Segalanya tentang Striping asli pabrik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by desuk »

Mau bagi pengalaman nih pada bro2 semua.

saya dah beli Shogun SP 125
penampilan ma tenaga OKE and TOP BGT banget
tapi ada satu yang sangat mengganjal dihati
striping asli bawaan pabriknya ngecewain banget
sorry nih bagi penggemar berat shogy karena saya juga cinta berat ama shogy makanya ampe bela-belain beli.

striping bawaan pabriknya gampang ngelupas, dan terkesan dipasang secara sembarangan ma tukang stripingnya.
bahannya juga nggak bagus sekali.
setelah service pertama ampe dirumah waktu cuci Shogy stripingnya dah robek2 :(( itu salah montirnya atau stripingnya yang nggak tahan kena hentakan pas service..

ujung striping kayak nggak nempel dengan baik dan ditengah2 striping kadang2 ada udara yang terjebak, meski pernah dikeluarin pake kuku dengan hati2 besoknya dia nongol lagi.
pernah sekali saya cek ke dealer dan lihat kondisi motor yang masih baru, ternyata kondisi stripingnya sama dengan motor saya, bahkan ada yang lebih parah (udara yang terjebak lebih gede - ih serem).

ada yang punya tips nggak biar stripingnya bisa awet dan bagus terus. soalnya striping Shogun SP keren banget.. sayang kan kalau ganti ma yang accesoris

apakah ada bro2 yang punya shogy mengalami hal yang sama seperti yang saya alami?

atau bro2 yang lain yang punya merk motor lain (selain Shogy) yang ngalamin hal yang sama atau stripingnya tahan banting :D sharing pengalamannya disini.

kesimpulan/ringkasan pertanyaan:
- apakah striping Shogy SP emang jelek bahan ma kualitas lemnya? bagaimana dengan motor yang lain
- adakah cara menghilangkan gelembung udara ditengah striping dengan aman tanpa merusak body dan cat? + tips perawatan
- saran buat suzuki agar stripingnya lebih diperhatikan, karena motor yang berkualitas bisa dilihat juga dari kualitas stripingnya, bukan dari tarikan mesin saja. mudah2an fans beratnya shogy nggak pindah kelain produsen.
- ada nggak lem untuk ngelem ulang tuh striping
- kalau kita cabut stripingnya terus pasang lagi, apakah hasilnya bisa bagus? (soalnya stripingnya kadang pasangannya nggak bener, masak lobang bautnya di sayap nggak match ma lobangnya - betul2 bego nih tukang stripingnya shogy, pecat aja dah)
- motor merk apa yang stripingnya paling bagus dan paling jelek? :D - sekedar perbandingan aja : polling stripping paling keren ma tahan lama.
- pertanyaan ini nggak tertutup pada motor yang lain - mungkin aja ada yang mau memberikan tambahan atau saran. tapi karena yang saya punya adalah shogun SP jadi yang saya utarakan adalah nih Shogy
- pertanyaan lain mungkin menyusul begitu ada ide :D

sorry nih pertanyaannya lumayan banyak.
bukan maksud saya untuk menjelek2kan suzuki atau Shogy, tapi tolong diperhatikan juga kepuasan pelanggan anda. karena laku kerasnya produk anda juga tak lepas dari kritik dan saran dari pelanggan.

mohon maaf jika ada salah2 kata.
(segala tulisan diatas) -> CMIIW

Thanks atas pencerahannya
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

udah mendingan copot aja tuh striping..bagusan tampil polos atau ganti stripping aja sama punyanya Super Best 125.
banyak koq ditoko variasi.
fun
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Jun 25, 2005 3:19

Post by fun »

Sama seperti MX gw..sdh telanjang dari striping..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

memang dr dulu, suzuki punya kelemahan/kejelekkan di mutu body-nya. Contoh motor tornado, lu liat deh, cat nya jelek banget, br setaon pake dah kusam, malah ada luntur2nya segala...gile...kabarnya f150 juga mutu stiker stripping nya gak sebagus raider...krn pake produk lokal indo katanya...bener apa nggak, tunggu aja setaonan...satria yg 2 tak juga kurang ok catnya, kalo gw perhatiin, yg dah 2 taonan pake, dah rata2 pada berkurang kilap cat nya..padahal motor merek laen nggak...fine2 aja walau dah taonan pake...motor king gw dulu dah 4 taon, masih aja mengkilap cat nya walau cuma cuci pake aer...silau meeeennnn....

saran gue, kalo kurang puas, mending dicopot aja stripping-nya, terus pergi ke pabrik indomobil suzuki, bro tempel tuh stripping nya di tembok pabrik motor suzuki, tambahin tulisan "inilah stripping ora mutu!!!"

ganti aja, bikin stripping sendiri di tukang stiker yg bagusan. Pake stiker 3M yg terkenal kuat!
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

:(( semakin bikin sedih aja. jawabannya semua pengin gw cabut tuh striping..
tapi gw seneng banget lihat striping bawaan pabriknya. disamping itu ogah juga beli striping accesoris karena perlu rogoh saku lagi. ni motor aja masih nyicil..

usul bro nichol yang "inilah stripping ora mutu!!!" kayaknya perlu dilakukan tuh... biar jera suzuki, tapi kayaknya dari dulu kagak ada yang berani protes tuh ma suzuki :D. takut nggak dikasi servis gratis kali :))...

apa dealer suzuki nggak pernah mau introspeksi produk mereka ya? kayaknya dah berapa generasi motornya kelemahannya nggak pernah mau diperbaiki. kayaknya mereka emang bener2 ingin pelanggan mereka pindah pake produk yang lain..
CMIIW

buat bro2 yang tahu humas suzuki kasi mereka link ke thread ini dong, biar mereka bisa tahu gimana ulasan produk mereka dari konsumennya yang dah makek.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Re: Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by timtimnugroho »

desuk wrote: kesimpulan/ringkasan pertanyaan:
- apakah striping Shogy SP emang jelek bahan ma kualitas lemnya? bagaimana dengan motor yang lain
nggak semuanya kok
desuk wrote: - adakah cara menghilangkan gelembung udara ditengah striping dengan aman tanpa merusak body dan cat? + tips perawatan
ngilangin gelembungnya susah soalnya awalnya dah salah, pemasangan stripping/ stiker gede khan harus menggunakan air sabun/sampo.
desuk wrote: - saran buat suzuki agar stripingnya lebih diperhatikan, karena motor yang berkualitas bisa dilihat juga dari kualitas stripingnya, bukan dari tarikan mesin saja. mudah2an fans beratnya shogy nggak pindah kelain produsen.
kgak lah
desuk wrote: - ada nggak lem untuk ngelem ulang tuh striping
- kalau kita cabut stripingnya terus pasang lagi, apakah hasilnya bisa bagus? (soalnya stripingnya kadang pasangannya nggak bener, masak lobang bautnya di sayap nggak match ma lobangnya - betul2 bego nih tukang stripingnya shogy, pecat aja dah)
waduh ya beli aja stripping yg baru trus pasang lagi pake' air sabun
desuk wrote: - motor merk apa yang stripingnya paling bagus dan paling jelek? :D - sekedar perbandingan aja : polling stripping paling keren ma tahan lama.
Raider 150 noh cakep minimalis ato Jupiter keluaran pertama kali simple just "Jupiter"
















GW aja dapet motor shogy 3 bulan langsung klentek strippingnya :D
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Soal kualitas cat dan stripping, saya kira Yamaha jagonya.

Honda dan Suzuki masih kalah.

Kalo Kawak kagak tau gw :D
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Bisa saja karena kualitas sticker-nya bro!!

Kebetulan gw pernah kecipratan rezeki bikin stripping motor (merek *rahasia*) dan helm (*rahasia*) juga......

Dari 2 pabrik motor yg gw kerjakan, salah satunya memang selalu order sticker dengan harga murah !!! Alias kualitas bahan pastinya juga lebih murah pula.

Jenis sticker yang murah biasanya lebih getas dan cenderung sulit mengikuti kontur bodi motor yg biasanya banyak lengkungan. Alhasil, sulit banget menempel dengan mulus di bodi motor.

Mengenai gelembung udara di stripping, harusnya sih jarang2 banget. Karena di pabrik motor mereka juga menggunakan teknik air sabun untuk meminimalkan kesalahan tempel dan gelembung udara.
Gelembung udara biasanya bisa terjadi karena bodi yg akan ditempel sticker terdapat kotoran/debu.

Demikian sedikit info dari gw........
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

bro gauss, bisa minta tolong nggak penjelasan dari air sabun itu kayak gimana kronologinya?
kok bisa dipakai sebagai bahan pembantu dalam pemasangan stiker. padahal kan kalau dipake cairan lagi bisa nggak kuat nempel tuh lem stiker.

sorry nih saya masih awam banget ma istilah air sabun.
apa air sabun yang dimaksud adalah sabun yang dipakai mandi atau detergen cuci pakaian?

thanks atas infonya
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

tomy_j wrote:Soal kualitas cat dan stripping, saya kira Yamaha jagonya.

Honda dan Suzuki masih kalah.

Kalo Kawak kagak tau gw :D
temen gue punya kawak 96, sampe terakhir dia mo copotin strippingnya taon 2005 (9 taon bro), copotinnya sampe merem melek....2 jem gak kelar2...bener2 kuat...kalo stripping kawak taon lawas bahannya rada keras gitu, kuat banget. Tau deh yg taon2 sekarang.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

desuk wrote:bro gauss, bisa minta tolong nggak penjelasan dari air sabun itu kayak gimana kronologinya?
kok bisa dipakai sebagai bahan pembantu dalam pemasangan stiker. padahal kan kalau dipake cairan lagi bisa nggak kuat nempel tuh lem stiker.

sorry nih saya masih awam banget ma istilah air sabun.
apa air sabun yang dimaksud adalah sabun yang dipakai mandi atau detergen cuci pakaian?

thanks atas infonya
sebenernya asal cara pasangnya resik, bisa bagus juga hasilnya. Sebelum dipasang, body harus dicompound halus agar daki2 dan kotoran kecil lenyap dr motor, terus cuci bersih pake sabun. tempel deh..asal gak ada sedikitpun debu, pasti kuat nempelnya. Demikian juga kalo mo pasang stiker2 murah/variasi kalo bisa dicuci dulu, minimal pake air. Motor gw ada ditempel pake stiker murah yg rp.2500 aja kuat bener sampe sekarang, krn sblm ditempel, gw cuci bidang tempelnya pake aer sampe bener2 bersih dr kotoran.
Just Call Me Nichol !!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

bukan gitu... pake' air sabun,setelah benar2 bersih body yg akan ditempel stiker dibasahin pake' air sabun dan stiker ditempel dalam keadaan body masih 'basah' setelah stiker menempel elus2 dan keluarkan gelembung udara setelah rapi biarkan kering ato pake' bantuan hair dryer....

dulu gw sempet nggak percaya masak stiker bisa nempel dalam keadaan basah.... tp krn ada air sampo itu
palgunadi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon Feb 12, 2007 5:21

Menurut GUE

Post by palgunadi »

kl menurut gue sih dr pengalaman motor Honda Supra X125 dan Yamaha Jupiter MX 135, dari dr masalah kualitas (bukan design) kualitas stiker honda paling bagus, gue pernah mau ngelepas susah banget, itupun msh ada yg tertinggal, dan lemnya kuat, tp kl stiker jupiter mx dicopot dikit aja semua ngikut tanpa bekas dan lemnya jg gak ninggalkan banyak bekas, gitu aja
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

skrng gua pake thunder 125. emang kualitas thunder ini dlm hal cat n stripingnya jelek.
dulu gua punya ninja taun 97, wah emang kualitasnya beda jauh. gak tau deh kualitas kawak skrng.
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

klo mau kuat stikernya di pernis aja. kebetulan teman gw pernah cat ulang motornya dan stikernya ditepel ke body motor baru di pernis jadi tuh stikernya bener2 menyatu sama cat body motor. dan juga klo poles motor ngak meninggalkan sisa polesan di ujung stikernya. soalnya gw klo poles motor pakai silicon pas dilap masih ada sisanya di batas antara stiker dan cat body motor lama2 jadi seperti garis putih. tapi stiker motor gw sih masih nempel kuat tuh di body motor walaupun udah 10thn.
btw ada yg tau ngak cari stiker asli NSR-RR lampu bulat (RR ASTRA) warna merah dimana ya? gw pernah cari ke Harapan Motor kbn jeruk sama Chips Motor tp adanya yg versi malaysia doang.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

timtimnugroho wrote:dulu gw sempet nggak percaya masak stiker bisa nempel dalam keadaan basah.... tp krn ada air sampo itu
Perlu diingat... penempelan dengan air sabun (air biasa + sabun/deterjen), BUKAN DENGAN AIR SAJA!

Kalo pake air doang.. nantinya malah gak bisa nempel ...!! hehehe...
Penggunaan air sabun ini sebenarnya cuma buat 'fasilitas' aja, supaya nempelnya nggak miring2... dan bisa di-relokasi.

Kalo udah jago... ya gak perlu air sabun lagi :)
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Post by andryans »

gw pk satria f150 sejauh ini stiker masih bagus ga ngeletek cuma ada beberapa yg gw cabut, soalnya keramean.....

masalah cat sejauh ini dari mei 05 s/d sekarang masih mengkilap... hehehehehe

asal kita rajin merawat & cepet mencuci kl kotor di jamis lus..lus....lus.... :p
A/T vehicle.....
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Oiya mau nambahin sedikit...
Pabrikan motor juga terkadang memiliki beberapa vendor/supplier untuk pembuatan sticker-nya. Makanya kualitas juga bisa beda2 (varied)... :)
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Post by didietkeren »

stiker stripping mocin Hokaido X '00 sampe skrg (dah 7 tahun) masih bagus, ngga ngeletek, warna masih sperti baru...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

ngomong2 soal striping motor..

sy perhatiin semua motor Honda bentukkan stripingnya pasti spt gambar sayap (logo Honda).

trus jg Yamaha Scorpio bentukkan stripingnya mirip ama binatang kalajengking.
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Sayang motor ane gak ada stikernya......
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by neo88 »

Bisa gak striping mot0r yg dari baru dicopot dgn baek2 (tidak smpai merusak body n stripnya) truz... ntar kapan dpsang lagi.. intinya tanpa cacat gitu... ??? :e-think:

kl0 bisa caranya gimana.. br0...??? :e-think:


m0h0n pecerahannnya ya......
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by neo88 »

Bisa gak striping mot0r yg dari baru dicopot dgn baek2 (tidak smpai merusak body n stripnya) truz... ntar kapan dpsang lagi.. intinya tanpa cacat gitu... ??? :e-think:

kl0 bisa caranya gimana.. br0...??? :e-think:

m0h0n pecerahannnya ya......
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by neo88 »

Oii... ni.. ne0 tanya k0q ga... ada yg m0 bantu ya....... HELPPPPP !!! :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Segalanya tentang Striping asli pabrik

Post by buatandi »

neo88 wrote:Bisa gak striping mot0r yg dari baru dicopot dgn baek2 (tidak smpai merusak body n stripnya) truz... ntar kapan dpsang lagi.. intinya tanpa cacat gitu... ??? :e-think:

kl0 bisa caranya gimana.. br0...??? :e-think:

m0h0n pecerahannnya ya......
mana bisa bos
stiker ny pasti rusak lah...plastik kan kalo di tarik melar bro...
seperti slogan "barang yang sudah di beli tidak boleh di kembalikan" heheheheh