Hampir 7 tahun pelihara Altis generasi yang sama (prefacelift)
Kalo nyari sedan yang tahan tempur, Altis ini menurut saya kandidat paling pas. Look mahalnya masih dapet, bandelnya dapet, tenaganya oke menurut saya. Mobil saya udah 7 tahun tapi orang-orang selalu ngiranya ini mobil mewah kalo pas kinclong. Padahal ya sekarang harganya terjangkau.
+ Harga bekasnya murah banget
+ Mesin 2ZR-FE nya enak buat jalan di kota2 karena torsi bawahnya gede. Ngegas dikit2 aja kalo jalan di perkotaan. Jalan jauh pun kalo pas di 120 km/jam engine cuma running di 1200 an RPM. Kebantu sama CVT nya yg menurut saya bagus. Jadi ga berisik meraung-raung kalo pas ngebut.
+ 7 tahun belum pernah rewel sekalipun selain aki tekor
+ 6 tahun pake oli 10W-40 aja nurut, tapi 2 tahun terakhir dah tobat ke jalan yg benar pake 5W-30 bahkan skrg 0W-20, tarikannya jadi oke banget. Singkatnya, om perawatan cuma ganti oli plus filter aja udah cukup, murah, ga neko2.
+ Kaki-kaki badak banget. Tahun ke 7 ini masalah cuma ada ada di bushing steering rack yg minta ganti, sisanya masih ori bawaan baru tanpa keluhan sedikitpun.
+ Irit utk ukuran sedan medium. BBM diisi Pertamax konsumsi dalam kota bisa 12 km/l. Pernah bawa Semarang - Jakarta via tol Trans Jawa dapat 16km/l full to full, di MID malah tampak lebih boros, 15 km/l.
+ Mobil ini rasanya solid banget, menyatu dari depan sampe belakang, buat nikung2 enak. Dari baru dapet ban Michelin Pilot Sport, skrg saya lanjutin pake Michelin Primacy 4, paling pas dan gigit. Nyetir enak, duduk di belakang pun nyaman banget.
- Handling quality khususnya steering cenderung bland, hambar, kurang sporty. Bahkan sejak awal steernya ini terhitung berat. Bertolak belakang sama chasisnya yang menurut saya solid tadi.
- Dashboard tegak, bikin visibility cenderung kerasa sempit.
- Bantingan kalo kena lubang / jalan keriting cukup keras, ga selayaknya sedan yg lembut. Tapi kalo polisi tidur, enak.
- Perlu hati2 kalau beli bekas karena mayoritas mobil bekas operasional institusi (bank, pemerintahan), apalagi kalo warnanya hitam. Cek apakah ada oil sludge, dll.
- Bumper depan ceper banget. Dah beberapa kali saya nyundul pembatas ban atau trotoar kalau pas parkir maju. Begitu pula wheelbasenya yg panjang. Kadang suka nyangkut di tengah kalo abis nanjak dari parkiran mall yg curam. Yg nyetir harus telaten ini.
Kemarin benerin steering rack ongkos + neko2 abis 500ribu. Murah sih kalo dipikir2 saya gapernah keluarin duit selain ganti oli + filter oli
Urusan sparepart, denger2 Altis ini salah satu Toyota yg part slow movingnya beberapa harus inden, gak kaya yang lainnya yang selalu ready. Iya, denger2, karena saya pun gapernah inden part, abis gapernah ada yang rusak. Filter Udara beli onlen, 60 ribu, dah itu aja.