Nah minggu kemaren ane jalanin lg buat JJS dari pas pulang dikit lg mo sampe tiba2 kejadian ky gitu lg, Ane pun bingung.... nah
ada beberapa hal yg mo ane konfirmin (iya tau pasti dibawa ke bengkel cuma at least biar lebih tau klo ada ky2 gini)
1. Penggunaan ane saat di jalur puncak itu ane pake ke Posisi 2, karena ini posisi paling enak buat nanjak , dapetin momentum dan bisa nahan pas turunan (engine brake), ane blom coba pake kickdown karena klo asumsi ane jadi kaya maksa transmisi, so apakah usage ane salah ? apakah yg bener kickdown. Jika salah apakah ini penyebab itu terjadi ?
2. Asumsi ane penyebabny dan solusiny mungkin
2.1. Mild case : perlu kuras dan ganti oli matic seluruhnya (karena pas liat service record owner sebelumnya ganti atf sekitar 1-2 thun yg lalu. Sanggahan : kondisi atf masih ok, dan walau sudah 1-2 thun yg lalu, pemakaian owner sblmnya cuma dipanasin sama ortunya tiap bbrp hari sekali. Karena doinya rantau.
2.2. Worst case : ada komponen transmisi yg perlu diganti mengingat ini mobil 2005 dan belum pernah turun matic samsek.
Sanggahan : Kalau nanti ternyata dibongkar trnyata g knp2 dan cuma harus ganti kuras oli aja , jadinya ga efisien dan makan waktu wkwkwk

2.3. Nyeleneh : apakah patut dicoba aditif2 matic (macem GC m*xp*o) yg sliweran di yutub2 buat mencegah/ ngobatin problem matic ringan.
Sanggahan : even if use that kayanya cuma solusi temporary sih dan khawatir akan not good for long term or even ngerusak seal2 matic.
2.4. Asumsi baru kemaren : apakah karena overheat ? kemaren pas iseng buka tutup radiator ada sludge/lumpur gitu .. apa bisa jadi penyebbabnya karena coolingnya ga optimal ? hmmm
Sanggahan : tp suara mesin normal, dan indikator overheat pun ga nyala kok
Jadi klo menurut experience, insting/feeling atau naluri atau apapun itulah wkwkw suhu2 di mari, manakah poin yg patut di lakukan ?
Karena misal : klo emg perlunya poin 2.2. kan berarti ga harus nglakuin 2.1. ... wong skalian...


Terimakasih suhu2 SM