KELEBIHAN BRAKE FLUID DOT-4 DIBANDING DOT-3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frontier

KELEBIHAN BRAKE FLUID DOT-4 DIBANDING DOT-3

Post by frontier »

Gue kan udah maksimalkan performa Jazz VTEC gue ya.... tapi gue agak kuatir tentang overall safety dari mobil tersebut... Terutama setelah diingetin oleh Bung Ween, bahwa safety features Jazz telah dilucuti habis untuk pasar di Indonesiya.... Nah, mungkin pengereman Jazz lokal ini bisa ditingkatkan stopping power-nya jika minyak rem asli DOT-3 dikuras lalu diganti DOT-4 ? Adakah yang bisa kasitau apa kelebihan DOT-4 dibanding DOT-3 ? Atau topik ini sudah pernah dibahas ?
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

setau g (cmiiw) minyak dot 4 itu lebih encer dan titik didihnya lebih tinggi, jadi lebih ga gampang memuai.....
hmmmm, ini ide saja, gimana kalo pasang modul abs/ebd/ba(d city udah terintegrasi jadi satu modul) teorinya harusnya bisa, dan ga susah masangnya, krn satu platform.......harganya mahal ga yah?yang pasti ecunya harus d setting buat modul ini.......mudah2an ecu jazz & city sama....
frontier

Post by frontier »

ECU Jazz gue kan udah ditunggangin oleh UNICHIP... gimana ya kalo misalnya memang mau dipasangi modul ABS/EBD/BA dair City ? Mungkin ada mekanik Honda yang paham dan mau ngasih masukan ?
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

frontier wrote:ECU Jazz gue kan udah ditunggangin oleh UNICHIP... gimana ya kalo misalnya memang mau dipasangi modul ABS/EBD/BA dair City ? Mungkin ada mekanik Honda yang paham dan mau ngasih masukan ?
unichip itu sejenis piggyback khan? kalo emang mirip seperti piggyback, ga masalah, yang di manipulasi khan data dari sensor2 mesin.....untuk modul abs, langsung masuk ke ecu aja, ga lewat unichip lagi......tapi yang pasti, hrs remaping ecu.....
frontier

Post by frontier »

Ya Mas Ween, Unichip memang piggyback computer... jadi perlu remapping ECU ya... khusus untuk mengontrol modul ABS..... mungkin aku perlu konsultasi ke Pak Singgih (boss bengkel GUT Sby yang masang dan men-setting Unichip) apakah dia bisa melakukan pemasangan modul ABS City dan me-remapping ECU. Thanx. Minimal saat ini aku jadi tau apa yang harus diomongkan dengan Pak Singgih itu....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

singgih GUT kan dia pasti tau pak banyak mobil balap masuk sana kok.masa jazz ngak ada ABS nya.
kalo klop dudukan nya dan ngak ngerubah sih ok aja di pasang.

kalo harus ngerubah dan lain lain wah biasanya ngak optimal tuh.

lagian menurut saya rem nya honda city itu ngak enak,ngak begitu gigit saya udah bandingin city nya vtec temen juga sama dia juga ngeluh rem nya kurang gigit.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo ngak salah dot 4 itu untuk rem yang abs,dot 3 untuk yang belum.minyak rem ngak bikin tambah pakem cmiiw
frontier

Post by frontier »

gue kuatir soalnya di salah satu hasil test majalah mobil motor kalo gak salah, lupa edisi no. berapa, katanya jarak pengereman terjauh ya si Jazz ini.... masa tarikan yahud, top-speed lumayan, tapi susah ngeremnya... ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Jadi inggat iklan (lupa iklan apa) slogannya saya suka :

POWER IS NOTHING WITHOUT CONTROL !

Mesin kencang tapi kalau remnya kurang memadai ya malah membahayakan nyawa.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

mungkin kalo ada uang lebih solusinya ganti aja pengerem an nya pake punya yang mahal an dikit kayak punya brembo,cuman saya ngak tau ada ngak untuk jazz ato bisa masuk ngak.

palagi jazz vtec udah cakram semua di 4 roda nya.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

perbedaan itu utnuk membedakan ketahanan terhadap suhu tinggi. makin tinggi dot makin tahan terhadap suhu tinggi. biasanya dot 4 utk kendaraan heavy duty seperti truk, dan dot3 juga masih dipake di kendaraan abs kok.
yang pentingliat di buku manual, soalnya gk bisa main ganti gitu saja, karena kualitas selang2 minyak rem itu berbeda2 antara perbedaan dot.

tapi lucu juga ya kalo city/jazz vtec belum abs/ebd. harusnya honda harus memperhatikan faktor ini. Padahal dari aerio udah ada.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

semakin tinggi dot nya itu kalo ngak salah semakin keras zat kimia nya,takut nya ntar ketinggi an pake dot nya selang2 dan sill dalam jebol,nanati rem nya malah blong lagi
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Lebih baik jangan suka ngebut hehehe
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ingat anak dan istri menunggu di rumah hehehehe
frontier

Jangan suka ngebut...

Post by frontier »

Ya.. setuju saran ini... Kayaknya yang ideal adalah bahwa yang penting kita tau mobil kita sudah maksimal performanya dengan modif yang mampu kita lakukan, baik kemampuan larinya maupun kemampuan brentinya.... Tidak berarti lalu kita setiap saat ngebut2 gitu loh..... Sekali2 aja ngebut, jika situasi memang mengijinkan, dengan tetap berhati2.... boleh aja kan..... hanya untuk menikmati dan membuktikan performa mobil kita itu, dari waktu ke waktu... artinya TIDAK setiap waktu kan..... Walaupun ngebut, tetap berpikir DEFENSIVE..... be prepared for the unexpected situation while you're driving your car....... Ini semua berkaitan dengan emotional situation when you're driving a car like mine (Jazz VTEC Matic - helios yellow) yaitu 5 F =
- Fun
- Fast
- Fresh
- Funky
- Full of Joy
geto loh........... jadi ngebut itu bagian dari 5F itu.