W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bonga
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Bonga »

Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

Bonga wrote: ↑Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.

Saya dl pake bc coilover di w212
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Bonga wrote: ↑Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.

denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.

Saya dl pake bc coilover di w212
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocok :( ternyata enak ya.. jadi aga nyesel ga pake coilover sekalian. pikiran saya kemarin masa mbl eropa pake shock taiwan... :mky_01: klo dipikir2 harganya 11-12 aja ganti full set bilstein depan belakang + lowering kit udah mau mendekati bc racing coilover :))
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 1:24
Bonga wrote: ↑Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.

denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.

Saya dl pake bc coilover di w212
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocok :( ternyata enak ya.. jadi aga nyesel ga pake coilover sekalian. pikiran saya kemarin masa mbl eropa pake shock taiwan... :mky_01: klo dipikir2 harganya 11-12 aja ganti full set bilstein depan belakang + lowering kit udah mau mendekati bc racing coilover :))
Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak

Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover

Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 1:31

Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak

Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover

Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)

sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.
SCR-20231204-merg.jpeg
sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja

sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulu :mky_01: keluhan di setup yg skrg cuman di poldur yg tajem aja, agak ga enak bantingannya. di mobil yang dulu (mazda6) lewat poldur yg sama mah hajar aja whuahuauhauhauha. malah menurut sy bilstein b4 nya masih kurang keras menahan beban itu mesin v6 yg berat jadinya ngayun bgt klo lewat poldur tajem dan hence mentok stopper.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 6:52
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 1:31

Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak

Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover

Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)

sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.

SCR-20231204-merg.jpeg

sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja

sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulu :mky_01: keluhan di setup yg skrg cuman di poldur yg tajem aja, agak ga enak bantingannya. di mobil yang dulu (mazda6) lewat poldur yg sama mah hajar aja whuahuauhauhauha. malah menurut sy bilstein b4 nya masih kurang keras menahan beban itu mesin v6 yg berat jadinya ngayun bgt klo lewat poldur tajem dan hence mentok stopper.
settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.

w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kendibocor »

tesna wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 6:52
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 1:31

Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak

Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover

Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)

sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.

SCR-20231204-merg.jpeg

sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja

sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulu :mky_01: keluhan di setup yg skrg cuman di poldur yg tajem aja, agak ga enak bantingannya. di mobil yang dulu (mazda6) lewat poldur yg sama mah hajar aja whuahuauhauhauha. malah menurut sy bilstein b4 nya masih kurang keras menahan beban itu mesin v6 yg berat jadinya ngayun bgt klo lewat poldur tajem dan hence mentok stopper.
Nyari bilstein B8 om tp gatau dimana, khusus bwat mobil dengan lowering kit. Saya pake B4+lowering kit ga nyampe 2 tahun uda bocor padahal saya jarang hajar lobang. Cuman emang jalanan tempat kerja agak gelombang sih.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Bonga
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Bonga »

farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 0:30
Bonga wrote: ↑Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.

Saya dl pake bc coilover di w212
Thank you sharingnya om, bisa jadi bahan pertimbangan ini hehe
Bonga
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Bonga »

tesna wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 1:24
Bonga wrote: ↑Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya 🀣. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian πŸ™πŸ»
saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.

denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.

Saya dl pake bc coilover di w212
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocok :( ternyata enak ya.. jadi aga nyesel ga pake coilover sekalian. pikiran saya kemarin masa mbl eropa pake shock taiwan... :mky_01: klo dipikir2 harganya 11-12 aja ganti full set bilstein depan belakang + lowering kit udah mau mendekati bc racing coilover :))
Thank you sharingnya om, ini juga jadi bahan pertimbangan galau kemarin karena takutnya walaupun udah pake h&r tapi kurang srrg sama setupnya.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 7:08

settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.

w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coilover
IMG_0564.jpg
ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang :))
IMG_0565.jpg
emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet

impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak :big_slap: , balik lagi ke bengkel tanya ini setelan brapa click? dijawab di 22/30 (30 adalah paling keras). disetel2 ke 17, masih keras jg. kata org bengkelnya klo kelembekan nanti cepet rusak shock nya -_- akhirnya saya paksa aja, aduh saya ga mau bawa gerobak. akhirnya settle di 12/30 :big_biglaugh: ini baru manusiawi bantingannya. dulu om setel di brapa ya? ga mungkin kan setelan lembek ada pilihannya tapi ga boleh dipake? hmmmm. saya pun ga suka klo suspensi terlalu soft, tapi ya gak kayak gerobak jg :big_dunno:

sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)

well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km :)) jadi ga ngerasain klo ngebut2 gmn.

now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.
IMG_0570.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Tue Dec 05, 2023 8:58
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 7:08

settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.

w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coilover

IMG_0564.jpg

ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang :))

IMG_0565.jpg
emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet

impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak :big_slap: , balik lagi ke bengkel tanya ini setelan brapa click? dijawab di 22/30 (30 adalah paling keras). disetel2 ke 17, masih keras jg. kata org bengkelnya klo kelembekan nanti cepet rusak shock nya -_- akhirnya saya paksa aja, aduh saya ga mau bawa gerobak. akhirnya settle di 12/30 :big_biglaugh: ini baru manusiawi bantingannya. dulu om setel di brapa ya? ga mungkin kan setelan lembek ada pilihannya tapi ga boleh dipake? hmmmm. saya pun ga suka klo suspensi terlalu soft, tapi ya gak kayak gerobak jg :big_dunno:

sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)

well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km :)) jadi ga ngerasain klo ngebut2 gmn.

now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.

IMG_0570.jpg
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Bonga
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Bonga »

tesna wrote: ↑Tue Dec 05, 2023 8:58
farizfsa wrote: ↑Mon Dec 04, 2023 7:08

settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.

w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coilover

IMG_0564.jpg

ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang :))

IMG_0565.jpg
emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet

impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak :big_slap: , balik lagi ke bengkel tanya ini setelan brapa click? dijawab di 22/30 (30 adalah paling keras). disetel2 ke 17, masih keras jg. kata org bengkelnya klo kelembekan nanti cepet rusak shock nya -_- akhirnya saya paksa aja, aduh saya ga mau bawa gerobak. akhirnya settle di 12/30 :big_biglaugh: ini baru manusiawi bantingannya. dulu om setel di brapa ya? ga mungkin kan setelan lembek ada pilihannya tapi ga boleh dipake? hmmmm. saya pun ga suka klo suspensi terlalu soft, tapi ya gak kayak gerobak jg :big_dunno:

sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)

well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km :)) jadi ga ngerasain klo ngebut2 gmn.

now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.

IMG_0570.jpg
Keren om ini langsung dieksekusi :off_good_job: :wkkk: Btw itu bilstein sm h&r nya buat 6cyl ya om?
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: ↑Tue Dec 05, 2023 12:11
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.
siap om, tadi pagi sempet jalan dan utak atik akhirnya settle di 8 buat depan, kayaknya emang settingan paling pas, klo lewat poldur ngayunnya cuman sekali dan manusiawi. sempet ke 5 tapi jd terlalu ngayun πŸ˜…. well see beberapa hari ke depan


Keren om ini langsung dieksekusi :off_good_job: :wkkk: Btw itu bilstein sm h&r nya buat 6cyl ya om?
[/quote]

ntah ini klo h&r ga disebutin buat w212 mesin apa https://www.h-r.com/en/article/?article ... iernr=5060

klo bilstein nya sepertinya sama juga, bisa buat semua model w212 yg rwd tanpa airmatic https://www.bilstein-shocks.co.uk/products/22-194091


tapi ya tbh so far masih lebih nyaman bilstein + h&r 🀣🀣 minusnya cmn klo lewat poldur yg tajemmmmm, sisanya pertecto.

mungkin karena blm nemu settingan yg pas, ato masih break in period. pake coilover rada harsh rasanya
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Wed Dec 06, 2023 4:34
farizfsa wrote: ↑Tue Dec 05, 2023 12:11
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.
siap om, tadi pagi sempet jalan dan utak atik akhirnya settle di 8 buat depan, kayaknya emang settingan paling pas, klo lewat poldur ngayunnya cuman sekali dan manusiawi. sempet ke 5 tapi jd terlalu ngayun πŸ˜…. well see beberapa hari ke depan


Keren om ini langsung dieksekusi :off_good_job: :wkkk: Btw itu bilstein sm h&r nya buat 6cyl ya om?
ntah ini klo h&r ga disebutin buat w212 mesin apa https://www.h-r.com/en/article/?article ... iernr=5060

klo bilstein nya sepertinya sama juga, bisa buat semua model w212 yg rwd tanpa airmatic https://www.bilstein-shocks.co.uk/products/22-194091


tapi ya tbh so far masih lebih nyaman bilstein + h&r 🀣🀣 minusnya cmn klo lewat poldur yg tajemmmmm, sisanya pertecto.

mungkin karena blm nemu settingan yg pas, ato masih break in period. pake coilover rada harsh rasanya
[/quote]

harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.

bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt

damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahaha
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Omnibus »

cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.

ini penjual B8 di spore

https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: ↑Wed Dec 06, 2023 5:53
harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.

bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt

damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahaha
ternyata ada yg senasib serupa yah, trial and error. beli karena penasarannnn ahahahahhaha :big_biglaugh: nasib innova 2GD saya jg gitu, awal pake kayaba excel g + per std enak, tp trus pake kayaba + eibach jadi kayak gerobak, ganti shock std + eibach ngayun parah mentok2 stopper mulu, ganti lagi tokico baru perfecto........

moga2 ga harus sampe ganti KW V3 dahhh, ini kayaknya udah enak. masih sedikit lbh keras dr bilstein b4 + h&r tapi yg paling penting klo lewat poldur tajem ga mentok stopper lagi.
Omnibus wrote: ↑Wed Dec 06, 2023 6:05 cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.

ini penjual B8 di spore

https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
ide yg menarik, tapi saat ini ngerem dl hwauhauha udah cukup experiment dgn suspensi nya. untung coilover bs diadjust2
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Thu Dec 07, 2023 1:02
farizfsa wrote: ↑Wed Dec 06, 2023 5:53
harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.

bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt

damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahaha
ternyata ada yg senasib serupa yah, trial and error. beli karena penasarannnn ahahahahhaha :big_biglaugh: nasib innova 2GD saya jg gitu, awal pake kayaba excel g + per std enak, tp trus pake kayaba + eibach jadi kayak gerobak, ganti shock std + eibach ngayun parah mentok2 stopper mulu, ganti lagi tokico baru perfecto........

moga2 ga harus sampe ganti KW V3 dahhh, ini kayaknya udah enak. masih sedikit lbh keras dr bilstein b4 + h&r tapi yg paling penting klo lewat poldur tajem ga mentok stopper lagi.
Omnibus wrote: ↑Wed Dec 06, 2023 6:05 cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.

ini penjual B8 di spore

https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
ide yg menarik, tapi saat ini ngerem dl hwauhauha udah cukup experiment dgn suspensi nya. untung coilover bs diadjust2
nah, kalo padanannya bilstein B6 or B8 + H&R mantep lah kerasnya, tp handling oke. udh mulai tua, gampang pegel pinggang mobil keras2 :big_biglaugh:
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!

udah ya jangan jajan lagi....
IMG_0667.jpg
IMG_0668.jpg
IMG_0672.jpg
IMG_0676.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by kepo2601 »

tesna wrote: ↑Mon Dec 11, 2023 1:09 seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!

udah ya jangan jajan lagi....

IMG_0667.jpg

IMG_0668.jpg

IMG_0672.jpg

IMG_0676.jpg
Wah cakep om fitmentnya, btw itu pakai velg apa ya?
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

kepo2601 wrote: ↑Fri Dec 15, 2023 9:38

Wah cakep om fitmentnya, btw itu pakai velg apa ya?
thanks om, kalo kata yang jual sih oem CLS W218 tapi di repaint silver
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: ↑Mon Dec 11, 2023 1:09 seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!

udah ya jangan jajan lagi....

IMG_0667.jpg

IMG_0668.jpg

IMG_0672.jpg

IMG_0676.jpg
Nah nanti makin di pake makin enak menurut saya sih dl gt ya
Plus mobil jd ga nungging bgt lg. Std nya agak nungging menurut saya kecuali trim avantgarde. Pake coilover yg pasti kerasa bgt kl jalan kelak kelok kaya ke puncak, pengalengan, ungaran dsb
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Darmaone
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Dec 18, 2023 13:54
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Land Cruiser Prado TRJ120

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Darmaone »

Hallo semua

Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Darmaone wrote: ↑Mon Dec 18, 2023 14:01 Hallo semua

Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
Di grup WA W212 juga ada yg ngalamin om, tp sarannya sih mending gedein volume audio dulu om, kalo dicari2 malah bebeliut [emo-yesno] . Ntr kalo om mau sekalian ganti evap atau bongkar evap untuk saat service AC, nah sekalian deh daerah itu mgkn dicek apakah ada yg patah kunciannya, atau longgar, sambil diganjel.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Darmaone wrote: ↑Mon Dec 18, 2023 14:01 Hallo semua

Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
ada TSB nya, cuman, sampe skrg saya blom tau mana yang harus diganjel pake kain :mky_01: , di mobil saya jg gitu soalnya.

LI68.10-P-047474 JUL09 rattling/vibrating noises at center IC/speaker cover because of production tolerances, felt will be installed

Technical Service Bulletin # LI68-10_P-0474742 Date: 091221
Audio - Noise In Center Of Inst. Panel/Speaker Cover
NOISES IN AREA OF CENTER OF INSTRUMENT PANEL/SPEAKER COVER
Topic number LI68.10-P-047474
Version 2
Design group 68.10 Instrument panel
Date 12-21-2009
Validity Model series 212
Reason for change Symptoms added
Reason for block
Complaint:
Noises in area of center of instrument panel/speaker cover. The speaker cover is loose.
Cause:
Noises may occur due to manufacturing tolerances in the speaker cover.
Remedy:
Remove speaker cover and line marked points (1) with felt.
Do not replace any speakers!
* Sufficient for 20 repairs, Submit as Local Purchase FST00034, Qty 1, handling is included
Attachments
Symptoms
2010 Mercedes Benz E 550 Sedan (212.072) V8-5.5L (273.971) Page 325
Parts
Work units
Validity
Attachment - Felt attachment points
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ada yang pernah ganti ballast/light control unit? udah datang ke spesialis mereka ga nyanggupin karena klo ganti itu harus coding online dan cuman bisa di dealer mercedes resmi. apa iya?

jadi gue notice kadang2 ada notif intelligent light system inoperative, dan klo ini nyala, klo belok corneringnya jadi ga idup (yang lain hidup semua, low beam hi beam , sen, parking light). gue cek dong itu bohlam dan ternyata pas gue cek kabel2 nya pada ngelupas. gue bawa lah itu ke kang lampu dibenerin kabel2 nya dan dipoles sekalian biar jadi kayak baru.

tapi udah gitu masih nongol itu notif, akhirnya gue dateng ke spesialis buat di scan, dan bener ada deteksi error di light control module/ballastnya menurut xentry. tapi dia ga nyanggupin ganti itu karena harus coding online dan nyaranin gue dateng ke bengkel resmi aja :big_childish: . mereka udah pernah coba ganti di customer lain dan ternyata ga solve the problem kwkwkwkw.

oh iya, menurut bengkel spesialis itu ini common bgt terjadi di semua mobil mercedes, kabelnya jadi getas karena umur.... mungkin insulation kabelnya pake yang ramah lingkungan kali ya (bio degradable), jadinya short dan ngerusak modulnya (why they dont have a fuse?!?!)

klo diluar negri sih pada bisa ya coding diluar beres, kali2 aja ada yang punya pengalaman disini dimana yang bisa gitu :D, mau usaha coba nyari dulu diluar beres, klo mentok baru ke beres....
WhatsApp Image 2023-12-18 at 14.53.40.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18