budget 300 - 550 ya banyak pilihan sis, kalo mau baru, bisa lirik innova zenix g / v hybrid. kalo mau yg bensin juga cukup oke , kalo biasa make pajero lama, bakal upgrade jauh dari segala sisi, terutama dari segi desain, fitur dan , kenyamanan, apalagi tsnya mayoritas disopirin & bawa banyak barang. zenix paling masuk kriteria kalo mau baru. kalo biasa make pajero lama, duduk di row 2 zenix bakal jauh lebih nyaman dan empuk juga bantingannya (even dibandingkan pajero dan fortuner baru yg lebih mahal sekalipun) . selain itu, bagasinya jg gede, jadi muat kalo bawa barang banyak. kalo buat disopirin ya coret fortuner pajero deh. gabakal nyaman. kebetulan saya ex user reborn diesel 2018 & fortuner vrz 2018 + sudah pernah coba zenix & pajero baru . biarpun menurut sis nya juga innova mobil keluarga. tapi kalo buat disopirin lebih nyaman innova menurut saya dibanding 2 itu, saya sudah coba semuanya. fortuner / pajero menang di tenaga / torsi , image gagah & driving feel. tapi kalo buat disopirin saya lebih milih innova , lebih nyaman dan empuk suspensinya. nggak limbung parah kaya di fortuner / pajero . sharing aja ya, salah 1 alasan saya jual fortuner 2018 dan ganti ke innova reborn tahun sama karena ibu saya sering mual duduk di row 2 nya fortuner. gak nyaman bgt, dan berasa limbung , apalagi buat macet2an di jakarta, walaupun secara image & driving feel fortuner lebih unggul + fortuner yg model baru masih bisa isi biosolar kok (cuma gatau yg 2.8 kaya gmn, tapi yg 2.4 kaya punya saya dulu bisa) . hehehe. kebetulan punya saya dulu , baik yg fortuner maupun innova yg tahun 2018 mostly isi biosolar masih aman2 aja ampe dijual . yg penting rajin ganti aja filsol nya tiap km 10-15 rb hehehe + harga sekennya udh mulai turun kok fortuner itu, apalagi di jabodetabek. blm lama sempet ditawarin vrz 2019 km masih dibawah 40rb asli bekas pt 400 kecil aja. pengen saya beli buat stock dagangan buat lebaran nanti, cuma karena dana hasil penjualan innova reborn blm masuk , yasudah, akhirnya keduluan orang

. padahal 2 tahun lalu saya masih bisa jual 2018 km nyaris 80rban aja 420, itupun laku gasampe 2 hari
kalo eropa seken. saya kurang tau, blm pernah miara jg . tapi kalo emg pengen sedan, bisa pertimbangkan camry seken tahun muda. atau alphard pun masih worthed sis menurut saya, even yg tahun lama sekalipun. asal pinter2 milih unitnya. kalo yg 2015-2016 cari aja yg tipe G ATPM, soalnya alphard itu ada 2 versi, ATPM sm IU. Perawatan gajauh beda sm camry & harrier + perawatannya juga cukup wajar lah buat mobil harga segitu dibanding eropaan menurut saya. Yg penting pas mau cek unit jangan lupa GCU / bawa inspektor / scanner + jangan lupa test drive. Yg penting kalo beli alphard seken odo kalo bisa masih rendah asli, service record jelas, sm interiornya masih full ori + printilannya masih komplit dan berfungsi semua. Yg perlu diperhatiin paling matic, elektrikal sm rack steering & kaki2nya . Sisanya bandel. Kebetulan saya juga miara lexus rx 2018 yg maintenancenya mirip kek alphard, sejak beli seken dari 2021, ampe skrg gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang. part jg di jabdoetabek masih gampang. banyak bengkel beres dan non beres yg bisa handle.
kalo yg lawas jg masih worthed, yg gen 2, 2008 akhir - 2015 awal, asal dapet unit yg apik, sukur2 masih tangan pertama dari baru & service historynya jelas juga harusnya masih awet ya. pergantian part ya paling sesuai umurnya, kaya rack steering or kaki2 hehehe. atau gak ,bisa pertimbangkan kembarannya, velfire