Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mohon pencerahannya om2.
Sy mau beli mobil.
Kira2 apa yg cocok ya?
Domisili sy di Gunungkidul, DIY.
Jalannya bergelombang dan naik turun.
Syarat mobilnya adalah:
- fun to drive. Menurut sy, yg fun to drive adalah mobil yg terukur, yg bisa menyalurkan apa yg driver inginkan. Tenaganya harus terukur dan tidak meledak ledak seperti mobil turbo, setir akurat. Kalau masalah limbung atau masalah kaki2, bisa di upgrade.
- baru.
Disini sy ada 2 dana.
Yg pertama adalah dana 700jt dan kedua adalah 500jt.
Mohon pencerahannya ya om2 sekalian. Terima kasih atas sarannya.
Last edited by eksodan on Mon May 09, 2022 11:49, edited 1 time in total.
forzanetti wrote: Mon May 09, 2022 11:48
Ini maksudnya mau beli 2 mobil om? 700jt sama 500jt?
Fortuner 4x4 kayanya cocok tuh om
Sy udah pernah punya yg innova 2kd dan 2gd om. 2 2 nya kurang enak buat daerah sy. 2gd nggak sigap mesin dan maticnya. 2kd lebih mending dibanding 2gd. Tapi 2 2 nya nggak masuk kriteria om.
DrivingPotato wrote: Mon May 09, 2022 11:55
Bertenaga, setir akurat
Ambil Santa Fe Diesel om. Tanjakan dilibas gak kerasa.
Bakal berasa kayak innova 2gd gak ya om? Secara mesinnya sama2 diesel intercooler dan sama2 matic.
Soalnya yg 2gd berasa banget jambakannya, jadi nggak natural dan nggak terukur tenaganya yg dimana itu membuat mobil jadi tidak fun menurut sy. Lalu respon mesin dan transmisi 2gd berasa bolot banget.
DrivingPotato wrote: Mon May 09, 2022 11:55
Bertenaga, setir akurat
Ambil Santa Fe Diesel om. Tanjakan dilibas gak kerasa.
Bakal berasa kayak innova 2gd gak ya om? Secara mesinnya sama2 diesel intercooler dan sama2 matic.
Soalnya yg 2gd berasa banget jambakannya, jadi nggak natural dan nggak terukur tenaganya yg dimana itu membuat mobil jadi tidak fun menurut sy. Lalu respon mesin dan transmisi 2gd berasa bolot banget.
Enakan santa fe jauh dong om dibanding innova. Tenaga jg gede.
Bantingan enak
eksodan wrote: Mon May 09, 2022 12:05
Bakal berasa kayak innova 2gd gak ya om? Secara mesinnya sama2 diesel intercooler dan sama2 matic.
Soalnya yg 2gd berasa banget jambakannya, jadi nggak natural dan nggak terukur tenaganya yg dimana itu membuat mobil jadi tidak fun menurut sy. Lalu respon mesin dan transmisi 2gd berasa bolot banget.
Harusnya jauh om apalagi kalo bandingannya ladderframe yg itu, makanya saya saranin santafe karena sasis monokoknya theoritically bisa ngasih efek beda yg signifikan banget
Yg saya rasakan di 2GD udah ngejambaknya kaget ngeremnya juga ngedive karena berat moncong depan.
Kalo si santa fe yg baru maticnya udah Dual Clutch, ga ada khawatir lemot dan oon kaya transmisi 2GD yg sering bikin saya gemes
Cobain test drive om nanti share ke kita, saya baru nyoba nyetir punya temen rute pendek aja muter2 iseng nyoba. Enak kok dieselnya jg halus banget dibanding 2GD.
eksodan wrote: Mon May 09, 2022 12:05
Bakal berasa kayak innova 2gd gak ya om? Secara mesinnya sama2 diesel intercooler dan sama2 matic.
Soalnya yg 2gd berasa banget jambakannya, jadi nggak natural dan nggak terukur tenaganya yg dimana itu membuat mobil jadi tidak fun menurut sy. Lalu respon mesin dan transmisi 2gd berasa bolot banget.
Harusnya jauh om apalagi kalo bandingannya ladderframe yg itu, makanya saya saranin santafe karena sasis monokoknya theoritically bisa ngasih efek beda yg signifikan banget
Yg saya rasakan di 2GD udah ngejambaknya kaget ngeremnya juga ngedive karena berat moncong depan.
Kalo si santa fe yg baru maticnya udah Dual Clutch, ga ada khawatir lemot dan oon kaya transmisi 2GD yg sering bikin saya gemes
Cobain test drive om nanti share ke kita, saya baru nyoba nyetir punya temen rute pendek aja muter2 iseng nyoba. Enak kok dieselnya jg halus banget dibanding 2GD.
Wah kok pakai dual clutch ya om? Bukannya matic jenis ini sering bermasalah ya om? Nggak bandel maticnya.
eksodan wrote: Mon May 09, 2022 12:29
Wah kok pakai dual clutch ya om? Bukannya matic jenis ini sering bermasalah ya om? Nggak bandel maticnya.
DCT sepengamatan saya yang sering bermasalah itu jenis yang dry alias kering om. Wet Dual Clutch seperti yg dipakai Santa Fe jarang ada masalah di Indo karena ‘wet’, the clutches operate in an oil bath - sehingga nggak kepanasan krn didinginkan oleh oli utk mencegah rusak seperti DCT jenis dry yang banyak dipake di mobil-mobil lain.
Ya ini trade off nya sih om.
Kalo pengen gak lemot spt 2GD memang cocoknya DCT yg sigap banget.
Opsi lain yg transmisinya sigap, Mazda om. Cobain CX-5 atau CX-8 kalo dana 700 an. Asik itu gearboxnya Mazda. Atau bisa juga coba Santa Fe yang bensin, tenaganya ga sebesar yg diesel (logikanya penyalurannya akan lebih subtle karena torsi ga segede diesel) tapi sy percaya ga akan mengecewakan. Malah senyap itu om 2500 cc nya. Nah yg bensin setau saya pakai AT konvensional, kalo om takut pake DCT.
forzanetti wrote: Mon May 09, 2022 11:48
Ini maksudnya mau beli 2 mobil om? 700jt sama 500jt?
Fortuner 4x4 kayanya cocok tuh om
Sy udah pernah punya yg innova 2kd dan 2gd om. 2 2 nya kurang enak buat daerah sy. 2gd nggak sigap mesin dan maticnya. 2kd lebih mending dibanding 2gd. Tapi 2 2 nya nggak masuk kriteria om.
kok aneh ya om, justru turbo 2kd innova ga vnt harusnya lebih bolot karna turbo lagnya lebih berasa. smua innova 2gd yang saya bawa dari rpm bawah uda ngisi deh walaupun ga di remap. bahkan fortuner 2gd yang bodynya jauh lebih berat aja, mesinnya tetep powerful dari rpm bawah menurut saya.
kalo transmisi ya bisa di upgrade pake gotrans biar lebih ngegigit pas ngoper gigi. tapi ga parah parah amat juga kok kalo buat mesin standarnya
ini jangan dibandingin sama mobil mobil kecil dan rendah gcnya yang beneran fun to drive ya. kalo dibanding bawa mobil suv bensin n/a, lebih mantep 2gd lah om. apalagi ini fortuner uda 1gd, ambil yang 4x4 modal remap juga uda ngacir, offroad smua dilibas uda kyk mini land cruiser
Alternatif selain Mazda CX Series untuk pegunungan yang sasisnya enak ya TNGA dari Toyota : CHR, Corolla Sedan / Cross. Tetapi torsi ya memang tidak seenak 2GD. Pada sasis TNGA mesin diposisikan lebih rendah, sehingga berasa enak mengarahkan mobil di jalan pegunungan yang berkelok-kelok.
Tambahan : setir corolla cross cepat kembali ke tengah setelah kita belok, dan kontur jok relatif rendah yg membuat badan serasa dekat kejalan ( compare to ANKi)
mobil gede udah pasti ga fun to drive krn kurang gesit kl itu yg dimaksud dgn kata2 fun to drive. saran sy coba lirik hot hatch atau small sedan yg punya figur 0-100 8 detik ke bawah dan IRS (independent rear suspension). definitely not cvt.
golf gti?
merc a35?
civic type R?
mini jcw 2.0?
bmw m2?
dilibas ae86 nya tukang tahu berani2 lewat gunung kidul
Jalur gunung kidul kayak gimana sih? Mulus kayak jalur2 di game initial D gtu ga? *serius nanya
Kalo TS mau yg fun to drive uda pasti sedan or hatchback. Tp gamau turbo ya? Cuman kepikiran toyota 86, sama MX5 atau kalo yg mau lebih gila C63 W204 atau E63 W212 yg NA. Tp itu masih buntutnya M dan sering ghoib harganya. Ati2 aja nyemplung ke jurang saking liarnya ni mobil.
Kalo suv apalg ladderframe mah apa yg mo diharap dari fun to drivenya. Btw kenapa gamau turbo? Semua mobil modern sekarang kayaknya mayoritas berturbo. Kalo mau kurva tenaga yg linier bisa jg mobil listrik. Ioniq 5 menarik tuh. Entah fun to drive apa nggak. Tp semua pilihan diatas bekas, yg baru paling ioniq. Itu jg 700++
Kalo sedan mazda 6 powernya semestinya cukup utk melahap tanjakan , dan dibawa meliuk2 enak sekali, tp kl kena jalanan rusak ya ini suspensinya keras...
Kalo suv santa fe, meski berturbo tp turbo lagnya sangat halus sekali, teenaga terukur, suspensi nyaman to ga limbung parah, masih tergolong lincah utk ukuran suv
Paling ideal mobil handling tajam ala bmw, yg transmisinya manual ato kalo matic yg dual clutch kalooun AT biasa minimal yg feelnya seperti milik mazda atao bmw...
dan suspensi ala2 golf yg stabil tp masih nyaman juga
mesin non turbo buat ngelahap tanjakan dah pasti minimal 2500cc
Kecuali mobil enteng yg bobot cuma 1 ton bisa jadi cukup pake mesin 1500 - 2000 cc
Tp mobil apa ya yg speknya begini??
Last edited by evolution21 on Mon May 09, 2022 17:10, edited 1 time in total.
eksodan wrote: Mon May 09, 2022 11:41
Mohon pencerahannya om2.
Sy mau beli mobil.
Kira2 apa yg cocok ya?
Domisili sy di Gunungkidul, DIY.
Jalannya bergelombang dan naik turun.
Syarat mobilnya adalah:
- fun to drive. Menurut sy, yg fun to drive adalah mobil yg terukur, yg bisa menyalurkan apa yg driver inginkan. Tenaganya harus terukur dan tidak meledak ledak seperti mobil turbo, setir akurat. Kalau masalah limbung atau masalah kaki2, bisa di upgrade.
- baru.
Disini sy ada 2 dana.
Yg pertama adalah dana 700jt dan kedua adalah 500jt.
Mohon pencerahannya ya om2 sekalian. Terima kasih atas sarannya.
tergantung kebutuhan dan jenis mobilnya
kalo suv budget 700 jt
- santa fe diesel
- cx9
- cx8
kalo sedan budget 700 jt
- honda accord turbo
- mazda 6
DrivingPotato wrote: Mon May 09, 2022 11:55
Bertenaga, setir akurat
Ambil Santa Fe Diesel om. Tanjakan dilibas gak kerasa.
Bakal berasa kayak innova 2gd gak ya om? Secara mesinnya sama2 diesel intercooler dan sama2 matic.
Soalnya yg 2gd berasa banget jambakannya, jadi nggak natural dan nggak terukur tenaganya yg dimana itu membuat mobil jadi tidak fun menurut sy. Lalu respon mesin dan transmisi 2gd berasa bolot banget.
jauhhh omm, kebetulan udh pernah td santa fe diesel dan sekarang piara innova 2gd + dulu pernah miara CX5 gen 2 juga selama 3 tahunan. sm cx5 saya dulu aja masih lebih enak santa fe apalagi dibandingin sm ladderframe , bakal berasa jauh lebih nyaman dan lebih halus suara mesin dieselnya, kebetulan dulu pernah naik sonata crdi di sg, suara mesin dieselnya bener2 halus bgt dan gak berasa kalo itu mobil diesel menurut saya
Jalan gunung yg meliuk2 mau yg fun to drive ambil mobil yg All Wheel Drive macam subaru lah... lengket di jalan itu mobil, lebih safety banding yg 2WD. AWD nya subaru jg di claim "symmetrical" beda ama AWD mobil2 pd umumnya.
Biar jalan licin habis hujan jg sgt terukur body mobilnya krn lebih minim selip di salah 1 rodanya. Mesin boxernya di claim low gravity tambah stabil lg mobilnya.
Cuman ya itu di gunung kidul ada bengkel resmi/specialisnya gak? Subaru kan sdh come back tuh, coba aja dilirik2, mana tau ada yg harganya cocok di range 500-700 jutaan.
Nikmat banget tuh bawa mobil AWD di pegunungan pas lg hujan meliuk2 lengket di jalan hahahah... org2 pd pelan2, ini mah gas terus sambil over taking, torsi kurang instan apa lg di ke 4 roda? Mesin balance (horizontal opposed) & rendah, gak ada obatnya sudah [emoji3526]
Kayaknya saya terpengaruh judul om TS deh jalur pegunungan. Jd mikirnya langsung kayak model gunung2 di jepang macem komik atau game initial D. Taunya begitu liat di dunia nyata jalanannya zonk. Sempit, banyak truk, jalanan bolong2, macet
Kalo kondisinya kayak gitu ya paling bener innova diejel
benzz89 wrote: Tue May 10, 2022 0:49
Jalan gunung yg meliuk2 mau yg fun to drive ambil mobil yg All Wheel Drive macam subaru lah... lengket di jalan itu mobil, lebih safety banding yg 2WD. AWD nya subaru jg di claim "symmetrical" beda ama AWD mobil2 pd umumnya.
Biar jalan licin habis hujan jg sgt terukur body mobilnya krn lebih minim selip di salah 1 rodanya. Mesin boxernya di claim low gravity tambah stabil lg mobilnya.
Cuman ya itu di gunung kidul ada bengkel resmi/specialisnya gak? Subaru kan sdh come back tuh, coba aja dilirik2, mana tau ada yg harganya cocok di range 500-700 jutaan.
Nikmat banget tuh bawa mobil AWD di pegunungan pas lg hujan meliuk2 lengket di jalan hahahah... org2 pd pelan2, ini mah gas terus sambil over taking, torsi kurang instan apa lg di ke 4 roda? Mesin balance (horizontal opposed) & rendah, gak ada obatnya sudah [emoji3526]
Subaruh denger2 perawatannya bahkan lebih resek daripada eropa ya om? Apalg beres ga ada. Om TS jg tinggal bukan di kota besar. Bukannya fun to drive, malah jadi beban hidup nanti piara subaruh. Lagian kita2 ini bakalan ngepush mobil sampe kayak gimana sih di jalan biasa. Rasanya ga mungkin sampe to the limit jg liat jalanan indo.
kalo saya mah GE8 modifan ud cukup dan paling gampang di hajar tikungan soalnya tenaganya gak gede tapi handlingnya saya bikin over alias kebagusan buat mesinnya
saya pilihin FWD soalnya kalo buat nikung selama chasisnya bisa handle power mesin gampangan FWD soalnya malah kayak ngecheat
honda manual sekarang apa yak.. soalnya brio kemurahan buat pricing om 500jt.. haha
kalo masih ada city manual gt mending ini aja..
raize manual juga kemurahan..
Jalanan gunung kita kan rata2 kecil2 dan bakal sering overtake di low speed, pake mobil beginian malah gesit, predictable.
ane pake size CUV, buat jalur pegunungan cuma 2 jalur mepet di gunung salak sana, ya enak-enak aja sih..
cuma masih berasa gendut aja mobilnya.