KELEBIHAN BRAKE FLUID DOT-4 DIBANDING DOT-3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
KELEBIHAN BRAKE FLUID DOT-4 DIBANDING DOT-3
Gue kan udah maksimalkan performa Jazz VTEC gue ya.... tapi gue agak kuatir tentang overall safety dari mobil tersebut... Terutama setelah diingetin oleh Bung Ween, bahwa safety features Jazz telah dilucuti habis untuk pasar di Indonesiya.... Nah, mungkin pengereman Jazz lokal ini bisa ditingkatkan stopping power-nya jika minyak rem asli DOT-3 dikuras lalu diganti DOT-4 ? Adakah yang bisa kasitau apa kelebihan DOT-4 dibanding DOT-3 ? Atau topik ini sudah pernah dibahas ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
setau g (cmiiw) minyak dot 4 itu lebih encer dan titik didihnya lebih tinggi, jadi lebih ga gampang memuai.....
hmmmm, ini ide saja, gimana kalo pasang modul abs/ebd/ba(d city udah terintegrasi jadi satu modul) teorinya harusnya bisa, dan ga susah masangnya, krn satu platform.......harganya mahal ga yah?yang pasti ecunya harus d setting buat modul ini.......mudah2an ecu jazz & city sama....
hmmmm, ini ide saja, gimana kalo pasang modul abs/ebd/ba(d city udah terintegrasi jadi satu modul) teorinya harusnya bisa, dan ga susah masangnya, krn satu platform.......harganya mahal ga yah?yang pasti ecunya harus d setting buat modul ini.......mudah2an ecu jazz & city sama....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
unichip itu sejenis piggyback khan? kalo emang mirip seperti piggyback, ga masalah, yang di manipulasi khan data dari sensor2 mesin.....untuk modul abs, langsung masuk ke ecu aja, ga lewat unichip lagi......tapi yang pasti, hrs remaping ecu.....frontier wrote:ECU Jazz gue kan udah ditunggangin oleh UNICHIP... gimana ya kalo misalnya memang mau dipasangi modul ABS/EBD/BA dair City ? Mungkin ada mekanik Honda yang paham dan mau ngasih masukan ?
Ya Mas Ween, Unichip memang piggyback computer... jadi perlu remapping ECU ya... khusus untuk mengontrol modul ABS..... mungkin aku perlu konsultasi ke Pak Singgih (boss bengkel GUT Sby yang masang dan men-setting Unichip) apakah dia bisa melakukan pemasangan modul ABS City dan me-remapping ECU. Thanx. Minimal saat ini aku jadi tau apa yang harus diomongkan dengan Pak Singgih itu....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
singgih GUT kan dia pasti tau pak banyak mobil balap masuk sana kok.masa jazz ngak ada ABS nya.
kalo klop dudukan nya dan ngak ngerubah sih ok aja di pasang.
kalo harus ngerubah dan lain lain wah biasanya ngak optimal tuh.
lagian menurut saya rem nya honda city itu ngak enak,ngak begitu gigit saya udah bandingin city nya vtec temen juga sama dia juga ngeluh rem nya kurang gigit.
kalo klop dudukan nya dan ngak ngerubah sih ok aja di pasang.
kalo harus ngerubah dan lain lain wah biasanya ngak optimal tuh.
lagian menurut saya rem nya honda city itu ngak enak,ngak begitu gigit saya udah bandingin city nya vtec temen juga sama dia juga ngeluh rem nya kurang gigit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
perbedaan itu utnuk membedakan ketahanan terhadap suhu tinggi. makin tinggi dot makin tahan terhadap suhu tinggi. biasanya dot 4 utk kendaraan heavy duty seperti truk, dan dot3 juga masih dipake di kendaraan abs kok.
yang pentingliat di buku manual, soalnya gk bisa main ganti gitu saja, karena kualitas selang2 minyak rem itu berbeda2 antara perbedaan dot.
tapi lucu juga ya kalo city/jazz vtec belum abs/ebd. harusnya honda harus memperhatikan faktor ini. Padahal dari aerio udah ada.
yang pentingliat di buku manual, soalnya gk bisa main ganti gitu saja, karena kualitas selang2 minyak rem itu berbeda2 antara perbedaan dot.
tapi lucu juga ya kalo city/jazz vtec belum abs/ebd. harusnya honda harus memperhatikan faktor ini. Padahal dari aerio udah ada.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Lebih baik jangan suka ngebut hehehe
Ayo yang stress klik : http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=15
Yang mau Jual-beli klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=3
Yang mau pooloing klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=18
Yang mau Jual-beli klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=3
Yang mau pooloing klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Jangan suka ngebut...
Ya.. setuju saran ini... Kayaknya yang ideal adalah bahwa yang penting kita tau mobil kita sudah maksimal performanya dengan modif yang mampu kita lakukan, baik kemampuan larinya maupun kemampuan brentinya.... Tidak berarti lalu kita setiap saat ngebut2 gitu loh..... Sekali2 aja ngebut, jika situasi memang mengijinkan, dengan tetap berhati2.... boleh aja kan..... hanya untuk menikmati dan membuktikan performa mobil kita itu, dari waktu ke waktu... artinya TIDAK setiap waktu kan..... Walaupun ngebut, tetap berpikir DEFENSIVE..... be prepared for the unexpected situation while you're driving your car....... Ini semua berkaitan dengan emotional situation when you're driving a car like mine (Jazz VTEC Matic - helios yellow) yaitu 5 F =
- Fun
- Fast
- Fresh
- Funky
- Full of Joy
geto loh........... jadi ngebut itu bagian dari 5F itu.
- Fun
- Fast
- Fresh
- Funky
- Full of Joy
geto loh........... jadi ngebut itu bagian dari 5F itu.