garduinduk wrote: ↑Wed Nov 08, 2023 5:00
ilhami wrote: ↑Mon Nov 06, 2023 0:13
garduinduk wrote: ↑Sun Nov 05, 2023 13:52
Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.
Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.
Betul sekali, kapasitas bagasi akan berkurang karena dimakan oleh tabung CNG.
Waktu pengisian CNG memang lebih lama ketimbang isi BBM. Tetapi tidak selama isi battery mobil EV. Bisa diantisipasi dengan penambahan SPBG.
Saya pernah dapat taksi BB yang CNG. Sempat mengisi di SPBG Tugas Pulo gadung, waktu pengisiannya sekitar 5-10 menit.
Kapasitas bagasi akan berkurang tapi bagi yang sudah pakai CNG baru bisa terasa bagaimana nikmat berhemat pakai CNG, malah sampai rela bangku baris ke 3 dilepas untuk nambah tabung.
Kalau waktu pengisian itu tergantung dispenser, ukuran jalur pipa & tekanan storage spbgnya. Seperti di spbg klender, emang lama ngisinya bisa sampe hampir 4menit /mobil (filling to full) biasanya yg menyita lumayan lama waktunya itu nunggu operator spbgnya nyelesain pelayanan di dispenser sebelah (1 operator untuk 3 dispenser). Yg bikin lama bukan pengisiannya tapi kerjaan diluar itu : lepas pasang nozzle, proses pembayaran cash, minta struk (ini sumpah memang lama sih), ada juga mobil diisi cng supirnya ke toilet.. Mobil dah beres supirnya belum balik
, kebanyakan kelamaan tetek bengeknya dibanding lama waktu isinya.
Tapi kalau saya isi di cikarang memang biasa isi buat industri, ngisi dari kosong sampe full cuma 2 menit.
Sekarang karna udah lumayan pengguna CNG jadi antriannya udah gak kaya dulu yg agak sepi.. Sekarang kalau jam2nya bluebird masuk peak hour pasti spbg rame, pokoknya hindari jam2 peak hour bluebird.. Jam bluebird shift malem/pagi/siang balik kandang (karna pasti sebelum balik tabung harus full jadi spbg ya ngantri), apalagi kalau bajaj udah ngantri panjang.. Ah cari spbg lain saja, kecuali kuat nunggu ngantri bisa 1 jam..
Truk diesel pengguna solar subsidi bukan target market diesel dual fuel karna cost savingnya ga dapet.. Lama ROI nya. Tapi kalau pemakai dexlite/dex/solar industri masih masuk asal pemakaian bahan bakar per harinya tinggi.