalau lagi jalan
Diikutin masyarakat awam alamat banyak kejadian insiden deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
auto start stop = hematnya belum tentu, boros ganti aki iya.
emang aman y mobil matic pas jalan di pindah ke N gt? pernah baca2 kl oli nt pelumasannya kurang optimal.
y kl di toyota kan regenerative brakingnya ga bikin boros dan menangkap energi yg terbuang terus di simpan ke baterai terus digunakan lagi dan bikin hemat.
kl suzuki regenerative nya tidak di fungsikan biar tidak boros, jd apa gunanya apa beli mobil hybrid mending beli mobil ICE aja.
pintar bercanda jg chanel yg satu ini.
emang aman y mobil matic pas jalan di pindah ke N gt? pernah baca2 kl oli nt pelumasannya kurang optimal.
y kl di toyota kan regenerative brakingnya ga bikin boros dan menangkap energi yg terbuang terus di simpan ke baterai terus digunakan lagi dan bikin hemat.
kl suzuki regenerative nya tidak di fungsikan biar tidak boros, jd apa gunanya apa beli mobil hybrid mending beli mobil ICE aja.
pintar bercanda jg chanel yg satu ini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Edannn tutor macam apa ini
Itu yg geser tuas transmisi dapet irit bonus ganti transmisi baru kali yah
Ngidupin idling start stop memang mungkin bikin irit, tapi kan bonusnya aki dan baterai pasti juga lebih cepet tewas, bonus lagi AC jadi panas. Sebanding gak dengan pengiritannya?
Pertanyaan ane, emang ertiga SHVS ini katanya lebih boros, seberapa lebih borosnya sih daripada ertiga biasa? Kalo beda2 tipis doang mah ya gak berasa lah selisih BBM nya, mending abaikan aja...
Itu yg geser tuas transmisi dapet irit bonus ganti transmisi baru kali yah
Ngidupin idling start stop memang mungkin bikin irit, tapi kan bonusnya aki dan baterai pasti juga lebih cepet tewas, bonus lagi AC jadi panas. Sebanding gak dengan pengiritannya?
Pertanyaan ane, emang ertiga SHVS ini katanya lebih boros, seberapa lebih borosnya sih daripada ertiga biasa? Kalo beda2 tipis doang mah ya gak berasa lah selisih BBM nya, mending abaikan aja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3452
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Start stop itu fitur paling gak guna di mobil modern. Irit minim banget, boros aki, pas nyala mesin ga enak, trus yg paling krusial ga bisa bumper to bumper kalo macet.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 528
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Jatuhnya pembodohan gak sih ini
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 308
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Namanya juga influenza , disuru jualan Tokai juga mau
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Kapan hari ane dibilangin tuh sama mekanik bengkel. Katanya sistem pas diposisi stop engine, oli transmisi kek kehenti ngalir begimana gitu, jd bgitu engine start dy baru alirin lg . Nah banyak transmisi rontok gegara fitur itu katanya. Apalagi modelan orang bgitu injek gas (engine start) langsung bejek.. ancooor transnya wkwkwkkendibocor wrote: ↑Mon May 29, 2023 14:38 Start stop itu fitur paling gak guna di mobil modern. Irit minim banget, boros aki, pas nyala mesin ga enak, trus yg paling krusial ga bisa bumper to bumper kalo macet.
Jadi bagusnya di off aja. Ga guna
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 629
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Mantap ini, apalagi kalau jalan kosong terus turunan.
Makin irittttt 1:99.9 nanti avgnya
Makin irittttt 1:99.9 nanti avgnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Selisih tipis kok antara hybrid & non hybrid, grid oto kalo ga salah yg pernah buat video l sama2 habisin bensin sampe mati mobilnya.. dan ertiga hybrid mokat duluan dibanding non hybrid.. wkwkwkrakyatwkwkland wrote: ↑Mon May 29, 2023 13:48 Edannn tutor macam apa ini
Itu yg geser tuas transmisi dapet irit bonus ganti transmisi baru kali yah
Ngidupin idling start stop memang mungkin bikin irit, tapi kan bonusnya aki dan baterai pasti juga lebih cepet tewas, bonus lagi AC jadi panas. Sebanding gak dengan pengiritannya?
Pertanyaan ane, emang ertiga SHVS ini katanya lebih boros, seberapa lebih borosnya sih daripada ertiga biasa? Kalo beda2 tipis doang mah ya gak berasa lah selisih BBM nya, mending abaikan aja...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 540
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Channel paling gak banget, ps review zenix vs kia carens...pas ditanjakan zenix spin malah dibilang kurang power, kocak2...
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Banyak yang diilangin akhirnya kan. Masda baru2 istop juga udah diilangin gw dulu nyetir masda bingung kapan istop nya aktif org mesin panas dikit jg kaga diaktifin ama dyKielConstantine wrote: ↑Mon May 29, 2023 16:38Kapan hari ane dibilangin tuh sama mekanik bengkel. Katanya sistem pas diposisi stop engine, oli transmisi kek kehenti ngalir begimana gitu, jd bgitu engine start dy baru alirin lg . Nah banyak transmisi rontok gegara fitur itu katanya. Apalagi modelan orang bgitu injek gas (engine start) langsung bejek.. ancooor transnya wkwkwkkendibocor wrote: ↑Mon May 29, 2023 14:38 Start stop itu fitur paling gak guna di mobil modern. Irit minim banget, boros aki, pas nyala mesin ga enak, trus yg paling krusial ga bisa bumper to bumper kalo macet.
Jadi bagusnya di off aja. Ga guna
Lagian ga masuk logicnya mesin mati trs dinyalain lagi ujungny biar awet cuma bisa maksimal 30 detik, lah ya itu mah mati-nyala mesinnya jg lebih boros
Cm ngejar EPA regulation keknya tuh fitur.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1173
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Keausan itu terjadi paling besar saat start - stop mesin, jadi mendingan biarin aja idle daripada start- stop mulu. Paling bener emang ertiga non hybrid dan manual, ga ribet maintenance, irit juga dapet, cuma kalo dalem kota aja jadi ngopling, tapi kalo udah biasa bawa Yaris manual sih gamasalah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Pindah gigi dari D ke N di saat coasting? AJARAN DARI MANA INI???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1106
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Ini channel makin lama makin ngaco dan berasa endorse-an nya, liat aja video2 suzuki nya, agak lebay mujinya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9793
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Sesat emangpeterming77 wrote: ↑Tue May 30, 2023 1:29 Pindah gigi dari D ke N di saat coasting? AJARAN DARI MANA INI???
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
begitulah makanya gak cuma modal suka mobil bisa auto nge review mobil gw paling ngakak bandingin performa pajero sama CRV cuma bandingin spec sheet wakakkakaka. jujur kangen zaman majalah2 jadul yang road testnya lengkap banget. klo dengerin video durasi sejam lama lama ya bingung juga krn harus fokus liatin gambar gerak dan dengerin audio. ujungnya malah lebih capek daripada baca majalah.
dan akhirnya semua akan endors pada waktunya. idealisme di awal runtuh bilangnya cuma terima konten non review tp ya ngaruh2 juga wakakakka.
mau channel review yg bebas endors ya yang gak di duitin. masalahnya mana ada. wkwkkwkw. kalaupun ada ya orang iseng tp jarang upload dan video quality nya minim walau ilmunya bole dibilang oke.
adsense doang mana cukup sekarang. nonton blm ada 1 menit pertama aja iklan mulu. udah kelar iklan eh videonya 3 menit pertama isinya endorse, abis itu kepotong iklan adsense lg wakakakkaka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4258
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
ribet amat tong gw kalo mau ngirit BBM beli raize turbo aja terus gw remap
ngapain beli mobil pake batre gak jelas abis itu suruh buang duit benerin batre
cc/mesin diesel gak pernah boong paling ketara pas kita nongki2x di dalem mobil gak gerak tapi mesin nyala GE8 VS PAJERO aja lebih berasa irit pajero kalo sama2x idle kalo gelinding laen cerita lagi keknya ge8 yang juara iritnya karena bobot dan gearboxnya mungkin lebih efisien, tapi ya bayangin aja mesin idle aja ud irit gimana kalo diakalin pas jalan RPMNYA di pake rpm rendah terus di jalan dan gak jauh2x dari rpm idlenya
ngapain beli mobil pake batre gak jelas abis itu suruh buang duit benerin batre
cc/mesin diesel gak pernah boong paling ketara pas kita nongki2x di dalem mobil gak gerak tapi mesin nyala GE8 VS PAJERO aja lebih berasa irit pajero kalo sama2x idle kalo gelinding laen cerita lagi keknya ge8 yang juara iritnya karena bobot dan gearboxnya mungkin lebih efisien, tapi ya bayangin aja mesin idle aja ud irit gimana kalo diakalin pas jalan RPMNYA di pake rpm rendah terus di jalan dan gak jauh2x dari rpm idlenya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 630
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
sy ga setuju dgn tips pindah ke N waktu lagi jalan, sesat banget krn pas harus masuk D lagi engage nya pas gear jalan.
tapi sebagai pengguna r3 mild hybrid versi awal (r3 diesel), fitur ISS ini lumayan bantu asalkan ngerti kapan harus pake. sy selalu pakai ini ISS pada waktu akan berhenti lama, jadi lumayan mengurangi polusi asap dan konsumsi bbm waktu idle. ISS off hanya kalau stop n go sebentar2, atau saat siang terik. waktu ISS aktif dan mesin off, lampu sy matikan, dan posisi blower AC masih tetap nyala untuk meniup dingin evap, krn kompresor AC nya tidak ada thermostat. jadi biar evap ga cepet beku. mengenai bikin aki cepet jebol, belum tentu juga.
r3 ini sy beli seken pertengahan 2022, dengan aki merk ahmaroon terpasang sejak taun 2020. ISS aktif, jarang off kecuali kondisi diatas. dan 4 hari lalu sy ke BeRes untuk servis dan ganti ISG belt yg udah retak, hasil pengecekan aki dibilang masih sangat bagus, padahal udah umur 3 taun.
kalau sy bandingkan dgn apa yg terjadi di ANE hybrid ini, sepertinya mild hybridnya tidak disesuaikan dengan transmisi matic dimana karakternya beda, engine brake di matic harusnya hampir tidak ada kalau posisi D. diberi regenerative braking dari engine brake malah bikin boros karena glidingnya malah tertahan. kalau mau regenerative braking harusnya dibuat aktif waktu mengerem, atau murni ambil dari rem sekalian.
btw soal oli transmisi yg katanya tidak mengalir waktu mesin standby, bukannya kondisi transmisi masih basah oli ya? lalu utk matic apakah pelumasan transmisinya pake pompa? kok "mengalir"? setau sy kalau transmisi manual tidak pake pompa oli, hanya sebagian transmisi direndam oli.
tapi sebagai pengguna r3 mild hybrid versi awal (r3 diesel), fitur ISS ini lumayan bantu asalkan ngerti kapan harus pake. sy selalu pakai ini ISS pada waktu akan berhenti lama, jadi lumayan mengurangi polusi asap dan konsumsi bbm waktu idle. ISS off hanya kalau stop n go sebentar2, atau saat siang terik. waktu ISS aktif dan mesin off, lampu sy matikan, dan posisi blower AC masih tetap nyala untuk meniup dingin evap, krn kompresor AC nya tidak ada thermostat. jadi biar evap ga cepet beku. mengenai bikin aki cepet jebol, belum tentu juga.
r3 ini sy beli seken pertengahan 2022, dengan aki merk ahmaroon terpasang sejak taun 2020. ISS aktif, jarang off kecuali kondisi diatas. dan 4 hari lalu sy ke BeRes untuk servis dan ganti ISG belt yg udah retak, hasil pengecekan aki dibilang masih sangat bagus, padahal udah umur 3 taun.
kalau sy bandingkan dgn apa yg terjadi di ANE hybrid ini, sepertinya mild hybridnya tidak disesuaikan dengan transmisi matic dimana karakternya beda, engine brake di matic harusnya hampir tidak ada kalau posisi D. diberi regenerative braking dari engine brake malah bikin boros karena glidingnya malah tertahan. kalau mau regenerative braking harusnya dibuat aktif waktu mengerem, atau murni ambil dari rem sekalian.
btw soal oli transmisi yg katanya tidak mengalir waktu mesin standby, bukannya kondisi transmisi masih basah oli ya? lalu utk matic apakah pelumasan transmisinya pake pompa? kok "mengalir"? setau sy kalau transmisi manual tidak pake pompa oli, hanya sebagian transmisi direndam oli.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Mar 02, 2022 6:40
- Location: GRESIK
- Daily Vehicle: INNOVA
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
sedikit oot, saya belum pernah pegang mobil pake idling stop, apakah fitur ini di mobil berbeda jauh sama di motor, sehingga pengaruh ke durabilitasny?
Motor istri idling stop slalu nyala, umur sudah 5 tahun , bntar lagi 50rb km, aki blm ada tanda2 rewel sama sekali.
Motor istri idling stop slalu nyala, umur sudah 5 tahun , bntar lagi 50rb km, aki blm ada tanda2 rewel sama sekali.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
motor yg idle stop klo ahaem pny emg termasuk canggih itu sistemnyanervosa872 wrote: ↑Tue May 30, 2023 4:41 sedikit oot, saya belum pernah pegang mobil pake idling stop, apakah fitur ini di mobil berbeda jauh sama di motor, sehingga pengaruh ke durabilitasny?
Motor istri idling stop slalu nyala, umur sudah 5 tahun , bntar lagi 50rb km, aki blm ada tanda2 rewel sama sekali.
dia kan udh g pke electric starter biasa, diganti ke model ac generator, yg isinya flywheel, dan komponen dinamo amper: stator, sm rotor (dinamo amper jadul jg ga ada brarti, udh jd 1 di acg)
scr load elektrik wktu starting mestinya g segede dinamo starter, krn dia g pke rangkaian gear sm sekali buat gerakin crankshaft, lsg konek ke crankshaft (efeknya: aki jd awet, krn g sering kena tarikan gede dr diem)
klo idle stop di mobil" yg skrg setau aku msh pke motor starter jadul, cmn bedanya klo ada idle stop itu dikasih aki agm (lbih tahan g dicas bbrp wktu drpd aki biasa kering maupun basah)
refer (tdk ada afiliasi dg merk terkait) : https://www.hondacengkareng.com/teknolo ... tor-honda/
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
IMO, klo mau beneran irit bisa pake cara ini:
1. nyetir secara push & glide. klo ngatur gas & remnya udh ahli, pasti setirannya enak (gk nyentak2) & otomatis konsumsi BBM jga lbh irit. sengaja saya taruh no 1 soalnya poin ini yg lngsung ngefek ke konsumsi bahan bakar kendaraan.
2. BBM & oli2 msti sesuai dgn yg ditentukan di buku manual. special case klo utk yg buku manualnya ngaco, coba googling ato tanya2 di forum biar infonya betul2 jelas.
3. cek tekanan angin ban (jgn smpe kurang ato kelebihan).
4. usahain pilih rute dgn jalan yg lancar.
klo utk mobil matic, saya gk berani pindah dri D ke N pada saat mobil lg jalan. ini sama aja dgn merusak transmisinya.
klo msh dirasa kurang irit gmana? yah jangan bawa mobil, bawa sepeda pancal aja. mosok berani beli mobil tapi gk berani beli bahan bakarnya, ada2 aja . klo msh mikirnya bgtu, brarti orangnya blm mampu utk punya mobil (hal yg sama jga berlaku utk sepeda motor).
1. nyetir secara push & glide. klo ngatur gas & remnya udh ahli, pasti setirannya enak (gk nyentak2) & otomatis konsumsi BBM jga lbh irit. sengaja saya taruh no 1 soalnya poin ini yg lngsung ngefek ke konsumsi bahan bakar kendaraan.
2. BBM & oli2 msti sesuai dgn yg ditentukan di buku manual. special case klo utk yg buku manualnya ngaco, coba googling ato tanya2 di forum biar infonya betul2 jelas.
3. cek tekanan angin ban (jgn smpe kurang ato kelebihan).
4. usahain pilih rute dgn jalan yg lancar.
klo utk mobil matic, saya gk berani pindah dri D ke N pada saat mobil lg jalan. ini sama aja dgn merusak transmisinya.
klo msh dirasa kurang irit gmana? yah jangan bawa mobil, bawa sepeda pancal aja. mosok berani beli mobil tapi gk berani beli bahan bakarnya, ada2 aja . klo msh mikirnya bgtu, brarti orangnya blm mampu utk punya mobil (hal yg sama jga berlaku utk sepeda motor).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
1.pakai 0w20 atau malah 0w16 sekalian
2. Pakai ron sesuai, minimal 95 kalau bisa bukan 92 lagi utk mesin modern
3.remap kalau memungkinjan
4.drivenya diurut bukan pedal to kampret
Mesin modern na 1.5 skarang normalnya sepengalaman saya
1;9-11 full dalkot jkt
1:16-17 rute kombinasi luar kota
1: 19-22 full tol
Kalau cvtindo itu bener² keblinger sarannya sih
2. Pakai ron sesuai, minimal 95 kalau bisa bukan 92 lagi utk mesin modern
3.remap kalau memungkinjan
4.drivenya diurut bukan pedal to kampret
Mesin modern na 1.5 skarang normalnya sepengalaman saya
1;9-11 full dalkot jkt
1:16-17 rute kombinasi luar kota
1: 19-22 full tol
Kalau cvtindo itu bener² keblinger sarannya sih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Ya kalo selisih tipis unjustified lah semua tips2 di atas. Mending pake mobilnya secara normal dan nikmati saja sensasi berkendara bersama mobil kesayangan anda. Daripada sampe gabisa tidur mikirin fuel cons yg cmn lebih boros dikit...black2345 wrote: ↑Mon May 29, 2023 22:40Selisih tipis kok antara hybrid & non hybrid, grid oto kalo ga salah yg pernah buat video l sama2 habisin bensin sampe mati mobilnya.. dan ertiga hybrid mokat duluan dibanding non hybrid.. wkwkwkrakyatwkwkland wrote: ↑Mon May 29, 2023 13:48 Edannn tutor macam apa ini
Itu yg geser tuas transmisi dapet irit bonus ganti transmisi baru kali yah
Ngidupin idling start stop memang mungkin bikin irit, tapi kan bonusnya aki dan baterai pasti juga lebih cepet tewas, bonus lagi AC jadi panas. Sebanding gak dengan pengiritannya?
Pertanyaan ane, emang ertiga SHVS ini katanya lebih boros, seberapa lebih borosnya sih daripada ertiga biasa? Kalo beda2 tipis doang mah ya gak berasa lah selisih BBM nya, mending abaikan aja...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Ane jd tertarik bahas akinya oom. Kayanya udh kedua kali ane liat tulisan orang amaron awet. Mantap uga ya amaron ini, di mobil yg ada ISS dan rutin aktif masih bisa tahan smp 3 tahun dan msh sehatr1409 wrote: ↑Tue May 30, 2023 4:18 sy ga setuju dgn tips pindah ke N waktu lagi jalan, sesat banget krn pas harus masuk D lagi engage nya pas gear jalan.
tapi sebagai pengguna r3 mild hybrid versi awal (r3 diesel), fitur ISS ini lumayan bantu asalkan ngerti kapan harus pake. sy selalu pakai ini ISS pada waktu akan berhenti lama, jadi lumayan mengurangi polusi asap dan konsumsi bbm waktu idle. ISS off hanya kalau stop n go sebentar2, atau saat siang terik. waktu ISS aktif dan mesin off, lampu sy matikan, dan posisi blower AC masih tetap nyala untuk meniup dingin evap, krn kompresor AC nya tidak ada thermostat. jadi biar evap ga cepet beku. mengenai bikin aki cepet jebol, belum tentu juga.
r3 ini sy beli seken pertengahan 2022, dengan aki merk ahmaroon terpasang sejak taun 2020. ISS aktif, jarang off kecuali kondisi diatas. dan 4 hari lalu sy ke BeRes untuk servis dan ganti ISG belt yg udah retak, hasil pengecekan aki dibilang masih sangat bagus, padahal udah umur 3 taun.
kalau sy bandingkan dgn apa yg terjadi di ANE hybrid ini, sepertinya mild hybridnya tidak disesuaikan dengan transmisi matic dimana karakternya beda, engine brake di matic harusnya hampir tidak ada kalau posisi D. diberi regenerative braking dari engine brake malah bikin boros karena glidingnya malah tertahan. kalau mau regenerative braking harusnya dibuat aktif waktu mengerem, atau murni ambil dari rem sekalian.
btw soal oli transmisi yg katanya tidak mengalir waktu mesin standby, bukannya kondisi transmisi masih basah oli ya? lalu utk matic apakah pelumasan transmisinya pake pompa? kok "mengalir"? setau sy kalau transmisi manual tidak pake pompa oli, hanya sebagian transmisi direndam oli.
Btw untuk pengoperasian ISS setuju sih oom. Ane jg kepikiran kalo misalnya punya mobil yg ada ISS nya, at least msh berguna lah kalo pas lagi macet stuck lama. Kalo lagi gak terlalu panas malah bisa matiin AC juga biar makin lama mati mesinnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: CvtIndonesia ajarin cara irit ertiga "hybrid"
Malah di gridoto udah di-test lebih objektif tuh, iritnya ternyata gak jauh beda antara yg mild hybrid sama non hybrid. Kayaknya karena udah ketawan gagal mild-hybridnya sampe desperate bayar channel CVT buat endorse aowkwkwk