Voxy gakda fitur aneh2 sih, makanya heran harus pake aki yg spek khususkendibocor wrote: ↑21 Jan 2023, 22:30Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan
Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jgKielConstantine wrote: ↑13 Jan 2023, 12:55Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennyapeterming77 wrote: ↑12 Jan 2023, 15:28
Baru saya cek aki CorCross nga sampe 6.5jt kok, cuma 4.866jt dan inden
nanti coba saya cek di engine bay itu aki apa kok mahal sekaleeeee, kalo ganti di shop shop 3rd party itu kena berapa
Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang
Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic
Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu
2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 275
- Joined: 22 Nov 2018, 21:39
- Location: Jakarta
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: 24 Jul 2021, 16:38
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Ane kapan hari liat Zenix tipe G warna putih lebih deket...ChZ wrote: ↑12 Jan 2023, 14:19naah iya sebenernya tachometer itu important piece of information loh. lebih intuitive daripada indikator power-charge-eco gitu gitu krn jarum tacho itu kalo mesin jalan kan pasti gerak naik-turun. klo mesinnya mati kan tacho nya langsung ke angka nol.
wkwkwkw makanya yang disebut golden era nya otomotif kan malah late 90s sampe 2000s awal. mobil yg lahir jaman itu terkenal bandel bandel, modul elektronik sebatas ABS sensor dan ECU yang emang berguna dan umurnya panjang banget. udah bandel, low maintenance, disetirnya enak krn masih rasa mekanikal.KielConstantine wrote: ↑12 Jan 2023, 13:53 E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl
Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg
Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain
Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya
makanya makin sinis gw sama kata "electrification" krn bikin komponen2 di mobil makin banyak yang disposable. murah di depan tapi mahal di belakang. dan di sini pabrikan itu win-win. gak mau ganti batre ya ganti mobil sebelum tahun ke-5. cuan cuan cuan beli toyota sekarang keluar 50 juta di tahun ke-10 jadi kayak beli ze germans,
coba tanya user innova kapan sekali maintenance abis 50juta kalo gak bingung uang segitu buat benerin apa aja biasa skali ke bengkel mentok juga 5 juta udah kerjain semua
Kalau dari foto sih keliatan photogenic banget yak...keren mentereng gitu
Setelah liat dari deket...kok desain moncong depannya malah kayak hasil kawin silang truk Peterbilt dan truk Kijang ijo jadul itu...
parahnya lagi, bini malah lebih demen model baru ini daripada Reborn...
wasoeeeee tenan
kalau udah baca sejarahnya permobilan tahun 90-an (kebetulan ane juga dulu seneng main game NFS Underground), menurut ane belum ada mobil pribadi yang bisa mencapai apa yang Mitsubishi 3000GT sudah capai. Semua fitur mobil modern udah lebih dulu ada dan tersedia lengkap di mobil itu om mod. Full mekanikal with elektrification everywhere. Ujungnya bisa ditebak...Masterpiece ringkih.
Sekalian aja harusnya pop-up headlamp dibikin fitur untuk varian tertinggi di mobil modern sekarang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 662
- Joined: 24 Dec 2013, 10:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
iya sih, masih ada aja. tapi sy liat udah banyak juga yg emblem kijang nya langsung dicopot, apalagi yg zenix, di sby banyak bgt sy nemuin yg udah ga ada emblem kijangnya. sepertinya pangsa pasarnya.ChZ wrote: ↑28 Jan 2023, 11:53saya dan orang rumah kalo nyebut tetep kijangr1409 wrote: ↑28 Jan 2023, 10:28 memang masih ada yg suka pake nama kijang ya? kalo gw kok kesannya pake nama kijang itu cocoknya buat yg model kijang doyok sampe kapsul.. sejak jaman innova 2004 udah ga pantes sebetulnya. di luaran pun juga ga ada nama kijang, namanya ya toyota innova.
nama kijang sekarang stigmanya lebih ke arah mobil MPV yg dipake org2 desa, yg masih ga ngerti dengan fitur2 canggih, butuhnya hanya besar, reliable dan asal jalan.
"si x sek tas tuku kijang anyar" (si x baru saja beli kijang baru)
"kuwi parkir sebelahe kijang ireng kosong" (itu parkir sebelah kijang hitam kosong)
yang disebut kijang dalam cerita ini ya innova, reborn, dan zenix. kitorang nyebut zenix haiburit aja bilangnya kijang hybrid
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: 12 Sep 2013, 08:40
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Kmren lihat zenix buat pertama kali nya d mall, warna putih, pas lihat dari jauh d bagian samping, kirain peloz, jadi acuhkan aja...eh pas udah dekat, jenik tetnyata....knapa kesan wow nya kurang ya... ekterior serasa mirip si anu mix sama anu....gak stand out originalitasan nya (unlike mobil Kroya, stand out bgt secara design Ext), ini pendapat pribadi ya, no offense.
Ps: ane gak punya mobil Kroya, cm punya jepangan.
Ps: ane gak punya mobil Kroya, cm punya jepangan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2369
- Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Ciri khas toyota, desain biasa-biasa aja.
Ketika desain ekstra, malah jadi aneh seperti sienta dan raize.
Ketika desain ekstra, malah jadi aneh seperti sienta dan raize.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4208
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
fortuner ceper. atau veloz pro max. berapa kali lewat otak saya merespon kaya gitu.
desain kaya gini, timeless. macem fortuner, susah bikin bosen karena biasa aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: 24 Nov 2019, 13:23
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
aih, tadi akhirnya coba naikin zenix.
naik doang, kaga ada mobil testdrivenya wkwkwk
joknya lebih tipis yak dibanding reborn?
posisi mobil juga semakin rumit kira2nya, karena benjolan powerdome di kap mesin; ditambah kap mesin yang puanjang.
cetakan plastik juga ndak rapi, khususnya doortrim yg atas dekat kaca, meleyot2.
naik doang, kaga ada mobil testdrivenya wkwkwk
joknya lebih tipis yak dibanding reborn?
posisi mobil juga semakin rumit kira2nya, karena benjolan powerdome di kap mesin; ditambah kap mesin yang puanjang.
cetakan plastik juga ndak rapi, khususnya doortrim yg atas dekat kaca, meleyot2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 665
- Joined: 08 Dec 2015, 23:08
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Iya ya..
Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.
Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.
Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: 17 Jul 2007, 15:29
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
di pricelist, ada type Q non Modellista, terus ada type Q Modellista Crossover edition.
2 2 nya ga bisa diorder, katanya uda tanya TAM.
Sekarang yang bisa diorder Modellista aja.
Begitu kah?
2 2 nya ga bisa diorder, katanya uda tanya TAM.
Sekarang yang bisa diorder Modellista aja.
Begitu kah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 580
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Nice review mbahariswp wrote: ↑03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Btw Mesin baru masih halus mbah
Nanti klo dah 5 thn, baru deh berasa itu engine mounting sudah mendekati akhir hidupnya + getaran lbh terasa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: 12 Sep 2016, 00:37
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Saya minggu lalu baru SPK Q Hybrid non Modellista, ngga ada masalah.
Coba cari dealer lain saja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: 20 Apr 2009, 13:17
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Pas nge tes zenix ini isi berapa penumpang om?ariswp wrote: ↑03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 580
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
4 dewasa om, termasuk saya sbg supirmr_mytplx wrote: ↑03 Feb 2023, 21:44Pas nge tes zenix ini isi berapa penumpang om?ariswp wrote: ↑03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: 12 Sep 2013, 08:40
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Tuh kan...ane juga pas lihat juga seperti pemikiran Om, soalnya harga dah d atas 450an JT ekspektasi kita2 konsumer juga lebih tinggi baik dari design, kenyamanan dan durabiliti hahaha.oh ya satu lagi yg agak aneh d mata itu ukuran ruang roda dan velg...kekecilan ya kek nya.quyquy wrote: ↑02 Feb 2023, 10:29 Iya ya..
Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.
Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: 12 Sep 2013, 08:40
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Wahhh thank u sharing nya om, FUel consumption nya sudah ane duga segituan sih ya. Kalo full dalkot kira2 1-9/10 kali ya ?Om...penasaran sama FC dalkot nya. (Kalo pun ane mau ganti 2gd kek nya ambil yg non-hybrid, cuma mau liat FC nya dl)ariswp wrote: ↑03 Feb 2023, 11:46
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11582
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
yg perlu disadari adalah, value 450 jt jaman now,ac235287 wrote: ↑04 Feb 2023, 08:40Tuh kan...ane juga pas lihat juga seperti pemikiran Om, soalnya harga dah d atas 450an JT ekspektasi kita2 konsumer juga lebih tinggi baik dari design, kenyamanan dan durabiliti hahaha.oh ya satu lagi yg agak aneh d mata itu ukuran ruang roda dan velg...kekecilan ya kek nya.quyquy wrote: ↑02 Feb 2023, 10:29 Iya ya..
Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.
Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
itu mirip spt value < 300jt jaman 10 tahun lalu, belum lagi dihajar inflasi dan kurs mata uang asing.
suka gak suka... ya harus paham, karena kita tinggal di NKRI
atau bisa lirik brand dari Tiongkok, tampilan nya lbh mewah dgn harga yg sama
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 698
- Joined: 18 Sep 2019, 23:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
kalau yang gasoline si, kayanya memang sekitar 1:9 kalau macet. Kalau gen sebelumnya bisa 1:7 di kondisi macet. Sedikit lebih baik.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: 20 Apr 2009, 13:17
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: 17 Feb 2014, 15:41
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
pantesan pada bilang mirip veloz, baru pertama kali lihat zenix , ada yg beli di kantor , dari depan saya kirain itu veloz, pas lewat sampingnya ada tulisan hybrid, ternyata zenix toh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 665
- Joined: 08 Dec 2015, 23:08
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Sebagai komparasi, kalo reborn 2GD kondisi sehat minumnya dex dalkot kota besar bisa dapat 1:10-11.timbermaniac123 wrote: ↑04 Feb 2023, 10:26kalau yang gasoline si, kayanya memang sekitar 1:9 kalau macet. Kalau gen sebelumnya bisa 1:7 di kondisi macet. Sedikit lebih baik.
Kalo biosolar turun ke 1:9-10.
Jika zenix non hybrid bisa dapat 1:9-10 dalkot kota besar ya lumayan lah total duit keluar bbmnya nggak semahal 2GD, mengingat harga bbm nya yang pertamax masih dibawah harga bbm dex.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4208
- Joined: 26 Mar 2007, 15:16
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
kalau dipikir2 dengan model gitu toyota sukses dong, namanya kijang kan selalu unassuming dimanapun kemanapun siapapun
nah ini diteruskan ke Zenix. mungkin buat beberapa orang malah jadi masalah, beli mobil harga segitu dapetnya tampang veloz atau fortuner ceper, tapi buat mayoritas lain: this is kijang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 580
- Joined: 19 Dec 2016, 15:39
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Tenaga positif om, enakk
Hanya atasnya aja memang agak kosong (dibanding honda rombeng R20/R18 peliharaan saya), curiga memang mesin ini diset efisiensi, ntah kedepan klo uda bisa diremap dan diatur lagi karakternya
Tapi karakter gini cocok banget buat MPV spt zenix
Efisiensi dan powerband terpakai buat sehari hari, bensin lho ini padahal, bukan diesel
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: 20 Apr 2009, 13:17
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
setuju om. karakter mesin gini lebih cocok buat mpv.ariswp wrote: ↑04 Feb 2023, 20:00Tenaga positif om, enakk
Hanya atasnya aja memang agak kosong (dibanding honda rombeng R20/R18 peliharaan saya), curiga memang mesin ini diset efisiensi, ntah kedepan klo uda bisa diremap dan diatur lagi karakternya
Tapi karakter gini cocok banget buat MPV spt zenix
Efisiensi dan powerband terpakai buat sehari hari, bensin lho ini padahal, bukan diesel
enak buat cruising santai.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1655
- Joined: 26 Apr 2014, 11:42
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
voxy aki mahal, lower arm mahal. jd mikir dulu megang Nissan Elgrand E52 murah bgt perawatannya aki standar kayak ipah diesel old, lower arm 3jt sebiji made in japan. boot cv join bsa pke punya hilux 4x4Iriawans wrote: ↑31 Jan 2023, 08:03Voxy gakda fitur aneh2 sih, makanya heran harus pake aki yg spek khususkendibocor wrote: ↑21 Jan 2023, 22:30Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan
Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jgKielConstantine wrote: ↑13 Jan 2023, 12:55
Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennya
Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang
Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic
Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 17 Replies
- 971 Views
-
Last post by fl4b1e
-
- 7 Replies
- 4220 Views
-
Last post by Pepenxmaster
-
- 33 Replies
- 4919 Views
-
Last post by Crankshaft
-
- 0 Replies
- 175 Views
-
Last post by budi46
-
- 37 Replies
- 15859 Views
-
Last post by kepo2601
-
- 32 Replies
- 7500 Views
-
Last post by Bibieight
-
- 5 Replies
- 2811 Views
-
Last post by takokak
-
- 93 Replies
- 13425 Views
-
Last post by laksanice
-
- 8 Replies
- 2377 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 33 Replies
- 5145 Views
-
Last post by Pboyz97