History
2005-2008
Fortuner diperkenalkan pertama kali di Indonesia , dengan hanya menawarkan 1 varian mesin saja, yaitu bensin 2.700 cc
2008 akhir
Fortuner mendapatkan varian mesin baru yaitu diesel, which is sama persis dengan yg digunakan oleh innova pada saat itu
2008 akhir - 2011 pertengahan
Fortuner mendapatkan facelift pertama, dengan perubahan pada fitur, exterior dan velg. ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, yaitu 2.700 cc bensin dan 2.500 cc diesel, dengan transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis, dengan tipe G dan V
2010
Fortuner fl pertama mendapatkan 1 varian baru, yaitu TRD, dengan perbedaan pada exteriornya yg sudah dilengkapi dengan bodykit
2011 akhir - 2012 akhir
Fortuner mendapatkan fl kedua, dengan sebutan grand new fortuner, dengan perubahan desain exterior, interior dan velgnya. dengan pilihan tipe G, V dan TRD
2012 akhir
GNF mendapat minor change lagi, yaitu dengan mesin baru, yakni 2KD VNT yg lebih bertenaga, bedanya , yg VNT sudah ada airscoopnya di kap mesin
2014 - 2015
GNF Mendapat sedikit perubahan lagi, tapi khusus tipe TRDnya, yaitu dengan perubahan desain velg yg beda dengan tipe G nya, which is dari 2011 akhir - 2013 vnt, desain velg TRD sama dengan varian G, ditahun yg sama, fortuner juga hadir dengan varian baru yaitu 4X4
2016 - 2017
Fortuner akhirnya berganti model memasuki generasi kedua, yaitu dengan nama all new fortuner. hadir dengan banyak perubahan dari segi exterior, interior dan mesin. fiturnya pun improve + mesinnya pun berganti dari 2KD menjadi 2GD dan maticnya juga berubah dari yg tadinya 4 speed menjadi 6 speed. hadir dalam tipe G, SRZ (bensin) dan VRZ (diesel) serta format penggerak 4x2 dan 4x4
2017 - 2020
ANF mendapat improvement dengan hadirnya double discbrake dan penambahan varian TRD , which is beda di velg, grill dan bodykitnya
2020 akhir
Fortuner mendapatkan facelift pertama, dengan perbedan pada velg, bodykit dan fiturnya
2021 akhir - sekarang
Fortuner TRD resmi discontinue, dan digantikan oleh fortuner GR sport , dan tidak lama setelah itu, fortuner hadir dalam format mesin 2.800 cc diesel yg lebih bertenaga
Background
Mobil ini sebetulnya dibeli secara tidak sengaja dan tidak direncanakan. Berawal mencari mobil untuk didagangin alias dijual lagi sebagai pengganti Avanza G manual 2021 old model saya yg sudah terjual (linknya bisa dilihat di sini https://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=31445) , sebenernya pengen ganti innova diesel matic 2017-2019 (kebetulan pengen ganti suasanya setelah 5x jual beli avanza wkwkw) , tetapi karena pencarian yg tak kunjung membuakan hasil saat itu sampai 10 bulan lamanya , akhirnya pencarian innova dipending entah sampai kapan. sampai pada suatu hari di awal tahun ini, saya menemukan iklan di marketplace ada informasi mengenai penjualan beberapa unit fortuner vrz milik sebuah PT. kemudian langsung saya hubungi orang PTnya dan esok harinya langsung ke lokasi, kebetulan harganya memang dibawah pasaran, yaitu disekitar 400 kecil , which is pasarannya masih sekitar 410-440an wkwk. ternyata, sesampainya di lokasi, prosesnya tidak semudah itu, banyak drama terjadi, karena disini saya bener2 dituntut untuk berani adu harga, karena lengah sedikit saja, unit incaran saya sudah diambil oleh pemakai or pedagang dari daerah, karena kata penjualnya unit fortuner yg ada disana ada sekitar 30-35, tetapi peminatnya ada 60 lebih























Plusnya
- body lempeng bukan ex laka maupun ex banjir
- mesin kering no rembes no ngobos
- pajak panjang sampai November 2022
- km asli record walaupun agak gondrong
- suara mesin cukup halus
- full ori luar dalam
- semua printilan interiornya masih lengkap dan tombol2nya berfungsi semua
- ac dingin
- pas test drive juga naikkannya masih enak
- matic masih sehat dan responsif
- kolong joknya bersih gak ada karat sama sekali
- buku manual dan buku service masih lengkap semua
- aki masih bagus
- ban juga masih lumayan tebal
Minusnya
- interior kotor2 dikit perlu salon
- grill depan udh pudar
- body ada lecet2 halus pemakaian
Overall kondisi mobil masih cukup baik menurut saya, dan jadilah mobil anf ini sebagai mobil diesel pertama saya
Exterior



Terlihat lebih modern dan lebih elegan dibanding gen sebelumnya
Interior








Improve cukup jauh dari gen sebelumnya, terlihat lebih modern dan sporty + desainnya juga cukup enak dilihat menurut saya
Fitur



























Fitur di mobil ini juga cukup lengkap, sudah dilengkapi dengan jok elektrik di driver (agak lupa yg penumpang depannya udh elektrik apa blm), cruise control, tombol audio disetir, HU 2din touchscreen dan juga untuk fitur safety , sudah dilengkapi dengan 2 apa 3 airbag (saya agak lupa), rem cakram di keempat rodanya , ABS, EBD, dan BA, walaupun minus VSC dan HSA
Driving impression

ANF dibekali dengan mesin 2.400 cc dan transmisi otomatis 6 speed + ada 3 mode berkendara yaitu eco mode, power mode dan normal mode. yg saya rasakan adalah tarikan bawahnya cukup responsif, perpindahan giginya sigap dan smooth , torsinya besar + kalo di mode power mode, nyetir 170 kpj sangat mudah didapatkan




Conclusion
Mobil ini cocok buat orang yg pengen SUV gagah, irit bbm, perawatan murah (part juga gampang, mau ori mau kw ada semua) , bisa diisi oli apa aja, bisa minum bbm apa aja, mau diajak kemana aja ayo karena GC tinggi, suka nyetir sendiri, suka berpergian jarak jauh (rute tol atau keluar kota setahun lebih dari 3x) serta pengen mobil yg lega dan muat banyak + fitur yg lengkap + dijual lagi harganya ga jatoh2 amat

Plusnya
- desain gagah
- fitur lengkap
- durability khas toyota
- rv nya bagus
- cukup enak dikemudikan
- torsi gede
- irit bbm
- cukup lega
- cukup practical
- part modif banyak
- part mudah, mau ori mau kw ada dimana mana
- tarikan ngisi disemua putaran
- awet dan badak
- nama besar toyota
Minusnya
- gak gitu nyaman
- agak limbung di kecepatan tinggi
- untuk sebagian orang (termasuk saya) gak praktis karena kegedean, apalagi yg sering lewat jalan kecil
- blm dilengkapi dengan VSC dan HSA
Akhir kata, saya cukup puas menggunakan mobil diesel ini karena poin2 yg saya sebutkan diatas, dan kekurangannya masih bisa saya toleransi. dan ada keinginan untuk mempertahankan mobil ini dan menjual HRV saya (kebetulan dulu saya jual avanza buat DP, sisanya dari jual HRV + nombok), kalo memang mau saya pake agak lama mobilnya. tetapi dengan pertimbangan garasi rumah saya yg agak pas pasan untuk mobil segede fortuner, gak praktis karena saya mayoritas bawa sendiri or maksimal ber 3 + parkiran kantor saya yg tempat masuknya agak sempit which is kurang bersahabat untuk mobil sebesar ini, sering lewat jalan yg agak sempit + akses keluar masuk yg agak menyulitkan bagi kedua orang tua saya, karena biasa pake mobil gc agak rendah kaya crv or cx5 . akhirnya fortuner ini diputuskan untuk dijual saja dan digantikan dengan innova reborn diesel matic yg lebih kompak dimensinya
Foto2 mobil sebelum dijual








Mobil tersebut akhirnya laku 2 hari setelah saya iklanin seharga 420 jt, ke pemakai di jateng. Buyernya menurut saya juga cukup niat, beliau meminta inspektor kenalan beliau untuk datang ke tempat saya pada malam harinya, dan esok harinya langsung pembayaran. Uniknya lagi, karena saya sedang bekerja, saya meminta beliau agar melakukan pembayaran di siang hari, pengambilan unit malam hari. Namun beliau tetap meminta transaksi siang hari karena beliau menginginkan mobil sudah sampai di jateng pada malam harinya, akhirnya transaksi dilakukan siang hari di kantor saya


Rinciannya adalah sebagai berikut:
Fortuner 2018
beli 395 jt
solar 450 rb
cuci + poles 810 rb
ganti oli 445 rb
filter oli 50 rb
filter solar 125 rb
total 397 jt
jual 420 jt
margin 23 jt
Sekian dari review saya, semoga bermanfaat, mohon maaf kalau ada kesalahan & Terimakasih