Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Hi semua,
Ceritanya, kemarin pada waktu pandemi saya sekeluarga memutuskan pindah ke Bali karena WFH n harga rumah saat itu anjlok banget. Istri jg memutuskan pindah kerja ke Bali, karena setelah dirasa2 emang ya suasana tinggal di Bali lebih enak. Eh ternyata berakhir pandemi kantor memutuskan karyawan untuk hybrid 20%, yg artinya 1 hari dlm seminggu atau 4-5 hari dlm sebulan harus masuk kantor. Jadilah nambah kebutuhan mobil, karena sebelumnya saya punya 2 mobil, 1 pakai sendiri (sekarang masih ada di Jakarta) n 1 dipakai istri (ini dipakai harian di Bali n harus siap sewaktu2 karena dia dokter). Karena kondisi ini maka kemungkinan mobil yg di Jakarta akan dikirim ke Bali n akan beli mobil 1 lagi untuk di Jakarta. Kenapa ga rental saat di Jakarta? Karena akan lebih fleksibel kalau pakai mobil sendiri, apalagi nantinya mungkin anak2 jg ikut kalau saya lagi dinas ke Jakarta. Sementara opsinya sedan/hatchback, budget max 250jt n sekarang kepikiran W204 C280 pre facelift, yg masih V6. Kira2 masalahnya apa ya? Pernah denger ada isu ECU yg kepanggang, seberapa sering ya problem ini, apakah pasti akan dialami?
Untuk opsi lain lagi lirik2 pug 308 facelift, karena bisa dpt hampir setengah harga C280, tapi penasaran aman ga ya ngerawatnya? Denger2 mesin prince 1.6 turbo itu mesin BMW, berarti harusnya secara part mesin ga susah ya? Mungkin kaki2, transmisi, elektrik dsb ada yg punya pengalaman?
Ada opsi lain kah? Pengennya mobil eropa yg perawatan ga terlalu susah, yg pentjng jg bisa ga harus dipake tiap hari, kadang denger2 klo mobil eropa harus sering2 dipakai, jangan didiemin karena malah rusak. Berdasarkan pengalaman mobil2 sebelumnya pernah punya chevy estate, captiva bensin fl, ford escape 2.3, mazda cx9, ini semua menurut saya gampang dirawat n harga parts masih masuk akal
Thanks sebelumnya
Ceritanya, kemarin pada waktu pandemi saya sekeluarga memutuskan pindah ke Bali karena WFH n harga rumah saat itu anjlok banget. Istri jg memutuskan pindah kerja ke Bali, karena setelah dirasa2 emang ya suasana tinggal di Bali lebih enak. Eh ternyata berakhir pandemi kantor memutuskan karyawan untuk hybrid 20%, yg artinya 1 hari dlm seminggu atau 4-5 hari dlm sebulan harus masuk kantor. Jadilah nambah kebutuhan mobil, karena sebelumnya saya punya 2 mobil, 1 pakai sendiri (sekarang masih ada di Jakarta) n 1 dipakai istri (ini dipakai harian di Bali n harus siap sewaktu2 karena dia dokter). Karena kondisi ini maka kemungkinan mobil yg di Jakarta akan dikirim ke Bali n akan beli mobil 1 lagi untuk di Jakarta. Kenapa ga rental saat di Jakarta? Karena akan lebih fleksibel kalau pakai mobil sendiri, apalagi nantinya mungkin anak2 jg ikut kalau saya lagi dinas ke Jakarta. Sementara opsinya sedan/hatchback, budget max 250jt n sekarang kepikiran W204 C280 pre facelift, yg masih V6. Kira2 masalahnya apa ya? Pernah denger ada isu ECU yg kepanggang, seberapa sering ya problem ini, apakah pasti akan dialami?
Untuk opsi lain lagi lirik2 pug 308 facelift, karena bisa dpt hampir setengah harga C280, tapi penasaran aman ga ya ngerawatnya? Denger2 mesin prince 1.6 turbo itu mesin BMW, berarti harusnya secara part mesin ga susah ya? Mungkin kaki2, transmisi, elektrik dsb ada yg punya pengalaman?
Ada opsi lain kah? Pengennya mobil eropa yg perawatan ga terlalu susah, yg pentjng jg bisa ga harus dipake tiap hari, kadang denger2 klo mobil eropa harus sering2 dipakai, jangan didiemin karena malah rusak. Berdasarkan pengalaman mobil2 sebelumnya pernah punya chevy estate, captiva bensin fl, ford escape 2.3, mazda cx9, ini semua menurut saya gampang dirawat n harga parts masih masuk akal
Thanks sebelumnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
kalo cuma untuk kaki di jakarta tp kayanya doyan yg ga mainstream, pug 308 facelift enak tuh. mesin prince 1.6 aman kok juga dipake di mini cooper.blacksaphire wrote: Mon Jan 16, 2023 6:31 Hi semua,
Ceritanya, kemarin pada waktu pandemi saya sekeluarga memutuskan pindah ke Bali karena WFH n harga rumah saat itu anjlok banget. Istri jg memutuskan pindah kerja ke Bali, karena setelah dirasa2 emang ya suasana tinggal di Bali lebih enak. Eh ternyata berakhir pandemi kantor memutuskan karyawan untuk hybrid 20%, yg artinya 1 hari dlm seminggu atau 4-5 hari dlm sebulan harus masuk kantor. Jadilah nambah kebutuhan mobil, karena sebelumnya saya punya 2 mobil, 1 pakai sendiri (sekarang masih ada di Jakarta) n 1 dipakai istri (ini dipakai harian di Bali n harus siap sewaktu2 karena dia dokter). Karena kondisi ini maka kemungkinan mobil yg di Jakarta akan dikirim ke Bali n akan beli mobil 1 lagi untuk di Jakarta. Kenapa ga rental saat di Jakarta? Karena akan lebih fleksibel kalau pakai mobil sendiri, apalagi nantinya mungkin anak2 jg ikut kalau saya lagi dinas ke Jakarta. Sementara opsinya sedan/hatchback, budget max 250jt n sekarang kepikiran W204 C280 pre facelift, yg masih V6. Kira2 masalahnya apa ya? Pernah denger ada isu ECU yg kepanggang, seberapa sering ya problem ini, apakah pasti akan dialami?
Untuk opsi lain lagi lirik2 pug 308 facelift, karena bisa dpt hampir setengah harga C280, tapi penasaran aman ga ya ngerawatnya? Denger2 mesin prince 1.6 turbo itu mesin BMW, berarti harusnya secara part mesin ga susah ya? Mungkin kaki2, transmisi, elektrik dsb ada yg punya pengalaman?
Ada opsi lain kah? Pengennya mobil eropa yg perawatan ga terlalu susah, yg pentjng jg bisa ga harus dipake tiap hari, kadang denger2 klo mobil eropa harus sering2 dipakai, jangan didiemin karena malah rusak. Berdasarkan pengalaman mobil2 sebelumnya pernah punya chevy estate, captiva bensin fl, ford escape 2.3, mazda cx9, ini semua menurut saya gampang dirawat n harga parts masih masuk akal
Thanks sebelumnya
kalo c280 w204 paling di ecu panggang (7-10 jt copotan), modul abs (service 5-6 jt), engine fan (7jt) sama EIS (key lock module) (5 jtan kayanya), shock adaptive depan jg agak mahal, kayanya monroe punya aja udah belasan jt.
mugnkin kl cm untuk kaki ambila ja pug 308 facelift atau pug 508 sedan (yg ini masih keliatan mudaan modelnya udah generasi baruan). bengkel spesialis pug kl di jakarta banyak, bengkel resmi cilandak juga membantu bgt dan pasti beda sendiri di jalan. sebulan sekali sm mobil ini di jaksel jakpus aja blm tentu ketemu wkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
ECU panggang di M272 (bener ga yah) kayaknya skrg repairnya udah murah. ini mesin dipake banyak banget model jd partsnya pun mudah.
pug 1.6 prince turbo engine dipake mini cooper 1.6 aja sepertinya di sini. pug sih di indo lumayan keurus walau produk ga seberapa moncer. sy kenal sales spv pug (baru resign) udah kerja lumayan lama. kalo ini merk ga keurus ga mgkn sih beliau betah selama itu wkwkwkwk.
kalau buat sering long trip mesin V6 lebih enak, tapi kalau short trip enak 4cyl turbo aja sesekali narik mindset saya mesin 4 silinder turbo sweet spot buat dalem kota tenaga nya bawah masih dapet dan atasnya masih narik. kalo 6 silinder up lebih enak buat long trip.
cuma balik lg turbo eropa itu sensitif sama bbm dan oli olian karena didesain tidak untuk tropical weather dibanding japanese turbo macem honda 1.5t. range kerja termostat nya mesin2 eropa ngebukanya lebih panas drpd mesin jepang.
kalo maintenance sebelumnya tidak kemonitor mending skip unitnya mana tau bekas tuningan. VW bekas tuning aja ngeri ngeri sedap blown head gasket.
opt lain merc C200 / C250 CGI wkwkwkw tapi ini mesin laggy banget pengalaman coba di SLK200 CGI kalo mau yg responsif buat dalem kota yang model pre facelift C200 Kompressor.
pug 1.6 prince turbo engine dipake mini cooper 1.6 aja sepertinya di sini. pug sih di indo lumayan keurus walau produk ga seberapa moncer. sy kenal sales spv pug (baru resign) udah kerja lumayan lama. kalo ini merk ga keurus ga mgkn sih beliau betah selama itu wkwkwkwk.
kalau buat sering long trip mesin V6 lebih enak, tapi kalau short trip enak 4cyl turbo aja sesekali narik mindset saya mesin 4 silinder turbo sweet spot buat dalem kota tenaga nya bawah masih dapet dan atasnya masih narik. kalo 6 silinder up lebih enak buat long trip.
cuma balik lg turbo eropa itu sensitif sama bbm dan oli olian karena didesain tidak untuk tropical weather dibanding japanese turbo macem honda 1.5t. range kerja termostat nya mesin2 eropa ngebukanya lebih panas drpd mesin jepang.
kalo maintenance sebelumnya tidak kemonitor mending skip unitnya mana tau bekas tuningan. VW bekas tuning aja ngeri ngeri sedap blown head gasket.
opt lain merc C200 / C250 CGI wkwkwkw tapi ini mesin laggy banget pengalaman coba di SLK200 CGI kalo mau yg responsif buat dalem kota yang model pre facelift C200 Kompressor.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Ke jktnya dlm interval waktu tiap bln brp kali om? Mitos mbl eropa harus jalan sering2 itu ada benarnya jg sih selain jg tergantung emang modelnya sendiri. Pengalaman dlu W211 kepunyaan bokap jalan seminggu sekali doang sampe mo dijual usia 8 thn odo ga sampe 40rb, malahan super rewel uda banyak ganti ini itu. W212 malah pake daily sampe odo >100rb km awet2 aja. Tp emang model W211 sama W212 lebih bagus reliabilitasnya W212 sih. Skrng ane pake F30 daily jg relatif ga ada yg aneh.
Kalo liat grup W204 di fb, ada beberapa yg suka sharing mbl abis ga nyala agak lama, pas dinyalain ada aja yg masalah.
Issue ecu panggang kayaknya lumayan sering ya n namanya gara2 panas ya sulit dihindarin. Tetep rule of thumbnya ya kalo budget 250jt, nyari mbl yg 200-220jt aja, sisanya bwat spare perbaikan. Apalagi kalo budget segitu pasti dpt yg PFL yg pastinya umur udah >10thn.
Kalo liat grup W204 di fb, ada beberapa yg suka sharing mbl abis ga nyala agak lama, pas dinyalain ada aja yg masalah.
Issue ecu panggang kayaknya lumayan sering ya n namanya gara2 panas ya sulit dihindarin. Tetep rule of thumbnya ya kalo budget 250jt, nyari mbl yg 200-220jt aja, sisanya bwat spare perbaikan. Apalagi kalo budget segitu pasti dpt yg PFL yg pastinya umur udah >10thn.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
hehe bantu jawab
gue dulu pake c300 2010 - 2015 well, waktu itu sih gaya banget, power ngisi and super fun to drive 231horses and 300Nm, but when the warranty ends (3 tahun), UGLY stuff started to appear, ya kalo ditotal2 ga mahal juga sih plus minus 40jutaan (broken button, lampu electonically ngaco, balljoints, etc).
dulu tol jkt-karawaci 220 mah sering banget, rem mumpuni dan sangat gak berasa, effortless, apalagi kalau pakai kleeman supercharger kita, 350hp+ hehe, cuma for my liking sih agak keras ya, fuel cons irit, karena ngebandingin nya sama landcruiser v8 dailydriver gue.
Tapi given budget 200-300 mendingan beli S-class aja, kalo memang ngincer "EROPA"nya karena beda banget rasa nya, plus harga bekasnya juga tidak terpaut jauh. Orang bilang endless money pit, tapi if u enjoy it why the hell not, gue rasa sih 75-100 juta uda cukup buat ngerawat S-class sampai layak pakai for the next 2-3years, and smiles you gon get is way pass the bills and maintenance invoices
gue dulu pake c300 2010 - 2015 well, waktu itu sih gaya banget, power ngisi and super fun to drive 231horses and 300Nm, but when the warranty ends (3 tahun), UGLY stuff started to appear, ya kalo ditotal2 ga mahal juga sih plus minus 40jutaan (broken button, lampu electonically ngaco, balljoints, etc).
dulu tol jkt-karawaci 220 mah sering banget, rem mumpuni dan sangat gak berasa, effortless, apalagi kalau pakai kleeman supercharger kita, 350hp+ hehe, cuma for my liking sih agak keras ya, fuel cons irit, karena ngebandingin nya sama landcruiser v8 dailydriver gue.
Tapi given budget 200-300 mendingan beli S-class aja, kalo memang ngincer "EROPA"nya karena beda banget rasa nya, plus harga bekasnya juga tidak terpaut jauh. Orang bilang endless money pit, tapi if u enjoy it why the hell not, gue rasa sih 75-100 juta uda cukup buat ngerawat S-class sampai layak pakai for the next 2-3years, and smiles you gon get is way pass the bills and maintenance invoices

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Ni mobil masih sy pake dr baru
Enak bgt nyetirnya serasa pake mobil kecil tp tenaga 200hp lebih
Maksudnya mobil kecil… visibilitas enak, parkir gampang, radius putar kecil mantap deh pokonya buat dalam kota
Minusnya paling rasanya suspensi keras, bahkan kalau biasa pakai mobil keluarga jepang rasanya masih lebih keras w204
Malah lebih enak pake w204 di perkotaan dibanding long trip
Rasanya pegel2 kalau nyetir perjalanan jauh di tol indonesia yang mental mentul ini
Tapi di saat aspalnya halus rasanya gliding and smooth as silk huahaha intinya jangan sampe kena jalanan keriting aja
Ergonomi nyetirnya juga cukup oke sih, susah adaptasi nyetir mobil lain kalau abis nyetir w204 apalagi pindah crv turbo yg menurut sy posisi nyetirnya agak jauh dalam menjangkau armrest sampai control HU
Tapi ya itu… joknya keras jd sy suka pegel2 hehehe
Tapi audio harman kardonnya masih yg terbaik, harman kardon f30 berasa lebih lemah lalu burmeister w205 berasa ga ada powernya huahaha
Ecu panggang? Gatau ya udah pake mobilnya 14 taun ga ada masalah apa2 selain speed sensor
Semoga ga knp2 si ecu hehe jangan terlalu takut “apa kata orang” sih mengenai ecu panggang asal treatment nya bagus, ga rewel mobil ini
Sy juga pakai daily dan macet2an di jkt so far so good kecuali konsumsi bbm yang sering nyentuk 5km/l macet2an dalkot
Enak bgt nyetirnya serasa pake mobil kecil tp tenaga 200hp lebih
Maksudnya mobil kecil… visibilitas enak, parkir gampang, radius putar kecil mantap deh pokonya buat dalam kota
Minusnya paling rasanya suspensi keras, bahkan kalau biasa pakai mobil keluarga jepang rasanya masih lebih keras w204
Malah lebih enak pake w204 di perkotaan dibanding long trip
Rasanya pegel2 kalau nyetir perjalanan jauh di tol indonesia yang mental mentul ini
Tapi di saat aspalnya halus rasanya gliding and smooth as silk huahaha intinya jangan sampe kena jalanan keriting aja
Ergonomi nyetirnya juga cukup oke sih, susah adaptasi nyetir mobil lain kalau abis nyetir w204 apalagi pindah crv turbo yg menurut sy posisi nyetirnya agak jauh dalam menjangkau armrest sampai control HU
Tapi ya itu… joknya keras jd sy suka pegel2 hehehe
Tapi audio harman kardonnya masih yg terbaik, harman kardon f30 berasa lebih lemah lalu burmeister w205 berasa ga ada powernya huahaha
Ecu panggang? Gatau ya udah pake mobilnya 14 taun ga ada masalah apa2 selain speed sensor
Semoga ga knp2 si ecu hehe jangan terlalu takut “apa kata orang” sih mengenai ecu panggang asal treatment nya bagus, ga rewel mobil ini
Sy juga pakai daily dan macet2an di jkt so far so good kecuali konsumsi bbm yang sering nyentuk 5km/l macet2an dalkot
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Boleh banget dongg pake W204 daily drive.. lagian sebenernya kan sedan2 compact gini di produksi pabrikan tujuannya ya buat daily drive, daily commuting peruntukannya .
Jadi pake aja terus; ada apa2 tinggal servis bayar; pake lagi. Bensin abis, tinggal isi; bayar pake lagi. Sampe odo 200k km lebih jg bisa.. Santaii aja om kg usah terlalu takut. Pokoknya josssss
Jadi pake aja terus; ada apa2 tinggal servis bayar; pake lagi. Bensin abis, tinggal isi; bayar pake lagi. Sampe odo 200k km lebih jg bisa.. Santaii aja om kg usah terlalu takut. Pokoknya josssss

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
308 itu udah ketinggalan 2 generasi, sementara w204 ketinggalan 1 generasi walaupun bentar lagi ketinggalan 2 generasi, tapi anehnya masih enak dilihat n bahkan keliatan lebih modern/keren ketimbang banyak mobil2 keluaran baru sekarang. Ane sih prefer 308, unik soalnya, palingan klo ambil 308 ini mesti modif ganti setir, sederhana banget soalnya. Klo w204 sih dgn 200jt ane lebih milih c200 fl ketimbang c280 nfl, gegara dashboard nya. Ini subyektif sih karena cuman bisa menilai 2 mobil ini dari segi desain. Trus buat org2 kyk ane pasti gatel pengen modif klo ambil w204, parts modif n aftermarket nya banyak.
Opsi lain? Sebaiknya jangan, klo udah punya selera/keinginan sendiri ga usah ngikutin selera orang lain, tar ujung2nya nyesel, apalagi buat mobil yg niatnya buat hobby begini karena masuknya sebagai keinginan, bukan sekedar kebutuhan lagi
Opsi lain? Sebaiknya jangan, klo udah punya selera/keinginan sendiri ga usah ngikutin selera orang lain, tar ujung2nya nyesel, apalagi buat mobil yg niatnya buat hobby begini karena masuknya sebagai keinginan, bukan sekedar kebutuhan lagi
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
W204 uda ketinggalan 2 generasi dong om, kan uda keluar W206 dan uda dijual di indo skrng. Jeleknya preFL itu tulisan di mid tengah segala masih pake angka kalkulator, blm TFT kayak di FL. Masalah tenaga sebenernya C200/C250 bisa di remap mendekati atau bahkan lebih dari C300 kok output tenaganya. Tp mungkin emang sensasinya beda kali ya punya V6 3000cc NA sama 1800cc turbo remap an.Harchi wrote: Mon Jan 16, 2023 16:37 308 itu udah ketinggalan 2 generasi, sementara w204 ketinggalan 1 generasi walaupun bentar lagi ketinggalan 2 generasi, tapi anehnya masih enak dilihat n bahkan keliatan lebih modern/keren ketimbang banyak mobil2 keluaran baru sekarang. Ane sih prefer 308, unik soalnya, palingan klo ambil 308 ini mesti modif ganti setir, sederhana banget soalnya. Klo w204 sih dgn 200jt ane lebih milih c200 fl ketimbang c280 nfl, gegara dashboard nya. Ini subyektif sih karena cuman bisa menilai 2 mobil ini dari segi desain. Trus buat org2 kyk ane pasti gatel pengen modif klo ambil w204, parts modif n aftermarket nya banyak.
Opsi lain? Sebaiknya jangan, klo udah punya selera/keinginan sendiri ga usah ngikutin selera orang lain, tar ujung2nya nyesel, apalagi buat mobil yg niatnya buat hobby begini karena masuknya sebagai keinginan, bukan sekedar kebutuhan lagi
Mengenai model setuju sih emang model FL sampe sekarang masih cakep, apalagi yg pake bodykit AMG. Kalo preFL uda terlihat agak2 kemakan usia ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
salah 1 mobil idaman saya nih, bentuknya keliatan timeless dan masih enak dilihat sampai sekarang, even dibandingin sm w205 or w206 sekalipunblacksaphire wrote: Mon Jan 16, 2023 6:31 Hi semua,
Ceritanya, kemarin pada waktu pandemi saya sekeluarga memutuskan pindah ke Bali karena WFH n harga rumah saat itu anjlok banget. Istri jg memutuskan pindah kerja ke Bali, karena setelah dirasa2 emang ya suasana tinggal di Bali lebih enak. Eh ternyata berakhir pandemi kantor memutuskan karyawan untuk hybrid 20%, yg artinya 1 hari dlm seminggu atau 4-5 hari dlm sebulan harus masuk kantor. Jadilah nambah kebutuhan mobil, karena sebelumnya saya punya 2 mobil, 1 pakai sendiri (sekarang masih ada di Jakarta) n 1 dipakai istri (ini dipakai harian di Bali n harus siap sewaktu2 karena dia dokter). Karena kondisi ini maka kemungkinan mobil yg di Jakarta akan dikirim ke Bali n akan beli mobil 1 lagi untuk di Jakarta. Kenapa ga rental saat di Jakarta? Karena akan lebih fleksibel kalau pakai mobil sendiri, apalagi nantinya mungkin anak2 jg ikut kalau saya lagi dinas ke Jakarta. Sementara opsinya sedan/hatchback, budget max 250jt n sekarang kepikiran W204 C280 pre facelift, yg masih V6. Kira2 masalahnya apa ya? Pernah denger ada isu ECU yg kepanggang, seberapa sering ya problem ini, apakah pasti akan dialami?
Untuk opsi lain lagi lirik2 pug 308 facelift, karena bisa dpt hampir setengah harga C280, tapi penasaran aman ga ya ngerawatnya? Denger2 mesin prince 1.6 turbo itu mesin BMW, berarti harusnya secara part mesin ga susah ya? Mungkin kaki2, transmisi, elektrik dsb ada yg punya pengalaman?
Ada opsi lain kah? Pengennya mobil eropa yg perawatan ga terlalu susah, yg pentjng jg bisa ga harus dipake tiap hari, kadang denger2 klo mobil eropa harus sering2 dipakai, jangan didiemin karena malah rusak. Berdasarkan pengalaman mobil2 sebelumnya pernah punya chevy estate, captiva bensin fl, ford escape 2.3, mazda cx9, ini semua menurut saya gampang dirawat n harga parts masih masuk akal
Thanks sebelumnya
kalo masalah paling kaki2, rack steering sm elektrikal + tombol2 di interior yg udh mulai bule setau saya selain ecu panggang. kalo problem2 ini ya hoki2an juga, cuma kalo mau aman usahakan GCU / test drive or bawa inspector / scanner pas mau cek unit & usahakan history service recordnya lengkap. kalo pug saya kurang tau. tapi kalo C280 ya mesti sabar karena populasinya menurut saya agak jarang + keluarnya di indo jg lebih pendek dibanding varian c200/c250/ c300 setau saya, dari 2009 - 2010 akhir aja (kalo salah mohon di koreksi). abis itu langsung diganti sm C300 sampe 2014 hehehe. kalo parts ya selama di jabodetabek saya rasa cukup aman ya. cukup banyak bengkel resmi or non resmi yg bisa handle, kalo dari mobil2 yg om udh pernah piara slbmnya, w204 ini harusnya gajauh beda ya biaya maintenancenya kalo sama2 di spesailis menurut saya, jadi harusnya gaada masalah, termasuk salah 1 mercy yg durable juga buat ukuran mobil eropa menurut saya . paling om bisa coba explore ke komunitasnya aja, jadi dapet insight lebih mengenai mobil yg bakal om incer. kalo alternatif bisa lirik accord , camry Q atau w204 c200/c250, buat daily sudah sesuai kriteria dan budget menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Terima kasih inputnya om, ga terlalu mahal jg ya, saya pikir tadinya parts nya bakal sangat mahal, soalnya baca2 disini ecu nya ada yg sampai keluar biaya 30jt lebih. Sebenarnya kondisi akhir2 ini malah lebih pengen ke 308, karena sepertinya lebih unik aja kelihatannya n jauh lebih murah. Kalau 508 saya ga suka desainnya, rasanya mendingan saya tetap di opsi w204farizfsa wrote: Mon Jan 16, 2023 6:46kalo cuma untuk kaki di jakarta tp kayanya doyan yg ga mainstream, pug 308 facelift enak tuh. mesin prince 1.6 aman kok juga dipake di mini cooper.blacksaphire wrote: Mon Jan 16, 2023 6:31 Hi semua,
Ceritanya, kemarin pada waktu pandemi saya sekeluarga memutuskan pindah ke Bali karena WFH n harga rumah saat itu anjlok banget. Istri jg memutuskan pindah kerja ke Bali, karena setelah dirasa2 emang ya suasana tinggal di Bali lebih enak. Eh ternyata berakhir pandemi kantor memutuskan karyawan untuk hybrid 20%, yg artinya 1 hari dlm seminggu atau 4-5 hari dlm sebulan harus masuk kantor. Jadilah nambah kebutuhan mobil, karena sebelumnya saya punya 2 mobil, 1 pakai sendiri (sekarang masih ada di Jakarta) n 1 dipakai istri (ini dipakai harian di Bali n harus siap sewaktu2 karena dia dokter). Karena kondisi ini maka kemungkinan mobil yg di Jakarta akan dikirim ke Bali n akan beli mobil 1 lagi untuk di Jakarta. Kenapa ga rental saat di Jakarta? Karena akan lebih fleksibel kalau pakai mobil sendiri, apalagi nantinya mungkin anak2 jg ikut kalau saya lagi dinas ke Jakarta. Sementara opsinya sedan/hatchback, budget max 250jt n sekarang kepikiran W204 C280 pre facelift, yg masih V6. Kira2 masalahnya apa ya? Pernah denger ada isu ECU yg kepanggang, seberapa sering ya problem ini, apakah pasti akan dialami?
Untuk opsi lain lagi lirik2 pug 308 facelift, karena bisa dpt hampir setengah harga C280, tapi penasaran aman ga ya ngerawatnya? Denger2 mesin prince 1.6 turbo itu mesin BMW, berarti harusnya secara part mesin ga susah ya? Mungkin kaki2, transmisi, elektrik dsb ada yg punya pengalaman?
Ada opsi lain kah? Pengennya mobil eropa yg perawatan ga terlalu susah, yg pentjng jg bisa ga harus dipake tiap hari, kadang denger2 klo mobil eropa harus sering2 dipakai, jangan didiemin karena malah rusak. Berdasarkan pengalaman mobil2 sebelumnya pernah punya chevy estate, captiva bensin fl, ford escape 2.3, mazda cx9, ini semua menurut saya gampang dirawat n harga parts masih masuk akal
Thanks sebelumnya
kalo c280 w204 paling di ecu panggang (7-10 jt copotan), modul abs (service 5-6 jt), engine fan (7jt) sama EIS (key lock module) (5 jtan kayanya), shock adaptive depan jg agak mahal, kayanya monroe punya aja udah belasan jt.
mugnkin kl cm untuk kaki ambila ja pug 308 facelift atau pug 508 sedan (yg ini masih keliatan mudaan modelnya udah generasi baruan). bengkel spesialis pug kl di jakarta banyak, bengkel resmi cilandak juga membantu bgt dan pasti beda sendiri di jalan. sebulan sekali sm mobil ini di jaksel jakpus aja blm tentu ketemu wkwk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Sejauh ini baru lihat 2 iklan yg menarik dekat sini, rasa2nya sih kondisi barangnya masih standard. Peugeot banyak di-tuning/remap jg kah?ChZ wrote: Mon Jan 16, 2023 7:38 ECU panggang di M272 (bener ga yah) kayaknya skrg repairnya udah murah. ini mesin dipake banyak banget model jd partsnya pun mudah.
pug 1.6 prince turbo engine dipake mini cooper 1.6 aja sepertinya di sini. pug sih di indo lumayan keurus walau produk ga seberapa moncer. sy kenal sales spv pug (baru resign) udah kerja lumayan lama. kalo ini merk ga keurus ga mgkn sih beliau betah selama itu wkwkwkwk.
kalau buat sering long trip mesin V6 lebih enak, tapi kalau short trip enak 4cyl turbo aja sesekali narik mindset saya mesin 4 silinder turbo sweet spot buat dalem kota tenaga nya bawah masih dapet dan atasnya masih narik. kalo 6 silinder up lebih enak buat long trip.
cuma balik lg turbo eropa itu sensitif sama bbm dan oli olian karena didesain tidak untuk tropical weather dibanding japanese turbo macem honda 1.5t. range kerja termostat nya mesin2 eropa ngebukanya lebih panas drpd mesin jepang.
kalo maintenance sebelumnya tidak kemonitor mending skip unitnya mana tau bekas tuningan. VW bekas tuning aja ngeri ngeri sedap blown head gasket.
opt lain merc C200 / C250 CGI wkwkwkw tapi ini mesin laggy banget pengalaman coba di SLK200 CGI kalo mau yg responsif buat dalem kota yang model pre facelift C200 Kompressor.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
pug owners kayaknya beda dgn mini owners unit juga relatif lebih dikit.blacksaphire wrote: Wed Jan 18, 2023 5:05 Sejauh ini baru lihat 2 iklan yg menarik dekat sini, rasa2nya sih kondisi barangnya masih standard. Peugeot banyak di-tuning/remap jg kah?
tapi ya tetep perhatikan sistem pendinginan dan oil leaks krn turbo eropa apalagi BMW engine 4 cylinder ini recordnya tidak se badak VW punya 4 silinder

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
kalo disini pug jarang di remap, tp bisa kok. kalo diluar banyak yang tuning atau remap secara populasinya banyak bgt. mesin turbo kalo di remap lebih kerasa.blacksaphire wrote: Wed Jan 18, 2023 5:05Sejauh ini baru lihat 2 iklan yg menarik dekat sini, rasa2nya sih kondisi barangnya masih standard. Peugeot banyak di-tuning/remap jg kah?ChZ wrote: Mon Jan 16, 2023 7:38 ECU panggang di M272 (bener ga yah) kayaknya skrg repairnya udah murah. ini mesin dipake banyak banget model jd partsnya pun mudah.
pug 1.6 prince turbo engine dipake mini cooper 1.6 aja sepertinya di sini. pug sih di indo lumayan keurus walau produk ga seberapa moncer. sy kenal sales spv pug (baru resign) udah kerja lumayan lama. kalo ini merk ga keurus ga mgkn sih beliau betah selama itu wkwkwkwk.
kalau buat sering long trip mesin V6 lebih enak, tapi kalau short trip enak 4cyl turbo aja sesekali narik mindset saya mesin 4 silinder turbo sweet spot buat dalem kota tenaga nya bawah masih dapet dan atasnya masih narik. kalo 6 silinder up lebih enak buat long trip.
cuma balik lg turbo eropa itu sensitif sama bbm dan oli olian karena didesain tidak untuk tropical weather dibanding japanese turbo macem honda 1.5t. range kerja termostat nya mesin2 eropa ngebukanya lebih panas drpd mesin jepang.
kalo maintenance sebelumnya tidak kemonitor mending skip unitnya mana tau bekas tuningan. VW bekas tuning aja ngeri ngeri sedap blown head gasket.
opt lain merc C200 / C250 CGI wkwkwkw tapi ini mesin laggy banget pengalaman coba di SLK200 CGI kalo mau yg responsif buat dalem kota yang model pre facelift C200 Kompressor.
disini kan profil org yg beli peugeot beda dr mbl2 lainnya. cmiiw. kalo ditanya lebih woth the money yg mana saya sih pilih pug ya, lebih murah, lebih muda, gimmicks sebenernya mirip2 cm kalah di logo bintang aja wkwkwk
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Halo om, mau tanya mobil saya w204 c280. Sewaktu lalu saya pernah tune up. Tapi setelah itu mobil kadang brebet sedikit dan di cek di xentry ada missfire di salah 1 silinder. Barang kali ada yg punya pengalaman sama
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Kalo missfire tinggal ganti busi sama ignition coil aja om. Bukan masalah berat kok. Paling 1 jutaan aja harga coilnya, busi ratusan ribuZanojan wrote: Sat Aug 19, 2023 13:54 Halo om, mau tanya mobil saya w204 c280. Sewaktu lalu saya pernah tune up. Tapi setelah itu mobil kadang brebet sedikit dan di cek di xentry ada missfire di salah 1 silinder. Barang kali ada yg punya pengalaman sama![]()
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Nah waktu itu yang misfire itu silinder 6 om. Saya coba tuker dulu pake coil sama busi di silinder lain. Biar di cek lagi di xentrynya. Tapi ternyata kebacanya masih di silinder 6 misfire nya. Padahal udah di tuker buat mastiin klo emang busi dan koilnya yg masalah. Btw mobil bru jalan 47k km 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Untuk misfire nya,Zanojan wrote: Sun Aug 20, 2023 1:35 Nah waktu itu yang misfire itu silinder 6 om. Saya coba tuker dulu pake coil sama busi di silinder lain. Biar di cek lagi di xentrynya. Tapi ternyata kebacanya masih di silinder 6 misfire nya. Padahal udah di tuker buat mastiin klo emang busi dan koilnya yg masalah. Btw mobil bru jalan 47k km![]()
Apakah muncul sejak start atau muncul saat jalan?
Setelah misfire pertama kali, apakah sempat normal lagi?
Pertanyaan kedua muncul, suspect nya ECU gosong.
Di repair abis 3.5-4.5an aja kok om.
Kebetulan 204 ortu, ngalami hal yg sama.
Misfire, besoknya normal
pas tengah jalan misfire lagi,
Tuker coil, misfire nya tetap di cyl yg sama
Ya udah terima nasib repair ecu.
Unit sendiri baru 44k km.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
The infamous ECU panggang yah om.. tp cepet bener odo 40 ribuan udah kena hahahagadjahalphien wrote: Sun Aug 20, 2023 4:30Untuk misfire nya,Zanojan wrote: Sun Aug 20, 2023 1:35 Nah waktu itu yang misfire itu silinder 6 om. Saya coba tuker dulu pake coil sama busi di silinder lain. Biar di cek lagi di xentrynya. Tapi ternyata kebacanya masih di silinder 6 misfire nya. Padahal udah di tuker buat mastiin klo emang busi dan koilnya yg masalah. Btw mobil bru jalan 47k km![]()
Apakah muncul sejak start atau muncul saat jalan?
Setelah misfire pertama kali, apakah sempat normal lagi?
Pertanyaan kedua muncul, suspect nya ECU gosong.
Di repair abis 3.5-4.5an aja kok om.
Kebetulan 204 ortu, ngalami hal yg sama.
Misfire, besoknya normal
pas tengah jalan misfire lagi,
Tuker coil, misfire nya tetap di cyl yg sama
Ya udah terima nasib repair ecu.
Unit sendiri baru 44k km.
Yaudah repair ecu deh solusinya. Tp kg mahal amat ya ternyata. Kirain diatas 7jt+
![Have A Nice day [emo-have-a-nice-day]](./images/smilies/2017-niceday.gif)
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Yang saya rasain itu brebetnya ketika idle, kemarin sempet saya bawa keluar kota, brebetnya makin jarang ketika idle. Nah tapi baru banget saya rasain itu, pas di bawa jalan sesekali mobil Pas di gas seperti tersendat-sendatKielConstantine wrote: Sun Aug 20, 2023 5:27The infamous ECU panggang yah om.. tp cepet bener odo 40 ribuan udah kena hahahagadjahalphien wrote: Sun Aug 20, 2023 4:30Untuk misfire nya,Zanojan wrote: Sun Aug 20, 2023 1:35 Nah waktu itu yang misfire itu silinder 6 om. Saya coba tuker dulu pake coil sama busi di silinder lain. Biar di cek lagi di xentrynya. Tapi ternyata kebacanya masih di silinder 6 misfire nya. Padahal udah di tuker buat mastiin klo emang busi dan koilnya yg masalah. Btw mobil bru jalan 47k km![]()
Apakah muncul sejak start atau muncul saat jalan?
Setelah misfire pertama kali, apakah sempat normal lagi?
Pertanyaan kedua muncul, suspect nya ECU gosong.
Di repair abis 3.5-4.5an aja kok om.
Kebetulan 204 ortu, ngalami hal yg sama.
Misfire, besoknya normal
pas tengah jalan misfire lagi,
Tuker coil, misfire nya tetap di cyl yg sama
Ya udah terima nasib repair ecu.
Unit sendiri baru 44k km.
Yaudah repair ecu deh solusinya. Tp kg mahal amat ya ternyata. Kirain diatas 7jt+![]()
Kalau untuk service ecu ada bengkel rekomendasi? Yang jelas hasilnya bagus awet dn harganya efisien

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Aug 25, 2021 12:00
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
repair ecu boleh cek ke pak komang nama bengkelnya bali motor deket bandara halim jakarta timurZanojan wrote: Mon Aug 21, 2023 2:44Yang saya rasain itu brebetnya ketika idle, kemarin sempet saya bawa keluar kota, brebetnya makin jarang ketika idle. Nah tapi baru banget saya rasain itu, pas di bawa jalan sesekali mobil Pas di gas seperti tersendat-sendatKielConstantine wrote: Sun Aug 20, 2023 5:27The infamous ECU panggang yah om.. tp cepet bener odo 40 ribuan udah kena hahahagadjahalphien wrote: Sun Aug 20, 2023 4:30
Untuk misfire nya,
Apakah muncul sejak start atau muncul saat jalan?
Setelah misfire pertama kali, apakah sempat normal lagi?
Pertanyaan kedua muncul, suspect nya ECU gosong.
Di repair abis 3.5-4.5an aja kok om.
Kebetulan 204 ortu, ngalami hal yg sama.
Misfire, besoknya normal
pas tengah jalan misfire lagi,
Tuker coil, misfire nya tetap di cyl yg sama
Ya udah terima nasib repair ecu.
Unit sendiri baru 44k km.
Yaudah repair ecu deh solusinya. Tp kg mahal amat ya ternyata. Kirain diatas 7jt+![]()
Kalau untuk service ecu ada bengkel rekomendasi? Yang jelas hasilnya bagus awet dn harganya efisien![]()
dulu pernah repair ecu 1M yg short, diquote ama bmw 70an juta, ama dia habis ga sampe separohnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Mau PM tapi om belum bisa nerima PM.Zanojan wrote: Mon Aug 21, 2023 2:44
Yang saya rasain itu brebetnya ketika idle, kemarin sempet saya bawa keluar kota, brebetnya makin jarang ketika idle. Nah tapi baru banget saya rasain itu, pas di bawa jalan sesekali mobil Pas di gas seperti tersendat-sendat
Kalau untuk service ecu ada bengkel rekomendasi? Yang jelas hasilnya bagus awet dn harganya efisien![]()
Tambah posting dulu aja om.
nanti saya PM teknisi yang kemarin bantu saya
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Waduh serem juga yah klo di beres, tapi mungkin karna M series. btw, terima kasih om informasinya
saya masih awam ttng mbil eropa
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
[/quote]
Minimal brapa kali posting yah? Mantap sekalian memperpanjang silaturahmi sama suhu-suhugadjahalphien wrote: Wed Aug 23, 2023 4:28Mau PM tapi om belum bisa nerima PM.Zanojan wrote: Mon Aug 21, 2023 2:44
Yang saya rasain itu brebetnya ketika idle, kemarin sempet saya bawa keluar kota, brebetnya makin jarang ketika idle. Nah tapi baru banget saya rasain itu, pas di bawa jalan sesekali mobil Pas di gas seperti tersendat-sendat
Kalau untuk service ecu ada bengkel rekomendasi? Yang jelas hasilnya bagus awet dn harganya efisien![]()
Tambah posting dulu aja om.
nanti saya PM teknisi yang kemarin bantu saya

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Aug 19, 2023 13:46
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CY4A_W204 M272
Re: Saran mobil tempur sekaligus hobi, W204 C280?
Serem juga ya om kalo di beres, mungkin karna M series juga yah. Kalo boleh tau waktu itu berapa lama ya om pengerjaannya? Maklum saya masih newbieAlwayspaid wrote: Mon Aug 21, 2023 6:43repair ecu boleh cek ke pak komang nama bengkelnya bali motor deket bandara halim jakarta timurZanojan wrote: Mon Aug 21, 2023 2:44Yang saya rasain itu brebetnya ketika idle, kemarin sempet saya bawa keluar kota, brebetnya makin jarang ketika idle. Nah tapi baru banget saya rasain itu, pas di bawa jalan sesekali mobil Pas di gas seperti tersendat-sendatKielConstantine wrote: Sun Aug 20, 2023 5:27
The infamous ECU panggang yah om.. tp cepet bener odo 40 ribuan udah kena hahaha
Yaudah repair ecu deh solusinya. Tp kg mahal amat ya ternyata. Kirain diatas 7jt+![]()
Kalau untuk service ecu ada bengkel rekomendasi? Yang jelas hasilnya bagus awet dn harganya efisien![]()
dulu pernah repair ecu 1M yg short, diquote ama bmw 70an juta, ama dia habis ga sampe separohnya
