The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by ChZ »

feel bawanya ngga mirip2 tuh ES ama camry, kan msh 1 basis wkwkwkwk. tp ES camry+avalon sih.

ini kemri hybrid tampangnya emang distinct sih daripada yang biasa. yg biasa kok gemes gw ama grillnya ngerusak tampang banget, kayak toyota lupa ngasih grill ya udah minta vendor nya bikinin asal tempel krn udah deket deadline mau presentasi ke atasan.

XV50 FL malah jadi kya ganti model. gagah abis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2561
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by farizfsa »

ChZ wrote: 06 Apr 2023, 15:11 feel bawanya ngga mirip2 tuh ES ama camry, kan msh 1 basis wkwkwkwk. tp ES camry+avalon sih.

ini kemri hybrid tampangnya emang distinct sih daripada yang biasa. yg biasa kok gemes gw ama grillnya ngerusak tampang banget, kayak toyota lupa ngasih grill ya udah minta vendor nya bikinin asal tempel krn udah deket deadline mau presentasi ke atasan.

XV50 FL malah jadi kya ganti model. gagah abis.
Kalo yg ane rasain sih beda ya, camry xv50 lebih keras, lexus es lebih empuk. Kl buat nekuk2 camry xv50 lebih enak beneran, lexus es lebih males tp lexus es nvh nya ga bohong sih kl cuma dibanding camry
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
bungle
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 28 Jan 2016, 01:17

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by bungle »

peterming77 wrote: 05 Apr 2023, 17:00 Soal filter battery hybrid, saya jadi penasaran apa di CorCross ada atau nga, coba nanti saya tanya ke bengkel waktu servis. Posisi intake ada di bawah kaki penumpang kanan, kalo ga ada filter gawat juga bisa jadi tempat ngopi debu debu :big_cry:
Seharusnya CorCross sudah ada filter blower fan baterai. Tinggal dibuka saja covernya. Langsung keliatan ada filter atau tidak. Sekalian bersihin blowernya biar sekalian kerja.
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by sherryandkez »

b0ku wrote: 05 Apr 2023, 13:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:

ya kagak kaget kan demand batrenya naek materialnya otomatis naek :mky_03:

ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km :mky_03:
1215889.jpg
ngapain juga saya boong sama om, gak guna :big_slap:

itu saya ambil langsung dari SAP system toyota, 51.030.000 blm pasang. jgn liat di toped lah pasti mahal2.
bimzbim wrote: 05 Apr 2023, 14:19 mobil capek, kalo di rawat dengan bener sih sebenernya tetep aja nyaman.
Saya pengalaman miara mobil dari baru terlama sekarang ada di ertiga, udah mau jalan 9 tahun.
Service rutin macem ganti oli mesin, oli transmisi, busi, filter udara, dll, dilakukan sesuai rekomendasi bengkel.
Untuk per olian, ga wajib oli high end, yang penting rutin dan sesuai jadwal.
Kerusakan part seperti komponen kaki kaki, fuel pump, dll ya diperbaiki dengan barang asli beres.
Jangan sering sering buka kaca mobil apalagi merokok dimobil.
Detailing interior rutin, minimal seharusnya 1 tahun sekali.
Pake BBM sesuai requirement kendaraan.
Hindari kreatifitas yang belum jelas kebenarannya terutama kalo sifatnya memasukkan cairan ke ruang bakar.
Dan ini yang paling penting, jaga mobil stay sesuai standar pabrikan kalo mobil mau dipake selama mungkin.

Mesikpun ni km udah jalan ratusan rb, tetep aja nyaman.
ini mobil kalo liat kondisi sekarang gak ada yang nyangka km nya mega mileage om, temen2 malah ada yg nyangka 20rb 40rb. paling gede bilangnya 100rb.
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 14:30
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 13:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
udah ada specialistnya, 1-2jt ganti per cell, ongkos bongkar 1.5jt sekali bongkar. malah ada yang punya batere aftermarket yang lebih advanced dari oem nya (soal daya tahan sih gak tau)
RezPrat wrote: 05 Apr 2023, 16:03 Ane udah bbrp taun mainan solar panel pake batere lifepo4, menurut pengalaman ane ya, kalo udah d atas 5thn, kalo cuma ganti Cell yg rusak gak akan long lasting, 1-2 tahun juga bakal jebol sebagian besar Cell nya. Sebab batere d seri dan paralel ini sangat sensitif dgn "ketimpangan" voltage pada rangkaian nya. Istilah nya betere Cell yg lemah akan membuat batere Cell yg sehat kerja lebih keras buat balancing voltage dan current nya.
Jadi ya kalo udah ada 1-2 Cell yg rusak mending ganti semua nya 1 set.
di us ada temen yang biasa ganti2 cell batere prius om, kalo dia ada proses calibrate atau apalah saya gak ngerti, yang pasti dia selalu ganti banyak gak pernah cuma 1 2. di indo gak ngerti deh. tapi ada yang jual battery bekas 15jt warranty 1th kalo worry.
peterming77 wrote: 05 Apr 2023, 17:00
sherryandkez wrote: 05 Apr 2023, 12:33
ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :

1. pasang filter battery hybrid
Screenshot 2023-04-05 122441.jpg
barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.

2. bersihin blower pendingin battery hybrid
1214578.jpg
karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.

Congrats buat Camry Hybrid nya :big_exellent:

Saya udah naksir Camry Hybrid ini sejak kakak minta ganti Swift yg dipake sehari2, tapi mungkin belum jodoh krn akhirnya kakak minta diganti HRV aja dng alasan posisi duduk dan keluar masuk kabin belakang ga susah (krn posisi kursi nya dari aspal relatif tinggi). Sempat saya cobakan Camry XV50 dan posisi dari duduk buat keluarnya kesusahan krn terlalu nyaman kayak boss :big_biglaugh: apalagi yg XV50 nga ada handle di belakang kursi buat narik badan.

Next time semoga kebeli Camry Hybrid ini, krn gimana2 udah umur raga penginnya nyetir mobil yg nyaman ga bikin tulang geser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: (meski jiwa masih pengin bejek F30 328i :big_love: )

Soal filter battery hybrid, saya jadi penasaran apa di CorCross ada atau nga, coba nanti saya tanya ke bengkel waktu servis. Posisi intake ada di bawah kaki penumpang kanan, kalo ga ada filter gawat juga bisa jadi tempat ngopi debu debu :big_cry:
iya inget si om sempet pm hahaha malah saya yg dpt duluan. umur saya masih kepala 2 om, malah temen2 bingung lah mbl lu mbl bapak2 semua :big_biglaugh: corolla cross udah ada dan malah lebih gampang ganti/bersihin karena ada dedicated cover.
mhbbi wrote: 05 Apr 2023, 17:00 another proof a toyota is reliable, kalaupun hybridnya penyakitan, berarti karena salah treatment aja hahaha

untuk headlamp ternyata yang hybrid sama-sama kurang terang ya kaya tipe non hybrid, barangkali ada saran apa yang perlu diupgrade biar lebih terang tanpa menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

jadi baru tau saya ternyata tips untuk maintenance baterai hybrid, hmm jadi tertarik pinang mobil hybrid beberapa taun kedepan biar irit bbm

nice review and thanks sharingnya om.
camry hybrid penyakitan itu ada beberapa faktor. satu, di sini camry = mobil sopir, sopirnya bejek sana sini apalagi kalo bekas pejabat pake patwal, tamatlah itu batere dipake kasar. dua, filter tadi itu belom ada dan maintenancenya belum ngerti, tiga, panas bener ini negara, hybrid Lexus saya pernah gak mau kerja karena abis dijemur berjam2 kepanasan.

lampu sih rencana mau ganti philips yg paling terang highbeamnya, tp ntar aja deh mobil jalan terus blm sempet berenti ke bengkel.
darrelund wrote: 05 Apr 2023, 20:09 kyknya ni mobil cocok sama trit frugal living

197jt + 51jt (batt) = 248jt

nyaman dapet, bensin 1:30, presence oke

menarik jg ni mobil :big_biglaugh:

nyaman maksimal, irit maksimal :big_biglaugh:



btw itu pajak ES hibrid berapa um? penasaran
justru itu makanya sekarang direview, biar yang mau frugal living langsung nyikat camry hybrid :big_weee:

battery mah gak usah diitung, kalo battery healthnya jelek pas cek di toyota langsung skip aja. asli kalo masalah presence gak boong, 11-12 sama Lexus padahal harga gak sampe 1/2. kenceng lagi, terakhir adu kenceng sama G30 530i dia nyerah duluan.
1215890.jpg
pajak ES? 12jt kurang dikit, sial emang Lexus padahal E250 tahun sama dah ada yang 10an
remedusakti wrote: 05 Apr 2023, 21:22 Pernah beberapa kali pake Camry Hybrid tahun 2015.

Ini Mobil Asli enak bener.. larinya super enteng, karna engine 2AR dibantu dengan motor elektrik.. akselerasi gesit, tekuk kiri kanan, tikungan mantep.. pernah test akselerasi, ini lbh enteng larinya ketimbang LC 2UZ FE 4.7 L V8..
Ini yg membuat sy terpesona sama hybrid, sy kira semua hybrid seenteng ini larinya, pas nyoba Zenix hybrid yang 0-100kpj 9detikan, jauhh entengan camry kemana2..
Perkiraan saya 0-100kpj camry hybrid ada diangka 7detikan

Mobil juga irit banget, kl pake santai, 1 liter bs tembus diatas 20km

Suspensinya juga ajib, enak, empuknya pas dan gak terlalu limbung, ketemu jalan jelek empuk, jalan gelombang body kontrol enak.

Racksteer juga KM diatas 100K, aman sentosa, gak ada gredek2 khas rack steer macem di alphard vellfire yg rawan bener gredek gredek kl sering lwt jalan jelek.

Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
larinya ini mobil gila om, sama 3.5Q masih bisa keep up, handling juga jauh lebih enak gak kayak kapal. ini mobil pertama saya yang beneran bisa mentokin speedo (yaiyalah speedo 180 doank :big_biglaugh: )

lucunya ini mobil kalo dipake gaspol sama irit2an di tol sama aja iritnya. pernah waktu itu jkt bdg 1 jam karena dipanggil buru2, dapet bensin 1:17. lah pas nyantai besoknya jkt bdg kok sama aja 1:18 :big_biglaugh:

racksteer mobil ini baru ganti 2022 jadi harusnya aman lah ya.
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 22:55
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 22:23
remedusakti wrote: 05 Apr 2023, 21:22 Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
camry putih yang saya liat pertama itu saya tawar kayak gt om. dia buka 220, batere jebol. saya bilang 170 panggil towing sekarang saya trf. eh dianya gak mau, sampe skrg blm laku2 malah naik 259 karena udah ganti batere per cell aja.
Pboyz97 wrote: 06 Apr 2023, 09:31 nice review om & selamat buat mobil barunya. kebetulan 4 tahun yg lalu pernah pinjem seharian punya temen bokap tipe sama warna sama tahun sama, kmnya juga udh sekitar 268rban , sering bgt dipake jakarta - bandung PP 2 minggu sekali atau jakarta - jateng 3 bulan sekali PP (pas 2021 udh dijual ganti ANKI G diesel at baru jaman PPNBM) . rasanya nyaman bgt , empuk & lumayan enak disetir. kondisi mobil jg overall masih cukup oke , cuma ya kaya yg om TS nya bilang, jok udh mulai kempot yg bagian driver + unit yg saya coba rack steeringnya udh mulai kena + maticnya juga udh mulai gejala jedug pas mundur & batrenya selama make jg udh ganti 3x wkwk
itu 268rb masih ada nomer yang beli gak? kalo masih ada mau dong :big_biglaugh: joknya mobil ini kemaren udah direpair jadi tebel lagi gak kempot hahaha.
Iriawans wrote: 06 Apr 2023, 09:57 Om sherryandkez, boleh dong dishare juga pengalaman pake Lexus-nya biar gak penasaran hehehe :big_grin:
waktu itu sudah direview om hehehe
viewtopic.php?t=31490
farizfsa wrote: 06 Apr 2023, 14:35
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 22:55
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 22:23
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
nah saya ambil di pedege, dia lexus aja abis ganti abs pump dll habis 72 jt, ampli mark levinson 18 jt, semua ada record nya

nah coba kira2 dia ambil berapa dr user ya :big_think:

bs jd jual rugi jg lol
cek aja om itu gantinya pas owner sebelumnya apa sama dealer. kayaknya gak mungkin dealer jajanin mobil 90jt apalagi modelan ES yang susah laku kalo orang gak ngerti. biasanya dealer mah ngaku2 aja dia yang jajanin biar keliatan niat jualan.
ChZ wrote: 06 Apr 2023, 15:11 feel bawanya ngga mirip2 tuh ES ama camry, kan msh 1 basis wkwkwkwk. tp ES camry+avalon sih.

ini kemri hybrid tampangnya emang distinct sih daripada yang biasa. yg biasa kok gemes gw ama grillnya ngerusak tampang banget, kayak toyota lupa ngasih grill ya udah minta vendor nya bikinin asal tempel krn udah deket deadline mau presentasi ke atasan.

XV50 FL malah jadi kya ganti model. gagah abis.
surprisingly meski orang bilang lexus cuma luxury toyota, dua mobil ini beda jauuuuh banget rasanya. gak ngerti orang begitu kayaknya ngasal ngomong padahal punya Lexus juga engga.

dari buka pintu aja jauh lebih berat dan premium handlenya. interior beda jauh materialnya dan desainnya. bahkan cat dan detail-detail kayak panel gap dan fit finish beda jauh.

rasa naiknya pun beda (disclaimer lexus saya pake kaki2 tein :upss: ). camry untuk duduk belakang lebih nyaman karena bisa recline dan ada pijat, legroom juga rasa2 saya lebih lega. anehnya lexus yang orang bilang nyaman, menurut saya lebih enak buat disetir sendiri, karena lebih santai dan relaxing. handling 11-12 lah, gak fun banget tapi gak kapal juga.

secara fungsi ini dua mobil sama aja, mesin sama, presence sama, nyaman sama, disetir enaknya sama aja. gak worth kalo itungan duit beli lexus 500jt sama ini 200jt kurang.

tapi ada sesuatu yang gak bisa dibeli pake duit di lexus : special feel, di mana kita gak ngerasa bawa mobil aja, tapi sebuah karya seni yang memuaskan hati kita sebagai owner. di sisi lain camry bagi saya seenak apapun, dia tetep sebuah mobil yang dibuat untuk jadi workhorse, bukan dibuat dengan hati yang "the pursuit of perfection"

saya setia dengan Lexus karena saya menyenangi mobil yang dibuat dengan hati seperti ini :mky_02:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by sherryandkez »

AbdulHakim wrote: 06 Apr 2023, 07:46
benzz89 wrote: 06 Apr 2023, 05:33 Ini sih gak salah ambil hybrid krn dlm 3 bulan aja jalannya sdh 40 ribu KM.

Kl umur baterai 5 taon, bisa jalan 800 ribu KM itu camry... boleh ini di buy back ama boyota pas di KM 1 juta [emoji1]

Btw ini mobil dibuat apaan om larinya kaya AKAP 3 bulan 40 ribu KM alias 1 hari hampir 450 KM... kuat jg itu drivernya [emoji4]
nah sama, ini juga pertanyaan yang terlintas di benak saya :big_smile]
ini mobil perang om.. ke depannya jalannya gak akan sekenceng itu karena ada temennya ntar :big_peace: hybrid juga dan lebih cocok jadi workhorse

kalo ditanya kuat juga drivernya.. drivernya saya om, kalo gak kuat lagi ya minta supir dari kantor :big_biglaugh: belakangan agak sering disupiri karena kerjaan menuntut bisa dikerjain di jalan, which is impossible kalo saya lagi nyetir 200km+ yang bisa 3 jam perjalanan.

rekor mbl ini 1000an km sehari, Lexus 800km an sehari.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4193
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by b0ku »

sherryandkez wrote: 07 Apr 2023, 00:47
1215889.jpg
ngapain juga saya boong sama om, gak guna :big_slap:
gak ada yang bilang boong cuma keknya harganya kurang update barusan ada yang ngomong kena 77jt ya berarti min assynya sendiri ud 60an sekarang :mky_03:

2 unit terakhir yang masuk di saya sih 65 sama 68jt :mky_03: gak mungkin beda jawa sama lampung sampe 9 jt bedanya keliatanya ada naek lagi :mky_01:

kalo emang 51jt 68-51= 17jt masa ongkos kerja 17 juta :big_biglaugh:

kalo di pake om mah gak bakalan rugi keknya kan jalannya gila2xan keknya 300rb km pun per batre ud untung banyak :big_grin:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: 22 Nov 2018, 21:39
Location: Jakarta

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by Iriawans »

sherryandkez wrote: 07 Apr 2023, 00:47
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 13:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:

ya kagak kaget kan demand batrenya naek materialnya otomatis naek :mky_03:

ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km :mky_03:
1215889.jpg
ngapain juga saya boong sama om, gak guna :big_slap:

itu saya ambil langsung dari SAP system toyota, 51.030.000 blm pasang. jgn liat di toped lah pasti mahal2.
bimzbim wrote: 05 Apr 2023, 14:19 mobil capek, kalo di rawat dengan bener sih sebenernya tetep aja nyaman.
Saya pengalaman miara mobil dari baru terlama sekarang ada di ertiga, udah mau jalan 9 tahun.
Service rutin macem ganti oli mesin, oli transmisi, busi, filter udara, dll, dilakukan sesuai rekomendasi bengkel.
Untuk per olian, ga wajib oli high end, yang penting rutin dan sesuai jadwal.
Kerusakan part seperti komponen kaki kaki, fuel pump, dll ya diperbaiki dengan barang asli beres.
Jangan sering sering buka kaca mobil apalagi merokok dimobil.
Detailing interior rutin, minimal seharusnya 1 tahun sekali.
Pake BBM sesuai requirement kendaraan.
Hindari kreatifitas yang belum jelas kebenarannya terutama kalo sifatnya memasukkan cairan ke ruang bakar.
Dan ini yang paling penting, jaga mobil stay sesuai standar pabrikan kalo mobil mau dipake selama mungkin.

Mesikpun ni km udah jalan ratusan rb, tetep aja nyaman.
ini mobil kalo liat kondisi sekarang gak ada yang nyangka km nya mega mileage om, temen2 malah ada yg nyangka 20rb 40rb. paling gede bilangnya 100rb.
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 14:30
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 13:50 51jt??? harga taon 2020-2021 keknya itu ud 70jt om batrenya doank :wkkk:

saya pernah share kok di sini lapak jualan camry hybrid dari taon ke taon biasa ada beberapa seller umbar mereka apis kena cepu sama tuh mobil biar buyernya tenang, terakhir ud 60jtan dari awalnya cuma 40jtan terus saya nemu di toped ud 69jt assy barunya :big_biglaugh:


ciri2x yang umum 5th pasti rontok entah itu high or low km
Itu mah udah jadi biaya yg perlu di siapkeun om klo pengen pelihara hybrid / ev :big_grin:


Kcuali mulai banyak bengkel spesialis pada jago otak atik batre hybrid. Jd bisa murah ganti per cell nya bgitu bgitu. Tunggu jadi common aja dulu wkwkwk
udah ada specialistnya, 1-2jt ganti per cell, ongkos bongkar 1.5jt sekali bongkar. malah ada yang punya batere aftermarket yang lebih advanced dari oem nya (soal daya tahan sih gak tau)
RezPrat wrote: 05 Apr 2023, 16:03 Ane udah bbrp taun mainan solar panel pake batere lifepo4, menurut pengalaman ane ya, kalo udah d atas 5thn, kalo cuma ganti Cell yg rusak gak akan long lasting, 1-2 tahun juga bakal jebol sebagian besar Cell nya. Sebab batere d seri dan paralel ini sangat sensitif dgn "ketimpangan" voltage pada rangkaian nya. Istilah nya betere Cell yg lemah akan membuat batere Cell yg sehat kerja lebih keras buat balancing voltage dan current nya.
Jadi ya kalo udah ada 1-2 Cell yg rusak mending ganti semua nya 1 set.
di us ada temen yang biasa ganti2 cell batere prius om, kalo dia ada proses calibrate atau apalah saya gak ngerti, yang pasti dia selalu ganti banyak gak pernah cuma 1 2. di indo gak ngerti deh. tapi ada yang jual battery bekas 15jt warranty 1th kalo worry.
peterming77 wrote: 05 Apr 2023, 17:00
sherryandkez wrote: 05 Apr 2023, 12:33
ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :

1. pasang filter battery hybrid
Screenshot 2023-04-05 122441.jpg
barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.

2. bersihin blower pendingin battery hybrid
1214578.jpg
karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.

Congrats buat Camry Hybrid nya :big_exellent:

Saya udah naksir Camry Hybrid ini sejak kakak minta ganti Swift yg dipake sehari2, tapi mungkin belum jodoh krn akhirnya kakak minta diganti HRV aja dng alasan posisi duduk dan keluar masuk kabin belakang ga susah (krn posisi kursi nya dari aspal relatif tinggi). Sempat saya cobakan Camry XV50 dan posisi dari duduk buat keluarnya kesusahan krn terlalu nyaman kayak boss :big_biglaugh: apalagi yg XV50 nga ada handle di belakang kursi buat narik badan.

Next time semoga kebeli Camry Hybrid ini, krn gimana2 udah umur raga penginnya nyetir mobil yg nyaman ga bikin tulang geser :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: (meski jiwa masih pengin bejek F30 328i :big_love: )

Soal filter battery hybrid, saya jadi penasaran apa di CorCross ada atau nga, coba nanti saya tanya ke bengkel waktu servis. Posisi intake ada di bawah kaki penumpang kanan, kalo ga ada filter gawat juga bisa jadi tempat ngopi debu debu :big_cry:
iya inget si om sempet pm hahaha malah saya yg dpt duluan. umur saya masih kepala 2 om, malah temen2 bingung lah mbl lu mbl bapak2 semua :big_biglaugh: corolla cross udah ada dan malah lebih gampang ganti/bersihin karena ada dedicated cover.
mhbbi wrote: 05 Apr 2023, 17:00 another proof a toyota is reliable, kalaupun hybridnya penyakitan, berarti karena salah treatment aja hahaha

untuk headlamp ternyata yang hybrid sama-sama kurang terang ya kaya tipe non hybrid, barangkali ada saran apa yang perlu diupgrade biar lebih terang tanpa menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

jadi baru tau saya ternyata tips untuk maintenance baterai hybrid, hmm jadi tertarik pinang mobil hybrid beberapa taun kedepan biar irit bbm

nice review and thanks sharingnya om.
camry hybrid penyakitan itu ada beberapa faktor. satu, di sini camry = mobil sopir, sopirnya bejek sana sini apalagi kalo bekas pejabat pake patwal, tamatlah itu batere dipake kasar. dua, filter tadi itu belom ada dan maintenancenya belum ngerti, tiga, panas bener ini negara, hybrid Lexus saya pernah gak mau kerja karena abis dijemur berjam2 kepanasan.

lampu sih rencana mau ganti philips yg paling terang highbeamnya, tp ntar aja deh mobil jalan terus blm sempet berenti ke bengkel.
darrelund wrote: 05 Apr 2023, 20:09 kyknya ni mobil cocok sama trit frugal living

197jt + 51jt (batt) = 248jt

nyaman dapet, bensin 1:30, presence oke

menarik jg ni mobil :big_biglaugh:

nyaman maksimal, irit maksimal :big_biglaugh:



btw itu pajak ES hibrid berapa um? penasaran
justru itu makanya sekarang direview, biar yang mau frugal living langsung nyikat camry hybrid :big_weee:

battery mah gak usah diitung, kalo battery healthnya jelek pas cek di toyota langsung skip aja. asli kalo masalah presence gak boong, 11-12 sama Lexus padahal harga gak sampe 1/2. kenceng lagi, terakhir adu kenceng sama G30 530i dia nyerah duluan.
1215890.jpg
pajak ES? 12jt kurang dikit, sial emang Lexus padahal E250 tahun sama dah ada yang 10an
remedusakti wrote: 05 Apr 2023, 21:22 Pernah beberapa kali pake Camry Hybrid tahun 2015.

Ini Mobil Asli enak bener.. larinya super enteng, karna engine 2AR dibantu dengan motor elektrik.. akselerasi gesit, tekuk kiri kanan, tikungan mantep.. pernah test akselerasi, ini lbh enteng larinya ketimbang LC 2UZ FE 4.7 L V8..
Ini yg membuat sy terpesona sama hybrid, sy kira semua hybrid seenteng ini larinya, pas nyoba Zenix hybrid yang 0-100kpj 9detikan, jauhh entengan camry kemana2..
Perkiraan saya 0-100kpj camry hybrid ada diangka 7detikan

Mobil juga irit banget, kl pake santai, 1 liter bs tembus diatas 20km

Suspensinya juga ajib, enak, empuknya pas dan gak terlalu limbung, ketemu jalan jelek empuk, jalan gelombang body kontrol enak.

Racksteer juga KM diatas 100K, aman sentosa, gak ada gredek2 khas rack steer macem di alphard vellfire yg rawan bener gredek gredek kl sering lwt jalan jelek.

Cuma 1 kekurangannya yaitu harga batterynya muahal amit2.. sdh pernah replace battery hybrid, diauto2000 total habis 77jt..
larinya ini mobil gila om, sama 3.5Q masih bisa keep up, handling juga jauh lebih enak gak kayak kapal. ini mobil pertama saya yang beneran bisa mentokin speedo (yaiyalah speedo 180 doank :big_biglaugh: )

lucunya ini mobil kalo dipake gaspol sama irit2an di tol sama aja iritnya. pernah waktu itu jkt bdg 1 jam karena dipanggil buru2, dapet bensin 1:17. lah pas nyantai besoknya jkt bdg kok sama aja 1:18 :big_biglaugh:

racksteer mobil ini baru ganti 2022 jadi harusnya aman lah ya.
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 22:55
b0ku wrote: 05 Apr 2023, 22:23
77jt sama ongkos kerja kan om??? batrenya kena berapa soalnya saya sih terakhir dapet laporan di 60jtan :mky_01:
Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
camry putih yang saya liat pertama itu saya tawar kayak gt om. dia buka 220, batere jebol. saya bilang 170 panggil towing sekarang saya trf. eh dianya gak mau, sampe skrg blm laku2 malah naik 259 karena udah ganti batere per cell aja.
Pboyz97 wrote: 06 Apr 2023, 09:31 nice review om & selamat buat mobil barunya. kebetulan 4 tahun yg lalu pernah pinjem seharian punya temen bokap tipe sama warna sama tahun sama, kmnya juga udh sekitar 268rban , sering bgt dipake jakarta - bandung PP 2 minggu sekali atau jakarta - jateng 3 bulan sekali PP (pas 2021 udh dijual ganti ANKI G diesel at baru jaman PPNBM) . rasanya nyaman bgt , empuk & lumayan enak disetir. kondisi mobil jg overall masih cukup oke , cuma ya kaya yg om TS nya bilang, jok udh mulai kempot yg bagian driver + unit yg saya coba rack steeringnya udh mulai kena + maticnya juga udh mulai gejala jedug pas mundur & batrenya selama make jg udh ganti 3x wkwk
itu 268rb masih ada nomer yang beli gak? kalo masih ada mau dong :big_biglaugh: joknya mobil ini kemaren udah direpair jadi tebel lagi gak kempot hahaha.
Iriawans wrote: 06 Apr 2023, 09:57 Om sherryandkez, boleh dong dishare juga pengalaman pake Lexus-nya biar gak penasaran hehehe :big_grin:
waktu itu sudah direview om hehehe
viewtopic.php?t=31490
farizfsa wrote: 06 Apr 2023, 14:35
KielConstantine wrote: 05 Apr 2023, 22:55

Yaudah gini aja….


Supaya win win


Tiap ketemu seller individu mau jualan mobil hybrid sekenan. Langsung nego minta potong 70 jt dari harga open price yg mereka tawarin :big_weee:
nah saya ambil di pedege, dia lexus aja abis ganti abs pump dll habis 72 jt, ampli mark levinson 18 jt, semua ada record nya

nah coba kira2 dia ambil berapa dr user ya :big_think:

bs jd jual rugi jg lol
cek aja om itu gantinya pas owner sebelumnya apa sama dealer. kayaknya gak mungkin dealer jajanin mobil 90jt apalagi modelan ES yang susah laku kalo orang gak ngerti. biasanya dealer mah ngaku2 aja dia yang jajanin biar keliatan niat jualan.
ChZ wrote: 06 Apr 2023, 15:11 feel bawanya ngga mirip2 tuh ES ama camry, kan msh 1 basis wkwkwkwk. tp ES camry+avalon sih.

ini kemri hybrid tampangnya emang distinct sih daripada yang biasa. yg biasa kok gemes gw ama grillnya ngerusak tampang banget, kayak toyota lupa ngasih grill ya udah minta vendor nya bikinin asal tempel krn udah deket deadline mau presentasi ke atasan.

XV50 FL malah jadi kya ganti model. gagah abis.
surprisingly meski orang bilang lexus cuma luxury toyota, dua mobil ini beda jauuuuh banget rasanya. gak ngerti orang begitu kayaknya ngasal ngomong padahal punya Lexus juga engga.

dari buka pintu aja jauh lebih berat dan premium handlenya. interior beda jauh materialnya dan desainnya. bahkan cat dan detail-detail kayak panel gap dan fit finish beda jauh.

rasa naiknya pun beda (disclaimer lexus saya pake kaki2 tein :upss: ). camry untuk duduk belakang lebih nyaman karena bisa recline dan ada pijat, legroom juga rasa2 saya lebih lega. anehnya lexus yang orang bilang nyaman, menurut saya lebih enak buat disetir sendiri, karena lebih santai dan relaxing. handling 11-12 lah, gak fun banget tapi gak kapal juga.

secara fungsi ini dua mobil sama aja, mesin sama, presence sama, nyaman sama, disetir enaknya sama aja. gak worth kalo itungan duit beli lexus 500jt sama ini 200jt kurang.

tapi ada sesuatu yang gak bisa dibeli pake duit di lexus : special feel, di mana kita gak ngerasa bawa mobil aja, tapi sebuah karya seni yang memuaskan hati kita sebagai owner. di sisi lain camry bagi saya seenak apapun, dia tetep sebuah mobil yang dibuat untuk jadi workhorse, bukan dibuat dengan hati yang "the pursuit of perfection"

saya setia dengan Lexus karena saya menyenangi mobil yang dibuat dengan hati seperti ini :mky_02:

Thanks Om, ternyata udah pernah baca threadnya :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15522
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by ChZ »

sherryandkez wrote: 07 Apr 2023, 00:47
surprisingly meski orang bilang lexus cuma luxury toyota, dua mobil ini beda jauuuuh banget rasanya. gak ngerti orang begitu kayaknya ngasal ngomong padahal punya Lexus juga engga.

dari buka pintu aja jauh lebih berat dan premium handlenya. interior beda jauh materialnya dan desainnya. bahkan cat dan detail-detail kayak panel gap dan fit finish beda jauh.

rasa naiknya pun beda (disclaimer lexus saya pake kaki2 tein :upss: ). camry untuk duduk belakang lebih nyaman karena bisa recline dan ada pijat, legroom juga rasa2 saya lebih lega. anehnya lexus yang orang bilang nyaman, menurut saya lebih enak buat disetir sendiri, karena lebih santai dan relaxing. handling 11-12 lah, gak fun banget tapi gak kapal juga.

secara fungsi ini dua mobil sama aja, mesin sama, presence sama, nyaman sama, disetir enaknya sama aja. gak worth kalo itungan duit beli lexus 500jt sama ini 200jt kurang.

tapi ada sesuatu yang gak bisa dibeli pake duit di lexus : special feel, di mana kita gak ngerasa bawa mobil aja, tapi sebuah karya seni yang memuaskan hati kita sebagai owner. di sisi lain camry bagi saya seenak apapun, dia tetep sebuah mobil yang dibuat untuk jadi workhorse, bukan dibuat dengan hati yang "the pursuit of perfection"

saya setia dengan Lexus karena saya menyenangi mobil yang dibuat dengan hati seperti ini :mky_02:
kalau ini nggak usah ditanya sih hahaha cap L memang beda. klo merasa toyota uda well built cap L lebih gila lg sebenernya. ane kan pake tuh cap L meski mereknya belom L. mobil yang technically cap L buat domestik jepang. rasa beda emg bahkan sama alpret ma camry sebasis ini finishingnya di atas berlevel-level. alpret camry masih ada rasa plasticky murah di beberapa bagian.

anyway kayaknya kalo soal lawan G30 530i, supir G30nya kalah nyali tuh mungkin ane sebagai fellow 5-series user ga terima ah masa kalah ama kemri cupu bgt yang nyetir :ngacir: :big_biglaugh:

kalo 520i sih on paper specnya kalah emang. G30 530i soalnya beringas tuh wkwkwkkw 0-100 nya sub 6s udahan top speed jg tinggi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by Pboyz97 »

sherryandkez wrote: 07 Apr 2023, 00:47
itu 268rb masih ada nomer yang beli gak? kalo masih ada mau dong :big_biglaugh: joknya mobil ini kemaren udah direpair jadi tebel lagi gak kempot hahaha.
udh lama bgt om kejualnya. udh sekitar 2 tahunan yg lalu :big_biglaugh: & udh dibawa ke bali juga sm yg beli kalo gasalah hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mahesoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: 02 Sep 2014, 05:29

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by mahesoo »

Halo om gimana camry hybridnya apakah masih dipelihara atau udah dijual lagi? , kebetulan lagi nimang2 pengen cari XV50 hybrid juga hahaha lagi baca2 dulu plus minusnya
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by sherryandkez »

mahesoo wrote: 10 Dec 2023, 13:26 Halo om gimana camry hybridnya apakah masih dipelihara atau udah dijual lagi? , kebetulan lagi nimang2 pengen cari XV50 hybrid juga hahaha lagi baca2 dulu plus minusnya
saya jawab di tritnya om aja yaa

masih dipiara, lg mau dijual :mky_01:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 03 Sep 2014, 12:49

Re: The most affordable and reasonable Hybrid, 2012 Toyota Camry Hybrid (AVV50)

Post by wekiweko »

Salfok sama interiornya masih bagus amaaat
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post