Tanya2 tentang permobilan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed May 24, 2023 13:17
Tanya2 tentang permobilan
Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Tanya2 tentang permobilan
1. Innova Rebornnya masih blm ada problem yg mengganggu dlm segi durability? Kalo blm sih pake aja dulu sampe ada mobil yg kira" om liatnya cukup sreg dan pantes utk menggantikan reborn yg sekarang.. palingan diservice rutin dan perbaiki bagian" yg ga sreg diliatnya kaya cat, interior, mesin dan kaki" ...balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
Innova Reborn mah kalo masih 100k aman banget utk dipake at least bbrp tahun kedepan selama perawatannya bener

2. Getah pohon mangga setau saya agak bersifat abrasif, jadi kalo ga langsung dibersihkan nyerep ke clear coat mobil... Dulu ibu saya pernah parkir dibawah pohon mangga terus mobilnya beliau kena getahnya, dibiarin 3 hari doang itu getahnya susah bgt diilangin

Coba om konsultasi ke workshop detailing / coating terdekat

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 723
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Tanya2 tentang permobilan
Kalo getah mangga sih udh sukses banget ngebuat mobil saya warna hita jadi punya tompel dikap mesin, pernah konsultasi ke workshop detailing katanya udh masuk ke clearcoat jadi klo di polish banget bisa abis clear coatnya, mungkin caranya cuman cat ulang
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Tanya2 tentang permobilan
1. Kalo alesan mo gantiin reborn gara2 odo aja sih mending dipertahankan om. Odo 100rb itu dikit loh sebenernya, di amrik segala orang bisa 1 thn jalan 50rb karena jarak jauh2. Apalg ganti jenik nambah duit lumayan juga kan.
2. Kalo getah, kotoran burung uda ngebercak n ga bisa hilang jalan satu2nya repaint. Uda rusak itu clearcoatnya.
3. Kalo requirement pertabo dicekokin pertalite/pertamax ya jangka pendek yg berasa performanya jd turun. Jangka panjang kalo knocking terus ya piston, cylinder wall segala lama2 rusak.
2. Kalo getah, kotoran burung uda ngebercak n ga bisa hilang jalan satu2nya repaint. Uda rusak itu clearcoatnya.
3. Kalo requirement pertabo dicekokin pertalite/pertamax ya jangka pendek yg berasa performanya jd turun. Jangka panjang kalo knocking terus ya piston, cylinder wall segala lama2 rusak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Tanya2 tentang permobilan
klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?
https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all
jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all
jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Tanya2 tentang permobilan
Pug 2008 tu yg suv kecil ya, kaya raize?
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tanya2 tentang permobilan
Bisa utuhdoge wrote: Sun May 28, 2023 5:58 klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?
https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all
jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
Pakai Roll cage kyk gini

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Tanya2 tentang permobilan
Butuh banget 7 seaternya kg? Kalo dirasa jinix kurang mantep buildnya . Coba naek kelas ke corolla cross hybrid aj om.. Yaaaa nambah budget sehh tp gpp biar puas pakenyabalongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis)

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tanya2 tentang permobilan
itu mah cuma tahan keguling mbah.
gimana kalau bikin body ulang saja pake plat 1 mm...

mobil zaman now dengan berbagai alasan ya plat body makin tipis, saya pribadi si ga pusing, lebih nyebelin itu justru di cat yg udah lah waterbased, makin tipis makin ngaco QC-nya terutama warna antar panel yang belang dan ga rata itu finishing clear coatnya. ketambahan lagi panel gap.

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed May 24, 2023 13:17
Re: Tanya2 tentang permobilan
Terima kasih atas saran om2 semua yang sangat bermanfaat. Sy byk belajar dr forum ini.
1. Pgn ganti jinik krn anak 3 sdh besar2 sering lukot (jd hrs 7 seater), yg belakang biar lebih lega, dan sptny tidak terlalu limbung ya om kl jinik. Utk rebon yg skrg kaki sdh ganti long tie rod sm ball joint aja,kt beres si sbnrnya steering rack sudh mulai bermasalah,krn mahal dan tdk terlalu bergejala blm sy ganti. Mesin dll msh aman walopun sahabat solar. Cm kabin mulai ada kriyet2 dr pintu2, sm dashboard. Tiap hari lewat jalan jelek om.
2. Baik om, cb besok2 sy tanya2 ke detailing
3. Kalo memang hrs pertabo ya sptny mau ambil hrv aja kl gt om, biar g boncos [emoji120][emoji120]
1. Pgn ganti jinik krn anak 3 sdh besar2 sering lukot (jd hrs 7 seater), yg belakang biar lebih lega, dan sptny tidak terlalu limbung ya om kl jinik. Utk rebon yg skrg kaki sdh ganti long tie rod sm ball joint aja,kt beres si sbnrnya steering rack sudh mulai bermasalah,krn mahal dan tdk terlalu bergejala blm sy ganti. Mesin dll msh aman walopun sahabat solar. Cm kabin mulai ada kriyet2 dr pintu2, sm dashboard. Tiap hari lewat jalan jelek om.
2. Baik om, cb besok2 sy tanya2 ke detailing
3. Kalo memang hrs pertabo ya sptny mau ambil hrv aja kl gt om, biar g boncos [emoji120][emoji120]
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tanya2 tentang permobilan
setidaknya lbh tahan benturan atau ketiban sesuatu mbahkunaskun wrote: Sun May 28, 2023 11:48itu mah cuma tahan keguling mbah.
gimana kalau bikin body ulang saja pake plat 1 mm...![]()
mobil zaman now dengan berbagai alasan ya plat body makin tipis, saya pribadi si ga pusing, lebih nyebelin itu justru di cat yg udah lah waterbased, makin tipis makin ngaco QC-nya terutama warna antar panel yang belang dan ga rata itu finishing clear coatnya. ketambahan lagi panel gap.![]()
dibanding kondisi pabrikan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Tanya2 tentang permobilan
ah ini mah ganti kepala yg di dalam yg sobek (klo g pke helm)Suryaputra wrote: Sun May 28, 2023 6:21Bisa utuhdoge wrote: Sun May 28, 2023 5:58 klo ngeri liat zenix laka atap sobek, reborn jg sama kok om klo laka ya bs sobek, g percaya?
https://www.gridoto.com/read/221654760/ ... s?page=all
jarang om mobil yg didesain bisa utuh atapnya klo laka... krn klo dikuatin jd berat mobilnya, trus fc boros
Pakai Roll cage kyk gini
![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Tanya2 tentang permobilan
1. tergantung mau cari apa. kebetulan saya pernah punya reborn diesel at jg, sekarang make voxy yg drivetrain dan mesinnya mirip sm zenix + udh pernah test drive zenix hybrid jg . sm kalo odo 100rb mah masih normal om, apalagi umur mobilnya udh diatas 5 tahun. diesel model gini emg rata2 jadi mobil AKAP om, makanya odonya rata2 gondrongbalongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]


2. bawa ke tempat body repair or detailing. paling di tambel aja kalo bekasnya ngga terlalu gede cuma 1 titik doang/ repaint kap mesin jg bisa, ntr pas jual tinggal kasih jaminan aja kalo kap mesin cuma repaint doang karena kejatuhan benda dari atas hehehe (apron, bullhead, sasis dll dijamin 100% aman dan normal hehehe)
3. kalo soal puegot saya kurang tau. tp kl emg masih suka ke bengkel biasa, AN HRV SE udh pilihan paling wise menurut saya. kebetulan saya dulu jg pernah punya yaris bakpao keluaran awal 2006 sm old hrv 2018 yg 1.5 nya. AN HRV upgrade jauh dari kedua mobil itu terutama dari segi interior sm fiturnya. driving feel tarikan handling jg lebih enak dibanding bakpao hehehe. or kalo om masih bingung dan udh mantep ambil zenix, bisa dijadiin 1 mobil dulu (jadi innova reborn + yaris bakpao dilipet buat dijadiin 1 zenix), jual 2 mobil buat dijadiin 1 mobil aja
1. tidak worthed. coret aja. zenix cuma enak buat dalkot doang, lukot mending reborn diesel kemana mana. pengalaman saya bawa reborn diesel sm voxy jauh lebih enak reborn diesel kemana mana buat lukot, tarikannya berasa efortless, kalo zenix /voxy tarikan bawahnya bengek bgt bgt kalo mau nyalip, apalagi fullload, mesti digas dalem dulubalongmojo wrote: Sun May 28, 2023 12:29 Terima kasih atas saran om2 semua yang sangat bermanfaat. Sy byk belajar dr forum ini.
1. Pgn ganti jinik krn anak 3 sdh besar2 sering lukot (jd hrs 7 seater), yg belakang biar lebih lega, dan sptny tidak terlalu limbung ya om kl jinik. Utk rebon yg skrg kaki sdh ganti long tie rod sm ball joint aja,kt beres si sbnrnya steering rack sudh mulai bermasalah,krn mahal dan tdk terlalu bergejala blm sy ganti. Mesin dll msh aman walopun sahabat solar. Cm kabin mulai ada kriyet2 dr pintu2, sm dashboard. Tiap hari lewat jalan jelek om.
2. Baik om, cb besok2 sy tanya2 ke detailing
3. Kalo memang hrs pertabo ya sptny mau ambil hrv aja kl gt om, biar g boncos [emoji120][emoji120]

2. ke bengkel body repair jg bisa, kalo penyok, paling digetok jg ilang hehehe or dispet dikit doang
3. hrv aja udh paling bener, cari yg tipe se , berasa upgradenya kalo biasa make yaris bakpao . all rounder jg. lega dapet, handling enak tarikan enak driving feel enak sm bentuknya jg enak diliat hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya2 tentang permobilan
1. kalau soal laka si sebenernya reborn ga lebih baik sih. rigidity mbl sasis ladder itu jelek. tp ini zenix pakai tnga-c yang harusnya se basis dgn toyota corolla. atap sobek tinggal tabrakan sama apa dulu tp kembali lg atap dikasih tebel2 ga bagus buat balance apalagi mobil tinggi malah bisa bikin oleng. kalau 100rb banyak tidak relatif jg sih kl tinggal di jawa tengah 100rb 5 tahun itu tinggi pasti sering luar kota saya xpander bokap pake 3 thn aja udah 65 ribu pdhl kota-kota aja.balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
kl di DKI rasanya normal2 aja apalagi kl tinggal di bodetabek kerja di jakarta sehari 50 kilo lebih bisa.
pertanyaannya tinggal maintenance sdh dirasa memberatkan belum krn nurut saya mobil skrg kemahalan kalo ga kepingin2 banget / butuh2 banget ya ga usah ganti justru habit kita ganti mobil terus itu bikin kualitas menurun hahahaha. kecuali emg merasa sasis ladder kurang nyaman pengen ganti yg lebih nyaman.
2. bawa ke tempat detailing. ginian kalo masih baru bisa jurus pake minyak solar. tp kl udah kelamaan emang wajib ke detailing. skalian nanoceramic aja penting buat mobil skrg yang catnya tipis dan gampang kusem.
3. tanya dulu rekomen pabrik apa. kadang pertamax cukup kadang minta RON95 minimal. klw mesin turbocharged isi lower octane sebenernya risky nya ini mobil eropa bukan jepang. kl jepang sih macem CRV turbo jg dirancang bisa minum premium keknya knock sensornya disetel gitu dgn konsekuensi setelannya jadi lelet orang isi pertamax aja lelet. ya gak tau yang isi pertalite udah kek gimana itu fuel pump wkwkwk.
kl mesin eropa byk kasus keknya digas ga knocking tp dibaca di OBD 2 udah heavy knocking. biasa eropa emang mintanya RON95 ke atas.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed May 24, 2023 13:17
Re: Tanya2 tentang permobilan
Makasih saran2nya om sekalian.
Jadinya rebon sy keep dl aja kl gt. Bakponya yg renc penyegaran. Tdnya tertarik yaris cross juga, tp begitu lihat versi indo kok beda sm yg di luar, trs baca2 disini yg ternyata DNGA yg ya begitulah, sepertinya emg mending hrv aja.
Jadinya rebon sy keep dl aja kl gt. Bakponya yg renc penyegaran. Tdnya tertarik yaris cross juga, tp begitu lihat versi indo kok beda sm yg di luar, trs baca2 disini yg ternyata DNGA yg ya begitulah, sepertinya emg mending hrv aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Tanya2 tentang permobilan
1. Kalau ganti karena menganggap 100rb km itu sudah gondrong yaa silahkan saja selama ada budgetnya, tapi menurut saya untuk sebuah Toyota Innova segitu masih kecil om, paling nggak kalo dirawat dengan baik bisa sampai 500rb km lebih, di Dubai atau UEA bisa sampai 800rb++ km soalnya dipakai taxi, kalaupun ada rusak gampang dan murah benerinya soalnya parts tersedia lengkap. Tapi kalo emang om tipe pemakai mobil yang lebih emosional dibanding rasional yaa silahkan aja, karena kalo dilihat juga Innova model ini terlihat lebih tua dibanding dengan model terbarunya. Untuk crash test dan BQ saya ga tau deh, tapi harusnya sih aman yaa untuk mobil tahun terbaru pasti ada peningkatan di segi keselamatnnya.balongmojo wrote: Sun May 28, 2023 3:35 Permisi om tante senior2 semuanya. Mohon maaf izin mau tanya tentang permobilan, ada beberapa pertanyaan.
1. Sy sblmy ada renc ganti kijang reborn yg sdh mulai gondrong km.nya (appr 100rb km), tadinya mau ganti jinik hibrid, tp ada bbrp hal yg mengganggu, terutama bodi dan BQ yg kurang (ini menurut sy si). Sbg org awam, sy ngeceknya cm neken2 pintunya kmdn dibandigin sm reborn dan yaris bakpo sy. Kmdn utk BQ daleman sy tekan dan ketok2 plastik dashbor + goyang2in konsol tengah. Pendapat sy sptny kok lebih mudah mleyot (dan kesannya lebih tipis). Barusan cek di utube, ternyata blm ada crash testnya jinik. Malah ada di utube jinik baru KLL di tol, yg sy lihat pintu kanan sampai ke atap hilang terkelupas. Memang banyak faktor yg membuat spt itu. Tp ini membuat sy ragu mau ganti reborn (tdnya mau ganti jinik). Bgmn menurut om2 dan senior2 sekalian?
2. Reborn sy itu banyak kena getah pohon mangga dan krn sy tdk telaten, dibiarkan smp berminggu2. Getahnya jd keras dan tdk bs dikelupas, mirip lem yg keras. Kira2 apa formula yg pas ya om biar bs hilang?
3. Yaris bakpo sy ada renc ganti, ada pandangan ganti pegot 2008, menurut sy bagus, tp ada yg bilang harus pertamax turbo. Kalau sy isi pertamax atau sesekali pertalit saja, bgmn efek jangka panjangnya thd mesin om? Apa cm ngelitik sj dan apa efeknya reversible?
Maaf kalau kepanjangan, berhubung sy ini urusan mobil bisanya ya cm pake, apa2 sy serahkan beres kl kira2 kemahalan br ke bengkel biasa..
Terima kasih [emoji120][emoji120]
2. kalo udah lama yaa ga bakal bisa hilang om, pasrah saja, kalo cuma diatap sih cuekin aja, dibawa kesalon terus dipoles aja, abis itu diwax atau pakai paint sealant gitu, abis di kasih wax/sealant kalo nyuci jangan pakai sabun biar ga ilang lapisanya. Tapi kembali lagi kalo om tipe pemilik yang harus perfect yaa dicat itu bodi satu panel terus kasih ppf aja biar ga pusing kedepannya.
3. Kalau alasanya bosen yaa silahkan om ganti dengan Pug 2008 toh nanti kalau sudah 100rb km juga kayanya bakal ganti lagi, jadi ga usah ribet mikirin parts dll, kecuali kalau buat dipakai jangka panjang, kalau untuk BBM meskipun minimal oktan 95 tapi masih bisa pakai 92 asal jangan dibawahnya, efeknya yaa jadi lebih agak kurang tenaga aja sama agak boros soalnya ECU menyesuaikan dengan timing pengapiannya. Tapi kalo saya sayang sih, soalnya Yaris yang bulet ini awet bgt bisa sampai 500rb km lebih untuk mesinnya dan lebih enak distir dibanding yaris model baru, spareparts juga ga ribet.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed May 24, 2023 13:17
Re: Tanya2 tentang permobilan
Siap om. Makasih tips.nya. jadinya rebon sy pertahankan, bakpo mau lepas aja om, penyegaran jg. Utk mesin sm setir2an memang bakpo enak, terutama radius putar yang jempolan, bs puter balik di tempat sempit. Cm ya pendek, kurang berani lewat genangan air pas hujan deres, jdnya sering muter2 cari jalan yg aman pas hujan deres.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Motorcycle
Re: Tanya2 tentang permobilan
Selamat pagi om, maaf out of topic, mau tanya2 terkait Yaris bakpao yang mau dilepas, Yaris nya tahun brp dan transmisi nya manual/matic ya?balongmojo wrote: Tue May 30, 2023 13:41 Siap om. Makasih tips.nya. jadinya rebon sy pertahankan, bakpo mau lepas aja om, penyegaran jg. Utk mesin sm setir2an memang bakpo enak, terutama radius putar yang jempolan, bs puter balik di tempat sempit. Cm ya pendek, kurang berani lewat genangan air pas hujan deres, jdnya sering muter2 cari jalan yg aman pas hujan deres.
Terimakasih.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
- Location: Jakarta
Re: Tanya2 tentang permobilan
No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Tanya2 tentang permobilan
Mungkin (asumsi saya saja ini ya), di Indo ini mobil yg kondisi odo >100rb adalah mobil cape, sering jalan tapi jarang yang terawat, setir ngelupas, eksterior lecet penyok dibiarin, lampu ada yg mati, jok udah ambles, ban lama kalo pun dah diganti diganti dengan ban seken atau ban eco2an yg semurah mungkin, kondisi kaki2 yang butuh peremajaan dan steering rack yg berimbas kepada driving feel yang meleset dari ekspektasi.Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
ga banyak siy orang yang mampu beli mobil sekaligus mampu merawat mobil.
mindset mobil dah >7 tahun ngapain dibenerin, ntar juga mau dijual lagi.
apalagi gampang banget jaman now ngredit mobil, dp minim, berkas dibantu, sehingga mobil lama dijual buat jadi dp mobil baru.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tanya2 tentang permobilan
krn average waktu orang indo habis di macet.Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
klo orang US 400 ribu nya jalan terus di interstate highway / countryside. emang infrastruktur nya orang amrik itu diciptakan untuk pake mobil pribadi. jalan lebar lebar dan panjang.
meski keliatannya low km, mobil di indo lebih capek sebenernya krn stop and go itu bebannya lebih besar ketimbang jalan terus.
dari sisi engine load dan engine working hours sebenarnya sama malah lbh berat mobil yang macet sejam dibanding mobil yang digeber sejam. blom start/stop cycle nya lebih banyak di indo jauh. makanya kenapa mobil travel antar provinsi bisa awet-awet pdhl odometernya ya hampir mirip mobil di US. krn itu mobil travel berenti di SPBU buat toilet doang aja mesin ga mati kan.
di kota kecil lebih parah lagi, jalan ga seberapa paling 3 kilometer, macet pulak.
indo itu soalnya variatif banget. klo kayak surabaya/jabodetabek yang tanahnya gede-gede ya cocok dibikin kayak amrik infra nya utk mobil. tp di beberapa kota kecil di jateng, pendekatan kyk nippon lebih cocok. jalannya kecil-kecil tanah cuma sepetak sepetak. pake moped lebih efisien utk transport.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Tanya2 tentang permobilan
Aswajr wrote: Wed May 31, 2023 1:39 No 1 itu orang Indonesia banget yah, 100rb Km udah dianggap kriting, padahal di luar orang pake sampe 300-400rb km aja masih oke..sodara ane dari US sampe bingung kalo liat mobil2 2nd indonesia kmnya masih 40-100rb, bahkan banyak yang masih di bawah..jadi pertanyaan juga kenapa anggapan mobil 100rb km itu kriting di sini yah, apakah memang orang kita males untuk servis dan lain2nya yah..
nggak juga. ijinkan saya sedikit sharing ya, tergantung daerah juga, kebetulan saya jg cukup sering jual - beli mobil pribadi maupun dagangan. pengalaman dagang 4 tahunan ini & 95% laku ke daerah luar jabodetabek , kalo di jabodetabek, rata2 emg gitu. km 100rb mau tahun berapapun jg dianggep gondrong. gausah jauh2 ke LN dah, di daerah juga mobil rata2 pada gondrong kok. per tahun bisa jalan minimal bgt 20-25 rb per tahun, saya pernah beberapa kali rental mobil pas saya jalan2 ke daerah kaya jogja , malang & bali. km nya ya rata2 emg udh pada gondrong karena emg tiap hari jalan non stop. pertama pas saya ke jogja. tahun 2013 lalu saya pernah rental innova g diesel mt 2009 fl1 odonya udh 295rb, terus saya kesana lg tahun 2014, saya rental lg GNKI g diesel mt umur baru 3 bulan odo udh 45rb. di malang jg saya rental avanza umur baru 2 tahun odonya udh 70rb sm di bali saya rental apansa jg umur 4 tahun odonya udh 200rbAbdulHakim wrote: Wed May 31, 2023 2:28 Mungkin (asumsi saya saja ini ya), di Indo ini mobil yg kondisi odo >100rb adalah mobil cape, sering jalan tapi jarang yang terawat, setir ngelupas, eksterior lecet penyok dibiarin, lampu ada yg mati, jok udah ambles, ban lama kalo pun dah diganti diganti dengan ban seken atau ban eco2an yg semurah mungkin, kondisi kaki2 yang butuh peremajaan dan steering rack yg berimbas kepada driving feel yang meleset dari ekspektasi.
ga banyak siy orang yang mampu beli mobil sekaligus mampu merawat mobil.
mindset mobil dah >7 tahun ngapain dibenerin, ntar juga mau dijual lagi.
apalagi gampang banget jaman now ngredit mobil, dp minim, berkas dibantu, sehingga mobil lama dijual buat jadi dp mobil baru.

dan emg bener km 100rb kalo disini dianggep gondrong kriting, mungkin karena image jaman dulu kalo mobil diatas 100 rb = mobil cape, apalagi di jabodetabek, buyer saya tau km gondrong diatas 100rb pada mundur semua, padahal disisi lain buyer saya dari daerah rebutan pada mau ngecek bahkan ada yg berani DP padahal cuma saya kasih foto sm video doang

pengalaman saya jual cx5 gen 2 km agak gondrong di jabodetabek nawar sadis bgt, akhirnya laku ke serang banten dengan harganya selisihnya cukup jauh dari jabodetabek, orgnya niat bgt pula, malem2 dateng ke tempat saya, bawa scanner, cek, beres udh. km udh 60rb 3 tahun asal mobil aman laka banjir, interior bagus, mesin sehat jg langsung angkut, ga pake ba bi bu hehehe (karena mazda emg imagenya adalah mobil simpenan km 5 tahun jg rata2 dibawah 60 hehehe, punya saya dulu umur 3 tahun aja udh tembus segitu km nya karena emg tiap hari dipake). terakhir jg crv turbo saya inget bgt mobil udh nyaris 60rb umur 4 thn, normal sih per tahun 15rb km. tp disini nawar sadis semua , dibilangnya km gonodrong lah ini lah itu lah. sampe akhirnya ada orang dari sumatra ngotot bgt mau cek unit buru2 , nguber saya terus, akhirnya malem2 dateng ke tempat saya. cek mobil, abis itu udh, langsung deal dengan harga 20 jt lebih tinggi dari tawaran jabodetabek & saat itu jg langsung dibawa nyebrang ke pulau sumatra
kalo yg dibilang om abdulhakim ada benernya, tp skrg udh gak separah dulu kok. secara udh banyak jg youtuber or bengkel yg bahas kalo beli mobil km tinggi nggak masalah asal perawatannya teratur, nggak bisa dipukul rata hehehe. sekian dari saya, maaf spamming

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38
Re: Tanya2 tentang permobilan
Urun rembug pendapat aja :
1. Gw ada 1TR-FE udah >300.000km bukan pemakaian rental hanya pemakaian pribadi, mending keep aja itu boil. Coba lebih didandanin atau ganti beberapa parts. Yakin deh akan terasa seperti boil baru. Kalau punya duit, ambil Zenik tipe G itu oke. BQ emang trondolan tapi basisnya udah bagus banget. Meskipun sudah bukan berbasis truk (mobil perang) seperti Innova non Zenik.
2. Bawa ke ahli detailing dan coating cat
3. Cek lagi requirement dari mobilnya, kalau memang di buku manual disebutkan wajib RON 92, ya udah pake Pertamax atau yang setara. Biasanya Yurop keluaran lama sering aneh-aneh ECU-nya kalau dikasih BBM yang underspec.
1. Gw ada 1TR-FE udah >300.000km bukan pemakaian rental hanya pemakaian pribadi, mending keep aja itu boil. Coba lebih didandanin atau ganti beberapa parts. Yakin deh akan terasa seperti boil baru. Kalau punya duit, ambil Zenik tipe G itu oke. BQ emang trondolan tapi basisnya udah bagus banget. Meskipun sudah bukan berbasis truk (mobil perang) seperti Innova non Zenik.
2. Bawa ke ahli detailing dan coating cat
3. Cek lagi requirement dari mobilnya, kalau memang di buku manual disebutkan wajib RON 92, ya udah pake Pertamax atau yang setara. Biasanya Yurop keluaran lama sering aneh-aneh ECU-nya kalau dikasih BBM yang underspec.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tanya2 tentang permobilan
faktor pola pikir ya, berasanya Jakarta itu gede jarak 50 km udah pindah dari jakbar ke bekasi padahal di daerah yang masih satu pulau saja jarak 50 km itu baru pindah kabupatenPboyz97 wrote: Wed May 31, 2023 3:21 dan emg bener km 100rb kalo disini dianggep gondrong kriting, mungkin karena image jaman dulu kalo mobil diatas 100 rb = mobil cape, apalagi di jabodetabek, buyer saya tau km gondrong diatas 100rb pada mundur semua, padahal disisi lain buyer saya dari daerah rebutan pada mau ngecek bahkan ada yg berani DP padahal cuma saya kasih foto sm video doang. padahal ya km tinggi pun asal perawatannya bener mah gak masalah. asal part gantinya teratur jg aman2 aja harusnya. saya dulu pernah pake cx5 2013 ampe km 162rb jg interior masih solid, naikkan enak, gak kalah sm yg kmnya baru 60-80rban. cx5 gen 2 saya jg dulu saya jual di km 60rb umur 3 tahun gak ada masalah yg aneh2, cuma ganti shock depan blkg doang. terakhir crv turbo saya jg 4 tahun umur km 60rb ampe dijual 2 bulan lalu jg gaada trouble yg aneh2 jg di mesin sm kaki2 , masih enak tarikannya hehehe, semuanya laku ke luar jabodetabek . beda mungkin ya, kalo di luar jabodetabek, km gondrong ya dibagi tahun, biasanya kalo 100 rb tp umurnya udh diatas 5 tahun = km normal. buat org sana mayoritas mobil asal odonya per tahun dibawah 30 rb jg masih pemakaian wajar normal, ya 20-30rb an lah per tahun. 10-15 rb dianggep rendah disana per tahunnya , apalagi modelan mobil workhorse kaya trio ladder or mobil sejuta umat hehehe . sedangkan di jabodetbaek mobil tahun berapapun km 100rb up dianggep tinggi, biasanya jg antara kagak mao ambil ya potong harga karena km tinggi.

makanya mobil plat daerah itu cuma laku di daerah asal ga mungkin laku di Jakarta, sedangkan mobil plat B itu pasti laku di daerah biarpun km gondrong. belum lagi ada faktor: rawatan plat B itu lebih bagus biarpun sama2 jebolan beres, tapi karena saya sudah alami sendiri emang bener si sekelas Astra saja di daerah itu masih 1-2 level dibawah Jakarta.

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed May 24, 2023 13:17
Re: Tanya2 tentang permobilan
Permisi om2 semua yang baik hati. Ijin melanjutkan trit sy yg lama. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih banyak atas saran2nya, mohon maaf tdk bs balas satu2 om.. kelanjutannya akhirnya batal beli hrv, jadinya malah beli gorengan aja om alias jimny 5D. Krn faktor emosional saja, dlu pernah naikin kakeknya alias katana, skrg penasaran gmn rasanya naik cucunya.
Impresinya ya biasa sj menurut sy utk jalan perkotaan (blm sempet nyoba di jalan offrod),hanya saja kalo jalan ada sensasi nahan spt ada dengungan di transmisinya (atau apa ya sy tdk paham), mungkin jg dr sistem gardan 4wdnya (walopun pas jalan pake 4x2). Yg jd ganjelan menurut sy itu mesinnya agak lemot (ini dibanding ribon disel sy), jd gasnya hrs injek agak dalem baru agak jos tarikannya pas nyelip2. Sama remnya tdk sepakem ribon. Mohon saran dari om2 dan suhu2 disini yang baik hati, kira2 apa yg bisa dilakukan utk menambah performa gas dan remnya, sy bkn tipe pengebut om, maksud sy biar agak lumayan dikit lah dibanding standarnya. Kalo lihat yutub ada jimny yg diturbo dan knalpotnya brong, mgkn tdk smp segitunya om mengingat budget jg tdk banyak. Dg budget hanya 5 smp 10 jt saja apa sdh cukup om? Sm sekalian brkli ada rekomendasi bengkelnya utk sekitaran surabaya om?
Maaf kalo kepanjangan, sblmnya sy ucapkan terima kasih
Impresinya ya biasa sj menurut sy utk jalan perkotaan (blm sempet nyoba di jalan offrod),hanya saja kalo jalan ada sensasi nahan spt ada dengungan di transmisinya (atau apa ya sy tdk paham), mungkin jg dr sistem gardan 4wdnya (walopun pas jalan pake 4x2). Yg jd ganjelan menurut sy itu mesinnya agak lemot (ini dibanding ribon disel sy), jd gasnya hrs injek agak dalem baru agak jos tarikannya pas nyelip2. Sama remnya tdk sepakem ribon. Mohon saran dari om2 dan suhu2 disini yang baik hati, kira2 apa yg bisa dilakukan utk menambah performa gas dan remnya, sy bkn tipe pengebut om, maksud sy biar agak lumayan dikit lah dibanding standarnya. Kalo lihat yutub ada jimny yg diturbo dan knalpotnya brong, mgkn tdk smp segitunya om mengingat budget jg tdk banyak. Dg budget hanya 5 smp 10 jt saja apa sdh cukup om? Sm sekalian brkli ada rekomendasi bengkelnya utk sekitaran surabaya om?
Maaf kalo kepanjangan, sblmnya sy ucapkan terima kasih