TAM: Avanza aman

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

TAM: Avanza aman

Post by mpoezz »

TAM: Avanza aman

(10/12/2005) - Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan perhatian serius terhadap kecelakaan tunggal Toyota Avanza di jalan tol CIPULARANG, km 103.8 pada tanggal 4 November 2005. Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan itu. Ketika diperiksa as belakang Avanza patah dan menimbulkan dugaan patah karena kelelahan lagam dan cacat produksi. Isu ini dengan cepat menyebar dan TAM khawatir masyarakat ragu akan keamanan Avanza.

TAM menggelar investigasi untuk menjelaskan fakta Poros Roda (As) Belakang (Rear Axle Shaft) patah dengan melibatkan pihak ketiga yaitu BPP Teknologi UPT-Laboratorium Uji Konstruksi, Serpong. Keterlibatan pihak ketiga dalam investigasi ini telah diketahui dan disetujui oleh pihak pemakai Toyota Avanza yang mengalami kecelakaan.
Hasil investigasi BPPT UPT-LUK Serpong yang berjudul Failure Analysis Report of Rear Axle Shaft LH 01 (21 November 2005) dan ditandatangani Ir. M. Syahril, Dr. Ir. M. Amin Suhadi, MEng, dan Dr. Ir. Triwibowo, MSc menunjukkan rumor yang beredar selama ini tidaklah benar.

TAM merilis hasil laporan itu pada Jumat (9/12). Dalam kesimpulan laporan itu disebutkan; Setelah melalui beberapa proses investigasi (Chemical composition test, Hardness measurement, Macrofractography analysis, microstructure analysis, Higher magnification surface observation, Oxide/inclusion analysis) berikut adalah hasil dan kesimpulan yang ditemukan:

1. Tidak ditemukan fakta yang berhubungan dengan cacat material ataupun cacat produksi yang dapat menjadi pemicu retak yang akan mengakibatkan patah karena kelelahan (fatigue)
2. Semua data hasil pengujian menunjukkan bahwa material dan proses pembuatan poros tersebut adalah sesuai dengan standar spesifikasi desain yang berlaku
3. Poros patah disebabkan oleh beban kejut yang sangat besar

Berdasarkan hasil investigasi dan kesimpulan tersebut di atas, PT Toyota Astra Motor selaku distributor Toyota Avanza di Indonesia menyatakan bahwa:
a. Kecelakan Toyota Avanza tersebut bukan disebabkan oleh patahnya poros roda.
b. Toyota Avanza aman dipergunakan secara normal sesuai dengan Owners’ Manual, untuk itu Toyota menghimbau konsumen untuk tidak merasa ragu dan kuatir dalam menggunakan Toyota Avanza.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

HASIL INVESTIGASI TOYOTA
Kasus Kecelakaan Toyota Avanza di Jalan Tol Cipularang

HASIL INVESTIGASI TOYOTA
Kasus: Kecelakaan Toyota Avanza di Jalan Tol Cipularang

Sebagai tindak lanjut kejadian kecelakaan tunggal terhadap Toyota Avanza di jalan tol CIPULARANG, km 103.8 pada tanggal 4 November 2005 dan pernyataan resmi Toyota terdahulu, bersama ini kami informasikan sebagai berikut:

1. Toyota telah melakukan investigasi terhadap fakta-fakta yang ada, yaitu: Poros Roda (As) Belakang (Rear Axle Shaft) yang patah dengan melibatkan pihak ketiga yaitu BPP Teknologi UPT-Laboratorium Uji Konstruksi, Serpong. Keterlibatan pihak ketiga dalam investigasi ini telah diketahui dan disetujui oleh pihak konsumen/pemakai Toyota Avanza tsb.

2. Hasil dari investigasi oleh pihak ketiga tersebut adalah sebagai berikut:

a. Judul : Failure Analysis Report of Rear Axle Shaft LH 01

b. Dikeluarkan oleh : BPPT UPT-LUK Serpong

c. Tanggal : 21 November 2005

d. Ditandatangani oleh : Ir. M. Syahril, Dr.Ir. M. Amin Suhadi MEng, Dr. Ir. Triwibowo MSc

e. Kesimpulan :

Setelah melalui beberapa proses investigasi (Chemical composition test, Hardness measurement, Macrofractography analysis, microstructure analysis, Higher magnification surface observation, Oxide/inclusion analysis) berikut adalah hasil dan kesimpulan yang ditemukan:

i. Tidak ditemukan fakta yang berhubungan dengan cacat material ataupun cacat produksi yang dapat menjadi pemicu retak yang akan mengakibatkan patah karena kelelahan (fatigue).

ii. Semua data hasil pengujian menunjukkan bahwa material dan proses pembuatan poros tersebut adalah sesuai dengan standar spesifikasi desain yang berlaku.

iii. Poros patah disebabkan oleh beban kejut yang sangat besar.

3. Berdasarkan hasil investigasi dan kesimpulan tersebut di atas, PT Toyota-Astra Motor selaku distributor Toyota Avanza di Indonesia menyatakan bahwa:

a. Kecelakaan Toyota Avanza tersebut bukan disebabkan oleh patahnya poros roda.

b. Toyota Avanza aman digunakan secara normal sesuai dengan buku Owners’ Manual, untuk itu Toyota menghimbau konsumen untuk tidak merasa ragu dan kuatir dalam menggunakan Toyota Avanza.

Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan dan masukan yang diterima oleh Toyota menyangkut kasus Avanza ini.

Terima kasih atas perhatiannya.
Hormat kami


Customer Satisfaction Department
PT. TOYOTA-ASTRA MOTOR

Email : [email protected]
Hotline : 08001821333 (toll free) atau 021-6513333

http://www.avanzaindonesia.com/news/art ... le_id=1178