Iqbalnugraha wrote: Sat Mar 19, 2022 17:19
Malam om2, mas2, bapak2 semua.
Kalau ada budget 300jt, pilih mana yaa, dipake commuting daily sekitar 50km,
weekend lumayan sering luar kota. Boros bbm di bensin abaikan aja (sudah siap konsekuensinya). Rencana pengen keep lama 5-10th
Sementara pemikirannya:
> Diesel
+ engine, poweerrrr
+ resale value
- fitur
- keheningan kabin (ada yg bilang type G disunat semua peredamnya) kall benar mohon info sebanyak apa bedanya dengan type V
> Bensin
+ dapet type V, fitur, interior lebih sesuai hati
+ banyak yg bilang long term use lebih murah maintenancenya
- mesin boyo
Alternatif lagi, sempet kepikiran ambil fortuner 2014/15 atau pajero sport dakar gen 1 th 2014/15
Mohon saran2nya
kalo sering keluar kota saya merem diesel oom, tarikannya lebih enak dibanding yg bensin + lebih irit bbm juga, dan juga kelebihan utama mobil diesel itu ada di torsinya yg gede, jadi cocok buat lukot, apalagi jalannya sepi, pengalaman dulu pake vrz 2018 buat lukot enak bgt, tarikan dieselnya ngisi disemua putaran + irit bbm juga, dalkot aja paling boros 1:10-11, paling irit 1:13-14 sm dibawa 170 kpj gampang bgt dapetnya, walaupun tarikannya udh mulai berat + agak limbung juga, tapi modal remap sm dastek aja udh cukup kok, tenaganya naik lumayan dari standarnya + suara mesin dieselnya juga jauhhh lebih halus dibanding 2kd menurut saya . kecuali om makenya mayoritas dalkot, gak terlalu suka sm suara diesel yg menurut om masih berisik + nyetirnya santai baru ambil yg bensin, apalagi yg TS sendiri bilang gak masalah sm konsumsi bbm. kalo tipe G sih emg peredamannya gak sebagus tipe V, tapi bisa ditambahin peredam kok, udh improve lumayan dari standarnya, kalo saya jadi om TS, saya akan ambil opsi V diesel AT seken 2015 akhir - 2016, sepertinya masuk budget, apalagi om sendiri juga kepikiran ambil fortuner VNT or OPJS dakar yg kondisinya sama2 seken. kalo disuruh milih VNT sm pajero sih, saya milih VNT, karena rasanya lebih enak disetir aja gitu dibanding OPJS menurut saya (kebetulan pernah test drive dua duanya) , tapi kalo soal tarikan, lebih enak OPJS dakar karena tenaga mesinnya lebih besar jg daripada VNT sm kalo milih fitur, OPJS dakar lebih unggul menurut saya dibanding VNT, tapi kalo soal kenyamanan, keduanya gak akan bisa senyaman innova reborn , kecuali kalo nyari GC tinggi dan gagah, VNT atau OPJS masih bisa dipertimbangkan lah wkwk . karena ya jujur aja, blm lama ini saya sempet ambil VRZ 2018 seken, tapi hanya bertahan 1 bulan terus saya jual, karena kegedean, gak praktis buat dipake sendiri (kebetulan daily saya lebih sering nyetir sendiri, parkiran kantor saya juga rada ngepas jalan masuknya buat mobil segede fortuner, walaupun dalemnya gede bgt

, dan juga masih lebih enak reborn secara overall menurut saya terutama dari sisi kenyamanannya , kebetulan udh pernah test drive reborn diesel juga)
kalo long term use ya emg lebih murah om, tapi menurut saya jatoh2nya 11 12 kok, kalo bensin, emg lebih murah maintenancenya, tapi minus di tarikan yg agak kurang dan konsumsi bbm yg lebih boros, kalo diesel, long term usenya emg lebih mahal, tapi kalo anki masih bisa minum biosolar kok, asal rutin ganti filsolnya tiap 15-20rb km hehehedan juga plusnya ada di tenaga dan torsinya yg gede + lebih irit bbm, jadi ya tinggal prioritas dan kebutuhan om aja lebih ke yg mana, mau long term use lebih murah tapi tarikan kurang dan bbm lebih boros atau long term use lebih mahal tapi tarikan enak dan bbm lebih irit hehehe