timbermaniac123 wrote: Fri Jun 03, 2022 8:49
Kalau saya si beli mobil yang 180jt misal baru kaya brio. Sisanya 120 juta per tahun masuk investasi, bunga investasi bisa buat bantu bayarin pajak mobil utama atau sekedar bantu bayarin bbm operasional. Secara udah ada 1 mobil utama yang cakep buat weekend.
coba saya simulasiin, bener ga nih hitungan saya :
1. Beli mobil murah 180 juta (120 + 60 dari kantong pribadi)
4 x 120 : 480 juta (masuk obligasi misal 5.5%)
bunga th 2 120 juta : 495.000 x 12 : 6 juta
bunga th 3 240 juta : 990.000 x 12 : 11.8 juta
bunga th 4 360 juta : 1.485jt x 12 : 17.8 juta
bunga th 5 480 juta : 1.980jt x 12 : 23.76 juta
total asset : 480 jt + bunga : 539.36 juta + mobil (estimasi depresiasi) 120 jt : 659.36 jt - pajak 5 tahun sekitar 15 juta ? - bengkel 5 tahun 20 juta - asuransi 5 tahun 20 juta - 60 juta tambah beli brio di tahun pertama - perbedaan bensin 5 tahun 50 juta = punya duit 494 jt di tahun ke 5
2. Beli Altis Hybrid : 521 - depresiasi 5 tahun : 400 jt - 150 jt (cicilan 5 tahun) : punya duit 250 juta
Kalau soal cost bensin hybrid : LCGC yah harusnya si lebih irit hybrid, tapi ga bedanya jomplang. Anggep pp 50km per hari dengan perbandingan beda 5 kpl. Harusnya si dalam 5 tahun beda cost bensin ssekitar 50 juta.
Mantap om @timbermaniac123 , hitung2an yang komprehensif sekali!

. Thank you masukannya om. tambahan info aja, untuk mobil altis dari kantor, bensinnya ditanggung, sedangkan kalau beli sendiri bensin ga ditanggung, tapi ya bener kata om, at the the end of the day, tetep lebih untung ambil mobil sendiri.
menarik juga sih brio baru LCGC, selama ini saya belum melirik LCGC hanya karena 1 hal yaitu safety, dengan image body kaleng tipis dan fitur safety yang seadanya. Soal image, saya ga terlalu peduli, selama mobil berguna untuk mendukung aktivitas sehari-hari buat cari cuan

. Sesuai saran om, mungkin saya akan cari yang non LCGC tahun 2019 atau 2020, once again thanks for the input om
Pboyz97 wrote: Fri Jun 03, 2022 13:44
Dayakz87 wrote: Fri Jun 03, 2022 3:58
Halo om-om semua, saya lagi galau nih terkait pilihan mobil. Jadi ceritanya saya dapat jatah COP kantor

, ada pilihan mobil di dalam list nya dan saya harus cicil selama 5 tahun. tapi saya juga bisa convert jatah COP kantor itu jadi uang sekitar 120 juta/tahun selama 5 tahun yang bisa saya pakai untuk apa aja termasuk beli mobil second, tapi ambilnya ini harus per tahun ga bisa sekaligus.
posisi saya sekarang lagi butuh 1 mobil lg untuk plat ganjil, untuk daily commute, saya ada mobil harian 1 (peugeot 5008 allure) , sama mobil hobby 1 (e36) , tapi 2-2 nya plat genap. Saya ga terlalu mikirin gengsi untuk mobil, tapi pengen coba juga punya mobil hybrid. Nah pilihannya skrng antara:
1. Ambil jatah cop mobil list dari kantor, dapatnya altis hybrid 2022, tapi saya harus bayar cicilan sekitar 2.2 - 2.5 juta per bulan selama 5 tahun. Worry free karena pajak, asuransi, service ditanggung kantor, ditahun 5 mobil jadi punya saya
Atau..
2. Ambil mobil second civic FD 2010-2011 dengan harga 140-150, di tahun pertama saya pakai convert jatah cop per tahun saya (nambah sedikit). Tahun 2-5 saya masih punya uang 120 jt/tahun yang bisa saya pakai apa aja, termasuk service, asuransi, sekolah anak, happy2 sama keluarga etc.
Nah pertanyaan saya, menurut om2 worth it ga punya mobil hybrid selama 5 tahun? saya mempertimbangkan resale value nantinya yang mungkin bisa jatoh. Sama apakah altis hybrid mobil yang enak untuk dipakai harian?
Lalu untuk Civic FD apakah reliable dan kira2 perawatannya akan mahal atau tidak? saya ada piara E36, yang menurut saya wajar2 aja ga mahal ga murah, tapi servisnya nya di bengkel spesialis so komparasinya mungkin kesitu.
Kalau om-om di posisi saya kira2 om akan pilih mana?? Atau ada pilihan mobil seken lain yang bagus buat harian, ga banyak masalah, dan kalau bisa diatas tahun 2010 budget 150 juta max
Thank you om-om semua
kalo saya pribadi tergantung kebutuhan. kalo pengen yg worry free bisa lirik opsi 1, apalagi servicenya masih ditanggung kantor + altis hybrid cukup worth kok, kalo udh biasa miara pug & bmw, harusnya miara altis hybrid gak ada masalah menurut saya
tapi kalo mau opsi ke 2. saya lebih prefer lmpv / mpv ladder frame, karena cukup reliable juga untuk dipakai harian. bisa lirik innova diesel matic keluaran awal tahun 2006-2007 atau ertiga gl/ gx 2013-2015. sepertinya masuk budget. kalo civic sih cukup reliable ya. perawatan mirip2 sm crv, part mesin & kaki2 masih cukup mudah kalo di jakarta, karena bengkel spesialisnya masih banyak yg bisa handle. kalo civic sama2 di spesialis, sepertinya lebih murah dibanding e36. tapi PR nya ada di nyari unit yg bagus dan full orisinil. karena nyari FD yg bagus dan full ori cukup sulit. rata2 udh bekas modif sana sini, km gondrong, tangan ke sekian, mesin2 bocor2, rack steering oblak + mounting oblak juga + kalo miara FD, kalo bisa cari yg full ori luar dalam, sukur2 dapet yg masih tangan 1 dari baru. intinya harus spend waktu lebih buat hunting unit + spare dana diluar harga mobil buat perbaikkan, terutama kaki2, rack steering dan mounting. karena 3 bagian itu kalo udh diatas 100rb km memang sudah waktunya untuk servis or dilakukan penggantian
Bener banget om, susah banget cari civic FD yang masih orian dan KM dibawah 100.000, biasanya udah mobil capek diatas 110.000 dan yang paling bikin ilfeel itu modifikasinya suka agak gimana gitu. Saya juga tipe yang lebih suka mempertahankan originalitas, paling modifikasi cuma ganti velg sama ganti lowering kit.
Mobil MPV kayanya saya skip dulu karena udah ada PUG, yang udah bisa akomodir fungsi jalan2 santai keluar kota. sekarang lebih cari sedan/hatchback yang bisa sat set sat set menembus jahanamnya macet ibu kota.
rakyatwkwkland wrote: Fri Jun 03, 2022 13:57
Kalo jalan setahunnya banyak, at least di atas 10k km setahun sih masih oke2 aja ambil altis hybrid. Tapi kalo di bawah itu sih kl kata ane gak worth it ya, ga berasa iritnya. Mending altis bensin aja.
Btw kl ane jadi oom TS, kan posisi skrg dah ada e36 buat mainan dan 5008 yg gede jadi cocok buat lukot dan bawa keluarga. Nah tinggal kurang mobil kecil buat selap selip dalam kota aja nih. Ane milih city car brand new seharga budget opsi 2 oom TS aja dapet kaya brio ignis. Kalo preferensi pribadi ane milih ignis. hehehe...
Thank you sarannya om, bisa masuk shortlist untuk brio, untuk ignis yang saya denger AMT itu jerky ya kalau dipakai apalagi untuk macet-macetan, dan kebutuhannya cari yang matic om supaya istri nyaman juga pakainya. Mungkin saya akan pilih brio second 2020 yang udah model baru, dengan harga yang mirip2 Brio Satya CVT baru.
gwsecretc wrote: Fri Jun 03, 2022 15:30
Kalo pilihannya hanya 2 itu, saya pilih no 1 om.. lebih worry free biar om gak repot bolak balik bengkel.
Karena civic usianya udah 1 dekade lebih, pasti bakal ada aja komponen yang butuh perbaikan, ntar om malah jadi babu yang diperbudak mobil karena bolak balik bengkel kan repot, kecuali mobilnya bukan buat daily alias hanya buat hobby ga masalah untuk ambil civic 2010..
rakyatwkwkland wrote: Fri Jun 03, 2022 13:57
Kalo jalan setahunnya banyak, at least di atas 10k km setahun sih masih oke2 aja ambil altis hybrid. Tapi kalo di bawah itu sih kl kata ane gak worth it ya, ga berasa iritnya. Mending altis bensin aja.
Btw kl ane jadi oom TS, kan posisi skrg dah ada e36 buat mainan dan 5008 yg gede jadi cocok buat lukot dan bawa keluarga. Nah tinggal kurang mobil kecil buat selap selip dalam kota aja nih. Ane milih city car brand new seharga budget opsi 2 oom TS aja dapet kaya brio ignis. Kalo preferensi pribadi ane milih ignis. hehehe...
Iya om, itu juga yang saya bikin galau, males kalau dapat unit yang tak terduga masalahnya. Sebenernya saya ga masalah spare uang untuk perbaikan mobil second, karena memang udah selayaknya seperti itu, cuma agak ngeri aja kalau istri lagi nyetir sendiri terus tiba2 mogok overheat dijalan, kalau mogoknya pas dibawa saya sih gapapa
