Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:
Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?
Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman
Selisih harga yg krg make sense di dompet membuat warga Pertamax utk consider hijrah ke Pertalite ya Pak
Sama disini oe juga selama ini Pertamax karna sesuai anjuran utk LCGC. Namun sepertinya hrus hijrah ke Pertalite karna selisih harga yg membuat dompet menipis
Dengan kompresi di bawah 10, seharusnya aman ya Pak bila berkaca sekadar pada kompresi mesin. Mungkin para senior atau owner Captiva bisa kasi pendapat
acil08 wrote: Tue Apr 05, 2022 8:24
Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:
Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?
Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman
Dicoba saja dulu pake pertalite. Kompresi rendah ga jaminan bebas knocking. Semua tergantung tuning pabrik. Tapi kalo kata thread di forum Captiva ada yg dari dulu pake pertalite okew saja. Yg penting waktu beban, start dari berhenti tidak terdengar suara kretak2 tanda knocking. Karena kalo dibiarkan kompresi bisa bocor, makan bibir / seat valve, bikin kropos silinder atau piston retak, tergantung titik knockingnya.
Alternatif lain bisa liat di thread sebelah campur pertalite-pertabo 3:1 untuk RON 92, atau 7:1 untuk RON 91.
Frenzyking wrote: Tue Apr 05, 2022 8:54
Selisih harga yg krg make sense di dompet membuat warga Pertamax utk consider hijrah ke Pertalite ya Pak
Sama disini oe juga selama ini Pertamax karna sesuai anjuran utk LCGC. Namun sepertinya hrus hijrah ke Pertalite karna selisih harga yg membuat dompet menipis
Dengan kompresi di bawah 10, seharusnya aman ya Pak bila berkaca sekadar pada kompresi mesin. Mungkin para senior atau owner Captiva bisa kasi pendapat
Iya betul lumayan signifikan naiknya jadinya mau ga mau harus ke pertalite om, btw terima kasih infonya om.
acil08 wrote: Tue Apr 05, 2022 8:24
Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:
Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?
Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman
Dicoba saja dulu pake pertalite. Kompresi rendah ga jaminan bebas knocking. Semua tergantung tuning pabrik. Tapi kalo kata thread di forum Captiva ada yg dari dulu pake pertalite okew saja. Yg penting waktu beban, start dari berhenti tidak terdengar suara kretak2 tanda knocking. Karena kalo dibiarkan kompresi bisa bocor, makan bibir / seat valve, bikin kropos silinder atau piston retak, tergantung titik knockingnya.
Alternatif lain bisa liat di thread sebelah campur pertalite-pertabo 3:1 untuk RON 92, atau 7:1 untuk RON 91.
Aman om pake pertalite. Ini bbrp kenalan udah pada pindah ke pertalite sejak pertamax naik ke 12.5rb, salah 1 nya user captiva. Ga ngelitik sih. Yg lain jg ada tmn pake accord n crv mesin k24 jg aman2 aja. Yg agak ngelitik itu malah yg sebangsa juke n jazz gk5, tapi jg ga parah. Denger2 yg pake revvo 89 malah lebih bagus dari pertalite, tapi ane ga bisa buktikan jg, soalnya di daerah ane ga ada spbu selain pertamina
acil08 wrote: Tue Apr 05, 2022 8:24
Selamat sore warga SM, langsung aja ya om sesuai judul ada beberapa pertanyaan yang saya ingi tanyakan terkait perpindahan dari pertamax ke pertalite.
Sebelumnya saya selama ini selalu mengkonsumsi pertamax di kendaraan saya, berikut detail kendaraan yang saya gunakan:
Kendaraan saya adalah Captiva bensin 2009 NFL dengan kompresi mesin 9.6:1
Selama ini selalu menggunakan Pertamax, tapi karena harganya lumayan naik tinggi ada berencana untuk beralih ke pertalite
Adapun hal yang masih saya pertanyakan adalah sebagai berikut:
Di buku manual disarankan menggunakan minimal oktan 91, tetapi melihat kompresi mesinnya harusnya aman saja kah jika menggunakan Pertalite?
Apakah ada additif untuk menaikkan oktan Pertalite agar setidaknya mirip dengan pertamax?
Itu saja pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya bagi yang mau menjawab dan berbagi pengalaman
Ane jg beralih dari pmax ke plite di City GD8 sm SX4 gen1. Tapi plite nya ane tambain aditip 2-3 ml per liter bensin. Dulu aditipnya pake Redline CFSC, tp kurang berasa di tarikan, & cenderung malah lebih boros dikiiit FC nya dibanding pake plite doang. Skarang ane lagi ngetes Amsoil PI yg botol merah (bukan botol bening kayaknya yg dijual di ACE). Ini sih lebih mahal daripada Redline CFSC tp emang lebih berasa bedanya di tarikan