Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Harus ada safety features kekinian?

Harus ada dan sudah merasakan banget manfaatnya
13
20%
Kebiasaan beli mobil top trim jadi ya kebetulan ada aja fiturnya
8
12%
Hanya beberapa fitur yg wajib ada dan saya butuhkan macam cruise control
34
52%
Real man use steering and pedal only
11
17%
 
Total votes: 66

lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by lexnic »

ChZ wrote: Tue Jan 17, 2023 4:03
lexnic wrote: Tue Jan 17, 2023 3:55 Utk dalam kota, gk perlu pake advanced safety features yg lengkap soalnya terlalu banyak gangguannya. Tau sndiri kan jalanan di indo kyk gmana.

Klo utk jarak jauh, beberapa akan kepake misal adaptive cruise control. Lmyn biar kaki kanan bisa rehat sejenak. Tapi itu jga tergantung dri orangnya, klo seneng nyetir kyknya jga gk bakal kepake.

IMO, seseorang boleh bawa kendaraan (apapun jenisnya) klo udh memenuhi kriteria ini:
1. Taat aturan lalu lintas --> demi keselamatan diri sndiri & pengguna jalan lain.
2. Mampu mengendalikan kendaraannya --> gk cuma asal ngegas, ngerem, belok2 doang.
ane kalo jalanan kosong baru berani nyalain ACC / CC :big_biglaugh: tetep ngga bisa percayain kontrol throttle ke mobil. ane liat CC bisa tiba tiba ngegas kalo ketemu tanjakan aja ngeri.

makanya yang pada pamer ACC buset pada yakin yakin yak itu sensor pedal gas gak tiba tiba ngaco terus gak bisa dimatiin.
mkanya om pada akhirnya yg pegang kendali kan si sopir hahaha. jdi mnurut saya lbh baik penuhin dulu 2 kriteria yg tdi saya sebutin sblm bawa kendaraan.

paling simple nih, soal pake seat belt, berani jamin klo kebanyakan orang indo pake seat belt cuma biar gk ditilang. kyk papa saya, smpe bela2in beli buckle palsu buat dipasang di colokan seat belt jok depan. buckle palsunya bru dicopot klo masuk tol ato lewat jalan besar, di luar itu yg no seat belt deh :big_biglaugh: . ini seat belt lho, fitur keselamatan yg udh ada cukup lama di mobil.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by Bibieight »

Butuh semua. Nyetir 3 mobil, satu ndak ada apa2nya kecuali speed limiter, satu ada lane departure warning+forward collision, satu lagi full fitur (ACC, lane keeping assist, forward+rear collision).

Pernah pake yg ditengah2 (hari2 batangan anak), diselametkan fitur sekali, yang nyupir anak, ngantuk rupanya hampir hantam tembok pembatas tol Gempol, untung setir belok sendiri sambil brake. Anak saya abis gitu cerita, selama ini ngandelin FCA-nya, soalnya kalo kemepetan mobil brenti ndiri [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno] .. padahal mobil cuma harga 200 juta lebih dikit :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Akhir2 ini jauh lebih sering bawa yang ketiga, buat lukot mengurangi fatigue 30-40%, jalan dari Surabaya ke Jakarta biasanya sampe Cipali dah emosi ini otak masih adem, pasang ACC, setel di 105 km/h, depan pelan tinggal pasang sein, selip, balik jalur kiri lagi , sama sekali ndak nginjek rem :mky_02: :mky_02: :mky_02: Karena LKA idup bisa sesekali lepas setir, stretching2 dikit bisa... dipotong LCGC/AvXen/Duo Gajah surprisingly ndak sakit ati, wong yang usaha ngerim mobilnya :mky_01: :mky_01: :mky_01: . Di dalkot malah hati tenang, dipotong LCGC/AvXen/Duo Gajah+motor ex planet sebelah bisa ngerim ndiri, asal kecepatan < 30 km/h ndak mendadak banget brentinya....

Yang pertama ?... mungkin saya dah tua kali yak :big_peace: :big_peace: :big_peace: , dah rada males, konsentrasi full kedepan, jangan nyambi macem2, kalo dah biasa bawa yang ketiga, bawa yang pertama ini kagok dulu malah.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Kesimpulan : harusnya tarip tol buat mobil dengan fitur kayak yg ketiga diskon 30% (mengurangi laka-lantas) yang kedua bayar penuh, nah yang kopongan kayak yang ketiga tambahin 30% (menambah laka lantas).....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue Jan 17, 2023 5:50 mkanya om pada akhirnya yg pegang kendali kan si sopir hahaha. jdi mnurut saya lbh baik penuhin dulu 2 kriteria yg tdi saya sebutin sblm bawa kendaraan.

paling simple nih, soal pake seat belt, berani jamin klo kebanyakan orang indo pake seat belt cuma biar gk ditilang. kyk papa saya, smpe bela2in beli buckle palsu buat dipasang di colokan seat belt jok depan. buckle palsunya bru dicopot klo masuk tol ato lewat jalan besar, di luar itu yg no seat belt deh :big_biglaugh: . ini seat belt lho, fitur keselamatan yg udh ada cukup lama di mobil.
jelas itu :mky_03: apalagi kalo gak nyetir buset deh kedisiplinan pake seatbeltnya nol besar. mau itu di passenger samping juga. nyadarnya waktu chime bunyi alarm seatbelt udah kenceng.

dulu bokap sblm stroke triknya lebih lucu lagi itu seatbelt dibolongin kasih cable ties biar mulur. di mobil yang sering ane pake sendiri ya ane balikin.

ane jadi sadar pake seatbelt karena

1. dulu pernah crash 1x dan diselametin struktur mobil karena seatbelt mulur ala bokap ya nyaris gak guna. untung pretensionernya masih agak nahan. tapi ya ngeri juga lah, makanya sekarang seatbelt pake.

2. makin lama malah manteb kalo nyetir lama pake seatbelt. mau kenceng gak ragu-ragu karena badan rasanya planted banget di jok.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by farizfsa »

kalo dalkot jakarta paling kepake cuma speed limit, set 95-99 km/h mayan biar ga ditilang
lukot paling cruise control aja wkwk maklum mobil pada blm ada active cruise control.

punya mbl canggihan dikit bisa markir sendiri, markir nya kocak.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by lexnic »

farizfsa wrote: Tue Jan 17, 2023 7:02 kalo dalkot jakarta paling kepake cuma speed limit, set 95-99 km/h mayan biar ga ditilang
lukot paling cruise control aja wkwk maklum mobil pada blm ada active cruise control.

punya mbl canggihan dikit bisa markir sendiri, markir nya kocak.
self parking ini bagus sbenernya, trutama buat di lokasi parkir yg sempit. jdi pas keluarnya tinggal ngulang step2 yg dijalanin pas masuk ke spot parkirnya. cuma saya gk tau, klo misal kita pilih spot parkir yg mepet pilar bangunan ato tembok apa sensornya bisa baca spot tsb? soalnya saya tipikal orang yg parkirnya slalu mepet pilar ato tembok biar gk kepentok sama mobil sebelah. apalagi klo mobil sebelah lg bawa anak2 ato orang tua, pasti ada aja kesenggol pas mereka buka pintu..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Tue Jan 17, 2023 6:52
lexnic wrote: Tue Jan 17, 2023 5:50 mkanya om pada akhirnya yg pegang kendali kan si sopir hahaha. jdi mnurut saya lbh baik penuhin dulu 2 kriteria yg tdi saya sebutin sblm bawa kendaraan.

paling simple nih, soal pake seat belt, berani jamin klo kebanyakan orang indo pake seat belt cuma biar gk ditilang. kyk papa saya, smpe bela2in beli buckle palsu buat dipasang di colokan seat belt jok depan. buckle palsunya bru dicopot klo masuk tol ato lewat jalan besar, di luar itu yg no seat belt deh :big_biglaugh: . ini seat belt lho, fitur keselamatan yg udh ada cukup lama di mobil.
jelas itu :mky_03: apalagi kalo gak nyetir buset deh kedisiplinan pake seatbeltnya nol besar. mau itu di passenger samping juga. nyadarnya waktu chime bunyi alarm seatbelt udah kenceng.

dulu bokap sblm stroke triknya lebih lucu lagi itu seatbelt dibolongin kasih cable ties biar mulur. di mobil yang sering ane pake sendiri ya ane balikin.

ane jadi sadar pake seatbelt karena

1. dulu pernah crash 1x dan diselametin struktur mobil karena seatbelt mulur ala bokap ya nyaris gak guna. untung pretensionernya masih agak nahan. tapi ya ngeri juga lah, makanya sekarang seatbelt pake.

2. makin lama malah manteb kalo nyetir lama pake seatbelt. mau kenceng gak ragu-ragu karena badan rasanya planted banget di jok.
Seatbelt ini safety paling dasar yg penting tapi buat kebanyakan org di +62 kayak fitur yg ga penting + mengganggu, buktinya setelah ada sensor reminder yg bunyi2 diakali sama colokan seatbelt beli juga bisa. Trus MALES copot pasang seatbelt akhirnya dipasang aja duduk tinggal diselip bagian luar seatbelt. Kalo diingatkan alasannya: ga enak kena perut :big_smoking:

Saya sendiri udah pake seatbelt sejak bisa nyetir sendiri awal 2000an, pakenya bukan krn ga mau ditilang tapi sadar diri aja, awal2 pake malah dilihat jadi orang aneh sama temen2. Skrg juga kalo naik mobil ga pake seatbelt kayak ada yg kurang, soalnya justru pake seatbelt ini duduk nya jadi lebih enak kayak ada yg nahan ga kegeser2 kanan kiri.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by pengendiesel »

Advanced safety features yang paling penting itu cuma ada 2 : otak dan mental pengemudi.

Nol besar kalo safety features segudang tapi 2 ini zonk.

Di atas ada yang nulis contoh orang aktifin cc saat hujan,menandakan kekosongan hal yang pertama (otak) dari pengemudi yang ngelakuin hal tsb.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1778
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by sahabatq8 »

Paling penting sih abs kalo saya, itu pasti kepake. Kemungkinan kita ngerem medadak jauh lebih besar daripada (amit amit) kecelakaan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by kendibocor »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 17, 2023 14:16 Paling penting sih abs kalo saya, itu pasti kepake. Kemungkinan kita ngerem medadak jauh lebih besar daripada (amit amit) kecelakaan.
Kalo abs, airbags, tc sih kayaknya wajib ada ya mobil2 jaman now. Kalo ga ada sih mau sebagus apapun packages tuh mobil, akan jd dealbreaker sih
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by sandal »

Yang jadi concern saya, jika ada sensor safety sense yang kena habis kecelakaan / umur kalo diperbaiki apakah jadi tambah mahal? Itu yg jadi big dealbreaker saya kalo pilih mobil

Sama satu case lagi, beberapa mobil yang 6 - 7 airbag jok fabric aja dibekleed in joknya, bahkan pernah saya lihat pengait ISOFIX ada yang hilang karena habis dibekleedin joknya :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by kendibocor »

sandal wrote: Wed Jan 18, 2023 1:40 Yang jadi concern saya, jika ada sensor safety sense yang kena habis kecelakaan / umur kalo diperbaiki apakah jadi tambah mahal? Itu yg jadi big dealbreaker saya kalo pilih mobil

Sama satu case lagi, beberapa mobil yang 6 - 7 airbag jok fabric aja dibekleed in joknya, bahkan pernah saya lihat pengait ISOFIX ada yang hilang karena habis dibekleedin joknya :ngacir:
Pasti tambah mahal om namanya ada barang lebih. Istilahnya mungkin kalo dlu tabrakan depan cuman ganti bumper, grill, lampu depan. Ini kalo ada sensor2 radar ya nambah sensor2nya lg. Kayaknya blm pernah denger ada yg ganti modul2 sensing2 gitu karena tabrakan/rusak. Jgn2 harganya puluhan jt jg lagi :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Tue Jan 17, 2023 10:06
Saya sendiri udah pake seatbelt sejak bisa nyetir sendiri awal 2000an, pakenya bukan krn ga mau ditilang tapi sadar diri aja, awal2 pake malah dilihat jadi orang aneh sama temen2. Skrg juga kalo naik mobil ga pake seatbelt kayak ada yg kurang, soalnya justru pake seatbelt ini duduk nya jadi lebih enak kayak ada yg nahan ga kegeser2 kanan kiri.
iya kalo udah kebiasa apalagi kursi mobilnya enak itu bikin pede bawaannya :mky_03:

kalo kursi mobilnya gak enak dan mobil suspensi empuk ngebantu biar badan gak geser kanan kiri waktu nikung :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rdee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Mon Nov 08, 2010 8:44

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by rdee »

Beberapa advanced safety features di mobil saya dimatikan permanen atau jarang diaktifkan, yaitu:
- Smarty City Brake Support = permanently off. ini fitur yg sudah beberapa kali membahayakan karena auto mengerem mendadak di bumper-to-bumper traffic yg berjalan lancar.
- Adaptive Cruise Control = jarang diaktifkan. hanya nyaman jika lalu lintasnya sepi dan/atau beda kecepatan kendaraan lain tidak terlalu besar. Jika truk/kendaraan lambat sering ditemui yg kadang mengambil lajur kita untuk menyalip, lebih nyaman dinonaktifkan karena ACC ini lebih mengandalkan rem daripada engine brake utk memperlambat kecepatan. Alhasil perlambatan kurang halus & membuat mobil downshift & RPM tinggi untuk kembali berakselerasi.
- Parking sensors: hanya dimatikan di jalan macet krn bunyinya sangat berisik.

Fitur aadvanced safety yg bermanfaat/tidak mengganggu:
- Lane Keeping Assist & Lane Departure Warning: setidaknya mengingatkan saya untuk memperhatikan jalan.
- Blind Spot Warning: sangat membantu banget terutama karena desain pilar C mobil yg tebal menghalangi pandangan.
- Rear Cross Traffic Alert: idem dengan BSW.
r'dee
Cruising without bruising
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by yaseinotulip »

Blm punya mobil yg ada sensing2 an..
Tp klo mnrt gw si bakal ga kepake.. paling blind spot monitoring aja yang kepake klo gw..
Yang justru pingin ada itu semua mobil harusnya punya rear fog lamp jd klo ujan deres.. ga pada nyalain hazard yg malah bikin bingung.. perlu edukasi jg guna nya rear fog lamp karena gw liat dijalan yg ada rear fog lamp jg tetep pake hazard :mky_07:

Klo vsc, airbag byk itu wajib si..
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by zonepublic »

Kalo fitur buat saya ga tll penting dan jujur malah bikin khawatir karena klo udah umur malah bikin ngabisin kantong buat perbaikannya ketika failure,tp lbh mentingin kenyamanan dan fun to drivenya berkendara
Contoh ni,saya lihat crown royale saloon sepertinya nyaman dengan fitur2 yg bahkan sampai sekarang banyak mobil belum punya,tapi klo dengan bujet sama saya lbh milih beli kijang lgx saja
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by farizfsa »

lexnic wrote: Tue Jan 17, 2023 8:38
farizfsa wrote: Tue Jan 17, 2023 7:02 kalo dalkot jakarta paling kepake cuma speed limit, set 95-99 km/h mayan biar ga ditilang
lukot paling cruise control aja wkwk maklum mobil pada blm ada active cruise control.

punya mbl canggihan dikit bisa markir sendiri, markir nya kocak.
self parking ini bagus sbenernya, trutama buat di lokasi parkir yg sempit. jdi pas keluarnya tinggal ngulang step2 yg dijalanin pas masuk ke spot parkirnya. cuma saya gk tau, klo misal kita pilih spot parkir yg mepet pilar bangunan ato tembok apa sensornya bisa baca spot tsb? soalnya saya tipikal orang yg parkirnya slalu mepet pilar ato tembok biar gk kepentok sama mobil sebelah. apalagi klo mobil sebelah lg bawa anak2 ato orang tua, pasti ada aja kesenggol pas mereka buka pintu..
contoh di self parking mercy zaman now (2015 keatas). mau parkir normal tp dia geraknya malah parkir paralel wakakaka

di alphard anh20 ada self parking, di anh30 udh ga ada.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by epinjose »

b0ku wrote: Tue Jan 17, 2023 5:03
cruise control salah satu biang kerok aquaplanning di jalan pas kena genangan di komputer mikir loh kok gini speednya turun, dia hajar gas lagi masih kena gengangan komputer mikir lagi eh kok speednya turun mulu dia tambah gas lagi akhirnya jumpalitan kena aquaplanning :big_biglaugh:
Tull om.. saya rasain ini 2 kali di cipali.
Yang pertama dia main gas aja, jd saya matiin sendiri.
Tapi yang kedua (kayaknya gara2 genangan cuma sebelah sisi) traction control nya kedip2, Cruise nya lngs mati.

Ni saya bawa honda. Mungkin kalo pake RWD high torque, agak lain ceritanya.

Soale pernah bawa ACC nya dakar, itu ganas nge-gas nya sampe kadang downshift 1 gear.
vankryie
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by vankryie »

Belakangan suka liat berita kecelakaan bruntun yang ngelibatin mobil model2 baru yg uda ada ACC, atau yg fatal.. mungkin krn faktor teknologi ini, kl yang nyetirnya rada agresif mungkin akan bahaya, krn ada intervensi teknologi ky rem mendadak dan baca garis jalan, lon lagi garis jallanan suka ada yang ga jelas arahnya.
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Fri Sep 24, 2021 16:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by DLM »

Yang kepake di mobil yang ada di rumah ane itu palingan acc sama lane keeping assist, itupun di jalur lurkot atau tol aja.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by Dogies »

Ipah ampe gen udang rebon, msh aman dari gini2an... makanya harga sekennya nahan banget… krn user friendly even orang kampung di pedesaan :-)
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by 12punch »

90% ke distract dan malah jd ga berani ambil jalur wkwkw
nge sen dikit di peringati ada motor kiri / kanan di blindspot
jadi ragu mau ambil jalur wkwkwk

jujur msh kagok sama fitur2 safety ini jd kaya ragu buat nyalip / ngapa2in.. jd stay on track terus kadang

tp pernah kebantu dlu pagi2 nyetir ke proyek msh ngantuk bgt, mobilnya ngerem sendiri biar ga nabrak mobil depan , tp lgsg kaget sih ngeremnya ga alus bgt wkwkwkw
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by arsaerescool »

- blind spot monitoring
- rear cross traffic alert

sejauh mengemudi dua fitur itu yang diharapkan ada, tapi berhubung mobilnya sederhana, jadi mengandalkan co-driver, hehehee
ada fitur penting klo di pantura yg hanya ada di co-driver, "yak kiri kosong" -> advanced left lane watch monitoring
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by b0ku »

epinjose wrote: Fri Jan 20, 2023 5:31 Tull om.. saya rasain ini 2 kali di cipali.
Yang pertama dia main gas aja, jd saya matiin sendiri.
Tapi yang kedua (kayaknya gara2 genangan cuma sebelah sisi) traction control nya kedip2, Cruise nya lngs mati.

Ni saya bawa honda. Mungkin kalo pake RWD high torque, agak lain ceritanya.

Soale pernah bawa ACC nya dakar, itu ganas nge-gas nya sampe kadang downshift 1 gear.
DAKAR gawat om apalagi sampe masuk ke RPM turbo saya belakangan gitu jalanan basah dikit lsg maen paddleshift pake gigi 5 aja dah itu aja kadang torsinya masih galak cukup buat selap selip gila sih emang pake 1 gigi doank aja sanggup dia cruising dari low speed
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by peterming77 »

Akhirnya setelah merasakan sendiri pake ADAS (Honda sensing) gengan gaya pemakai jalan umum di Indonesia ternyata lebih banyak ganggunya daripada manfaatnya:

1) Road Departure Mitigation - langsung dimatiin aja soalnya jalan di dalam kota dikit2 setir geter2, udah di set ke warning only tapi tetep aja mengganggu yg pegang setir
2) Collision Mitigation Braking System - dapat laporan dari sopir yg bawa udah 2x mobil rem mendadak sampe ditabrak tipis2 dari belakang gara2 ada supoltas yg atur2 jalan tapi jarak masih jauh itu mobil udah auto ngerem + satunya ada motor slonong mendadak, next harus dimatiin juga :big_cry:
3) Adaptive Cruise Control - pernah coba sekali di jalan tol dan bikin eneg penumpang krn rem sama gas nya kurang natural :big_bored:

ADAS yg masih nyala:
1) Lane Keeping Assist - ini baru aktif diatas 70kpj, masih ada guna di jalan tol yg cenderung cuma cruising
2) Cruise Control standard
3) Auto high beam
4) Lane Watch

ADAS yg lebih berguna tapi nga ada di Honda:
1) Blind Spot Monitor - beneran membantu, sudah tergantikan sebagian di Lane Watch
2) Rear Cross Traffic Alert - cukup kasih alert aja ga usah sok2 an rem otomatis

Teknologi barat ga ngerti ada supoltas di tiap perempatan, ada emak2 sein kanan belok kiri, ada motor yg merasa jadi benda cair yg harus bisa mengisi setiap celah di jalan :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Akhirnya kita cuma bayar mahal buat barang yg gak bakalan kepake juga ...
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Advanced safety features, seberapa sering terpakai?

Post by sapifr22 »

Fitur seperti lane keeping assist sebetulnya bisa membuat driver jadi lebih disiplin, terutama utk yg jarang nyalakan lampu sein.

BSM juga penting, lebih penting dan efektif dibanding kamera 360 yg nyala pada saat belok.

Utk saya adaptif cruise control malah hanya terpakai jika bisa sampai 0 kpj, dipakai saat macet saja. Begitu lowong dimatikan :big_smile]