2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: 22 Nov 2018, 21:39
Location: Jakarta

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Iriawans »

kendibocor wrote: 21 Jan 2023, 22:30
Iriawans wrote: 12 Jan 2023, 12:22
darrelund wrote: 12 Jan 2023, 08:51
6.5juta aki segede apa tuh :big_biglaugh:
masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan :big_think:
KielConstantine wrote: 13 Jan 2023, 12:55
peterming77 wrote: 12 Jan 2023, 15:28

Baru saya cek aki CorCross nga sampe 6.5jt kok, cuma 4.866jt dan inden :big_biglaugh: :big_cry: :big_smoking:

nanti coba saya cek di engine bay itu aki apa kok mahal sekaleeeee, kalo ganti di shop shop 3rd party itu kena berapa
Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennya :ungg:

Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang :big_biglaugh:
Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jg :big_biglaugh:
darrelund wrote: 12 Jan 2023, 15:58
Iriawans wrote: 12 Jan 2023, 12:22 masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
buset :big_biglaugh:

9,5jt ud kayak aki AGM yurop yg segede gaban

masda aja 3-4jt, aki start stop panasonic 65ah
Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic :upss:

Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu :big_biglaugh:
Voxy gakda fitur aneh2 sih, makanya heran harus pake aki yg spek khusus :big_bored:
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by esaka »

ChZ wrote: 12 Jan 2023, 14:19
rajapb wrote: 12 Jan 2023, 13:32
harusnya zeniix hybrid tetep dapet tachometer macem corolla hatch hybrid versi eropa. Entah kenapa mentang2 hybrid pada demen ngilangin tachometer.
naah iya sebenernya tachometer itu important piece of information loh. lebih intuitive daripada indikator power-charge-eco gitu gitu krn jarum tacho itu kalo mesin jalan kan pasti gerak naik-turun. klo mesinnya mati kan tacho nya langsung ke angka nol.
KielConstantine wrote: 12 Jan 2023, 13:53 E buset dah… aki bmw aja kg semahal itu pdhl


Pdhl mah jaman dulu sebelom ditemukan auto engine start stop smua kehidupan masih tenang… pas ada tuh fitur aki langsung brubah jd agm buat comply. Harga naek…. Skarang brubah lg jd atkinson hybrid bla bla bla. Harga Aki meroket lg :roll:

Ujung2nya mau irit sana sini, malah kg sebanding sama komponen laen yg perlu di maintain

Apalagi cap toyota yg mobilnya terkenal zero maintenance, tercoreng dong jadinya :drinking:
wkwkwkw makanya yang disebut golden era nya otomotif kan malah late 90s sampe 2000s awal. mobil yg lahir jaman itu terkenal bandel bandel, modul elektronik sebatas ABS sensor dan ECU yang emang berguna dan umurnya panjang banget. udah bandel, low maintenance, disetirnya enak krn masih rasa mekanikal.

makanya makin sinis gw sama kata "electrification" krn bikin komponen2 di mobil makin banyak yang disposable. murah di depan tapi mahal di belakang. dan di sini pabrikan itu win-win. gak mau ganti batre ya ganti mobil sebelum tahun ke-5. cuan cuan cuan :mky_03: beli toyota sekarang keluar 50 juta di tahun ke-10 jadi kayak beli ze germans,

coba tanya user innova kapan sekali maintenance abis 50juta kalo gak bingung uang segitu buat benerin apa aja biasa skali ke bengkel mentok juga 5 juta udah kerjain semua :big_biglaugh:
Ane kapan hari liat Zenix tipe G warna putih lebih deket...
Kalau dari foto sih keliatan photogenic banget yak...keren mentereng gitu
Setelah liat dari deket...kok desain moncong depannya malah kayak hasil kawin silang truk Peterbilt dan truk Kijang ijo jadul itu... :big_biglaugh:
parahnya lagi, bini malah lebih demen model baru ini daripada Reborn... :big_biglaugh:
wasoeeeee tenan :big_biglaugh:
kalau udah baca sejarahnya permobilan tahun 90-an (kebetulan ane juga dulu seneng main game NFS Underground), menurut ane belum ada mobil pribadi yang bisa mencapai apa yang Mitsubishi 3000GT sudah capai. Semua fitur mobil modern udah lebih dulu ada dan tersedia lengkap di mobil itu om mod. Full mekanikal with elektrification everywhere. Ujungnya bisa ditebak...Masterpiece ringkih.
Sekalian aja harusnya pop-up headlamp dibikin fitur untuk varian tertinggi di mobil modern sekarang. :big_biglaugh:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 662
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by r1409 »

ChZ wrote: 28 Jan 2023, 11:53
r1409 wrote: 28 Jan 2023, 10:28 memang masih ada yg suka pake nama kijang ya? kalo gw kok kesannya pake nama kijang itu cocoknya buat yg model kijang doyok sampe kapsul.. sejak jaman innova 2004 udah ga pantes sebetulnya. di luaran pun juga ga ada nama kijang, namanya ya toyota innova.

nama kijang sekarang stigmanya lebih ke arah mobil MPV yg dipake org2 desa, yg masih ga ngerti dengan fitur2 canggih, butuhnya hanya besar, reliable dan asal jalan.
saya dan orang rumah kalo nyebut tetep kijang :upss:

"si x sek tas tuku kijang anyar" (si x baru saja beli kijang baru) :big_biglaugh:
"kuwi parkir sebelahe kijang ireng kosong" (itu parkir sebelah kijang hitam kosong) :mky_03:

yang disebut kijang dalam cerita ini ya innova, reborn, dan zenix. kitorang nyebut zenix haiburit aja bilangnya kijang hybrid :mky_03:
iya sih, masih ada aja. tapi sy liat udah banyak juga yg emblem kijang nya langsung dicopot, apalagi yg zenix, di sby banyak bgt sy nemuin yg udah ga ada emblem kijangnya. sepertinya pangsa pasarnya.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

Kmren lihat zenix buat pertama kali nya d mall, warna putih, pas lihat dari jauh d bagian samping, kirain peloz, jadi acuhkan aja...eh pas udah dekat, jenik tetnyata....knapa kesan wow nya kurang ya... ekterior serasa mirip si anu mix sama anu....gak stand out originalitasan nya (unlike mobil Kroya, stand out bgt secara design Ext), ini pendapat pribadi ya, no offense.
Ps: ane gak punya mobil Kroya, cm punya jepangan.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2369
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ilhami »

Ciri khas toyota, desain biasa-biasa aja.

Ketika desain ekstra, malah jadi aneh seperti sienta dan raize.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4208
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kunaskun »

ilhami wrote: 01 Feb 2023, 21:12 Ciri khas toyota, desain biasa-biasa aja.

Ketika desain ekstra, malah jadi aneh seperti sienta dan raize.
fortuner ceper. atau veloz pro max. berapa kali lewat otak saya merespon kaya gitu.
desain kaya gini, timeless. macem fortuner, susah bikin bosen karena biasa aja :big_biglaugh:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by McLaren »

aih, tadi akhirnya coba naikin zenix.
naik doang, kaga ada mobil testdrivenya wkwkwk

joknya lebih tipis yak dibanding reborn?
posisi mobil juga semakin rumit kira2nya, karena benjolan powerdome di kap mesin; ditambah kap mesin yang puanjang.
cetakan plastik juga ndak rapi, khususnya doortrim yg atas dekat kaca, meleyot2.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 665
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by quyquy »

Iya ya..

Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.

Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
hwilliam
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 17 Jul 2007, 15:29

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by hwilliam »

di pricelist, ada type Q non Modellista, terus ada type Q Modellista Crossover edition.

2 2 nya ga bisa diorder, katanya uda tanya TAM.

Sekarang yang bisa diorder Modellista aja.

Begitu kah?
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ariswp »

Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid

Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya

Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)

Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala

Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix

Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha

Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe

Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV

Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: 03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid

Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya

Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)

Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala

Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix

Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha

Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe

Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV

Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Nice review mbah :big_okay:

Btw Mesin baru masih halus mbah :big_peace:

Nanti klo dah 5 thn, baru deh berasa itu engine mounting sudah mendekati akhir hidupnya + getaran lbh terasa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sapifr22
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by sapifr22 »

hwilliam wrote: 03 Feb 2023, 10:39 di pricelist, ada type Q non Modellista, terus ada type Q Modellista Crossover edition.

2 2 nya ga bisa diorder, katanya uda tanya TAM.

Sekarang yang bisa diorder Modellista aja.

Begitu kah?
Saya minggu lalu baru SPK Q Hybrid non Modellista, ngga ada masalah.
Coba cari dealer lain saja.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by mr_mytplx »

ariswp wrote: 03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid

Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya

Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)

Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala

Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix

Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha

Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe

Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV

Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Pas nge tes zenix ini isi berapa penumpang om?
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ariswp »

mr_mytplx wrote: 03 Feb 2023, 21:44
ariswp wrote: 03 Feb 2023, 11:46 Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid

Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya

Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)

Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala

Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix

Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha

Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe

Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV

Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Pas nge tes zenix ini isi berapa penumpang om?
4 dewasa om, termasuk saya sbg supir
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

quyquy wrote: 02 Feb 2023, 10:29 Iya ya..

Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.

Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
Tuh kan...ane juga pas lihat juga seperti pemikiran Om, soalnya harga dah d atas 450an JT ekspektasi kita2 konsumer juga lebih tinggi baik dari design, kenyamanan dan durabiliti hahaha.oh ya satu lagi yg agak aneh d mata itu ukuran ruang roda dan velg...kekecilan ya kek nya.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by RezPrat »

ariswp wrote: 03 Feb 2023, 11:46
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV

Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati
Wahhh thank u sharing nya om, FUel consumption nya sudah ane duga segituan sih ya. Kalo full dalkot kira2 1-9/10 kali ya ?Om...penasaran sama FC dalkot nya. (Kalo pun ane mau ganti 2gd kek nya ambil yg non-hybrid, cuma mau liat FC nya dl)
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by Suryaputra »

ac235287 wrote: 04 Feb 2023, 08:40
quyquy wrote: 02 Feb 2023, 10:29 Iya ya..

Lihat di jalan desain nya zenix kurang wah.. Terutama bagian belakangnya kurang mewah aja untuk nunjukin ini mobil harganya diatas 400juta.

Lalu jok baris keduanya, pelipatannya nggak kayak reborn. Ya paling nggak dibuatin sandarannya bisa dilipat gituh supaya bisa flat dari belakang ke tengah. Lha ini kagak bisa dilipet sandaran joknya.
Tuh kan...ane juga pas lihat juga seperti pemikiran Om, soalnya harga dah d atas 450an JT ekspektasi kita2 konsumer juga lebih tinggi baik dari design, kenyamanan dan durabiliti hahaha.oh ya satu lagi yg agak aneh d mata itu ukuran ruang roda dan velg...kekecilan ya kek nya.
yg perlu disadari adalah, value 450 jt jaman now,
itu mirip spt value < 300jt jaman 10 tahun lalu, belum lagi dihajar inflasi dan kurs mata uang asing.

suka gak suka... ya harus paham, karena kita tinggal di NKRI :big_biglaugh:
atau bisa lirik brand dari Tiongkok, tampilan nya lbh mewah dgn harga yg sama :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 698
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by timbermaniac123 »

ac235287 wrote: 04 Feb 2023, 08:51
Wahhh thank u sharing nya om, FUel consumption nya sudah ane duga segituan sih ya. Kalo full dalkot kira2 1-9/10 kali ya ?Om...penasaran sama FC dalkot nya. (Kalo pun ane mau ganti 2gd kek nya ambil yg non-hybrid, cuma mau liat FC nya dl)
kalau yang gasoline si, kayanya memang sekitar 1:9 kalau macet. Kalau gen sebelumnya bisa 1:7 di kondisi macet. Sedikit lebih baik.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by mr_mytplx »

ariswp wrote: 04 Feb 2023, 08:09
4 dewasa om, termasuk saya sbg supir
wah 4 orang masih lumayan tenaganya y. mantab. :big_okay:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by vipere »

pantesan pada bilang mirip veloz, baru pertama kali lihat zenix , ada yg beli di kantor , dari depan saya kirain itu veloz, pas lewat sampingnya ada tulisan hybrid, ternyata zenix toh.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 665
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by quyquy »

timbermaniac123 wrote: 04 Feb 2023, 10:26
ac235287 wrote: 04 Feb 2023, 08:51
Wahhh thank u sharing nya om, FUel consumption nya sudah ane duga segituan sih ya. Kalo full dalkot kira2 1-9/10 kali ya ?Om...penasaran sama FC dalkot nya. (Kalo pun ane mau ganti 2gd kek nya ambil yg non-hybrid, cuma mau liat FC nya dl)
kalau yang gasoline si, kayanya memang sekitar 1:9 kalau macet. Kalau gen sebelumnya bisa 1:7 di kondisi macet. Sedikit lebih baik.
Sebagai komparasi, kalo reborn 2GD kondisi sehat minumnya dex dalkot kota besar bisa dapat 1:10-11.
Kalo biosolar turun ke 1:9-10.

Jika zenix non hybrid bisa dapat 1:9-10 dalkot kota besar ya lumayan lah total duit keluar bbmnya nggak semahal 2GD, mengingat harga bbm nya yang pertamax masih dibawah harga bbm dex.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4208
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by kunaskun »

vipere wrote: 04 Feb 2023, 10:40 pantesan pada bilang mirip veloz, baru pertama kali lihat zenix , ada yg beli di kantor , dari depan saya kirain itu veloz, pas lewat sampingnya ada tulisan hybrid, ternyata zenix toh.
kalau dipikir2 dengan model gitu toyota sukses dong, namanya kijang kan selalu unassuming dimanapun kemanapun siapapun :big_biglaugh:
nah ini diteruskan ke Zenix. mungkin buat beberapa orang malah jadi masalah, beli mobil harga segitu dapetnya tampang veloz atau fortuner ceper, tapi buat mayoritas lain: this is kijang :big_biglaugh:
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by ariswp »

mr_mytplx wrote: 04 Feb 2023, 10:27
ariswp wrote: 04 Feb 2023, 08:09
4 dewasa om, termasuk saya sbg supir
wah 4 orang masih lumayan tenaganya y. mantab. :big_okay:
Tenaga positif om, enakk
Hanya atasnya aja memang agak kosong (dibanding honda rombeng R20/R18 peliharaan saya), curiga memang mesin ini diset efisiensi, ntah kedepan klo uda bisa diremap dan diatur lagi karakternya
Tapi karakter gini cocok banget buat MPV spt zenix
Efisiensi dan powerband terpakai buat sehari hari, bensin lho ini padahal, bukan diesel :big_exellent:
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by mr_mytplx »

ariswp wrote: 04 Feb 2023, 20:00
mr_mytplx wrote: 04 Feb 2023, 10:27
ariswp wrote: 04 Feb 2023, 08:09
4 dewasa om, termasuk saya sbg supir
wah 4 orang masih lumayan tenaganya y. mantab. :big_okay:
Tenaga positif om, enakk
Hanya atasnya aja memang agak kosong (dibanding honda rombeng R20/R18 peliharaan saya), curiga memang mesin ini diset efisiensi, ntah kedepan klo uda bisa diremap dan diatur lagi karakternya
Tapi karakter gini cocok banget buat MPV spt zenix
Efisiensi dan powerband terpakai buat sehari hari, bensin lho ini padahal, bukan diesel :big_exellent:
setuju om. karakter mesin gini lebih cocok buat mpv.

enak buat cruising santai.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1655
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?

Post by lemonadelovers »

Iriawans wrote: 31 Jan 2023, 08:03
kendibocor wrote: 21 Jan 2023, 22:30
Iriawans wrote: 12 Jan 2023, 12:22

masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021 :big_grin:
Hah aki voxy emang perlu requirement tertentu? Perasaan 2022 kemaren alphard ortu ganti aki di beres toyota cuman 6 jutaan. Itu aja ganti ga blg2 ane harusnya ga semahal itu. Sama2 ada start stop jg kan :big_think:
KielConstantine wrote: 13 Jan 2023, 12:55
Itu mbah…. Harga 6.5 jut jut udah billing akhir alias tinggal gesek debit card BCA . Jadi ud berikut jasa pasang & pajak pemerintah tetek bengek laennya :ungg:

Ane sih pengen ngamuk jg klo disodorin bill sgitu buat replace aki doang :big_biglaugh:
Lah nganah mang disodorin bill ganti aki si riper plesur brp om ma si anugrah? Bukannya mepet 5 jeti jg :big_biglaugh:
darrelund wrote: 12 Jan 2023, 15:58

buset :big_biglaugh:

9,5jt ud kayak aki AGM yurop yg segede gaban

masda aja 3-4jt, aki start stop panasonic 65ah
Aki mazdut pake amaron khusus bwat istop cuman 1,6-1,7an kok om. Durabilitynya mirip2 aki bawaan si panasonic :upss:

Btw aki agm yurop 10an di beres tp jg kalo di spesialis cuman setengah harga, agak2 ajaib sih aki toyoti segitu :big_biglaugh:
Voxy gakda fitur aneh2 sih, makanya heran harus pake aki yg spek khusus :big_bored:
voxy aki mahal, lower arm mahal. jd mikir dulu megang Nissan Elgrand E52 murah bgt perawatannya aki standar kayak ipah diesel old, lower arm 3jt sebiji made in japan. boot cv join bsa pke punya hilux 4x4
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post