Selamat pagi om2 master di jagat SM, semoga sehat selalu.
Pengen coba aktif di serayamotor nih setelah lama jadi silent reader, jadi boleh ya sy coba keluarin satu topik yg menjadi keresahan sy skrg.
Sebelumnya pernah tanya2 untuk saran mobil 90an budget 60jt, namun karena ini akan jadi mobil pertama untuk keluarga kami (dengan ada 7 orang anggota semuanya sudah dewasa), maka saya memutuskan untuk ambil car loan dr kantor dengan bunga sangat rendah, hampir kayak dikasih uang cash aja.
Namun, constraint dari loan ini adalah plafond yang terbatas hanya 220 juta (maklum masih pegawai rendahan) dan harus ambil mobil baru atau 2nd dengan umur maks 3 tahun.
Jd sy lgsg rumuskan kriteria untuk calon mobil baru kami ini:
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
Calon-calon mobil yang cocok dengan budget dan kriteria diatas adalah sbb:
Baru:
1. AN Daihatsu Xenia 1.3 - dapet tipe yg R MT.
Saya suka modelnya dan mungkin paling cocok jadi taxol karena mesin paling kecil. Namun manual dalkot agaknya melelahkan ya.
2. Honda Mobilio E - bisa dapet CVT dan mungkin diskon besar, tp model sudah sangat obsolete, suspensi gak enak, dan kayaknya udh mau disuntik mati.
3. Suzuki Ertiga - harga di pricelist masih lebih mahal drpd Xenia, tp mungkin ada diskon dan bisa dapet tipe GL-nya. Minus mungkin di fitur2 yg ga sebanyak Xenia R dan modelnya saya betul2 gak sreg.
2nd:
1. Nissan Livina VL 2020/2021 nik 2019 - ini mungkin jadi kandidat terkuat skrg ini karena harga bekasnya relatif lebih jatuh dibanding sodaranya dan juga jd dpt unit yg lebih baru. Tp apakah cocok dijadikan taxol? Karena saya agak concern di reliability-nya kalo disiksa jadi mobil taxol.
2. Suzuki XL7 Alpha/Beta 2020 - opsi kedua selain Livina, ada yg bisa bandingin impresi drivingnya, kenyamanan, serta durability-nya dibanding Livina/Xpander?
3. Toyota Rush S atau Daihatsu Terios R - ini mungkin durable dan cocok untuk perang jd taxol. Tapi gimana dengan kelegaan kabin dan kenyamanannya dibanding kandidat lain ya mengingat masih satu basis sama avanza lama?
Alternatif lain : Wuling Cortez S, namun garasi bener2 hampir gamuat untuk medium mpv dan tampaknya akan kurang ekonomis kalo dipake taxol.
Untuk xpander saya coret karena ada livina yg lebih value untuk beli 2nd.
Ertiga 2nd saya coret karena budget bisa untuk xl7.
Avxen gen 2 coret karena gerobakan dan sempit.
Sebagai catatan, dana kemungkinan cair masih di April atau Mei jadi gk dpt diskon ppnbm.
Saya juga belum pernah test drive semua mobil diatas kecuali xpander yg pernah bawa sebentar.
Begitu kiranya keresahan saya, mohon kiranya dapat dicerahkan oleh mastah2 sekalian apabila berkenan.
Terima kasih banyak.
Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Tue Sep 12, 2017 10:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Gw bulan januari beli ertiga gx at nik’21 si dapet 218jt. Ga ambil xl7 karena males keluar masuknya lebih susah
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
>> buat dalkot masi cukup nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
>> tanjakan2 lokal jaksel si sejauh ini no problem
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
>> sans
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
>> hmm ini subyektif yah. Buat orang pendek gendut macam gw si masi cukup nyaman, walau jok kerasa kurang lebar dikit.
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
>> bisa banget la
—-
Kandidat2 lain juga pernah dipertimbangkan tapi ngga sesuai sama kebutuhan dan selera.
Xenia: dah keburu ilpil sama interior apanja
Mobilio: sering mabok klo dapet taksol or bluebird ini
Terios rush: mahal hahaha males nyoba, klo yg gen lama juga ga suka: berat lelet ga nyaman
Lipina n expander: pada ga cocok aja dan males kegedean. Mungkin lebi cocok buat om nih
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
>> buat dalkot masi cukup nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
>> tanjakan2 lokal jaksel si sejauh ini no problem
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
>> sans
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
>> hmm ini subyektif yah. Buat orang pendek gendut macam gw si masi cukup nyaman, walau jok kerasa kurang lebar dikit.
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
>> bisa banget la
—-
Kandidat2 lain juga pernah dipertimbangkan tapi ngga sesuai sama kebutuhan dan selera.
Xenia: dah keburu ilpil sama interior apanja
Mobilio: sering mabok klo dapet taksol or bluebird ini
Terios rush: mahal hahaha males nyoba, klo yg gen lama juga ga suka: berat lelet ga nyaman
Lipina n expander: pada ga cocok aja dan males kegedean. Mungkin lebi cocok buat om nih
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Taksol mah Calya Sigra aja om, udah sangat melekat image tersebut.
Calya Sigra sruntulan mode ON = taksol.
Calya Sigra sruntulan mode ON = taksol.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Krn ada pilihan Lio, ane coba usulin ganti aja jadi beerve gen 1 thn 2019an om. Ane pernah punya beerve gen 1 2016 yg blom ada feslip2an hampir 4 taunan.
Harganya sekennya masuk kok di budget om. Tapi sebaiknya pilih yg facelift terakhir, ciri2nya chrome housing foglamp gak bulat melainkan bentuk panah/ trapesium. Sama kalo dari belakang, mata kucing gak horizontal lagi melainkan vertikal. Jangan ambil yg sebelum ini krn jok sopir belum ada seat height adjuster. Kalo yg facelift terakhir, seat height adjuster udah ada di semua trim mulai S sampe prestige.
Minus2nya sih gak sulit buat ditangani di bengkel2 variasi, misalnya pasang peredam, ban pakein micin primacy 4, klakson ganti pake double horn, sm headlamp pakein yg LED. Kalo urusan kelegaan kabin, sampe baris ketiga masih manusiawi kok.
Katanya sih ada potensi masalah karet boot as roda yg suka robek, jadi kalo menang niat angkut ini, langsung cek ke beres aja ato ke bengkel kaki2 kepercayaan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Merem dah om budget segitu ambil all new ertiga GL masih dapet kembalian lumayan. Kalau ambil GX budget ngepas. Soalnya saya thn 2020 ambil tipe suzuki sport AT dapet harga setelah diskon 226,5jt.. Mau diskon ppnbm atau nggak harga merk suzuki sama aja om, wong diskonnya paling pol diantara merk lain yg disebut. Diskon ppnbm cuma ngurangin tambahan diskon reguler, tanpa diskon ppnbm diskon regulernya gede.. Pas jaman kopit aja diskon 35jt.. Haha...Juliankhaisan wrote: Mon Feb 28, 2022 20:39 Selamat pagi om2 master di jagat SM, semoga sehat selalu.
Pengen coba aktif di serayamotor nih setelah lama jadi silent reader, jadi boleh ya sy coba keluarin satu topik yg menjadi keresahan sy skrg.
Sebelumnya pernah tanya2 untuk saran mobil 90an budget 60jt, namun karena ini akan jadi mobil pertama untuk keluarga kami (dengan ada 7 orang anggota semuanya sudah dewasa), maka saya memutuskan untuk ambil car loan dr kantor dengan bunga sangat rendah, hampir kayak dikasih uang cash aja.
Namun, constraint dari loan ini adalah plafond yang terbatas hanya 220 juta (maklum masih pegawai rendahan) dan harus ambil mobil baru atau 2nd dengan umur maks 3 tahun.
Jd sy lgsg rumuskan kriteria untuk calon mobil baru kami ini:
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
Calon-calon mobil yang cocok dengan budget dan kriteria diatas adalah sbb:
Baru:
1. AN Daihatsu Xenia 1.3 - dapet tipe yg R MT.
Saya suka modelnya dan mungkin paling cocok jadi taxol karena mesin paling kecil. Namun manual dalkot agaknya melelahkan ya.
2. Honda Mobilio E - bisa dapet CVT dan mungkin diskon besar, tp model sudah sangat obsolete, suspensi gak enak, dan kayaknya udh mau disuntik mati.
3. Suzuki Ertiga - harga di pricelist masih lebih mahal drpd Xenia, tp mungkin ada diskon dan bisa dapet tipe GL-nya. Minus mungkin di fitur2 yg ga sebanyak Xenia R dan modelnya saya betul2 gak sreg.
2nd:
1. Nissan Livina VL 2020/2021 nik 2019 - ini mungkin jadi kandidat terkuat skrg ini karena harga bekasnya relatif lebih jatuh dibanding sodaranya dan juga jd dpt unit yg lebih baru. Tp apakah cocok dijadikan taxol? Karena saya agak concern di reliability-nya kalo disiksa jadi mobil taxol.
2. Suzuki XL7 Alpha/Beta 2020 - opsi kedua selain Livina, ada yg bisa bandingin impresi drivingnya, kenyamanan, serta durability-nya dibanding Livina/Xpander?
3. Toyota Rush S atau Daihatsu Terios R - ini mungkin durable dan cocok untuk perang jd taxol. Tapi gimana dengan kelegaan kabin dan kenyamanannya dibanding kandidat lain ya mengingat masih satu basis sama avanza lama?
Alternatif lain : Wuling Cortez S, namun garasi bener2 hampir gamuat untuk medium mpv dan tampaknya akan kurang ekonomis kalo dipake taxol.
Untuk xpander saya coret karena ada livina yg lebih value untuk beli 2nd.
Ertiga 2nd saya coret karena budget bisa untuk xl7.
Avxen gen 2 coret karena gerobakan dan sempit.
Sebagai catatan, dana kemungkinan cair masih di April atau Mei jadi gk dpt diskon ppnbm.
Saya juga belum pernah test drive semua mobil diatas kecuali xpander yg pernah bawa sebentar.
Begitu kiranya keresahan saya, mohon kiranya dapat dicerahkan oleh mastah2 sekalian apabila berkenan.
Terima kasih banyak.
Sejauh ini gak ada masalah berarti.. Pembelian Juli 2020 sampai skrng sudah 58rb km no problem. Masalah rembes mesin gak ada di unit saya (tapi entahlah soalnya kilometer 16rb ertiga saya TUSS jadi gak ketauan), intermediate shaft kena rembes (infonya karna greasenya lumer) tapi bisa diklaim ganti baru. Biaya servis + sparepart rutin 0 rupiah sampai 60rb km. (oli mesin sama AT saya ganti pakai amsoil jadi gratisannya dibawa pulang).
Pilihan lain sih kalau berani melihara turbo ya ambil cortez s. Tinggal TUSS minum pertalite juga aman. Servis & sparepart sih termasuk murah tapi kalau rewelnya mungkin lebih banyak dibanding brand jepang, walaupun gratis bisa bolak balik beres. Sama mobilnya termasuk gede, kurang lincah buat manuver.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Jd sy lgsg rumuskan kriteria untuk calon mobil baru kami ini:
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
Baru:
1. AN Daihatsu Xenia 1.3 - dapet tipe yg R MT.
Saya TD Veloz, masih enak AN Ertiga. Saya punya yg GX AT. AN Xenia katanya driving impression nya dibawah Veloz.
2. Honda Mobilio E - bisa dapet CVT dan mungkin diskon besar, tp model sudah sangat obsolete, suspensi gak enak, dan kayaknya udh mau disuntik mati.
Per Januari 2022 gosipnya tinggal E MT, spot order. Kalau msh bisa dpt E CVT, ambil Om. Honda is Honda, go to hell dgn gimmick. Lari 100 kmph di tikungan dari tol cipularang masuk tol cikampek, nggak goyang. Lari 160 kmph, RPM 2800.
3. Suzuki Ertiga - harga di pricelist masih lebih mahal drpd Xenia, tp mungkin ada diskon dan bisa dapet tipe GL-nya.
Saya penganut rasa nyetir yg solid adalah panglima. Kelemahan ertiga dibanding deretan FWD yang lain hanya di exteriornya yang sampai sekarang sulit dimengerti,kenapa bikin desainnya spt itu. Kedua, AC nya yg bikin pengemudi usianya terancam pendek. Bikin paru2 basah.
2nd:
1. Nissan Livina VL 2020/2021 nik 2019 - ini mungkin jadi kandidat terkuat skrg ini karena harga bekasnya relatif lebih jatuh dibanding sodaranya dan juga jd dpt unit yg lebih baru. Tp apakah cocok dijadikan taxol? Karena saya agak concern di reliability-nya kalo disiksa jadi mobil taxol.
2. Suzuki XL7 Alpha/Beta 2020 - opsi kedua selain Livina, ada yg bisa bandingin impresi drivingnya, kenyamanan, serta durability-nya dibanding Livina/Xpander?
Kalau engine boleh diadu, kalau kaki2, semua FWD 11-12. Asalkan nyetirnya pelan2 pas lewatin lubang atau speedtrap, masih awet2 aja semua. Yang mana ini jauh dari gaya nyetir saya.
3. Toyota Rush S atau Daihatsu Terios R - ini mungkin durable dan cocok untuk perang jd taxol. Tapi gimana dengan kelegaan kabin dan kenyamanannya dibanding kandidat lain ya mengingat masih satu basis sama avanza lama?
Ini paling relevan dgn persyaratan Om utk no. 2 dan 3. RWD rules. Untuk pertimbangan, coba tanya2 Xenia 1.3 X MT yg baru gress. Harga sebelum PPNBM 2022 di 205 jutaan, mgkn skrg bisa di 180an. Lebih nyaman dari AN Terios. Kalau dibanding Toyota Rush S dan Terios R lama aja saya masih sarankan AN Terios atau AN Rush. Dua2nya saya paham, dan pernah pakai 3 tahun salah satunya. Kelihatan dari ID saya kan. ANTerios dibanding Great Xenia, lebih nyaman Xenia. Kabin Xenia RWD yang sempit, justru memunculkan keunggulan lainnya. Panjang Kia Sonet 7 seater yg 4 meter lebih sedikit saja, tdk layak utk 7 penumpang. Tapi AvXen RWD, dengan panjang 4,1 meter lebih sedikit, sdh cukup utk 7 penumpang duduk dgn proper meskipun harus kompromi. Jempol utk tim RND Daihatsu yang dulu.
Alternatif lain : Wuling Cortez S, namun garasi bener2 hampir gamuat untuk medium mpv dan tampaknya akan kurang ekonomis kalo dipake taxol.
Daripada saya dibilang black campaign atau haters, artikel ini mungkin bisa jadi pertimbangan:
https://www.msn.com/id-id/otomotif/beri ... ar-AAU7cKC
Begitu kiranya opini saya, mohon maaf jika kurang berkenan.
1. Muat 7 penumpang dewasa dengan nyaman
2. Kuat diajak keluar kota, gak bermasalah di tanjakan dengan full load
3. Gak banyak masalah potensial untuk 5 tahun kedepan
4. Ergonomi driving baik (at least yg duduk nyetirnya gak jauh2 amat lah nyamannya dibanding Mazda CX3)
5. Cocok atau setidaknya layak untuk dipakai sambilan taxol untuk adik saya. Lumayan untuk penghasilan tambahan keluarga kami.
Baru:
1. AN Daihatsu Xenia 1.3 - dapet tipe yg R MT.
Saya TD Veloz, masih enak AN Ertiga. Saya punya yg GX AT. AN Xenia katanya driving impression nya dibawah Veloz.
2. Honda Mobilio E - bisa dapet CVT dan mungkin diskon besar, tp model sudah sangat obsolete, suspensi gak enak, dan kayaknya udh mau disuntik mati.
Per Januari 2022 gosipnya tinggal E MT, spot order. Kalau msh bisa dpt E CVT, ambil Om. Honda is Honda, go to hell dgn gimmick. Lari 100 kmph di tikungan dari tol cipularang masuk tol cikampek, nggak goyang. Lari 160 kmph, RPM 2800.
3. Suzuki Ertiga - harga di pricelist masih lebih mahal drpd Xenia, tp mungkin ada diskon dan bisa dapet tipe GL-nya.
Saya penganut rasa nyetir yg solid adalah panglima. Kelemahan ertiga dibanding deretan FWD yang lain hanya di exteriornya yang sampai sekarang sulit dimengerti,kenapa bikin desainnya spt itu. Kedua, AC nya yg bikin pengemudi usianya terancam pendek. Bikin paru2 basah.
2nd:
1. Nissan Livina VL 2020/2021 nik 2019 - ini mungkin jadi kandidat terkuat skrg ini karena harga bekasnya relatif lebih jatuh dibanding sodaranya dan juga jd dpt unit yg lebih baru. Tp apakah cocok dijadikan taxol? Karena saya agak concern di reliability-nya kalo disiksa jadi mobil taxol.
2. Suzuki XL7 Alpha/Beta 2020 - opsi kedua selain Livina, ada yg bisa bandingin impresi drivingnya, kenyamanan, serta durability-nya dibanding Livina/Xpander?
Kalau engine boleh diadu, kalau kaki2, semua FWD 11-12. Asalkan nyetirnya pelan2 pas lewatin lubang atau speedtrap, masih awet2 aja semua. Yang mana ini jauh dari gaya nyetir saya.
3. Toyota Rush S atau Daihatsu Terios R - ini mungkin durable dan cocok untuk perang jd taxol. Tapi gimana dengan kelegaan kabin dan kenyamanannya dibanding kandidat lain ya mengingat masih satu basis sama avanza lama?
Ini paling relevan dgn persyaratan Om utk no. 2 dan 3. RWD rules. Untuk pertimbangan, coba tanya2 Xenia 1.3 X MT yg baru gress. Harga sebelum PPNBM 2022 di 205 jutaan, mgkn skrg bisa di 180an. Lebih nyaman dari AN Terios. Kalau dibanding Toyota Rush S dan Terios R lama aja saya masih sarankan AN Terios atau AN Rush. Dua2nya saya paham, dan pernah pakai 3 tahun salah satunya. Kelihatan dari ID saya kan. ANTerios dibanding Great Xenia, lebih nyaman Xenia. Kabin Xenia RWD yang sempit, justru memunculkan keunggulan lainnya. Panjang Kia Sonet 7 seater yg 4 meter lebih sedikit saja, tdk layak utk 7 penumpang. Tapi AvXen RWD, dengan panjang 4,1 meter lebih sedikit, sdh cukup utk 7 penumpang duduk dgn proper meskipun harus kompromi. Jempol utk tim RND Daihatsu yang dulu.
Alternatif lain : Wuling Cortez S, namun garasi bener2 hampir gamuat untuk medium mpv dan tampaknya akan kurang ekonomis kalo dipake taxol.
Daripada saya dibilang black campaign atau haters, artikel ini mungkin bisa jadi pertimbangan:
https://www.msn.com/id-id/otomotif/beri ... ar-AAU7cKC
Begitu kiranya opini saya, mohon maaf jika kurang berkenan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
kalo saya pribadi lebih prefer rushter trd seken 2019-2020, sepertinya masuk budget dan kriteria. selain itu, avanza model transformer tahun 2019-2020 tipe g atau xenia r manual model lama juga masuk budget dan kriteria, kembalian juga lumayan, bandel ,awet, part gampang ada dimana2, lega, muat banyak ,irit bbm, cukup oke kalo mau dijadiin taksol menurut saya. kalo mau nyari kenyamanan, ANE GX juga merupakan pilihan yg oke asal ga masalah sm desain exteriornya yg bukan selera semua orang menurut saya. kalo avxen gen 2 kedobrakkan ya memang iya, tapi kalo om beli yg 2019 keatas udh jauh mendingan, jauh lebih nyaman kalo dibandingin yg keluaran awal 2011 akhir - 2015, kebetulan saya udh pernah 5x pake avanza gen 2, mulai dari 2015 all new, terus grand new 2017 2x, grand new 2018 sampe terakhir model transformer 2021 last improvement. yg model transformer udh jauh mendingan, jauh lebih nyaman, kalo dibandingin sm rushter ya mirip2, cuma rushter lebih empuk dikit aja kalo lewat poldur, kebetulan saya cukup sering naik rush trd matic 2019 punya om saya juga. kalo masalah sempit ya gak juga, masih kehitung lega dibandingin kandidat lainnya menurut saya + pilihan yg sensibel juga kalo buat taksol (bukan promosi
)
kalo rusher soal kelegaan kabin ya mirip2 sm kandidat lain, tapi kalo kenyamanan tetep lebih unggul ertiga, AN Xenia FWD dan livina menurut saya

kalo rusher soal kelegaan kabin ya mirip2 sm kandidat lain, tapi kalo kenyamanan tetep lebih unggul ertiga, AN Xenia FWD dan livina menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
Oh iya, bener Om PBoyz. Kelupaan... kalau ANTerush, yg tipe bawah lebih nyaman sih. Karena velg 16 inch ban lebih tebal. Tapi kalau yg atasnya, perasaan saya kok keras yah... Sering pakai AN Rush TRDS jg. Maintenance cost dan konsumsi BBM, sptnya Xenia transformer lebih rendah ya? Karena ban lebih kecil, bobot lebih ringan.Pboyz97 wrote: Tue Mar 01, 2022 2:35 kalo saya pribadi lebih prefer rushter trd seken 2019-2020, sepertinya masuk budget dan kriteria. selain itu, avanza model transformer tahun 2019-2020 tipe g atau xenia r manual model lama juga masuk budget dan kriteria, kembalian juga lumayan, bandel ,awet, part gampang ada dimana2, lega, muat banyak ,irit bbm, cukup oke kalo mau dijadiin taksol menurut saya. kalo mau nyari kenyamanan, ANE GX juga merupakan pilihan yg oke asal ga masalah sm desain exteriornya yg bukan selera semua orang menurut saya. kalo avxen gen 2 kedobrakkan ya memang iya, tapi kalo om beli yg 2019 keatas udh jauh mendingan, jauh lebih nyaman kalo dibandingin yg keluaran awal 2011 akhir - 2015, kebetulan saya udh pernah 5x pake avanza gen 2, mulai dari 2015 all new, terus grand new 2017 2x, grand new 2018 sampe terakhir model transformer 2021 last improvement. yg model transformer udh jauh mendingan, jauh lebih nyaman, kalo dibandingin sm rushter ya mirip2, cuma rushter lebih empuk dikit aja kalo lewat poldur, kebetulan saya cukup sering naik rush trd matic 2019 punya om saya juga. kalo masalah sempit ya gak juga, masih kehitung lega dibandingin kandidat lainnya menurut saya + pilihan yg sensibel juga kalo buat taksol (bukan promosi)
kalo rusher soal kelegaan kabin ya mirip2 sm kandidat lain, tapi kalo kenyamanan tetep lebih unggul ertiga, AN Xenia FWD dan livina menurut saya
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
taxol nya cuma buat sampingan bukan buat main income ? suzuki ertiga aja. minusnya cuma paling steering rack mudah kena tp klo warranty sih aman lah. klo gak warranty repairnya jg gak susah itu yang rusak bushingnya diganti PU selesai masalah.
sm kaki kaki entah all new ertiga ini udah lebih kuat blm... soalnya ertiga yang dulu kaki kakinya cepet loyo.
all new xenia masih jangan dulu kalo mau dibawa full load luar kota takutnya nanti ikut team gak mau nanjak club...
sm kaki kaki entah all new ertiga ini udah lebih kuat blm... soalnya ertiga yang dulu kaki kakinya cepet loyo.
all new xenia masih jangan dulu kalo mau dibawa full load luar kota takutnya nanti ikut team gak mau nanjak club...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
sama aja sebenernya kalo mesinnya sama2 1.5, kalo dibanding sama yg 1.3 lebih murah avxen transformer menurut sayaXMTdeluxe wrote: Tue Mar 01, 2022 3:01
Oh iya, bener Om PBoyz. Kelupaan... kalau ANTerush, yg tipe bawah lebih nyaman sih. Karena velg 16 inch ban lebih tebal. Tapi kalau yg atasnya, perasaan saya kok keras yah... Sering pakai AN Rush TRDS jg. Maintenance cost dan konsumsi BBM, sptnya Xenia transformer lebih rendah ya? Karena ban lebih kecil, bobot lebih ringan.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Need Advice : 2019-2022 7 seater under 220 mio
kalo bisa dapet ertiga baru walaupun tahun 2021 dengan diskon gede ini lebih oke sih, karena unit baru biasanya gak ada masalah (kecuali cacat pabrik)
daripada nyari second tapi nanti ketemu PR yg gak enak
daripada nyari second tapi nanti ketemu PR yg gak enak