W212 Mercy tua yg msh berkelas
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya
. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian 
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.Bonga wrote: Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian
![]()
Saya dl pake bc coilover di w212
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.Bonga wrote: Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian
![]()
denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocokfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.
Saya dl pake bc coilover di w212



W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enaktesna wrote: Mon Dec 04, 2023 1:24saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.Bonga wrote: Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian
![]()
denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocokfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.
Saya dl pake bc coilover di w212ternyata enak ya.. jadi aga nyesel ga pake coilover sekalian. pikiran saya kemarin masa mbl eropa pake shock taiwan...
klo dipikir2 harganya 11-12 aja ganti full set bilstein depan belakang + lowering kit udah mau mendekati bc racing coilover
)
Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover
Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)farizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 1:31
Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak
Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover
Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.
sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja
sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulu

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.tesna wrote: Mon Dec 04, 2023 6:52thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)farizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 1:31
Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak
Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover
Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.
SCR-20231204-merg.jpeg
sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja
sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulukeluhan di setup yg skrg cuman di poldur yg tajem aja, agak ga enak bantingannya. di mobil yang dulu (mazda6) lewat poldur yg sama mah hajar aja whuahuauhauhauha. malah menurut sy bilstein b4 nya masih kurang keras menahan beban itu mesin v6 yg berat jadinya ngayun bgt klo lewat poldur tajem dan hence mentok stopper.
w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Nyari bilstein B8 om tp gatau dimana, khusus bwat mobil dengan lowering kit. Saya pake B4+lowering kit ga nyampe 2 tahun uda bocor padahal saya jarang hajar lobang. Cuman emang jalanan tempat kerja agak gelombang sih.tesna wrote: Mon Dec 04, 2023 6:52thanks sharingnya ya om, itu saya sering lewatin jalanan nanjak diagonal (tiap hari di parkiran kantor), skrg aja kadang suka selip ban nya klo lewat ky gituan. tp asli masih penasaran sm coilover. itu bc racing klo di set paling tinggi, apakah jadi kayak jadi tinggi std apa itu lebih rendah dr std? saya ga pingin ceper2 bgt, pengen proper aja (skrg h&r menurut sy cukup proper)farizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 1:31
Kalau cari ceper nya gap 1 jarian dr ban ke fender sih harus h&r, eibach ga akan se drop itu dan kalau di potong rasanya bakalan kurang enak
Bc coilover sy pk 2x, w212 dan q7, q7 saya lepas karena default nya ceper nya agak kebangetan, krg sreg suv keceperan. Dulu di clk w208 saya pake coilover merek d2, masih enakan bc coilover
Nah kurangnya coilover itu travel suspensi jd pendek, gampang gantung ban nya kalo lewat tanjakan turunan diagonal, sisanya sih masih enak ya
sama waktu itu udah nyaris nyikat ini coilover, kebetulan toko nya jarak nya deket bgt sm kantor. mikir lagi pas lihat spring rate nya bagian belakang.
SCR-20231204-merg.jpeg
sempet nanya ini ga salah typo? apa 1 nya kecoret? ko spring rate belakang lebih tinggi ya (jauh pula bedanya). ktnya ga typo koq itu, udah banyak yg masang info nya enak2 aja... tp ya itu lah saya galau dan akhirnya malah beralih ke lowering kit saja
sekarang galau lagi gara2 om blg enak di w212 nya dulukeluhan di setup yg skrg cuman di poldur yg tajem aja, agak ga enak bantingannya. di mobil yang dulu (mazda6) lewat poldur yg sama mah hajar aja whuahuauhauhauha. malah menurut sy bilstein b4 nya masih kurang keras menahan beban itu mesin v6 yg berat jadinya ngayun bgt klo lewat poldur tajem dan hence mentok stopper.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Thank you sharingnya om, bisa jadi bahan pertimbangan ini hehefarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 0:30Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.Bonga wrote: Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian
![]()
Saya dl pake bc coilover di w212
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Thank you sharingnya om, ini juga jadi bahan pertimbangan galau kemarin karena takutnya walaupun udah pake h&r tapi kurang srrg sama setupnya.tesna wrote: Mon Dec 04, 2023 1:24saya pribadi pake bilstein b4 + per H&R. keluhan saya cuman klo lewat poldur aja bagian depan mentok stopper, klo belakang aman. katanya sih klo bilstein cocok nya pake yang b8 klo pake per lowering kit (ini saya ga nemu2 yg jual dimana di jakarta), b8 ini lebih pendek dan lebih keras dr shock standard jadi travel nya cocok buat lowering kit. tp selain poldur, macam jalan beton ga rata, speed trap jalan tol, jalan gelombang2 gitu aman ga mentok stopper.Bonga wrote: Sun Dec 03, 2023 21:06 Halo om-om sekalian, sharing dikit dong buat yang pernah pendekin w212nya, enaknya pake kombinasi lowering kit brand apa ya?, atau better coilover? Apabila dilihat dari sisi harga parts dan kenyamanan mobilnya. Secara ada yang share kalo cuman ganti per aja sering mentok stopper katanya dan dihitung2 kalo ganti lowering kit + shock depan belakang harganya ga beda jauh sama coilovernya. Mohon pencerahannga suhu-suhu sekalian
![]()
denger2 pake eibach ga seagresif h&r turunnya jadi masih aman hrsnya pake shock std. tapi i could be wrong.
saya sempet sih kepikiran pake bc racing coilover, tapi takut ga cocokfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 0:30 Untuk lebih fleksibel, ganti bc racing coilover aja. Masih empuk banget sih menurut sy dulu ya. Shock bilstein + lowering kit h&r dpt ceper nya cm ga fleksibel, udh fix ceper dan keras segitu aja.
Saya dl pake bc coilover di w212ternyata enak ya.. jadi aga nyesel ga pake coilover sekalian. pikiran saya kemarin masa mbl eropa pake shock taiwan...
klo dipikir2 harganya 11-12 aja ganti full set bilstein depan belakang + lowering kit udah mau mendekati bc racing coilover
)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coiloverfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 7:08
settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.
w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang

emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet
impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak



sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)
well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km

now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.tesna wrote: Tue Dec 05, 2023 8:58i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coiloverfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 7:08
settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.
w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
IMG_0564.jpg
ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang)
IMG_0565.jpg
emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet
impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak, balik lagi ke bengkel tanya ini setelan brapa click? dijawab di 22/30 (30 adalah paling keras). disetel2 ke 17, masih keras jg. kata org bengkelnya klo kelembekan nanti cepet rusak shock nya -_- akhirnya saya paksa aja, aduh saya ga mau bawa gerobak. akhirnya settle di 12/30
ini baru manusiawi bantingannya. dulu om setel di brapa ya? ga mungkin kan setelan lembek ada pilihannya tapi ga boleh dipake? hmmmm. saya pun ga suka klo suspensi terlalu soft, tapi ya gak kayak gerobak jg
![]()
sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)
well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km) jadi ga ngerasain klo ngebut2 gmn.
now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.
IMG_0570.jpg
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Dec 03, 2023 20:59
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Keren om ini langsung dieksekusitesna wrote: Tue Dec 05, 2023 8:58i did it, karena testinomi om menjanjikan akhirnya khilaf beli bc racing coiloverfarizfsa wrote: Mon Dec 04, 2023 7:08
settingan paling tinggi bc coilover di w212 agak sedikit lebih tinggi dibanding std kalo ga salah. kalau ceper sisa 1-2 jari itu belum settingan paling rendah. untuk coilover yg bs setting damper, spring rate bisa di sesuaikan dengan settingan damping dr si shock nya. jadi memang lebih fleksibel. cuma memang untuk dapet tinggi dan bantingan sesuai selera mungkin perlu trial error. tp gampang kok, tinggal puter2, klik2 aja.
w212 coilover saya dl sih udah kemana2 semarang jogja, ciwidey anyer jalan2 rusak, aman 3 tahun ga ada bocor.
IMG_0564.jpg
ga ada foto pas dipasang, tadi saya tinggal makan siang)
IMG_0565.jpg
emang sih setelnya tinggal puter2 doang, tapi ini yg depan doang, yg belakang ribet
impresi awal langsung dicoba lewat poldur tajem2 dan kecil.. KERAS BGT kayak gerobak, balik lagi ke bengkel tanya ini setelan brapa click? dijawab di 22/30 (30 adalah paling keras). disetel2 ke 17, masih keras jg. kata org bengkelnya klo kelembekan nanti cepet rusak shock nya -_- akhirnya saya paksa aja, aduh saya ga mau bawa gerobak. akhirnya settle di 12/30
ini baru manusiawi bantingannya. dulu om setel di brapa ya? ga mungkin kan setelan lembek ada pilihannya tapi ga boleh dipake? hmmmm. saya pun ga suka klo suspensi terlalu soft, tapi ya gak kayak gerobak jg
![]()
sekarang juga saya setel kira2 1cm lebih tinggi dibanding pas pake bilstein + H&R, baca2 soalnya coilover ada butuh waktu buat settle down (ga mau terlalu pendek wkwkwkwk)
well see lah klo di rute2 yg lain gimana, bener2 baru siang tadi dipasang. dr bengkel ke kantor ga sampe 1 km) jadi ga ngerasain klo ngebut2 gmn.
now what to do with my old h&r and bilstein shocks... baru 2 minggu umurnya... kode produksi shock nya aja tahun 2023.. disimpen aja lah buat cadangan, mayan ini masih made in germany.
IMG_0570.jpg


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
siap om, tadi pagi sempet jalan dan utak atik akhirnya settle di 8 buat depan, kayaknya emang settingan paling pas, klo lewat poldur ngayunnya cuman sekali dan manusiawi. sempet ke 5 tapi jd terlalu ngayunfarizfsa wrote: Tue Dec 05, 2023 12:11
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.
Keren om ini langsung dieksekusi


[/quote]
ntah ini klo h&r ga disebutin buat w212 mesin apa https://www.h-r.com/en/article/?article ... iernr=5060
klo bilstein nya sepertinya sama juga, bisa buat semua model w212 yg rwd tanpa airmatic https://www.bilstein-shocks.co.uk/products/22-194091
tapi ya tbh so far masih lebih nyaman bilstein + h&r
mungkin karena blm nemu settingan yg pas, ato masih break in period. pake coilover rada harsh rasanya
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
ntah ini klo h&r ga disebutin buat w212 mesin apa https://www.h-r.com/en/article/?article ... iernr=5060tesna wrote: Wed Dec 06, 2023 4:34siap om, tadi pagi sempet jalan dan utak atik akhirnya settle di 8 buat depan, kayaknya emang settingan paling pas, klo lewat poldur ngayunnya cuman sekali dan manusiawi. sempet ke 5 tapi jd terlalu ngayunfarizfsa wrote: Tue Dec 05, 2023 12:11
Gpp biar si coilover settle dulu. Dulu kl ga salah saya setting depan di 8 belakang 10 deh. Jangan mentok terlalu empuk, cepet rusak, terlalu ceper di pentokin jg jangan bs cepet rusak.. well see beberapa hari ke depan
Keren om ini langsung dieksekusi![]()
Btw itu bilstein sm h&r nya buat 6cyl ya om?
klo bilstein nya sepertinya sama juga, bisa buat semua model w212 yg rwd tanpa airmatic https://www.bilstein-shocks.co.uk/products/22-194091
tapi ya tbh so far masih lebih nyaman bilstein + h&r
mungkin karena blm nemu settingan yg pas, ato masih break in period. pake coilover rada harsh rasanya
[/quote]
harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.
bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt
damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahaha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.
ini penjual B8 di spore
https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
ini penjual B8 di spore
https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
ternyata ada yg senasib serupa yah, trial and error. beli karena penasarannnn ahahahahhahafarizfsa wrote: Wed Dec 06, 2023 5:53
harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.
bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt
damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahaha

moga2 ga harus sampe ganti KW V3 dahhh, ini kayaknya udah enak. masih sedikit lbh keras dr bilstein b4 + h&r tapi yg paling penting klo lewat poldur tajem ga mentok stopper lagi.
ide yg menarik, tapi saat ini ngerem dl hwauhauha udah cukup experiment dgn suspensi nya. untung coilover bs diadjust2Omnibus wrote: Wed Dec 06, 2023 6:05 cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.
ini penjual B8 di spore
https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
nah, kalo padanannya bilstein B6 or B8 + H&R mantep lah kerasnya, tp handling oke. udh mulai tua, gampang pegel pinggang mobil keras2tesna wrote: Thu Dec 07, 2023 1:02ternyata ada yg senasib serupa yah, trial and error. beli karena penasarannnn ahahahahhahafarizfsa wrote: Wed Dec 06, 2023 5:53
harusnya masih break in period om. saya bmw f10 dr pake shock standar per standar ganti ke bilstein b4 aja lgs kerasa keras, sampe beli shock sachs yg agak empukan tp ga siginifikan, ujung2 nya karena saya pasang velg besar dan per H&R pasang lg deh tuh bilstein b4, tdnya pake eibach tp ga dapet ceper nya.
bilstein shock 7 jt
sachs shock 7 jt
per h&r 5 jt
per eibach 5 jt
damage cost nya way over ganti coilover. coilover 15 jtan, itu saya karena coba2 jadi 24 juta wkwk. pe er nya coilover emang di cari tinggi dan empuk yg paling pas sih, setiap orang beda2. kl mau empuk2an lagi si emg harus pake coilover KW V3 atau KW comfort, tp ya itu harganya, 40 jtan hahahahanasib innova 2GD saya jg gitu, awal pake kayaba excel g + per std enak, tp trus pake kayaba + eibach jadi kayak gerobak, ganti shock std + eibach ngayun parah mentok2 stopper mulu, ganti lagi tokico baru perfecto........
moga2 ga harus sampe ganti KW V3 dahhh, ini kayaknya udah enak. masih sedikit lbh keras dr bilstein b4 + h&r tapi yg paling penting klo lewat poldur tajem ga mentok stopper lagi.
ide yg menarik, tapi saat ini ngerem dl hwauhauha udah cukup experiment dgn suspensi nya. untung coilover bs diadjust2Omnibus wrote: Wed Dec 06, 2023 6:05 cuma shock knp ga hand carry aja. cari stockist nya yg terdekat, email2an bentar, trus flight pp.
ini penjual B8 di spore
https://www.sgcarmart.com/products/overview.php?ID=4168

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!
udah ya jangan jajan lagi....
udah ya jangan jajan lagi....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
- Daily Vehicle: 2019 Honda Vario 150 - K59J
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Wah cakep om fitmentnya, btw itu pakai velg apa ya?tesna wrote: Mon Dec 11, 2023 1:09 seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!
udah ya jangan jajan lagi....
IMG_0667.jpg
IMG_0668.jpg
IMG_0672.jpg
IMG_0676.jpg
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
K59J - 2019 Honda Vario 150
K59J - 2019 Honda Vario 150
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
thanks om, kalo kata yang jual sih oem CLS W218 tapi di repaint silver
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Nah nanti makin di pake makin enak menurut saya sih dl gt yatesna wrote: Mon Dec 11, 2023 1:09 seminggu pake coilover, sepertinya memang butuh break in, yang tadinya keras bgt skrg jadi agak empuk (sampe2 setelannya diputer 2 klik untuk dikerasin lagi). Bagian belakang turun sedikit, bagian depan tetap. jadinya bagian depan disetel turunin 8mm doang wkwkwkwk. skrg mantep rasanya naiknya, ga terlalu keras ga terlalu empuk.. pas!
udah ya jangan jajan lagi....
IMG_0667.jpg
IMG_0668.jpg
IMG_0672.jpg
IMG_0676.jpg
Plus mobil jd ga nungging bgt lg. Std nya agak nungging menurut saya kecuali trim avantgarde. Pake coilover yg pasti kerasa bgt kl jalan kelak kelok kaya ke puncak, pengalengan, ungaran dsb
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Dec 18, 2023 13:54
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Land Cruiser Prado TRJ120
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Hallo semua
Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
Di grup WA W212 juga ada yg ngalamin om, tp sarannya sih mending gedein volume audio dulu om, kalo dicari2 malah bebeliutDarmaone wrote: Mon Dec 18, 2023 14:01 Hallo semua
Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
ada TSB nya, cuman, sampe skrg saya blom tau mana yang harus diganjel pake kainDarmaone wrote: Mon Dec 18, 2023 14:01 Hallo semua
Salam kenal ya. Saya user W212 baru nih. Baru ambil W212 300 Elegance kira kira 2 mingguan. Mau nanya sama suhu-suhu disini, setelah saya dengerin jelas, ada bunyi2 rattle dashboard disisi pengemudi, apalagi kalau jalannya tidak rata/bergelombang. Suaranya seperti berasal dari dashboard di deket kaca depan. Saya coba tekan tekan sembari jalan, tapi tidak hilang. Apa suhu suhu sekalian pernah mengalami hal yang sama? Kalau pernah biasanya solusi nya apa ya? Karena kalau dalam keadaan tenang (setir dimalam hari) suara nya mengganggu sekali.

LI68.10-P-047474 JUL09 rattling/vibrating noises at center IC/speaker cover because of production tolerances, felt will be installed
Technical Service Bulletin # LI68-10_P-0474742 Date: 091221
Audio - Noise In Center Of Inst. Panel/Speaker Cover
NOISES IN AREA OF CENTER OF INSTRUMENT PANEL/SPEAKER COVER
Topic number LI68.10-P-047474
Version 2
Design group 68.10 Instrument panel
Date 12-21-2009
Validity Model series 212
Reason for change Symptoms added
Reason for block
Complaint:
Noises in area of center of instrument panel/speaker cover. The speaker cover is loose.
Cause:
Noises may occur due to manufacturing tolerances in the speaker cover.
Remedy:
Remove speaker cover and line marked points (1) with felt.
Do not replace any speakers!
* Sufficient for 20 repairs, Submit as Local Purchase FST00034, Qty 1, handling is included
Attachments
Symptoms
2010 Mercedes Benz E 550 Sedan (212.072) V8-5.5L (273.971) Page 325
Parts
Work units
Validity
Attachment - Felt attachment points
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 907
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas
ada yang pernah ganti ballast/light control unit? udah datang ke spesialis mereka ga nyanggupin karena klo ganti itu harus coding online dan cuman bisa di dealer mercedes resmi. apa iya?
jadi gue notice kadang2 ada notif intelligent light system inoperative, dan klo ini nyala, klo belok corneringnya jadi ga idup (yang lain hidup semua, low beam hi beam , sen, parking light). gue cek dong itu bohlam dan ternyata pas gue cek kabel2 nya pada ngelupas. gue bawa lah itu ke kang lampu dibenerin kabel2 nya dan dipoles sekalian biar jadi kayak baru.
tapi udah gitu masih nongol itu notif, akhirnya gue dateng ke spesialis buat di scan, dan bener ada deteksi error di light control module/ballastnya menurut xentry. tapi dia ga nyanggupin ganti itu karena harus coding online dan nyaranin gue dateng ke bengkel resmi aja
. mereka udah pernah coba ganti di customer lain dan ternyata ga solve the problem kwkwkwkw.
oh iya, menurut bengkel spesialis itu ini common bgt terjadi di semua mobil mercedes, kabelnya jadi getas karena umur.... mungkin insulation kabelnya pake yang ramah lingkungan kali ya (bio degradable), jadinya short dan ngerusak modulnya (why they dont have a fuse?!?!)
klo diluar negri sih pada bisa ya coding diluar beres, kali2 aja ada yang punya pengalaman disini dimana yang bisa gitu
, mau usaha coba nyari dulu diluar beres, klo mentok baru ke beres....
jadi gue notice kadang2 ada notif intelligent light system inoperative, dan klo ini nyala, klo belok corneringnya jadi ga idup (yang lain hidup semua, low beam hi beam , sen, parking light). gue cek dong itu bohlam dan ternyata pas gue cek kabel2 nya pada ngelupas. gue bawa lah itu ke kang lampu dibenerin kabel2 nya dan dipoles sekalian biar jadi kayak baru.
tapi udah gitu masih nongol itu notif, akhirnya gue dateng ke spesialis buat di scan, dan bener ada deteksi error di light control module/ballastnya menurut xentry. tapi dia ga nyanggupin ganti itu karena harus coding online dan nyaranin gue dateng ke bengkel resmi aja

oh iya, menurut bengkel spesialis itu ini common bgt terjadi di semua mobil mercedes, kabelnya jadi getas karena umur.... mungkin insulation kabelnya pake yang ramah lingkungan kali ya (bio degradable), jadinya short dan ngerusak modulnya (why they dont have a fuse?!?!)
klo diluar negri sih pada bisa ya coding diluar beres, kali2 aja ada yang punya pengalaman disini dimana yang bisa gitu

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18