Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Post by desuk »

mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg

apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
- apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
- velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
-pertanyaan lain mungkin akan menyusul begitu ada ide :D


Mohon maaf kalau ada kesalahan istilah, karena saya masih awam tentang istilah motor
jika ada bro2 yang mau menambahkan pertanyaan ini atau menanggapi, atau pernah punya pengalaman dengan velg asli bawaan pabrik motor silahkan saja.

Trims atas pencerahannya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..

sama2 nih, bung..sy jg gak faham seluk beluk soal velg.. :)

AFAIK..
velg CW bawaan pabrik itu kualitasnya jauh lbh bagus drpd velg aksesori yg harganya dibawah 1 jt.

Misal di F-1ZR CW velg palangnya asli Enkei tuh harganya aja diatas 1 jt. Juga dgn Satria F, Supra X 125 CW, Tiger CW dsb.

CMIIW yah..


peace,
\m/
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Ini berdasar sepengetahuan saya lho!
Boleh dikata velg bawaan motor biasanya kuat dan ringan. Biasanya dinilai dari bahan juga sih....tp ini sulit diketahui karena yang berat juga belum tentu kuat dan yang ringan belum tentu rapuh. Contoh velg variasi lokal walau berat kena lobang ndak lama dah peyang. Karena dalam pengecoran tidak mungkin 100% padat pasti ada celah2 akibat udara terjebak dalam bahan pada saat pengecoran....Bahkan velg bawaan moge2 aja juga gitu.

Paling gampang dari struktur fisiknya, misal memiliki bibir yang lebar, penguat tengahnya (pd tengah lingkar) tebal. Coba saja di bandingkan antara Smash dan F150....

Tapi jika dibandingkan dengan produk variasi aftermarket yang memang terkenal. Sedikit ebih baik yang variasi yang after market. Misalnya seperti Daytona. Kalo yang lokal...entahlah....
Dibandingkan dengan velg standar F1ZR CW, daytona (palang 3) mempunyai dinding lebar berefek pada gampang di kasih ban tubeless. Penguat pada lingkar velg (ditengah lebar) lebih tebal terdapat dua tingkatan.Meskipun punya F1Z CW bermerek Enkei tapi kelihatan kasar bubutannya kelihatan meski udah di cat.

Biar awet ya jangan sampai gembos/kurang angin. Hindari lobang2 yang dalam....en harap diperhatikan sewaktu masang ato lepas ban harus hati-hati...salah2 bisa cuil.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

sekuat2nya velg, kalo dah ditabrak, apalagi sama truk ato tronton, pasti rusak, cuma dr sini baru ketahuan kualitas velg.. velg asli buatan pabrik memang lebih kuat dibandingin yg abal2 punya. Kalo velg asli biasanya palingan peyang ato mengok kalo tabrakan. masih layak di press...Kalo velg abal2 biasanya patah ato retak...yg ini kayaknya gak bisa pake lagi deh, kecuali mo nekat.

kelemahan velg racing ya harus ati2 bawanya...gak boleh maen terabas-terobos sembarangan, ada lubang dikit kalo bisa menghindar, laen dgn velg jari2, terobos aja. Apalagi ada polisi tidur (F**k), gak bisa maen terjang aja, kecuali kalo bini ente yg tidur, silahkan terjang...

makanya kalo masih dalem kota yg padat n kontur jalan yg kurang baik, gw saranin sih pake pelek jari2 aja dah paling ok....

untuk banyak/nggaknya palang, gw rasa secara logika, makin banyak palang makin kuat velg tersebut menahan kondisi jalan yg ekstrim...

<<-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? >>

so pasti....apalagi kalo velg belakangnya dah pake cakram, so pasti sangat2 murah. Cek aja perbedaan harga ninja s dengan ninja r, beda jauh harganya ketimbang beli pisah...

<<- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales>>

boleh jadi salesnya bener, krn kenyataannya velg asli pabrikan kuat banget! palingan peyang2 dikit mah ada lha, kudu di setel lagi/press and balancing lagi...
Just Call Me Nichol !!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Post by timtimnugroho »

desuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
sihlakan
desuk wrote:- seberapa kuatkah?
yang jelas lebih kuat dari yg murahan yg harganya dibawah 600rb karena apa? biasanya pabrikan menjalin kerjasama dengan merk velg ternama seperti ENKEI dan mengeluarkan velg OEM untuk pabrikan sepeda motor yg bersangkutan.
desuk wrote: - smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
tentu, penjelasan sederhananya seperti ini velg dengan bentuk jari2 90 derajat terhadap as roda (tegak lurus) jika menghajar lobang rentan penyang dibandingkan bentuk jari2 yg lain karena beban yg diterima lebih besar dari jari2 yg bukan tegak lurus
desuk wrote: -biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
tergantung pemakaian lah..... punya saya saja Enkei suzuki dah tiga tahun dah buat turing kemana-mana fine2 aja tuh
desuk wrote: -apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
tentunya, velg jupie Z kemaren Rp. 1.150.000 untuk F1ZR Rp. 1.800.000 harga dah lama lho ini
desuk wrote: - apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
apaan yak.... nggak tahu dah....
desuk wrote: - velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
tergantung diameter per jari2nya juga seh, diantara pilihan yg tersedia saya pilih 6[smash CW] kenapa? karena velg smash asli ENKEI OEM Suzuki, sedangkan F150 coba cari aja tulisan ENKEI nggak ada.
desuk wrote: - saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
Yah... namanya juga penjual hehehehe... tp gini bro... motor gw Shugun pernah jatuh jalan sekitar 80-90kpj ngehajar lobang gede banget di daerah KSU gw pikir velg gw yg kena ternyata segitiga gw yg bengkok hihihi... jadi ada benernya lah kata sales itu meskipun punya gw bukan SP




CMIIW
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

tuh, lengkap tuh uraiannya...thanks to Humas PT Enkei, Mr. Timtim.... :)
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

timtimnugroho wrote:tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
hmm, trus misal kejadian pelk enkei kita2 patah (amit2 deh jgn sampe), klaimnya kemana neh?
di buku manual motor gak ada mengenai jaminan pelek.
Thanks.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Post by yoyoyo »

desuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg

apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
coba baca2 ini deh
Panduan Pilih Pelek Ciri Pelek CW Asli Pabrikan
http://motorplus-online.com/articles.asp?cat=010104
-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
honda,suzuki,yamaha lupa2 inget, cuma kemaren sih antara kaze ZX spoke dengan VR itu bedanya 750rb. Kalau beli terpisah bbrp bilang 1.6jt(enkei) .
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Post by tomy_j »

desuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg

apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
AFAIK, velg CW bawaan motor pasti telah memenuhi standar pabrikan.
Dan rata2 adalah merek Enkei yg notebene adalah produsen velg terkenal.
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
Hmmm, saya kira gak akan terlalu banyak pengaruh bentuk ke endurance velg CW
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
Motor saya F1ZR CW taon 2001, pake velg CW bawaan merek Enkei 3 spokes, sampe saat ini baik2 aja, kagak ada masalah, kagak peyang dan masih enak dan stabil dibawa ngebut.
-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
Jelas harga bundle akan jauh lebih murah ketimbang beli pelek CW aftermarket yg bermerk kayak Enkei.
Kecuali kalo bro beli velg dgn merk dan produsen yg gak jelas, yg harganya rata2 di bawah 600 ribu.
Ingat bro, harga itu tidak akan bohong, ada harga tentu ada kwalitas.
CMIIW.
- apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
Simple aja, jangan sering2 ngelindas lobang, hehehe....
- velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
Sama aja, tergantung selera bro aja, suka yg mana.
Kalo mo aman, beli aja yg orisinil, kayak Enkei Japan atau Daiichi Thailand, harga di atas 1 jutaan sepasang.
- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
Soal ini, bisa aja sih.
Tapi pernah aku liat di salah satu milis, ada kawak Ninja yg tabrakan, bibir pelek orsi belakang-nya ampe terkelupas.




CMIIW.
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

yoyoyo wrote:
timtimnugroho wrote:tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
hmm, trus misal kejadian pelk enkei kita2 patah (amit2 deh jgn sampe), klaimnya kemana neh?
di buku manual motor gak ada mengenai jaminan pelek.
Thanks.
Iya, gak mgkn patah palang/spoke-nya, paling cuman peyang aja pelak atau bibir peleknya terkelupas.

CMIIW>
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

aduh.. gw disangkain sales velg.... nggak kok cuman klo' gw puas dengan suatu produk, gw rela kok ngulas atu persatu....
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

timtimnugroho wrote:
diantara pilihan yg tersedia saya pilih 6[smash CW] kenapa? karena velg smash asli ENKEI OEM Suzuki, sedangkan F150 coba cari aja tulisan ENKEI nggak ada

tapi kok bisa ya? padahal produk Satria F150/shogun SP (pelek 10) kan harganya lebih mahal, masa sih kualitasnya nggak lebih bagus dari bawaannya smash, atau mungkin lebih jelek dari smash. jadi sedih nih jadinya. mahal2 beli motor tapi kualitasnya lebih jelek dibandingkan yang lebih murah...

motor gw shogun SP, peleknya sama nggak kayak Satria F150?
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

ngomong2 soal velg..

Dulu waktu masih ikutan2 ngetrek pake King pernah pake velg almu Rossi itu velg enteng bgt pernah sy timbang ditimbangan kue (punya nyokap :) beratnya cuma 1/2 kg aja trus sy bandingin ama velg jari2 standar beratnya 1,5kg. pantesan aja tarikan motor jd lbh dahsyat stlh pake velg Rossi.

Kalo dulu harganya sktr 100-150rb kalo skrg brp yah? soale sy lbh berminat ama velg almu jari2 drpd velg2 palang variasi..udah kualitas nomor sekian lbh berat lagi.

peace,
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

gw nggak bilang velg satria lebih jelek dari velg Enkeinya smash... masalahnya di velg FU nggak ada tulisan ENKEI hihihih :D

*korbaniklan*
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

tomy_j wrote:
yoyoyo wrote:
timtimnugroho wrote:tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
hmm, trus misal kejadian pelk enkei kita2 patah (amit2 deh jgn sampe), klaimnya kemana neh?
di buku manual motor gak ada mengenai jaminan pelek.
Thanks.
Iya, gak mgkn patah palang/spoke-nya, paling cuman peyang aja pelak atau bibir peleknya terkelupas.

CMIIW>
Thanks buat re-assurance nya.
Anyway jadi blm ada yang tahu ya apakah ada jaminan dari Enkei itu sendiri... :?
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

klo buat velg jari2 almu itu paling bagus/kuat apa ya yg bisa dicari dipasaran...roosi,TK,daici? asal jangan eccel...apa ada yg bisa nemu accel??
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

jihad koplo wrote:klo buat velg jari2 almu itu paling bagus/kuat apa ya yg bisa dicari dipasaran...roosi,TK,daici? asal jangan eccel...apa ada yg bisa nemu accel??
CMIIW..
Velg jari2 almu yg bagus..
TK & DID kedua velg ini standarnya YZ-125 & RM-125. Kekuatannya lbh bagus drpd velg jari2 orsi bawaan motor.

Kalo Rossi itu buatan lokal, jauh lbh enteng dr velg jari2 orsi motor cuma kurang kuat.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote:
jihad koplo wrote:klo buat velg jari2 almu itu paling bagus/kuat apa ya yg bisa dicari dipasaran...roosi,TK,daici? asal jangan eccel...apa ada yg bisa nemu accel??
CMIIW..
Velg jari2 almu yg bagus..
TK & DID kedua velg ini standarnya YZ-125 & RM-125. Kekuatannya lbh bagus drpd velg jari2 orsi bawaan motor.

Kalo Rossi itu buatan lokal, jauh lbh enteng dr velg jari2 orsi motor cuma kurang kuat.
TK = Takasago ?
cmiiw.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Gak tahu jg yah apa TK itu Takasago sama? Kayanya beda deh..CMIIW.

Setahu sy Takasago gak rilis velg jari2 almu. kalo yg palang banyak tuh.

Velg jari2 almu yg bagus sejauh ini ya cuma TK itu.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Takasago itu setau gw RK...banyakan maen di rante n gear....kalo TK itu beda, bikinan taiwan...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik

Post by nugroho bagor »

Angkat lagi lagi demen motor