Langsung aja ya.
Saya lagi nyari mobil kedua utk mobilitas sehari2. Kandidatnya Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Mobil pertama Innova Reborn Diesel A/T. Pinginnya mobil baru. Mostly yg bawa istri utk anter2 anak N belanja (biasanya isi ulang 5 galon)
saya N istri sbenernya lebih prefer Ayla, soalnya kl mobil 3 baris kan udah ada Innova. Dan dari looks N kelincahan utk mobilitas gang2 kecil N perkotaan, ayla menang.
Cuma calya menggoda juga karena kabinnya lebih lega kl dicompare sama Ayla. Jadi kl stuck macet2an kayaknya lebih nyaman di Calya.
Pertanyaanya:
1. Mana yg setirnya lebih ringan diantara kedua mobil ini?
2. Mana yg GC-nya lebih tinggi. kata sales sama2 180mm, cm kok kalo ana perhatiin, Calya lebih tinggi ya?
3. Utk jalan2 sempit, apakah Calya berasa lebih besar daripada Ayla? atau beda tipis?
4. Mana yg suspensinya lebih empuk?
5. Apakah Air Recirculator Calya efektif utk baris 2 saat cuaca lagi puanas?
Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Hahaha.. mirip dgn formasi kendaraan saya Om. Bedanya saya 2.0 V AT. Mobil kedua Ayla 1.2 R AT.
Habis nyetir ibon ganti nyetir Ayla itu rasanya plong. Setir reborn serasa lagi nge-gym, ganti ayla setir serasa seringan kapas. Akselerasinya jg spontan banget, dibanding 1TR 6AT yg pemalas. Benar2 antitesis dr reborn.
Dibilang Ayla rasanya tdk spt mobil, justru itu yg saya cari. Kayak naik becak tapi muat 5, bahkan pernah 7 org tapi yg 3 anak2
Puter balik, cari parkir gak pakai mikir. Kalau Calya saya baru nyetir 1 kali itupun manual, rasanya masih enak Ayla 1.2R sih. Ayla sedikit lbh keras dr Calya tapi lbh gak limbung. Manuver belokan better Ayla. GC 180 mm bener Om + wheelbase pendek banget bikin mobil ini susah utk gasruk. Kecuali Om ambil R dlx spt saya, lips bumper spoilernya yg bikin ngegasruk terus.
Habis nyetir ibon ganti nyetir Ayla itu rasanya plong. Setir reborn serasa lagi nge-gym, ganti ayla setir serasa seringan kapas. Akselerasinya jg spontan banget, dibanding 1TR 6AT yg pemalas. Benar2 antitesis dr reborn.
Dibilang Ayla rasanya tdk spt mobil, justru itu yg saya cari. Kayak naik becak tapi muat 5, bahkan pernah 7 org tapi yg 3 anak2
Puter balik, cari parkir gak pakai mikir. Kalau Calya saya baru nyetir 1 kali itupun manual, rasanya masih enak Ayla 1.2R sih. Ayla sedikit lbh keras dr Calya tapi lbh gak limbung. Manuver belokan better Ayla. GC 180 mm bener Om + wheelbase pendek banget bikin mobil ini susah utk gasruk. Kecuali Om ambil R dlx spt saya, lips bumper spoilernya yg bikin ngegasruk terus.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Langsung aj jg dr user langsung agya ama calya
2 2 nya matic, cuman si agya 1000 cc
1. Setir sama plek enteng banget
2. GC scara realtime malah agya lebi tinggi sikit, perna lompatin trotoar yg sama, s calya gesrot sikit kena muffler, agya aman
3. Feel jalan sempit sama plek
4. Suspensi calya lebi empuk (limbung)
5. Cuaca panas, blower depan wajip speed 2-3, jgn andelin kipas angin tengah doank, pengap
Kl cuman buat anter jemput anak, k pasa, angkut galon 5 biji, ayla agya aj, jauh lebi enak
2 2 nya matic, cuman si agya 1000 cc
1. Setir sama plek enteng banget
2. GC scara realtime malah agya lebi tinggi sikit, perna lompatin trotoar yg sama, s calya gesrot sikit kena muffler, agya aman
3. Feel jalan sempit sama plek
4. Suspensi calya lebi empuk (limbung)
5. Cuaca panas, blower depan wajip speed 2-3, jgn andelin kipas angin tengah doank, pengap
Kl cuman buat anter jemput anak, k pasa, angkut galon 5 biji, ayla agya aj, jauh lebi enak
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
1. sama saja, 2 mobil ini sebetulnya mirip cuma dipanjangin. yakin kalau drivetrain dan EPS keduanya sama untuk hemat cost produksi. faktor pembeda berat paling cuma di ukuran ban dan tekanan angin ban.pilotgaruda wrote: Tue Nov 22, 2022 13:42 Langsung aja ya.
Saya lagi nyari mobil kedua utk mobilitas sehari2. Kandidatnya Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Mobil pertama Innova Reborn Diesel A/T. Pinginnya mobil baru. Mostly yg bawa istri utk anter2 anak N belanja (biasanya isi ulang 5 galon)
saya N istri sbenernya lebih prefer Ayla, soalnya kl mobil 3 baris kan udah ada Innova. Dan dari looks N kelincahan utk mobilitas gang2 kecil N perkotaan, ayla menang.
Cuma calya menggoda juga karena kabinnya lebih lega kl dicompare sama Ayla. Jadi kl stuck macet2an kayaknya lebih nyaman di Calya.
Pertanyaanya:
1. Mana yg setirnya lebih ringan diantara kedua mobil ini?
2. Mana yg GC-nya lebih tinggi. kata sales sama2 180mm, cm kok kalo ana perhatiin, Calya lebih tinggi ya?
3. Utk jalan2 sempit, apakah Calya berasa lebih besar daripada Ayla? atau beda tipis?
4. Mana yg suspensinya lebih empuk?
5. Apakah Air Recirculator Calya efektif utk baris 2 saat cuaca lagi puanas?
2. GC kayaknya sama
3. secara lebar sih sama. cuma lebih panjang saja, jadi untuk jalan lurus sama saja, tapi untuk belok radius putarnya harusnya lebih besar calya. kalau calya kalo ga salah 4.7m ayla mungkin lebih kecil, sy ga hafal.
4. ga pernah coba ayla, tapi calya sering banget denger kaki belakang ambles kalau isi beban 5 orang, berarti harusnya calya lebih empuk. entah kalo udah ada revisi shock di produksi barunya.
5. sebetulnya blowernya lumayan kok, cuma kalau cuaca lagi panas harus dibantu dengan blower depan yg setel minimal 2 dan set temperatur paling dingin. kalo malem mah 1 aja cukup. dan yg penting AC dalam kondisi sehat, filter AC tidak mampet. banyak keluhan taxol sigra panas karena mereka tidak pernah rawat AC nya, filter pun tidak mau ganti, dan mereka setel temperatur tidak maksimal. kalau dirawat, AC nya dingin kok, tinggal ditiup pake blower speed lebih tinggi aja agar udara dingin dari depan bisa tersedot recirculator
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
kebetulan udh pernah td keduanyapilotgaruda wrote: Tue Nov 22, 2022 13:42 Langsung aja ya.
Saya lagi nyari mobil kedua utk mobilitas sehari2. Kandidatnya Calya 1.2G A/T vs Ayla 1.2 R A/T
Mobil pertama Innova Reborn Diesel A/T. Pinginnya mobil baru. Mostly yg bawa istri utk anter2 anak N belanja (biasanya isi ulang 5 galon)
saya N istri sbenernya lebih prefer Ayla, soalnya kl mobil 3 baris kan udah ada Innova. Dan dari looks N kelincahan utk mobilitas gang2 kecil N perkotaan, ayla menang.
Cuma calya menggoda juga karena kabinnya lebih lega kl dicompare sama Ayla. Jadi kl stuck macet2an kayaknya lebih nyaman di Calya.
Pertanyaanya:
1. Mana yg setirnya lebih ringan diantara kedua mobil ini?
2. Mana yg GC-nya lebih tinggi. kata sales sama2 180mm, cm kok kalo ana perhatiin, Calya lebih tinggi ya?
3. Utk jalan2 sempit, apakah Calya berasa lebih besar daripada Ayla? atau beda tipis?
4. Mana yg suspensinya lebih empuk?
5. Apakah Air Recirculator Calya efektif utk baris 2 saat cuaca lagi puanas?
1. mirip2
2. gak gitu merhatiin
3. beda tipis, cuma calya dimensinya lebih panjang aja
4. calya
5. kurang tau, karena blm td jarak jauh
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11