Oil Cooler
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Oil Cooler
Saya tertarik dengan penambahan oil cooler pada sepeda motor. Kira2 ada nggak rekan-rekan yang bisa ngasih info mengenai :
1. apaka kalo kita pasang oil cooler harus nambah pompa oli lagi
2, Penambahan tersebut apakah harus nenodifikasi mesin motor, maksudnya apakah blok harus sedikit dimodif untuk aliran oli ke coolernya
3. tempat dan perkiraan biaya
thanks a lot guys
1. apaka kalo kita pasang oil cooler harus nambah pompa oli lagi
2, Penambahan tersebut apakah harus nenodifikasi mesin motor, maksudnya apakah blok harus sedikit dimodif untuk aliran oli ke coolernya
3. tempat dan perkiraan biaya
thanks a lot guys
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
buat scorpio udah ada jalurnya gak perlu ganti blok segala.....saya pernah liat di majalah motorplus edisi modifikasi kalo gak salah...trus oil.coolernya bisa punya holden tua...besarnya pas buat scorpio,nah yg jadi pikiran saya itu cuma satu hal.........
bagaimana dengan kapasitas olinya? apakah perlu ditambah?,karena bila ada oil cooler pada saat mesin hidup ketinggian oli akan lebih rendah daripada sebelum dia punya oli cooler sebab sebagian oli sedang bersirkulasi di di slang dan oil coolernya sedangkan mesin punya batas ketinggian minimal oli pada saat mesin hidup, ini sangat terkait erat dengan pelumasan gearbox dan clutch ( kopling basah ) sedang bila kapasitas oli kita tambah dikhawatirkan saat start awal akan berat ( contoh bila kapasitas std scorpio 1,2 liter mungkin kita harus tambahkan 200 cc jadi 1,4 liter )
bagaimana dengan kapasitas olinya? apakah perlu ditambah?,karena bila ada oil cooler pada saat mesin hidup ketinggian oli akan lebih rendah daripada sebelum dia punya oli cooler sebab sebagian oli sedang bersirkulasi di di slang dan oil coolernya sedangkan mesin punya batas ketinggian minimal oli pada saat mesin hidup, ini sangat terkait erat dengan pelumasan gearbox dan clutch ( kopling basah ) sedang bila kapasitas oli kita tambah dikhawatirkan saat start awal akan berat ( contoh bila kapasitas std scorpio 1,2 liter mungkin kita harus tambahkan 200 cc jadi 1,4 liter )
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Makasih banyak infonya, saya coba minta ke redaksi motor plus buat detilnya, cuman kenapa harus dengan punya'nya holden, kalo, misalnya, kita beli khusus produk motor/bekas limbah moge gimana.Yongis_CD wrote:buat scorpio udah ada jalurnya gak perlu ganti blok segala.....saya pernah liat di majalah motorplus edisi modifikasi kalo gak salah...trus oil.coolernya bisa punya holden tua...besarnya pas buat scorpio,nah yg jadi pikiran saya itu cuma satu hal.........
bagaimana dengan kapasitas olinya? apakah perlu ditambah?,karena bila ada oil cooler pada saat mesin hidup ketinggian oli akan lebih rendah daripada sebelum dia punya oli cooler sebab sebagian oli sedang bersirkulasi di di slang dan oil coolernya sedangkan mesin punya batas ketinggian minimal oli pada saat mesin hidup, ini sangat terkait erat dengan pelumasan gearbox dan clutch ( kopling basah ) sedang bila kapasitas oli kita tambah dikhawatirkan saat start awal akan berat ( contoh bila kapasitas std scorpio 1,2 liter mungkin kita harus tambahkan 200 cc jadi 1,4 liter )
Kalo menurut saya soal volume harus ditambah (pasti!!!) kan nggak masalah, soal pada saat engine distart agak berat itu kan cuman hanya nggak sampe 1 menit, selebihnya oli sudah cukup tersirkulasi.
Ada satu lagi pertanyaan, motor saya kan masih dalam masa garansi mesin, apakah dengan penambahan ini garansinya akan tdk berlaku.
Thanks again.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
kayaknya gak ada masalah deh bisa pake limbah moge ,nah saya jadi punya ide juga mengenai berapa cc kah kita harus menambah olinya?,menghitungnya ya bisa memakai unit oil cooler berikut selang selangnya,balik oil cooler tersebut sehingga kedua selang berada diatas,lalu masukan oli kedalamnya sampai penuh,pastikan oli benar2 telah memenuhi semua kisi2 dalam cooler ,nah setelah itu kita tuang ke gelas ukur en Bingo! dapet deh......lain oil cooler pasti volumenya juga beda khan?
mengenai garansi kalo gak salah ada salah satu pasal mengenai perubahan sistem kerja mesin,ya otomatis karena sistem pelumasan berubah dan ada penambahan komponen yg tidak standard maka bisa membatalkan garansi tersebut,saya juga mo pasang oil cooler tapi mo nunggu garansinya habis dulu deh...........
mengenai garansi kalo gak salah ada salah satu pasal mengenai perubahan sistem kerja mesin,ya otomatis karena sistem pelumasan berubah dan ada penambahan komponen yg tidak standard maka bisa membatalkan garansi tersebut,saya juga mo pasang oil cooler tapi mo nunggu garansinya habis dulu deh...........
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Sori alamat emailnya belom
[email protected]
[email protected]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
2 tak gak perlu oil cooler lagian apanye yg mo didinginkan? olinya kan oli samping? memang selalu dingin begitu juga oli transimisi suhunya gak begitu tinggi karena cuma muter2 di roda gigi doank..lagian kompresi mesin 2 tak kan lebih rendah dari 4 tak jadi suhu mesinya juga lebih rendah
mengapa motor 4 tak modern perlu oil cooler?
mesin 4 tak berkompresi lebih tinggi dari 2 tak otomatis suhu mesin juga lebih tinggi juga karena oli 4 tak mengalir ke tempat2 yg super panas yaitu:
-dicipratkan/disemprotkan ke dinding silinder dan piston
-kepala sillinder melumasi bos2 klep serta kepala silindernya sendiri
dengan adanya oil cooler bisa menjaga suhu oli tetap rendah sehingga secara keseluruhan dapat membantu menjaga suhu mesin tidak overheat
mengapa motor 4 tak modern perlu oil cooler?
mesin 4 tak berkompresi lebih tinggi dari 2 tak otomatis suhu mesin juga lebih tinggi juga karena oli 4 tak mengalir ke tempat2 yg super panas yaitu:
-dicipratkan/disemprotkan ke dinding silinder dan piston
-kepala sillinder melumasi bos2 klep serta kepala silindernya sendiri
dengan adanya oil cooler bisa menjaga suhu oli tetap rendah sehingga secara keseluruhan dapat membantu menjaga suhu mesin tidak overheat
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Mon Feb 24, 2003 2:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Mon Feb 24, 2003 2:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
tiger udah lebih dulu buat jalurnya...sejak keluaran thn 95
sayang motornya kurang ok top speednya kecuali di modif dan kalo ngomong motor 4 tak kompresinya lebih tinggi itu wajar karena kalo enggak bisa bolot tarikannya dan kalo 2 tak kompresinya rendah karena kalo tinggi diatas 7 bisa lebih cepet panas coba deh make RX King dari jakarta ke cibinong aja gak usah ke bogor tapi jalan rata2 80 km/h pasti abis itu larinya bakalan bolot lain kalopake motor 4 tak kaya GL Pro atau tiger di cibinong sih belum ada ngaruh ke performa mesin walau udah cukup panas.
sayang motornya kurang ok top speednya kecuali di modif dan kalo ngomong motor 4 tak kompresinya lebih tinggi itu wajar karena kalo enggak bisa bolot tarikannya dan kalo 2 tak kompresinya rendah karena kalo tinggi diatas 7 bisa lebih cepet panas coba deh make RX King dari jakarta ke cibinong aja gak usah ke bogor tapi jalan rata2 80 km/h pasti abis itu larinya bakalan bolot lain kalopake motor 4 tak kaya GL Pro atau tiger di cibinong sih belum ada ngaruh ke performa mesin walau udah cukup panas.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang