bimzbim wrote: Tue Jul 26, 2022 7:52
Saya ada pengalaman pribadi, tahun lalu nyari mobil untuk istri karena ganjil genap.
Waktu itu pilihan nya mobil baru atau mobkas, dengan budget maks di 400 jt.
Akhirnya pilihan jatuh ke accord CR2 2017. Dan kita termasuk hoki ya, karena dapet mobil dalam kondisi seger. Mobil tangan pertama dan selalu service di beres. Mobil udah jalan satu tahun, dan ga ada keluhan sama sekali. Hanya ada satu di getaran saat transmisi masuk ke D atau R. Tapi wajar sih, karena engine mounting emang belum diganti. Setelah diganti semua, getaran hilang.
Kesan pertama mobil ini manuvernya enak banget. Moncong mobil nurut banget ama setir. Walaupun ukurannya lebar dan panjang, tapi beneran lincah dan nempel di jalan.
Kesan kedua suspensi nya ga bisa dibilang empuk, tapi juga jauh dari keras. Kalo saya bilang "refine". Rasa suspensi nya bener bener sensitif ama tekanan ban, selisih 1 psi aja langsung terasa. Dengan ban Michellin PS3 agak susah nyari setting yg sesuai. Tampilan ban sebenernya paling pas kalo dikasi tekanan 35 psi. Tapi rasa suspensi jadi keras, kalo ngadepin tonjolan tonjolan dijalan. Paling nyaman di tekanan 33 psi (sesuai rekomendasi), tapi fisik ban terlihat kayak kurang angin. Akhirnya stick di 33 karena istri lebih milih nyaman.
Kesan ketiga, nih mobil bisa dibilang boros kalo dijalanan macet. Tapi wajar karena 2400 cc. Konsumsi bbm kalo macet bisa di 7-8 km per liter. Tapi kalo crusing santay jalanan lancar, bisa di 17-18 km/liter (pertamax turbo - fastron gold).
Kesan keempat, nih mobil naturenya sebenernya mobil buat dibawa kalem dan santay. Tapi pernah sekali ane pinjem dari istri, ane test top speed nya bisa mencapai 210 km/jam. O iya, speedometer di accord bisa dibilang cukup akurat, cuma selisih 4 km/jam dibandingkan GPS. Tenaga mobil ini bisa dibilang rata ya. Akselerasi dari 0-100 ga istimewa. Tapi akselerasi dari kecepatan 60 km/jam nya bisa dibilang lumayan yah. Buat naik kecepatan s/d 180 bisa dibilang effortless. Terasa butuh sedikit effort saat naik dari 180 ke 210 km/jam. Raungan mesin nya sangat merdu ya, meskipun bukan tandingan V6 atau V8, tapi jujur aja suaranya enak banget waktu gas kita bejek. Mobil yang enak banget buat crusing, tapi juga bisa memuaskan gejolak jiwa sesekali.
Kesan kelima, kabin accord ini lega, nyaman dan kedap. Noise terutama noise dari sektor ban terendam dengan sangat baik (kemungkinan konstribusi dari jenis ban juga sangat besar). Rattle ga ada. Hanya ada satu yang ganjel, disektor cup holder disisi panel pintu. Entah kenapa, botol minuman pasti selalu beradu dengan panel door trim, menimbulkan efek suara tak tak. Karena kabin yg senyap, bunyinya jadi menggangu sekali. Kesan premium terlihat dari material dan design kabinnya, tapi jauh dari kesan luxury. Karena ini emang bukan mobil luxury sih ya.
Kesan berikutnya, nih mobil minim fitur dan teknologi. Ga ada rem elektrik (autohold dan parking brake). Ga ada adaptive cruise control. Sistem keamanan aktifnya ga ada karena emang ga ada radarnya. Entertainment sistemnya lumayan terbantu karena bisa android auto. Speaker dimobil ini biasa banget, nothing spesial. Aktif noise controlnya menurut ane sederhana, tapi sangat membantu. Sistemnya sederhana, suara speaker akan mengeras secara otomatis mengikuti speed kendaraan. Noise direduksi oleh suara speaker rupanya hehehehe.
Kesan terakhir, ini yang bikin istri ga bisa beralih ke pilihan lain. Design eksterior nih mobil emang cakep sih. Campuran dari elegan dan sporty. Tampilannya bener bener eye catching, dan timeless sih. Event dengan accord cm2, CR2 facelift ga keliatan tua.
Overall, nih mobil bisa dibilang kombinasi yang pas untuk yg ingin tampilan kendaraan yang kece dan timeless tapi memberi kenyamanan buat mereka yang sudah berkeluarga, tapi masih punya sedikit sisa sisa jiwa muda buat ngerasain sensasi kecepatan dan manuver tinggi.