Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi gini kebetulan skg ini saya lg ingin mengganti armada yg ada dirumah. Nah dari hasil pencarian di bbrp marketplace ketemulah bbrp kandidat yg sesuai dengan budget saya. Saya mau tanya ke om2 sekalian kalo nemu mobil dengan kondisi awal seperti ini:
1. Mobil A tahun 2010, KMnya 100rb, harga 90jt
2. Mobil B tahun 2008, KMnya 80rb, harga 90jt
Anggap dari hasil pengecekan itu sama baiknya dari segi kondisi, nah itu mana yg lebih baik saya ambil ya jika saya ingin pakai kendaraan tersebut dalam waktu yg lama?
kalo bodynya sama persis cuma beda tahun aja saya lebih pilih yg tahun lebih tua tapi km lebih rendah, kecuali bodynya beda misalkan pfl vs fl baru milih tahun yg lebih muda hehehe
Kalo saya mungkin pilih yg ada arsip list perawatannya sih om, atau minimal catatan pribadi maintenance yang detail, kalau owner sblmnya DIY-ers.Karena beda 20rb ga terlalu signifikan dan sama2 gamblina.
Bisa jadi yang 100rb KM ownernya lebih disiplin perawatannya karena mobil dipake jalan terus, ada apa2 yg gaenak dikit dikit langsung kerasa.
Bisa jadi yang 80rb KM ownernya lebih bodoamat sama perawatannya yg penting rasa mobil masih enak, ganti oli ditunda2.
Dityyy wrote: Tue Mar 08, 2022 12:29
Halo om om semua, izin minta saran ya om.
Jadi gini kebetulan skg ini saya lg ingin mengganti armada yg ada dirumah. Nah dari hasil pencarian di bbrp marketplace ketemulah bbrp kandidat yg sesuai dengan budget saya. Saya mau tanya ke om2 sekalian kalo nemu mobil dengan kondisi awal seperti ini:
1. Mobil A tahun 2010, KMnya 100rb, harga 90jt
2. Mobil B tahun 2008, KMnya 80rb, harga 90jt
Anggap dari hasil pengecekan itu sama baiknya dari segi kondisi, nah itu mana yg lebih baik saya ambil ya jika saya ingin pakai kendaraan tersebut dalam waktu yg lama?
Thanks in advance
saya pernah dapet pengalaman serupa, yg km tinggi justru kaki2nya lebih sehat (mayoritas main tol) dan mesinnya lebih sedikit sludgenya. interiornya pun lebih apik ga berjamur. jadi saya beli yg km tinggi. jadi tergantung barangnya seger yg mana.
Karena org awam selalu berasumsi km dikit itu bagus, jadilah tukang reset km ini laris. padahal ga selalu bgitu.
Kalau saya sih ngga bisa liat hanya dari KM aja, apalagi untuk mobil lumayan berumur, biasa sih jadi pertimbangan liat interior yg paling rapih dan orisinil plus test drive, minimal kaki kaki, rack steer, transmisi bisa lumayan tergambar kondisinya. Kalau udah sreg baru bawa montir utk ngecek2 mesin lebih teliti
Dityyy wrote: Tue Mar 08, 2022 12:29
Halo om om semua, izin minta saran ya om.
Jadi gini kebetulan skg ini saya lg ingin mengganti armada yg ada dirumah. Nah dari hasil pencarian di bbrp marketplace ketemulah bbrp kandidat yg sesuai dengan budget saya. Saya mau tanya ke om2 sekalian kalo nemu mobil dengan kondisi awal seperti ini:
1. Mobil A tahun 2010, KMnya 100rb, harga 90jt
2. Mobil B tahun 2008, KMnya 80rb, harga 90jt
Anggap dari hasil pengecekan itu sama baiknya dari segi kondisi, nah itu mana yg lebih baik saya ambil ya jika saya ingin pakai kendaraan tersebut dalam waktu yg lama?
Thanks in advance
Klp 100rb sudah servis besar ambil itu. Lagian 100rb umur 12th wajar kok
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
ukuran mobil bekas bagus dan tidak itu sebenernya bukan dari taun atau kilometer. banyak yang km rendah tapi mobilnya bulukan banget justru jadi sarang tikus. km tinggi jelek ya ngga selalu, km udah 150 ribu lebih barang masih enak jg buanyak.
apalagi kalo mobilnya rawatan mbah omnibus mah 500k juga masih oke banget ane milih itu drpd mobil yang odo cuma 1/10nya tapi udah bulukan banget.
intinya tetep
1. liat barang. semua komponen masih bekerja dengan baik? kira kira kalopun ada butuh repair bakal makan cost gede atau cuma duit buang sial.
2. liat harga. mana yang lebih good deal buat barangnya. klo yang salah satu barangnya lebih bagus tp cuma selisih gak sampe 20% harga ya anggep aja nutup selisih ongkos repair. barang gak bagus jg kita habis uangnya di repair.
tapi kalau kondisi identik, lihat taun aja. pragmatisnya, kalo dijual kembali masih lebih tinggi. beda 20k tidak signifikan buat harga jual. tapi beda 1 taun itu bisa jadi alesan buat nawar harga.
reset odo gitu, misalnya gak terlalu obvious kaya 100,000km direset jadi 20,000km, misalnya dari 100,000 diturunin ke 80,000 --> bisa dicek gak sih sebenernya? selain dari degradasi fisik kaya kaki2 dan lain2, gak ada cara ngeceknya oake alat gitu?
tahun muda sesialnya ga lebih buruk dari tahun muda. tapi ada sugesti: tahun agak muda ini.
nicholasmun wrote: Wed Mar 09, 2022 9:45
reset odo gitu, misalnya gak terlalu obvious kaya 100,000km direset jadi 20,000km, misalnya dari 100,000 diturunin ke 80,000 --> bisa dicek gak sih sebenernya? selain dari degradasi fisik kaya kaki2 dan lain2, gak ada cara ngeceknya oake alat gitu?
sepertinya ga ada yang mau juga mundurin cuma segitu, biasa mundurin diatas angka 20 ribu km, sepertinya tidak sebanding dari segi biaya dan resiko. yg pernah saya baca entah dimana, banyak itu mundurin angka sedikit gitu untuk mobil tahun muda tapi ex ojol atau rental. misal 3-4 tahun km udah 100 ribu km, dimundurin jadi 60-70 ribuan.
cara cek odometer mundur paling manjur: service record di bengkel resmi. dan pakai jasa cek mobkas tentunya.
ChZ wrote: Wed Mar 09, 2022 8:17
ukuran mobil bekas bagus dan tidak itu sebenernya bukan dari taun atau kilometer. banyak yang km rendah tapi mobilnya bulukan banget justru jadi sarang tikus. km tinggi jelek ya ngga selalu, km udah 150 ribu lebih barang masih enak jg buanyak.
apalagi kalo mobilnya rawatan mbah omnibus mah 500k juga masih oke banget ane milih itu drpd mobil yang odo cuma 1/10nya tapi udah bulukan banget.
intinya tetep
1. liat barang. semua komponen masih bekerja dengan baik? kira kira kalopun ada butuh repair bakal makan cost gede atau cuma duit buang sial.
2. liat harga. mana yang lebih good deal buat barangnya. klo yang salah satu barangnya lebih bagus tp cuma selisih gak sampe 20% harga ya anggep aja nutup selisih ongkos repair. barang gak bagus jg kita habis uangnya di repair.
tapi kalau kondisi identik, lihat taun aja. pragmatisnya, kalo dijual kembali masih lebih tinggi. beda 20k tidak signifikan buat harga jual. tapi beda 1 taun itu bisa jadi alesan buat nawar harga.
Nah iya baru kepikiran jg klo nanti dijual laginya, so far rata2 pada kembali lg liat kondisi sih emang, anyway thank you om chris dan om om lainnya atas pencerahannya
ya mendingan low km taon tua om mayoritas komponen rusaknya karena kilometer dan biasa komponen yang rusak karena umur pun masih bisa di pakai biarpun ud lewat usia pakainya kalo itu mobil low km ditambah karena tau tua biasa harganya juga ud nyungsep jd lebih irit duit mayan kan ngirit 20-50jt tapi dapet mobil yang lebih sedikit masalah
tapi balik lagi liat2x kondisi juga ya soalnya pernah liat tangan pertama KM 30rb tapi kayak ud jalan 100rb soalnya owner jorok dan naro tmpatnya gak bener
Odometer tinggi ngga selalu lebih aman dari odo rendah, berdasarkan pengalaman saya
pernah nemu odo 20 rb km usia mobil 4 tahun, oli aja udah sludge, kaki" udah gedubrakan
odo wajar ( 10-12 ribu/tahun) masih tolerable
GB3 keluarga saya usia 10 th odo 118 ribu, kebetulan dari baru hanya ganti ban 1 set + aki 2x dan link stabil sepasang aja..
tips lainnya pahami karakter pemilik sebelumnya bagaimana cara berkendaranya, rute harian dan kebiasaan selama merawat kendaraannya
selisih 20rb mah ga ngefek. kalau selisih 100rb km baru deh. pasti byk part yg udah harus ganti kalau selisihnya gede.
tapi kalau disuruh milih, mending yg mudaan. logikanya partnya yg hampir ga pernah diganti tetap lebih muda dibanding mobil yg lebih tua.
agungbhaskara wrote: Sat Jul 02, 2022 4:51
Odometer tinggi ngga selalu lebih aman dari odo rendah, berdasarkan pengalaman saya
pernah nemu odo 20 rb km usia mobil 4 tahun, oli aja udah sludge, kaki" udah gedubrakan
odo wajar ( 10-12 ribu/tahun) masih tolerable
GB3 keluarga saya usia 10 th odo 118 ribu, kebetulan dari baru hanya ganti ban 1 set + aki 2x dan link stabil sepasang aja..
tips lainnya pahami karakter pemilik sebelumnya bagaimana cara berkendaranya, rute harian dan kebiasaan selama merawat kendaraannya
makannya saya tiap abis beli mobil pasti di flush olinya sama tune up mesin busi masih bagus pun saya ganti baru karena takutnya bekas pake bbm murah
engine flush sekali2x gpp tapi gak boleh sering mobil saya sih cuma di flush pas beli doank abis itu gak pernah lagi