Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Parah ini
gw pikir th 2040
https://m.bisnis.com/amp/read/20220927/ ... rbasis-bbm
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.
Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.
- END -
gw pikir th 2040
https://m.bisnis.com/amp/read/20220927/ ... rbasis-bbm
Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan menyetop seluruh produksi kendaraan bermotor roda empat yang berbahan bakar minyak (BBM) atau fosil pada 2035.
Luhut mengatakan pemerintah serius untuk menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan sehari-hari, termasuk juga di pemerintahan.
- END -
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Apakah program IPI yg terkesan "dipaksakan" ini sama fenomena nya spt KOMPOR SETROM ??
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 716
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
2035 gak yakin opung ini masih h1dup, peraturan juga dinamis, bisa jadi berubah tergantung kepentingan dan oknum yg menjabat, hehe
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Iya beda presiden jg ganti kebijakanChr1stm1 wrote: Fri Sep 30, 2022 5:09 2035 gak yakin opung ini masih h1dup, peraturan juga dinamis, bisa jadi berubah tergantung kepentingan dan oknum yg menjabat, hehe

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???




good luck deh mikir sono ampe botak urusan logistik yang kerjanya odol2xan

odol = range drop jauh bisa tinggal 10-20%

belom odol pun juga ud ancur kali rangenya

tingggal nunggu harga barang pada naek gara2x expedisi musti modal beli batre ditambah lama nyampenya karena range drop

ingimpiiiiiiiii........

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Muncul angka 2035 jg cuma latahChr1stm1 wrote: Fri Sep 30, 2022 5:09 2035 gak yakin opung ini masih h1dup, peraturan juga dinamis, bisa jadi berubah tergantung kepentingan dan oknum yg menjabat, hehe

Udah eropa lg krisis energi kok masih didengerin

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
masi aja ngemeng yang gak perlu....
mau serok saham asii ya ?
mau serok saham asii ya ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Lagi tren keren2an ya adu cepat negara mana yg bikin kebijakan stop mobil piston sedini mungkin
tinggal liat bakal berubah-ubah ga seiring ganti rezim 


Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Kayak elon musk, lagi mau serok DOGE, tinggal ngetwit ga percaya [cencored] macem DOGE, eee diem diem serok.fansdiesel wrote: Fri Sep 30, 2022 5:54 masi aja ngemeng yang gak perlu....
mau serok saham asii ya ?
Terus ntar twit lagi bisa beli tesla pake DOGE. Naik lg.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Pabrik mobil kan ber-evolusi, bisa beralih ke mobil listrik.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Belum lg ditambah faktor geopolitik global yg ga menentu wkwkSuryaputra wrote: Fri Sep 30, 2022 5:15Iya beda presiden jg ganti kebijakanChr1stm1 wrote: Fri Sep 30, 2022 5:09 2035 gak yakin opung ini masih h1dup, peraturan juga dinamis, bisa jadi berubah tergantung kepentingan dan oknum yg menjabat, hehe![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Kok kebijakannya hampir mirip kyk California ya? Atau jangan2 konspirasi / hanyalah kebetulan saja 
Bedanya yg diban hanyalah gasoline powered cars...
https://www.cnbc.com/2022/08/25/califor ... -2035.html

Bedanya yg diban hanyalah gasoline powered cars...
https://www.cnbc.com/2022/08/25/califor ... -2035.html
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
berapa hari kemudiansandal wrote: Fri Sep 30, 2022 7:44 Kok kebijakannya hampir mirip kyk California ya? Atau jangan2 konspirasi / hanyalah kebetulan saja
Bedanya yg diban hanyalah gasoline powered cars...
https://www.cnbc.com/2022/08/25/califor ... -2035.html

pekok
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Kl US ama eropa kalah dari russia kan nt kebijakannya ganti lagi.
Jerman saja skrg balik lagi pake kayu bakar, survival lebih penting daripada emisi.
Jerman saja skrg balik lagi pake kayu bakar, survival lebih penting daripada emisi.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
menarik liat komen komennya. gak ada satupun yang ngebelain

sama kek di sini, yang minat sama EV kayaknya gak banyak banyak amat

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Saya minat koq,
klo dijinkan Tuhan punya kelebihan uang buat beli EV + siap ganti batre nya/ ganti unit baru klo ada masalah
*naik Social economic status, menjadi kaum sulit nekuk dompet

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
ending yang membagongkanChZ wrote: Fri Sep 30, 2022 8:35 menarik liat komen komennya. gak ada satupun yang ngebelain![]()
sama kek di sini, yang minat sama EV kayaknya gak banyak banyak amat![]()


So the Tesla experimenthas come to an end.
Heather and I each had one for the past 3 months and here are some things from our experience. When gas prices were $5 per gallon it seemed like a good thing to try.
Here are some Pro’s & Cons’s!
Pro’s:
1. Watching netflix on the huge screen looked and sounded like a movietheater!! Amazing actually ! Using the internet to listen to radio stations on line was so cool.
2. These cars are really quick and very fast! Felt almost as fastas the corvette !
3. high end speed was also fast. Easy to go over 100 mph. I always got to places quickly.
4. All kids were in awe of the Tesla!!!!
5. I had some warranty issues. I scheduled through the app and tesla came to my house. This was cool other then I had to leave it there during that window of time. They fixed my issues at no charge and texted me what they did. Pretty cool!
Con’s
1. My car said it would get 303 miles per charge. It really only get’s 200 miles in my opinion!!! These cars drain so fast! But when it gets to 80 miles left you need to be concerned. So it really only gets 160-170 true miles. This is not good !
2. Range anxiety is a real thing. This past weekend we took the car to new jersey. Made it there with 60 miles left. Plenty to get us to charging station. Went to the charging station I found In my phone and it was a mall!!! No charging station. Put the next one in my phone!!! Go to this station and had 6 miles left. Im glad it was not another mall. So yes this creates unwanted anxiety. So I would not want to go below 100 miles ever again. So really this is a 120-140 mile car when its not winter.
3. I heard when winter comes the anxiety is worse. Imagine running electric heat. I heard the numbers go way down from normal usage from other tesla owners. I cant imagine what this will do?!?!
4. The tires on this car can easily get damaged. My wife had two flat tires In her 3
months. And flat tires are a pain in the ass. She had to schedule through the tesla app. Only tesla could fix the tire. She needed a new onethe first time $412. The next time it was a hole and it was $150. They will only fix a tire one time so the next time on that tire it needs a new one. Only tesla can fix tires. Not cool
These tires cut like butter. Dont drive off road at all and dont nick a curb at all!! This tire situation was a deal breaker for heather for sure because she hits curbs every day!!!
5. The car is too fast. I was bound to get a speeding ticket or an accident. Heather said I drove way too fast everywhere! Driving a 100 mph in this car is not a
Good thing.
6. I charged this car on sunday and it was $43 to charge it at a tesla super station. This price to drive 170 mph is insane. The charging was free for me because of the rental program I was in. But I would never pay $72k for this car then pay that amount to charge it on trips!
7. My electric has gone so sky high at my house these past two months so its hard to actually know how much it is to charge a tesla at home. My guess is its between $75-$100 for one car for a month. I had thought it would be closer to $50 month. I can only see this cost rising.
8. Running electric to my garage was not cheap. My brother did it for $1,000 in materials but it would have been much more if we hired it out. This prob would have been a $3,500 job.
9. Winter was coming and we show/look at alot of houses. We could not risk driving a tesla based on charge or bad tires in this situation.
10. When going to a tesla super charging station it will charge the tesla to 80% in 25 min. But it takes another 25 min to get to 100%. 50-55 min is too long for a full charge. They also dont like you to fully charge the car all the time. What the heck!
Overall I thinkelectric cars are not ready for us. They really lack what you need if you really have to drive somewhere. And its risky getting a flat tire on any road.
So we turned in our leases and bought 2 - 2021 dodge limited trucks with 30k miles on them. They were $54k each and with 100% bonus depreciation still in effect the real cost was $36k each. These trucks now are $78k brand new which is why buying used made sense. These just came off monthly rental programs. These will be safer, more reliable and more durable especially going into winter.
Peaceout tesla for now!
Let me know if you have any other questions about the tesla!

dan battery yang digadang2x safe pun juga ud makan banyak korban

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Kalo saya pribadi setuju dengan pendapat Fitra Eri di video berikut
IPI cocok sebagai mobil ke 2 / ke 3
User tetap piara mobil piston
Saya sendiri pun kalo suatu hari nanti beli IPI ya mobil piston tetap saya piara......he he
IPI cocok sebagai mobil ke 2 / ke 3
User tetap piara mobil piston
Saya sendiri pun kalo suatu hari nanti beli IPI ya mobil piston tetap saya piara......he he
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
SamaSuryaputra wrote:Saya minat koq,
klo dijinkan Tuhan punya kelebihan uang buat beli EV + siap ganti batre nya/ ganti unit baru klo ada masalah
*naik Social economic status, menjadi kaum sulit nekuk dompet
Selain IPI, jika mobil Hydrogen Fuel Cell dan ekosistem nya berkembang baik & harga mobilnya terjangkau & biaya isi H2 nya ekonomis, saya pun juga minat, yg jenis mobil kecil.....jika ada rejeki "Super" nomplok.......wkwkwk
Tapi spt nya pengembangan mobil H2 Fuel Cell ini jalan di tempat ?
* Disclemer *
* Moga2 tiap bulan ada Right Issu spt PANI-R......akakakak *
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Iya mbahhTurboman wrote: Sat Oct 01, 2022 1:11SamaSuryaputra wrote:Saya minat koq,ChZ wrote: Fri Sep 30, 2022 8:35
menarik liat komen komennya. gak ada satupun yang ngebelain![]()
sama kek di sini, yang minat sama EV kayaknya gak banyak banyak amat![]()
klo dijinkan Tuhan punya kelebihan uang buat beli EV + siap ganti batre nya/ ganti unit baru klo ada masalah
*naik Social economic status, menjadi kaum sulit nekuk dompet
Selain IPI, jika mobil Hydrogen Fuel Cell dan ekosistem nya berkembang baik & harga mobilnya terjangkau & biaya isi H2 nya ekonomis, saya pun juga minat, yg jenis mobil kecil.....jika ada rejeki "Super" nomplok.......wkwkwk
Tapi spt nya pengembangan mobil H2 Fuel Cell ini jalan di tempat ?
* Disclemer *
* Moga2 tiap bulan ada Right Issu spt PANI-R......akakakak *
Jln di tempat krn biaya bangun pom hidrogennya muahal sekali.
Beda sm pom EV jauh lbh murah.
_____________________________________
Jd klo mau CHANGE dalam Industri otomotif, yaitu tantangannya di semua lini.
Beda sm CHANGE yg terjadi di industri startup/ gadget, tantangannya merubah habit customer aja
Knp?
CHANGE ini ada 3 faktor:
1. Infrastruktur
2. supply chain dan growth hacking (include pricing model)
3. customers
Klo 1 dan 2 sdh terpenuhi, gak butuh waktu 1 dekade untuk CHANGE
Jadi Tau kan knp steve jobs berhasil CHANGE hp keypad ke touchscreen.
EV? Not tomorrow

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Nah itu, Yg ngeri saat ini itu untuk batere buat mobil/motor konversian, hampir pasti bikinan Cungkuo, tapi belun tentu dari pabrikan bonafid macam CATL, nah jadi ya kita kan ndak tau itu konversian pakai batere bikinan mana, standarnya kayak gimana, cell di battery dari batch yg sama kagak, cooling sama assemblynya udah bener kagak….. Jangan sampe irit kagak mbledug iya…

Saya full support shift ke BEV (sudah pakai dan cukup puas), tapi jangan sampai kebut2an ndak pakai deliberate planning kayak gini, kalau sampe mobil/motor konversian pada mbledug, yg ada malah ntar orang pada paranoid sama BEV, yg salah kan bukan BEVnya tapi kebut2an implementasinya….. Harusnya deliberate dan jangan maksa, paling gampang, untuk daerah2 yg infra- nya sdh bagus (Jawa-Bali) cabut subsidi pelan2, dananya buat perluasan charging, insentif renewable power generation, bikin smart grid, bikin subsidi trade-in ICE ke BEV, jangan jeger ICE dilarang wajib BEV….
…. Lagian kan orang kita itu kalo dipaksa malah ngelawan, kalo diajak alus2an lama2 juga ngikut laaah…..



Saya full support shift ke BEV (sudah pakai dan cukup puas), tapi jangan sampai kebut2an ndak pakai deliberate planning kayak gini, kalau sampe mobil/motor konversian pada mbledug, yg ada malah ntar orang pada paranoid sama BEV, yg salah kan bukan BEVnya tapi kebut2an implementasinya….. Harusnya deliberate dan jangan maksa, paling gampang, untuk daerah2 yg infra- nya sdh bagus (Jawa-Bali) cabut subsidi pelan2, dananya buat perluasan charging, insentif renewable power generation, bikin smart grid, bikin subsidi trade-in ICE ke BEV, jangan jeger ICE dilarang wajib BEV….



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
gak akan bisa om selama caranya di charge orang maunya praktis isinya kalo bisa contoh pake biji bunga matahari lsg bisa jalan 300km itu mereka lsg consider beliBibieight wrote: Sat Oct 01, 2022 3:36 Nah itu, Yg ngeri saat ini itu untuk batere buat mobil/motor konversian, hampir pasti bikinan Cungkuo, tapi belun tentu dari pabrikan bonafid macam CATL, nah jadi ya kita kan ndak tau itu konversian pakai batere bikinan mana, standarnya kayak gimana, cell di battery dari batch yg sama kagak, cooling sama assemblynya udah bener kagak….. Jangan sampe irit kagak mbledug iya…![]()
![]()
Saya full support shift ke BEV (sudah pakai dan cukup puas), tapi jangan sampai kebut2an ndak pakai deliberate planning kayak gini, kalau sampe mobil/motor konversian pada mbledug, yg ada malah ntar orang pada paranoid sama BEV, yg salah kan bukan BEVnya tapi kebut2an implementasinya….. Harusnya deliberate dan jangan maksa, paling gampang, untuk daerah2 yg infra- nya sdh bagus (Jawa-Bali) cabut subsidi pelan2, dananya buat perluasan charging, insentif renewable power generation, bikin smart grid, bikin subsidi trade-in ICE ke BEV, jangan jeger ICE dilarang wajib BEV….![]()
![]()
…. Lagian kan orang kita itu kalo dipaksa malah ngelawan, kalo diajak alus2an lama2 juga ngikut laaah…..

selama mereka cuma ngandelin batre itu cuma ibarat ngimpi di siang bolong, menurut saya EV itu masa depan tapi kalo pakenya batre itu namanya mundur, karena mobil2x combustion kita itu portable generator daya tahan, kepraktisan ud terbukti, bertahun2x batre ud terbukti kadutnya dan cuma bagus buat alat2x kecil alat2x gede batre itu susah buat diandalkan, mending daripada energinya cuma abis fokus ke batre saran saya mendingan pikirin form laen yang bakalan works, dimana2x yang works selalu power generation yang bisa generate power tanpa ribet.com contoh EV paling praktis ya kapal selam nuklir sama kapal induk nuklir mereka cuma butuh 20th sekali buat ganti bahan bakar, pernah ada wacana semua cargo ship itu mau di ganti jadi tenaga nuklir tapi mungkin banyak resikonya akhirnya projectnya gak jalan

kalo diterusin mulu yang mederita ya rakyat kecil liatin aja om apalagi di amrik mobil bekas murah itu mereka butuh adek saya pun naek rongsokan buat pergi kerja disana kalo semua ev gimana mau bentuk market mobil rongsok kek gitu

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
nahh bener mbah spt ane sering bilang di sini : gadget tuh gak bisa disamain sama otomotif. nggak cuma mobil sih, transportasi in general.Suryaputra wrote: Sat Oct 01, 2022 2:05 Jd klo mau CHANGE dalam Industri otomotif, yaitu tantangannya di semua lini.
Beda sm CHANGE yg terjadi di industri startup/ gadget, tantangannya merubah habit customer aja
Knp?
CHANGE ini ada 3 faktor:
1. Infrastruktur
2. supply chain dan growth hacking (include pricing model)
3. customers
Klo 1 dan 2 sdh terpenuhi, gak butuh waktu 1 dekade untuk CHANGE
Jadi Tau kan knp steve jobs berhasil CHANGE hp keypad ke touchscreen.
EV? Not tomorrow![]()
pesawat komersil paling laku ya tetep buing dan airbus. sama kayak yang bikin mobil paling laku ya toyota dan VW, motor ya dari dulu yamaha ma honda.
ini berlangsung decades long ngga kayak gadget yang cepet banget kita dari pake blekberi terus pake android, ane inget blekberi tuh menjamur dulu dari ane awal SMA di 2009ish terus terakhir pegang blekberi tuh kayaknya 2013 apa 2014, pokoknya ane lulus kuliah di 2016 udah gak ada yang pegang blekberi. wong 2013an ane pake samsung, mau lulus kuliah xiaomi mulai nge boom. cepet banget berubah kl gadget mah.
sementara mobil dari ane orok sampe setua gini ya yang paling laku tetep toyota. mobil di rumah udah jalan 20 thn lebih punya honda bergenerasi-generasi. kl orang beli mobil mah biasa mau yang pasti-pasti kayak ane krn mobil makin gak murah. yang pasti gampang dan durable makanya beli honda.
dan itu sulit buat ngubah. ga cukup belasan tahun. mau sebagus apapun tesla kl di kepala bapak emak kita mobil terbaik ya tetep toyota kijang. kan susah. hyundai aja di lingkungan ane msh pada pandang sebelah mata koq. dibilang loh hyundai emang bagus ya. apalagi wuling dianggep pengen gaya gayaan doank tp duitnya cekak

orang-orang yang ngomong ini padahal sehari-harinya ya gak masalah dengan ponsel atau laptop china. tapi urusan mobil tetep cinta nippon

ane tuh malah sebenernya ngerasa otomotif akan ter disrupsi oleh mengecilnya minat anak muda beli mobil dan punya mobil. sepupu ane skrg usia kuliah pada blom bisa nyetir. padahal ane dulu usia 14 tahun dah ngotot minta bawa mobil sama bokap. atas-atas ane dan temen-temen ane banyak yang 5 SD malah pada udah belajar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Di circle saya... Anak gen z tuh sebagian sukanya gocar atau grabcar.ChZ wrote: Sat Oct 01, 2022 5:38nahh bener mbah spt ane sering bilang di sini : gadget tuh gak bisa disamain sama otomotif. nggak cuma mobil sih, transportasi in general.Suryaputra wrote: Sat Oct 01, 2022 2:05 Jd klo mau CHANGE dalam Industri otomotif, yaitu tantangannya di semua lini.
Beda sm CHANGE yg terjadi di industri startup/ gadget, tantangannya merubah habit customer aja
Knp?
CHANGE ini ada 3 faktor:
1. Infrastruktur
2. supply chain dan growth hacking (include pricing model)
3. customers
Klo 1 dan 2 sdh terpenuhi, gak butuh waktu 1 dekade untuk CHANGE
Jadi Tau kan knp steve jobs berhasil CHANGE hp keypad ke touchscreen.
EV? Not tomorrow![]()
pesawat komersil paling laku ya tetep buing dan airbus. sama kayak yang bikin mobil paling laku ya toyota dan VW, motor ya dari dulu yamaha ma honda.
ini berlangsung decades long ngga kayak gadget yang cepet banget kita dari pake blekberi terus pake android, ane inget blekberi tuh menjamur dulu dari ane awal SMA di 2009ish terus terakhir pegang blekberi tuh kayaknya 2013 apa 2014, pokoknya ane lulus kuliah di 2016 udah gak ada yang pegang blekberi. wong 2013an ane pake samsung, mau lulus kuliah xiaomi mulai nge boom. cepet banget berubah kl gadget mah.
sementara mobil dari ane orok sampe setua gini ya yang paling laku tetep toyota. mobil di rumah udah jalan 20 thn lebih punya honda bergenerasi-generasi. kl orang beli mobil mah biasa mau yang pasti-pasti kayak ane krn mobil makin gak murah. yang pasti gampang dan durable makanya beli honda.
dan itu sulit buat ngubah. ga cukup belasan tahun. mau sebagus apapun tesla kl di kepala bapak emak kita mobil terbaik ya tetep toyota kijang. kan susah. hyundai aja di lingkungan ane msh pada pandang sebelah mata koq. dibilang loh hyundai emang bagus ya. apalagi wuling dianggep pengen gaya gayaan doank tp duitnya cekak![]()
orang-orang yang ngomong ini padahal sehari-harinya ya gak masalah dengan ponsel atau laptop china. tapi urusan mobil tetep cinta nippon![]()
ane tuh malah sebenernya ngerasa otomotif akan ter disrupsi oleh mengecilnya minat anak muda beli mobil dan punya mobil. sepupu ane skrg usia kuliah pada blom bisa nyetir. padahal ane dulu usia 14 tahun dah ngotot minta bawa mobil sama bokap. atas-atas ane dan temen-temen ane banyak yang 5 SD malah pada udah belajar.
Why?
Gak bayar bbm, parkir, pajak mbl, perawatan mbl, dsb dsb
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3906
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Produksi mobil piston di Indo setop th 2035 ???
Nanti muncul himbauan pas mudik jgn ngecharge di charge station karena bikin macet dan power grid ga kuat ngecharge berjamaah. Dorong aja sampe kota tujuan kalo batere habisb0ku wrote: Fri Sep 30, 2022 7:51berapa hari kemudiansandal wrote: Fri Sep 30, 2022 7:44 Kok kebijakannya hampir mirip kyk California ya? Atau jangan2 konspirasi / hanyalah kebetulan saja
Bedanya yg diban hanyalah gasoline powered cars...
https://www.cnbc.com/2022/08/25/califor ... -2035.html![]()
pekok
