seperti sudah ditanyakan sebelumnya di thread viewtopic.php?t=31843, saya butuh mobil buat gantiin Sirion 2019 saya yang perawatannya sudah mulai mahal. dan seperti diduga juga, saya dikira aneh karena mau nuker mobil murah mint ke sedan premium bekas yang notabene "mobil capek".
tapi memang setelah itu, saya makin ngerasa harus ganti mobil. salah satunya karena standar pantat saya sudah mulai naik gara2 sering naik Lexus

520d dan X3 dicoret duluan karena gak nemu unit yang cocok. CT200h dan CR-Z juga sama karena kemahalan. terakhir ada T32 Hybrid dan Camry Hybrid. T32 ini barangnya oke, tapi kebetulan pas banget ketika saya mau liat, ini mobil baterenya bermasalah dan turns out harga baterenya di Nissan 132jt

oke akhirnya pilihan cuma ada Camry Hybrid. di marketplace bisa dibilang buanyak banget unitnya sebenernya, tapi rata-rata mobil keliatan capek dan gak kerawat. akhirnya jatuh cinta sama satu Camry Hybrid putih di bandung, janjian untuk lihat. selain kondisinya bagus di foto, saya kepingin nomornya yang cakep, D 1 [cencored] ([cencored] adalah inisial bidang kerja saya). ternyata pas diliat zonk, kondisi jelek, batere jebol, dan yang terpenting nomornya mau diambil

akhirnya sementara lupain dulu deh toh gak butuh2 amat masih ada Sirion. tiba2 temen saya yang punya dealer mobkas nyodorin saya foto di WA, sebuah Camry Hybrid item yang keliatan bener2 kerawat. rupanya dia liat mobil itu di aplikasi dealer rekanan O*X Autos. ntah kenapa saya iseng aja nanyain nomernya, padahal harusnya dealer rekanan belinya lewat O*X Autos kan.
lah kok dikasih? dari mana nih orang dapet nomor ownernya

WA an lah sama yang punya, salah satu direktur Freeport jkt. turns out km nya sudah 200rb

asli ini pas pertama saya liat di foto dan real life, saya gak nyangka kmnya 200rb. lha gimana orang mobil cakep banget, yang keliatan mobil capek cuma setirnya dan jok sopirnya yang udah masuk kondisi gawat darurat. setelah ambil dan bawa pulang, saya iseng stop di dealer Toyota tempat dia biasa servis berkala buat print vehicle history.
busyet ada kali 30 menit saya nunggu, print historynya banyak banget 4 lembar full dari 2012 sampe sekarang


dan karena semua parts sudah diganti, bisa ditebak hasil general check up di Toyota : 100% mechanical aspect seperti baru

Mileage : 240rb km on going (iya gak salah baca, 240rb km

Price : ditotal2 gak sampe seharga Agya GR lah..
photo credit from RMODA Workshop
Exterior mungkin saya gak terlalu menggebu2 ya jelasin luar dalamnya, lha wong setiap orang di SM pasti udah familiar sama Camry haha. fascia depannya beda total sama Camry biasa, lampu, gril, bumper beda semua. lampunya sudah LED yang hemat energi, namun sayangnya high beam masih halogen dan kurang terang di tol yang kurang penerangan. menurut saya depannya jauh lebih cakep dibanding versi biasa, kelihatan lebih mewah dan juga JDM look

velg mobil ini standard, hanya saja saya repaint dark gunmetal chrome supaya mirip dengan Camry Hybrid G Package Premium Black. di sisi fender kiri juga saya tambahkan parking pole karena mobil ini sangat besar untuk jalanan Bandung yang kecil2

di belakangnya, mobil ini lebih mengotak lagi. dan lebih plain lagi. tapi saya cukup oke dengan desainnya, tidak terlalu ramai dan tidak bosan untuk diliat juga. emblem Hybrid di belakang saya cabut karena aslinya gak ada di versi JDM, saya ganti dengan sticker emisi OEM Toyota. cat mobil ini juga bagus sekali menurut saya, tebal dan kebiruan pearl. sayangnya jadi kelihatan banget kalo habis repaint, seperti saya kemarin repaint bumper depan.
Interior nah bagian ini yang banyak sekali bedanya dengan Camry biasa. dari mulai buka pintu, disambut dashboard dengan speedo yang berbeda, audio yang berbeda, panel AC yang berbeda, panel kayu yang berbeda, dan panel control di bawah AC yang berbeda. belum cukup? dua jok depan yang elektrik modelnya beda, material kulitnya beda, jok belakang executive package (ini kata Toyota ya), kursi pijat, dan banyak lagi.
menurut saya model dashboardnya sudah terlihat berumur dengan desain yang mengotak. desain doortrimnya juga sudah berumur dengan material silver yang menurut saya agak murahan. yang menurut saya bagus adalah desain setirnya yang benar-benar berbeda sendiri dibanding Toyota lain. speedometernya juga sangat bagus, teduh di mata, dan terlihat mahal.
audionya sendiri punya sangat banyak menu, bahkan sampai bisa masukkan maintenance dan service record. jika sudah jadwal servis selanjutnya, maka sistem mobil akan mengingatkan dan bahkan bisa menyambungkan telepon dengan dealer yang terakhir melakukan servis. sayangnya di manapun saya servis tidak ada dealer yang aware dengan fitur ini, jadi kesannya useless

usut punya usut sistemnya sama persis dengan mobil Lexus saya, hanya kurang touchpad saja. speakernya ada 9 kalau tidak salah, keluaran JBL GreenEdge, dan suaranya bisa dibilang bagus. tentunya belum selevel 15 speaker Mark Levinson di Lexus saya. display hybridnya sangat menarik dan hampir selalu saya tampilkan saat berkendara. lumayan kan jadi bahan pertanyaan yang numpang

jok depan apa bedanya dengan Camry biasa? jok Hybrid ini ada pendinginnya, dan tentunya ada memory seat yang juga mengatur electric tilt steering dan spion. selain itu jok Hybrid juga spesial, ada pegangan tangannya di bagian belakang dan headrest kiri bisa direbahkan ala-ala Crown. punya saya sendiri saya tambahkan half cover seat ala JDM. selain lucu, barang original Toyota ini juga membantu kursi agak adem karena kulit kan panas ya


bagasi sih cenderung sempit karena ada batterynya. tapi masih bisa lah nampung bag golf.
Driving (and being the 2nd row boss) soal nyetir, saya gak terlalu berharap banyak dengan Camry ini, namanya juga mobil bapak-bapak. pengalaman di XV30 dan XV40 sih rasanya plain betul ya, kayak naik kapal. surprisingly, Camry Hybrid ini beda jauh. even dengan XV50 bensin. entah beda apa di kaki-kakinya, mobil ini rasanya jauh lebih antep dan nyaman dibandingkan XV50 bensin biasa. dan mobil ini juga bisa dibilang cukup fun to drive. waktu pulang dari kawasan pegunungan di Cukul, saya iseng turun ke bawah sambil ngebut karena masih pagi sekali dan sepi (jam 6an). dan surprisingly lagi, mobil ini sangat nurut ditekuk-tekuk dengan bodyroll yang sangat minim. dan ketika di tanjakan, mobil ini juga sangat perkasa karena torsi motor listriknya. sayangnya top speed mobil ini dilimit di 190 seperti Lexus saya karena untuk menjaga suhu baterenya.
kalo cuma adu kenceng di tol, beberapa kali saya kejar2an dengan sedan Eropa dan masih bisa keep up sampai 190. setelah itu ya byebye saya ditinggal mentok limit

duduk di belakangnya yang bener-bener spesial. ini mobil nyamannya luar biasa. bahkan saya bisa bilang sedikit lebih nyaman dibanding Lexus saya. yang kurang dibanding Lexus hanya peredamannya. di luar itu, betul2 enak. tinggal slide jok depan sampai mentok, dan voila lega sekali. tambah lagi recline jok belakang sampai paling rebah, dan nyalakan pijat. bener-bener mobil bos. gak salah kenapa pejabat banyak yang masih pertahankan AVV50 mereka dibanding XV70.
fun fact, saya pernah ngebut di tol Soroja sampai 180 km/h, dan dua teman saya di jok belakang masih tertidur pulas sambil dipijat

saran saya jika beli Camry Hybrid ini, duduklah di belakang. seenak-enaknya nyetir ini tetep enakan nyetir Lexus, ini buat disopirin aja

Ownership Experience
dua kata : SANGAT PUAS.
sampai hari ini (240rb km, 40rb km dalam 3 bulan), nothing to worry about. selama ini cuma servis berkala saja di Toyota dan biayanya hanya sekitar 1-2jt saja. maintenance terakhir di Auto2000 Sunter (rekomendasi saya selain Auto2000 Tebet Supomo) hanya 1.3jt include pembersihan blower battery hybrid. sisanya ya gak terlalu penting, cuma keinginan saya aja seperti retrim steer, repaint jok supir, ganti bracket plat nomor depan, repaint velg, dan lain-lain.
ada 2 hal yang wajib dilakukan apabila beli Camry Hybrid bekas, yakni :
1. pasang filter battery hybrid barang aneh ini fungsinya kayak filter udara, menyaring kotoran supaya gak masuk ke saluran pendingin battery hybrid. Camry Hybrid pre-facelift semuanya gak ada, yang dapet cuma facelift. ES300h pre fl kayak punya om farizfsa pun gak ada ini, cuma facelift yang dapet. bahayanya kalo gak ada ini, blower battery hybridnya bisa kesumbat dan baterenya panas. harganya cuma 90rb, pm saya aja kalo mau.
2. bersihin blower pendingin battery hybrid karena dari baru si filter gak ada, blowernya jadi kotor deh. harus dibersihin kalau gak lama2 kesumbat dan rusak. hati-hati gak sembarang Toyota bisa ngerjain, di data baru ada 2 Auto2000 yang pernah ngerjain, Auto2000 Padang Bypass dan Auto2000 Sunter. Sunter pun baru pertama kali ngerjain di mobil saya itu. Lexus Menteng saya tanya malah blm pernah haha. biayanya 70rb aja kemaren tapi ngerjainnya cukup lama karena harus bongkar jok dan bagasi.
kalo dua ini gak dilakuin.. ya mungkin mempercepat ganti batere 51jt blm pasang (Auto2000)
soal irit-iritan, mobil ini lumayan hebat. mungkin karena baterenya baru juga kali ya. saya bdg-jkt rekor pernah dapet 34km/l, di dalam kota Bandung 15km/l. buat rute harian rumah di Bekasi ke Jakarta masih bisa dapat 22km/l, tapi pulangnya 13km/l karena macet

pajak? murah.. cuma 5jtan aja

yang keren dari mobil ini adalah presencenya di jalan. dibanding pake Sirion, tukang parkir jadi nyariin parkir terus, dan motor-motor jarang berani mepet mobil ini. mirip2 pake Lexus lah. padahal ini mobil 200jt kurang loh. dan di jalan pun orang lebih takut untuk macem-macem pas liat Camry item gini. sama seperti Lexus, beberapa kali mobil OKB yang tetot tetot gak berani nyalain sirene dan strobonya deket mobil ini. nah lebih seru lagi kalo Camry Hybrid ini lagi keluar bareng Lexus saya. tanpa tetot tetot (mobil saya gak ada gini2an) orang udah ngasih jalan sendiri, gak ada yang berani nyelak konvoi dua sedan hitam ini

Thank you!