[Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

garduinduk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: 07 Aug 2016, 14:56

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by garduinduk »

ilhami wrote: 06 Nov 2023, 07:13
garduinduk wrote: 05 Nov 2023, 20:52 Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.

Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.
Betul sekali, kapasitas bagasi akan berkurang karena dimakan oleh tabung CNG.

Waktu pengisian CNG memang lebih lama ketimbang isi BBM. Tetapi tidak selama isi battery mobil EV. Bisa diantisipasi dengan penambahan SPBG.

Saya pernah dapat taksi BB yang CNG. Sempat mengisi di SPBG Tugas Pulo gadung, waktu pengisiannya sekitar 5-10 menit.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 388
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by wicaksono99 »

garduinduk wrote: 08 Nov 2023, 12:00
ilhami wrote: 06 Nov 2023, 07:13
garduinduk wrote: 05 Nov 2023, 20:52 Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.

Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.
Betul sekali, kapasitas bagasi akan berkurang karena dimakan oleh tabung CNG.

Waktu pengisian CNG memang lebih lama ketimbang isi BBM. Tetapi tidak selama isi battery mobil EV. Bisa diantisipasi dengan penambahan SPBG.

Saya pernah dapat taksi BB yang CNG. Sempat mengisi di SPBG Tugas Pulo gadung, waktu pengisiannya sekitar 5-10 menit.
Kapasitas bagasi akan berkurang tapi bagi yang sudah pakai CNG baru bisa terasa bagaimana nikmat berhemat pakai CNG, malah sampai rela bangku baris ke 3 dilepas untuk nambah tabung.

Kalau waktu pengisian itu tergantung dispenser, ukuran jalur pipa & tekanan storage spbgnya. Seperti di spbg klender, emang lama ngisinya bisa sampe hampir 4menit /mobil (filling to full) biasanya yg menyita lumayan lama waktunya itu nunggu operator spbgnya nyelesain pelayanan di dispenser sebelah (1 operator untuk 3 dispenser). Yg bikin lama bukan pengisiannya tapi kerjaan diluar itu : lepas pasang nozzle, proses pembayaran cash, minta struk (ini sumpah memang lama sih), ada juga mobil diisi cng supirnya ke toilet.. Mobil dah beres supirnya belum balik :big_dunno: , kebanyakan kelamaan tetek bengeknya dibanding lama waktu isinya.
Tapi kalau saya isi di cikarang memang biasa isi buat industri, ngisi dari kosong sampe full cuma 2 menit. :big_biglaugh:

Sekarang karna udah lumayan pengguna CNG jadi antriannya udah gak kaya dulu yg agak sepi.. Sekarang kalau jam2nya bluebird masuk peak hour pasti spbg rame, pokoknya hindari jam2 peak hour bluebird.. Jam bluebird shift malem/pagi/siang balik kandang (karna pasti sebelum balik tabung harus full jadi spbg ya ngantri), apalagi kalau bajaj udah ngantri panjang.. Ah cari spbg lain saja, kecuali kuat nunggu ngantri bisa 1 jam.. :big_biglaugh:


Truk diesel pengguna solar subsidi bukan target market diesel dual fuel karna cost savingnya ga dapet.. Lama ROI nya. Tapi kalau pemakai dexlite/dex/solar industri masih masuk asal pemakaian bahan bakar per harinya tinggi.
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: 01 Feb 2017, 20:13

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Montero »

Maaf oot om, saya sedikit dejavu dengan username om wicak. Hmm anu, Om pernah aktif di forum SSCI kah?
Raihan19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 07 Jan 2024, 09:01
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Mobil

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Raihan19 »

Saya mantan driver Bluebird Kalau pengalaman saya di Taxi Bluebird pakai CNG 1tabung isi full (dari kosong) 70rban bisa menempuh jarak 150km full AC (ini gak tau apa sudah komplit semua nya dalam pemasangan CNG sehingga bisa irit sekali karena saya cuman driver) kalau ada yang mau mending coba ke Bluebird tanya2 link pemasangannya kalau gak salah sekitar 16-17jt garansi 1th ada keluhan di servis sama yg pasang CNG
Raihan19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 07 Jan 2024, 09:01
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Mobil

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Raihan19 »

Pilatypus wrote: 04 Jan 2023, 17:09 Kalau baris ke-3 dipakai penumpang, aman nggak naruh barang di atas tabungnya? Minimal barang yang soft kayak pakaian pakai kantung plastik gitu.
Aman....taxi bluebird sdh banyak seperti itu, yang bikin irit kalau narik online juga karena saya pernah jadi driver pakai CNG di Bluebird 150km/tabung (70rban) full AC (AC tidak pernah saya matikan walaupun tidak ada penumpang kalau jarang pakai AC pasti lebih irit lagi
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post