ariswp wrote: Fri Feb 03, 2023 4:46
Numpang share juga
Ada acara keluarga ke cepu, dan sepupu bawa zenix barunya, tipe G non hybrid
Langsung request saya yang bawa,
Dari model, saya pribadi suka, memang ada rasa2 all new avanza, tapi ini lebih proper aja, sudutnya tidak kaku nabrak2 terutama di bagian buritannya
Cuma yg bikin sakit mata memang velgnya kekecilan, itu aja minusnya
Masuk ke dalam (jok pengemudi), ketinggian dashboardnya udah pas menurut saya, tidak seperti reborn yg saya rasanya kurang cocok
Masuknya juga lebih enak (mungkin karena sudah bukan ladder frame)
Center console yg saya masi agak asing, berasa bukan naik toyota selama ini
Driving positioning sudah jauh lebih enak, meskipun klo jujur belom seenak crv lama dan hrv lama dirumah, atau mungkin otot bokong dan punggung saya terbiasa dengan honda dirumah, tapi rasanya kurang dapet aja antara kaki ke pedal dan tangan ke setir meski udah utak utik setir dan jok (saya 167cm)
Mesin dinyalakan, alus banget idlenya, jauh lebih alus dari R20, R18 dirumah kayak berasa ini mesin masi mati padahal uda nyala
Release epb nya juga halus, lebih halus dr hrv prestige
Pindah shift lalu jalan, tarikannya awal bertenaga tapi lembut, berbeda dengan cvt honda R18 L12 yang sensitif, gas dikit malah terlalu narik, saya lebih suka cvt zenix
Soalnya nyaman? Rasanya klo empuk masi empukan reborn ya ketika ada lubang, tapi jalan2 gelombang kecil malah enak zenix,
Klo diadu sama honda peliharaan saya, gak usah dibandingkan lah, glodakannya honda2 rombeng ini haha
Gas agak dalam, naiknya cepet tapi gradual, positif ini tenaganya, diarahkan ke GT kartasura, lalu arahkan ke ngawi
Gas dalam, larinya lebih ngibrit ketimbang R20 crv, mirip2 sama R18 hrv
Lari ke 100nya cepet, maaf nih, tidak berasa lebay nendang kayak 2Gd tapi tau2 udah 100 aja,
Nah ini ada tapinya
Ketika mulai ngurangi kecepatan, ada truk
Lalu mau overtake, gas dalam, rasa cvtnya masi berasa
imho, buat akselerasi di kecepatan tinggi dari 100 ke 150 misalnya, rasanya lebih ngegigit di 5AT r20, atau memang karena 5at boyonya honda ini rasio diset panjang2 enak buat bejek2an di tol
Yah atau mungkin emang toyota melakukan settingan m20 buat efisiensi yg utama dan keawetan cvtnya
Coba lagi tanpa malu flat floor pedal, nyampe 180, tapi naiknya dari 170 keatas udaa agak lambat, di jalur yg sama sih r20 dan r18 lebih cepet naik ke 180nya,
mau naik lagi tapi udah sungkan sama sepupu hehe
Lain2 :
Tidak nyobain / lupa ngetes audio karena fokus di driving
Tapi acnya khas toyota, adem
Kabin senyap, cuma ban masi agak masuk dikit yah mungkin karena masi ban eco,
Lupa liat MID, tapi menurt sepupu irit, katanya jogja - solo tembus 13.6km/l
Oh iya lupa, klo mengenai handling ketika tikungan parabolic pasca GT kartasura dan masuk lajur tol, masi berasa limbungnya, rada mau ngebuang dikit buritannya, masi napak dan lengket crv,
Tapi dengan postur bongsor begini udah bagus banget sebenernya apalagi kembali lagi ini MPV
Buat saya zenix mobil yg bagus, uda naik level dari reborn
Udah jauh brkurang rasa kapalnya
Bakal tetap jadi best seller dan market leader tanpa takut bayang2 reliability reborn dengan 2gd nya
Nunggu waktu aja zenix non hybrid dilirik sbg fleet, dan saatnya reborn suntik mati