(Quick Review) Subaru XV 2022
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
(Quick Review) Subaru XV 2022
Hi All
Berhubung ditunggu juga tp suspensi aftermarket duo raize/rocky belum terlihat hilalnya. Mulai tergoda bwt upgrade mobil.
Damn, sepertinya saya punya masalah. Ganti mobil udah mau 3x kalo jadi ini hahaha.
Kenapa subaru xv?
Tadinya ini kandidat strong bwt dibeli. Tp launchnya delay mulu dan harganya naik banyak vs versi motor image. Akhirnya dskip.
Mobilnya sendiri launch di GIIAS tahun ini. Dan info salesnya sampe akhir tahun ini unit ready tinggal <9 unit untuk isight dan non isight.
Cara plaza subaru jualan aneh juga. Jadi mereka beli macem beberapa lusin forester/xv dulu ke JP. Dijualin ampe laku dan kalo abis ya ikut daftar tunggu/inden.
Tapi dgn adanya dealer ketiga di area pondok indah taun depan(jul), mereka akan masukin lbh banyak tipe katanya (levorg kali ya?).
Sebelum mobilnya kita bahas dealer/showroomnya dulu.
Beberapa yg unik:
1. Servis center tutup minggu.
2. Jualan cuma 3 varian tp xv malah ga ditaro di pajangan showroom. Cuma brz dan forester.
3. Banyak spot kosong di dealernya. Tp bersih bgt sih
Ok sekarang mobilnya. Ini akan jadi review singkat aja. Dibawa muter2 alam sutera sekitar 45 mnt.
Looks:
Subaru bgt, atau jepang bgt ya?
Ga terlihat sportinya atau ruggednya tapi pas aja. Ground clearance juga tinggi untuk hatchback/xover.
Driving position:
Ooo, jadi begini ya boxer. Mau posisi kursi paling rebah ujung kap mesin masih keliatan. Seru juga, meski mobil tinggi duduk masi bisa ambles kebawah. Jok full elektronik dan ada memory. Ini berlaku bwt semua tipe. Jangkauan setir juga luas adjustmentnya. Spion tengah sudah elektrochromatic. Power window kiri kanan depan auto. Extra, pedalnya alumunium untuk senua tipe (nice touch).
Build quality:
Plastiknya bagus, akan susah gores/baret. Ada aksens karbon2 di doortrim taoi ga malu2in. Switch2 bagus kualitasnya dan tactile.
Joknya enak, ga sempit tapi tetap memeluk driver. Kualitas kulitnya bagus dan perforated. Cuma warnananya silver hitam dan orange. Agak susah dicerna.
Yg agak jelek UI head unitnya. Terlalu berwarna dan ga elegan kesannya.
Sisanya yg didudukin atau disentuh semuanya bagus. Terasa harganya diatas 500jtan kalo compare sama hrv(padahal harga sama). Pas lewat speed bump depan ikea yg cujup ganas dan rapat2 jaraknya, ga ada bunyi aneh2. Di kecepatan up to 100 masi sunyi peredaman cukup bagus.
Suspensi dan handling:
Kemaren baru naik pajero sport ounya teman kantor. Uenak bgt redamannya, berkelas.
Di xv ini karena masi monokok redamannya 9/10 dari pajero sport.
Pernah coba fortuner ini lbh keras, kira2 7/10 pajero sport. Mobil TS sekarang rocky 5/10 dari pajero sport kalo ikutan diranking.
Untuk dibawa pecicilan, karena tinggi ada body roll, tapi gas aja terus dan mobilnya akan nurut karena awd. Dalkot sih awdnya ga terlalu ngaruh. Katanya roda depan 60% dan belakang 40% pembagian powernya.
Power:
Brosur bilang 156 ps. Ga spesial.
Cvtnya enak, ga ngeden dan ada efek up/down shift. Manual mode cvtnya ga main naikin gigi kecuali mungkin deket2 redline. Boleh lah.
Salesnya bilang ron minimal 95. 92 boleh asal sesekali. Ga perlu 98.
Fuel consumption:
Si mobil dealer udah jalan 1300an km dan rata2 konsumsi bbmnya 12,3l/100km.
Ok lah ya untuk 2000 cc yg masi low km dan dibawa geber2 pas TD.
Fitur safety:
Beda harga isght dan non isight cukup banyak. Sekilas sih sepertinya mending ambil yg murah.
Tapi yg non isight meski ada kamera mundur ga ada sensor parkir, wtf.
Digiring bgt bwt beli yg isight.
Oya, lucu juga pas TD hal pertama yg dilakukan salesnya adalah matiin yg forward collision mitigation. Katanya banyak yg kagok karena ngerem dadakan wkwkwk.
Sisanya ya kalo sudah paham TSS atau yg versi honda sama.
Cuma auto Cruise di xv ga bisa lane keep aja.
Audio:
Cuma sempat tes radio aja. Infonya speakernya 6 biji. Ga spesial juga. Rockynya TS lebih enak suaranya dgn jumlah speaker yg sama plus sub kolong.
Warranty & service:
Warranty mobil 3 tahun dan gratis service spare part 3 tahun. Lumayan.
Mobil katanya ditowing pas kirim. Eksklusif.
Kesimpulan:
Di harga yg mepet 500jt, sgt menarik kalo dicompare sama hrv rs. TS budgetnya segitu sih, tp blom tes hrv(peenah duduk doang).
Cuma gara2 pajero pengen bgt mobil yg suspensinya enak. Kalo hrv ga bisa mungkin ke xv aja.
Kelemahan utama xv adalah komitmen after salesnya. Plus bengkel cuma buka ampe sabtu.
Ini akan lebih beresiko, bayangkan beli mobil 500jt dealer se Indonesia cuma 3(1 nambah taun depan).
Let's see. Moga2 duit lancar dan bisa akuisisi santa fe eh[emoji28]
Galeri foto
Berhubung ditunggu juga tp suspensi aftermarket duo raize/rocky belum terlihat hilalnya. Mulai tergoda bwt upgrade mobil.
Damn, sepertinya saya punya masalah. Ganti mobil udah mau 3x kalo jadi ini hahaha.
Kenapa subaru xv?
Tadinya ini kandidat strong bwt dibeli. Tp launchnya delay mulu dan harganya naik banyak vs versi motor image. Akhirnya dskip.
Mobilnya sendiri launch di GIIAS tahun ini. Dan info salesnya sampe akhir tahun ini unit ready tinggal <9 unit untuk isight dan non isight.
Cara plaza subaru jualan aneh juga. Jadi mereka beli macem beberapa lusin forester/xv dulu ke JP. Dijualin ampe laku dan kalo abis ya ikut daftar tunggu/inden.
Tapi dgn adanya dealer ketiga di area pondok indah taun depan(jul), mereka akan masukin lbh banyak tipe katanya (levorg kali ya?).
Sebelum mobilnya kita bahas dealer/showroomnya dulu.
Beberapa yg unik:
1. Servis center tutup minggu.
2. Jualan cuma 3 varian tp xv malah ga ditaro di pajangan showroom. Cuma brz dan forester.
3. Banyak spot kosong di dealernya. Tp bersih bgt sih
Ok sekarang mobilnya. Ini akan jadi review singkat aja. Dibawa muter2 alam sutera sekitar 45 mnt.
Looks:
Subaru bgt, atau jepang bgt ya?
Ga terlihat sportinya atau ruggednya tapi pas aja. Ground clearance juga tinggi untuk hatchback/xover.
Driving position:
Ooo, jadi begini ya boxer. Mau posisi kursi paling rebah ujung kap mesin masih keliatan. Seru juga, meski mobil tinggi duduk masi bisa ambles kebawah. Jok full elektronik dan ada memory. Ini berlaku bwt semua tipe. Jangkauan setir juga luas adjustmentnya. Spion tengah sudah elektrochromatic. Power window kiri kanan depan auto. Extra, pedalnya alumunium untuk senua tipe (nice touch).
Build quality:
Plastiknya bagus, akan susah gores/baret. Ada aksens karbon2 di doortrim taoi ga malu2in. Switch2 bagus kualitasnya dan tactile.
Joknya enak, ga sempit tapi tetap memeluk driver. Kualitas kulitnya bagus dan perforated. Cuma warnananya silver hitam dan orange. Agak susah dicerna.
Yg agak jelek UI head unitnya. Terlalu berwarna dan ga elegan kesannya.
Sisanya yg didudukin atau disentuh semuanya bagus. Terasa harganya diatas 500jtan kalo compare sama hrv(padahal harga sama). Pas lewat speed bump depan ikea yg cujup ganas dan rapat2 jaraknya, ga ada bunyi aneh2. Di kecepatan up to 100 masi sunyi peredaman cukup bagus.
Suspensi dan handling:
Kemaren baru naik pajero sport ounya teman kantor. Uenak bgt redamannya, berkelas.
Di xv ini karena masi monokok redamannya 9/10 dari pajero sport.
Pernah coba fortuner ini lbh keras, kira2 7/10 pajero sport. Mobil TS sekarang rocky 5/10 dari pajero sport kalo ikutan diranking.
Untuk dibawa pecicilan, karena tinggi ada body roll, tapi gas aja terus dan mobilnya akan nurut karena awd. Dalkot sih awdnya ga terlalu ngaruh. Katanya roda depan 60% dan belakang 40% pembagian powernya.
Power:
Brosur bilang 156 ps. Ga spesial.
Cvtnya enak, ga ngeden dan ada efek up/down shift. Manual mode cvtnya ga main naikin gigi kecuali mungkin deket2 redline. Boleh lah.
Salesnya bilang ron minimal 95. 92 boleh asal sesekali. Ga perlu 98.
Fuel consumption:
Si mobil dealer udah jalan 1300an km dan rata2 konsumsi bbmnya 12,3l/100km.
Ok lah ya untuk 2000 cc yg masi low km dan dibawa geber2 pas TD.
Fitur safety:
Beda harga isght dan non isight cukup banyak. Sekilas sih sepertinya mending ambil yg murah.
Tapi yg non isight meski ada kamera mundur ga ada sensor parkir, wtf.
Digiring bgt bwt beli yg isight.
Oya, lucu juga pas TD hal pertama yg dilakukan salesnya adalah matiin yg forward collision mitigation. Katanya banyak yg kagok karena ngerem dadakan wkwkwk.
Sisanya ya kalo sudah paham TSS atau yg versi honda sama.
Cuma auto Cruise di xv ga bisa lane keep aja.
Audio:
Cuma sempat tes radio aja. Infonya speakernya 6 biji. Ga spesial juga. Rockynya TS lebih enak suaranya dgn jumlah speaker yg sama plus sub kolong.
Warranty & service:
Warranty mobil 3 tahun dan gratis service spare part 3 tahun. Lumayan.
Mobil katanya ditowing pas kirim. Eksklusif.
Kesimpulan:
Di harga yg mepet 500jt, sgt menarik kalo dicompare sama hrv rs. TS budgetnya segitu sih, tp blom tes hrv(peenah duduk doang).
Cuma gara2 pajero pengen bgt mobil yg suspensinya enak. Kalo hrv ga bisa mungkin ke xv aja.
Kelemahan utama xv adalah komitmen after salesnya. Plus bengkel cuma buka ampe sabtu.
Ini akan lebih beresiko, bayangkan beli mobil 500jt dealer se Indonesia cuma 3(1 nambah taun depan).
Let's see. Moga2 duit lancar dan bisa akuisisi santa fe eh[emoji28]
Galeri foto
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Bukan maksud jd kaum mendang mending
Tapi ngelihat review di bagian drive ini kok jadi keinget outlendir "sport"
Kenceng kaga, irit kaga
Mungkin perlu ditune ecu nya lagi
Cmiiw
Tapi ngelihat review di bagian drive ini kok jadi keinget outlendir "sport"
Kenceng kaga, irit kaga
Mungkin perlu ditune ecu nya lagi
Cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Nais ripiu om.
Nah setuju sama om Trebla, isi RON 95 tapi output mesin masih “pasaran 2.0”.
Nah setuju sama om Trebla, isi RON 95 tapi output mesin masih “pasaran 2.0”.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
knp ya um mesti isi 95, merk sebelah hi comp tenaga mirip bisa 91/92sintoni wrote: Sun Oct 16, 2022 11:04 Nais ripiu om.
Nah setuju sama om Trebla, isi RON 95 tapi output mesin masih “pasaran 2.0”.
sebelahnya lagi 1.5T 190ps bisa dicolok pertalit

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Bener juga sih om Trebla, 2.0 N/A dohc kudu RON95 156ps, berasa era 2000an awal
Seandainya subaru berani babat alas positioning baru dengan subaru levorg 1.8T
Tapi ya pasar disini lagi demen2nya crossover sih
Seandainya subaru berani babat alas positioning baru dengan subaru levorg 1.8T
Tapi ya pasar disini lagi demen2nya crossover sih
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Wed Mar 25, 2015 5:48
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Beres lain ada yg buka hari minggu kah? Selama ini ane kira semua nya libur hahaha .
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
trebla88 wrote:Bukan maksud jd kaum mendang mending
Tapi ngelihat review di bagian drive ini kok jadi keinget outlendir "sport"
Kenceng kaga, irit kaga
Mungkin perlu ditune ecu nya lagi
Cmiiw
Hehe, lucu memang. Tapi ga terlalu pelan dan hemar bbm memang maunya buyer jaman now. Tuning2an ga yakin saya bisa bikin karakternya berubah, cmiiw ya.ariswp wrote:Bener juga sih om Trebla, 2.0 N/A dohc kudu RON95 156ps, berasa era 2000an awal
Seandainya subaru berani babat alas positioning baru dengan subaru levorg 1.8T
Tapi ya pasar disini lagi demen2nya crossover sih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Banyak om. Pabrikan jp di jabotabek minggu buka(toyo, honda, mitsu, suzuki mazda).chikiciuw wrote:Beres lain ada yg buka hari minggu kah? Selama ini ane kira semua nya libur hahaha .
Rata2 sampai jam 3 dan masuk terakhir sebelum jam maksi. Tentu dealernya pilih2 juga. Ga semua memang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Di luar negri kan dah keluar new gen nya,crosstrek
Walau masih mirip2 juga model nya
Walau masih mirip2 juga model nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Ya begitulah mbahh..sintoni wrote: Sun Oct 16, 2022 11:04 Nais ripiu om.
Nah setuju sama om Trebla, isi RON 95 tapi output mesin masih “pasaran 2.0”.
156 ps seh medioker lah.. ditengah2 gempuran gajah diesel 180ps up++ aj tuh sodaranya si forester rada engap kan jualannya
Target market mereka kayanya sih customer yg garis keras subaru, sama heavy duty user yg butuh all wheel drive. Tapi 4x4 di dobel cabin lebih kepake jg seh buat ngutan sawit sama tambang…
Paling worth malah line up BRZ mnurut gw. Sportscar, mesin boxer, low center gravity. Trus RWD hahahaa
Jadi positionnya bingung jg subaru. AWD kepake buat drag2 race tp mesinnya memble.. Atau nunggu indonesia turun salju baru laku nih brand

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Kalau BRZ sih ambil yg manual aja, pasti asik banget gila.KielConstantine wrote: Sun Oct 16, 2022 15:57 Ya begitulah mbahh..
156 ps seh medioker lah.. ditengah2 gempuran gajah diesel 180ps up++ aj tuh sodaranya si forester rada engap kan jualannya
Target market mereka kayanya sih customer yg garis keras subaru, sama heavy duty user yg butuh all wheel drive. Tapi 4x4 di dobel cabin lebih kepake jg seh buat ngutan sawit sama tambang…
Paling worth malah line up BRZ mnurut gw. Sportscar, mesin boxer, low center gravity. Trus RWD hahahaa
Jadi positionnya bingung jg subaru. AWD kepake buat drag2 race tp mesinnya memble.. Atau nunggu indonesia turun salju baru laku nih brand![]()
Terus disimpan lama bisa digoyeng tuh.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
selama ini coba subaru, selain varian berturbo memang tenaganya b aja cenderung lemot malahan. masalahnya varian berturbo ya cuma WRX,STI, FXT. sekarang FXT malah discontinue.trebla88 wrote: Sun Oct 16, 2022 10:21 Bukan maksud jd kaum mendang mending
Tapi ngelihat review di bagian drive ini kok jadi keinget outlendir "sport"
Kenceng kaga, irit kaga
Mungkin perlu ditune ecu nya lagi
Cmiiw
cukup berani sih subaru buat ngejual 2 produk yang sebenernya secara kelas bersaing dengan merek jepang lain, tapi requirementnya premium (minimal bensin RON95, masalahnya honda 1.5t aja cuma minta 92). kalo ngga ada AWD ya matek lah ni merk. satu-satunya nilai jual di sini. itupun kalau bukan fans subaru gak bakal ngerti bedanya FWD atau AWD.
di kelasnya persaingannya seru sih persaingannya teknikal banget.
honda punya HRV 1.5 turbo 177ps (highest on class, ++ lots of upgrade potential)
toyota punya corcross hybrid (paling irit dan toyota)
subaru punya XV (AWD)
ada beberapa buka minggu biasa tertentu aja, banyakan sih yang minggu ga buka tapi masih terima kalo mau masukin dikerjain senin.chikiciuw wrote: Sun Oct 16, 2022 13:24 Beres lain ada yg buka hari minggu kah? Selama ini ane kira semua nya libur hahaha .
cuma kalo subaru mungkin masih outstaffed ya jadi gak berani buka minggu. customer jg gak terlalu banyak kan. kalau mekanik cuma gak sampe 10 orang gimana nge rolling piket minggunya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Sayang ya mesin output pas2an tp minta bbm yg premium. Setuju sih mayoritas yg beli kayanya diehard fans atau yg sblmnya pernah pake subaru n berasa cocok. Waktu GIIAS kemarin bini sempet lihat dan naksir jg sama modelnya, tp ane yg gamau karena ga familiar dengan brand ini. Dan untuk harga segitu ada pilihan lain yg lebih familiar dan lebih unggul. Kalo jualannya karena AWDnya saya rasa 99% benefit AWD ga kepake kalo bwat daily mah.ChZ wrote: Mon Oct 17, 2022 2:42selama ini coba subaru, selain varian berturbo memang tenaganya b aja cenderung lemot malahan. masalahnya varian berturbo ya cuma WRX,STI, FXT. sekarang FXT malah discontinue.trebla88 wrote: Sun Oct 16, 2022 10:21 Bukan maksud jd kaum mendang mending
Tapi ngelihat review di bagian drive ini kok jadi keinget outlendir "sport"
Kenceng kaga, irit kaga
Mungkin perlu ditune ecu nya lagi
Cmiiw
cukup berani sih subaru buat ngejual 2 produk yang sebenernya secara kelas bersaing dengan merek jepang lain, tapi requirementnya premium (minimal bensin RON95, masalahnya honda 1.5t aja cuma minta 92). kalo ngga ada AWD ya matek lah ni merk. satu-satunya nilai jual di sini. itupun kalau bukan fans subaru gak bakal ngerti bedanya FWD atau AWD.
di kelasnya persaingannya seru sih persaingannya teknikal banget.
honda punya HRV 1.5 turbo 177ps (highest on class, ++ lots of upgrade potential)
toyota punya corcross hybrid (paling irit dan toyota)
subaru punya XV (AWD)
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
AWD kl powernya gak ada macem subaru yang mesin NA sih pengalaman malah bikin understeerkendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 3:33
Sayang ya mesin output pas2an tp minta bbm yg premium. Setuju sih mayoritas yg beli kayanya diehard fans atau yg sblmnya pernah pake subaru n berasa cocok. Waktu GIIAS kemarin bini sempet lihat dan naksir jg sama modelnya, tp ane yg gamau karena ga familiar dengan brand ini. Dan untuk harga segitu ada pilihan lain yg lebih familiar dan lebih unggul. Kalo jualannya karena AWDnya saya rasa 99% benefit AWD ga kepake kalo bwat daily mah.


masalahnya forester XT aja sekarang tenaganya turun banyak

di indo sih pake 2WD ada tcs nya udah cukup gak ada salju asal tcsnya pinter aja + ban bagus + skill drivernya. subaru lakunya di northern continent ama negara 4 musim. kecuali hobi weekend offroad ya kepake emang. tp balik lg subaru gak ada difflocknya gak bisa terlalu ekstrem klo hobi offroad sih enak bangun cherokee atau jimny 4x4 ada lockernya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Setuju ini. Meski subtle pas dibandingkan ama merek lain langsung salesnya edukasi subaru ada awd lo. Yg lain mesin kencang tp kan ga awd hehe.ChZ wrote:AWD kl powernya gak ada macem subaru yang mesin NA sih pengalaman malah bikin understeerkendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 3:33
Sayang ya mesin output pas2an tp minta bbm yg premium. Setuju sih mayoritas yg beli kayanya diehard fans atau yg sblmnya pernah pake subaru n berasa cocok. Waktu GIIAS kemarin bini sempet lihat dan naksir jg sama modelnya, tp ane yg gamau karena ga familiar dengan brand ini. Dan untuk harga segitu ada pilihan lain yg lebih familiar dan lebih unggul. Kalo jualannya karena AWDnya saya rasa 99% benefit AWD ga kepake kalo bwat daily mah.kl yang berturbo dulu STI sih enak di tikungan bejek aja gak takut melintir
![]()
masalahnya forester XT aja sekarang tenaganya turun banyak
di indo sih pake 2WD ada tcs nya udah cukup gak ada salju asal tcsnya pinter aja + ban bagus + skill drivernya. subaru lakunya di northern continent ama negara 4 musim. kecuali hobi weekend offroad ya kepake emang. tp balik lg subaru gak ada difflocknya gak bisa terlalu ekstrem klo hobi offroad sih enak bangun cherokee atau jimny 4x4 ada lockernya
Yg lain bukan pesaing, cuma temen di bracket harga yg sama aja.
Tp at least built quality ok dan masi ada diferesiasi vs pesaing di harga yg sama. Ga hanya mahal aja tp dapet mobil biasa.
Oya, salesnya bilang boxernya xv dan forester udah direct injection.
Meski mobil lain dgn DI kyk mazda dan kia dikasi 92 aman2 aja sih.
Gimana dgn cerita mobil jaman now udah pintar knocking sensornya???
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
nah soal jualan sebenernya lbh ekstensif marketingnya motorimage duluhackers11 wrote: Mon Oct 17, 2022 4:53 Setuju ini. Meski subtle pas dibandingkan ama merek lain langsung salesnya edukasi subaru ada awd lo. Yg lain mesin kencang tp kan ga awd hehe.
Yg lain bukan pesaing, cuma temen di bracket harga yg sama aja.
Tp at least built quality ok dan masi ada diferesiasi vs pesaing di harga yg sama. Ga hanya mahal aja tp dapet mobil biasa.
Oya, salesnya bilang boxernya xv dan forester udah direct injection.
Meski mobil lain dgn DI kyk mazda dan kia dikasi 92 aman2 aja sih.
Gimana dgn cerita mobil jaman now udah pintar knocking sensornya???


ada 2 kemungkinan om
gak mau adjust

atau engine design. boxer engine kan sebenernya pelumasan gak terlalu bagus karena posisi mesin tidur = sensitif sama panas = knocking.
naturally di mesin berdiri tegak kan oli nya dipompa dari pan ke cylinder head dan liner terus turun pake gravitasi. tp kalo boxer mau gimana-gimana kan olinya cuma bisa jatoh di 1 sisi kecuali cylindernya direndem oli

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Bener juga ya. Promosinya kurang.ChZ wrote:nah soal jualan sebenernya lbh ekstensif marketingnya motorimage duluhackers11 wrote: Mon Oct 17, 2022 4:53 Setuju ini. Meski subtle pas dibandingkan ama merek lain langsung salesnya edukasi subaru ada awd lo. Yg lain mesin kencang tp kan ga awd hehe.
Yg lain bukan pesaing, cuma temen di bracket harga yg sama aja.
Tp at least built quality ok dan masi ada diferesiasi vs pesaing di harga yg sama. Ga hanya mahal aja tp dapet mobil biasa.
Oya, salesnya bilang boxernya xv dan forester udah direct injection.
Meski mobil lain dgn DI kyk mazda dan kia dikasi 92 aman2 aja sih.
Gimana dgn cerita mobil jaman now udah pintar knocking sensornya???dulu motorimage sering nebeng tuh tiap event pameran dia bikin demonstrasi sistem AWDnya sebagus apa pake rintangan yang miring-miring itu. meski emang yah kl orang pinter ngerti lah medan kaya gitu gak kita lewat sehari-hari juga
tp ada efek waow nya.
ada 2 kemungkinan om
gak mau adjust![]()
atau engine design. boxer engine kan sebenernya pelumasan gak terlalu bagus karena posisi mesin tidur = sensitif sama panas = knocking.
naturally di mesin berdiri tegak kan oli nya dipompa dari pan ke cylinder head dan liner terus turun pake gravitasi. tp kalo boxer mau gimana-gimana kan olinya cuma bisa jatoh di 1 sisi kecuali cylindernya direndem olimakanya dulu EJ engine masalah common nya head gasket meleduk kan
Undang big 3 youTuber aja cukup kan padahal.
Media cetak undang tp ga dikasi cuan.
Penuh tuh timeline youtube ama mobilnya.
[emoji12]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Nah makanya om, paling kalo mau "dipaksain" kepake kapan. Ya pas lagi hujan doang, tp itupun mau lari brp sih kalo ujan. Paling lari 70-80 di tol. Kalo mobil fwd, rwd ban bagus bwat disperse air, lari segitu ga akan aquaplanning jg kalo ketemu genangan. Kecuali drivernya rada ga waras yg hujan masih kebut2anChZ wrote: Mon Oct 17, 2022 4:18AWD kl powernya gak ada macem subaru yang mesin NA sih pengalaman malah bikin understeerkendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 3:33
Sayang ya mesin output pas2an tp minta bbm yg premium. Setuju sih mayoritas yg beli kayanya diehard fans atau yg sblmnya pernah pake subaru n berasa cocok. Waktu GIIAS kemarin bini sempet lihat dan naksir jg sama modelnya, tp ane yg gamau karena ga familiar dengan brand ini. Dan untuk harga segitu ada pilihan lain yg lebih familiar dan lebih unggul. Kalo jualannya karena AWDnya saya rasa 99% benefit AWD ga kepake kalo bwat daily mah.kl yang berturbo dulu STI sih enak di tikungan bejek aja gak takut melintir
![]()
masalahnya forester XT aja sekarang tenaganya turun banyak
di indo sih pake 2WD ada tcs nya udah cukup gak ada salju asal tcsnya pinter aja + ban bagus + skill drivernya. subaru lakunya di northern continent ama negara 4 musim. kecuali hobi weekend offroad ya kepake emang. tp balik lg subaru gak ada difflocknya gak bisa terlalu ekstrem klo hobi offroad sih enak bangun cherokee atau jimny 4x4 ada lockernya![]()

Kalo bener mau bangun bwat pure offroad ya bahannya bukan ini lah, sekalian ladderframe. Setuju sih sistem awd di mobil perkotaan gini paling berasa berguna ya kalo negara2 yg turun salju.
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
hujan aja sebenernya kan lebih ngaruh ban yang dipake drpd sistem penggeraknyakendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 8:20
Nah makanya om, paling kalo mau "dipaksain" kepake kapan. Ya pas lagi hujan doang, tp itupun mau lari brp sih kalo ujan. Paling lari 70-80 di tol. Kalo mobil fwd, rwd ban bagus bwat disperse air, lari segitu ga akan aquaplanning jg kalo ketemu genangan. Kecuali drivernya rada ga waras yg hujan masih kebut2an![]()
Kalo bener mau bangun bwat pure offroad ya bahannya bukan ini lah, sekalian ladderframe. Setuju sih sistem awd di mobil perkotaan gini paling berasa berguna ya kalo negara2 yg turun salju.

klo di sini beli subaru kayaknya enak buat bos-bos tambang ama proyek kali yah yg tracknya gravel. beneran kepake kalo medannya berpasir berbatu gitu. mayan lah kalo males beli fortuner/pajero bisa beli forester / XV buat 2 alam

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Masalahnya di jabodetabek n sekitarnya ga ada tambang mbahChZ wrote: Mon Oct 17, 2022 8:44hujan aja sebenernya kan lebih ngaruh ban yang dipake drpd sistem penggeraknyakendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 8:20
Nah makanya om, paling kalo mau "dipaksain" kepake kapan. Ya pas lagi hujan doang, tp itupun mau lari brp sih kalo ujan. Paling lari 70-80 di tol. Kalo mobil fwd, rwd ban bagus bwat disperse air, lari segitu ga akan aquaplanning jg kalo ketemu genangan. Kecuali drivernya rada ga waras yg hujan masih kebut2an![]()
Kalo bener mau bangun bwat pure offroad ya bahannya bukan ini lah, sekalian ladderframe. Setuju sih sistem awd di mobil perkotaan gini paling berasa berguna ya kalo negara2 yg turun salju.AWD kl 4 4nya aquaplanning sama aja hopelessnya kayak 2WD. malah lbh ngeri melintir soalnya gak ada roda yang bebas AWDnya bingung sendiri kali mau kasih torsi ke roda yang mana.
klo di sini beli subaru kayaknya enak buat bos-bos tambang ama proyek kali yah yg tracknya gravel. beneran kepake kalo medannya berpasir berbatu gitu. mayan lah kalo males beli fortuner/pajero bisa beli forester / XV buat 2 alam![]()

Tambangnya di kalimantan, beresnya di jawa. Apa kalo tambang gitu ada bengkel sendiri kali ya? Tp mekaniknya biasa pegang diesel2 ngebul ini dikasin bensin trus boxer lg. Bisa pusing mereka

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 737
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Jd banyak yg sepemikiran ya ini 2.0 aga underspec apalagi dgn ron 95
Jualan awd tapi powah nya sgitu aga gmn
Kasi turbo kecil aja biar kekinian,smuanya kan diturboin skrang
Ya moga2 subaru bisa tahan di Indonesia, tapi feeling kayanya aga madesu ya
Jualan awd tapi powah nya sgitu aga gmn

Kasi turbo kecil aja biar kekinian,smuanya kan diturboin skrang

Ya moga2 subaru bisa tahan di Indonesia, tapi feeling kayanya aga madesu ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
jujurly untuk Subaru XV n Forester ini ane ga paham permintaan BBM-nya...
kalo di manual book jepangnya sendiri, bisa buka di https://www.subaru.jp/afterservice/tnst/xv/ itu mintanya cuma ''unleaded regular fuel" loh... dan konon RON-nya itu di Jepang sono cuma 89. yang beda paling kadar sulfurnya aja, disana meski RON 89 tapi sulfurnya udah 50ppm, gak 500ppm kayak disini. entah apa mungkin material bloknya rawan degradasi kalo pake sulfur tinggi kayak merk sebelah? soale disini cuma oktan 95+ yg sulfurnya 50ppm.
jangankan XV, ane aja pake Subaru tuwir turbo aja kalo kepepet dikasi Pertalite gak ngelitik lho. pinter itu ECU sama knock sensor-nya. jadi, masalahnya sepertinya bukan di angka RON-nya.
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.

kalo di manual book jepangnya sendiri, bisa buka di https://www.subaru.jp/afterservice/tnst/xv/ itu mintanya cuma ''unleaded regular fuel" loh... dan konon RON-nya itu di Jepang sono cuma 89. yang beda paling kadar sulfurnya aja, disana meski RON 89 tapi sulfurnya udah 50ppm, gak 500ppm kayak disini. entah apa mungkin material bloknya rawan degradasi kalo pake sulfur tinggi kayak merk sebelah? soale disini cuma oktan 95+ yg sulfurnya 50ppm.
jangankan XV, ane aja pake Subaru tuwir turbo aja kalo kepepet dikasi Pertalite gak ngelitik lho. pinter itu ECU sama knock sensor-nya. jadi, masalahnya sepertinya bukan di angka RON-nya.
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.

The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 714
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Nah, ada real user comment.racho wrote:jujurly untuk Subaru XV n Forester ini ane ga paham permintaan BBM-nya...
kalo di manual book jepangnya sendiri, bisa buka di https://www.subaru.jp/afterservice/tnst/xv/ itu mintanya cuma ''unleaded regular fuel" loh... dan konon RON-nya itu di Jepang sono cuma 89. yang beda paling kadar sulfurnya aja, disana meski RON 89 tapi sulfurnya udah 50ppm, gak 500ppm kayak disini. entah apa mungkin material bloknya rawan degradasi kalo pake sulfur tinggi kayak merk sebelah? soale disini cuma oktan 95+ yg sulfurnya 50ppm.
jangankan XV, ane aja pake Subaru tuwir turbo aja kalo kepepet dikasi Pertalite gak ngelitik lho. pinter itu ECU sama knock sensor-nya. jadi, masalahnya sepertinya bukan di angka RON-nya.
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.
Kemudian dealernya main aman kali ya?
Tapi sesuai review saya, di harganya meski tenaga so so bantingan suspensi sgt berkelas.
Di thread sebelah ada user hrv yg ortunya ga happy sama hrv(belum clear dr road noise atau bantingan).
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
nah aturan hrsnya buka di kalimantan ajakendibocor wrote: Mon Oct 17, 2022 9:07 Masalahnya di jabodetabek n sekitarnya ga ada tambang mbah![]()
Tambangnya di kalimantan, beresnya di jawa. Apa kalo tambang gitu ada bengkel sendiri kali ya? Tp mekaniknya biasa pegang diesel2 ngebul ini dikasin bensin trus boxer lg. Bisa pusing mereka![]()


kendalanya tinggal bbm sih kalo minta 95 susah jg kalo diesel ngebul 2GD pake solar jelek di tambang masih bisa

nahh dugaan sih emang lebih ke faktor lain selain RON number sih. soalnya gak mungkin jg masa req fuelnya setinggi itu. d indo bbm yang comply spek aneh-aneh cuma RON95 ke atasracho wrote: Mon Oct 17, 2022 15:57 jujurly untuk Subaru XV n Forester ini ane ga paham permintaan BBM-nya...
kalo di manual book jepangnya sendiri, bisa buka di https://www.subaru.jp/afterservice/tnst/xv/ itu mintanya cuma ''unleaded regular fuel" loh... dan konon RON-nya itu di Jepang sono cuma 89. yang beda paling kadar sulfurnya aja, disana meski RON 89 tapi sulfurnya udah 50ppm, gak 500ppm kayak disini. entah apa mungkin material bloknya rawan degradasi kalo pake sulfur tinggi kayak merk sebelah? soale disini cuma oktan 95+ yg sulfurnya 50ppm.
jangankan XV, ane aja pake Subaru tuwir turbo aja kalo kepepet dikasi Pertalite gak ngelitik lho. pinter itu ECU sama knock sensor-nya. jadi, masalahnya sepertinya bukan di angka RON-nya.
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.
![]()

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: (Quick Review) Subaru XV 2022
Menurut ane beres itu penting jg om bwat peace of mind customer awam. Ane rasa 99% pembeli mbl di indo ga bakalan ada yg sempet/mau/niat bwat DIY mobilnya. Yg kerajinan DIY kan palingan orang2 yg demen mobil kaya kita2 ini aja. Makanya tetep aja beres selalu penuh. Kemudian namanya mobil pasti ada aja yg defect makanya ada masa warranty. Nah masalahnya kalo beres jauh dari tempat tinggal itu bikin orang mikir 1000x bwat minang mobilnya.racho wrote: Mon Oct 17, 2022 15:57
kalo soal diler cuma 2 biji sebenernya ga jadi soal. mobil baru mah harusnya gak rewel lah sampe 5 taon kedepan. dan pengalaman ane Subaru itu kaki-kakinya badak, 12 taun 100rb km bisa gak ganti apa2. bisa dibilang ini SUV beneran, nggak banci. bahkan kalopun terpaksa ganti busi... belajar dari youtube juga bisa. ternyata "cuma gitu doang". selebihnya yang lainnya sama lah kayak mobil pada umumnya.
![]()
Kaya ane kemarin aja sebenernya nyonya demen sama si xv ini tp ane gamau. Pertimbangannya lumayan banyak yg bikin mengurungkan niat beli. Dari masalah ga familiar sama merknya sampe riwayat mereka yg pernah minggat tiba2 dari indo yg bikin was2 sewaktu2 bisa terulang lg. Ya memang skrng beda atpm sih tp awam kan taunya yg minggat subarunya, bukan atpmnya siapa.