Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Feb 23, 2017 13:04
Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Dear SM ers,
Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?
Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?
Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?
Terima kasih
Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?
Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?
Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?
Terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Setau saya itu berlaku untuk diesel2 jadul macam ispan 2.3, daihatsu taft, dll.winnertrollino wrote: Mon Dec 27, 2021 10:16 Dear SM ers,
Salam kenal saya pengguna Innova Diesel 2021 (Saat ini pakai Biosolar + Aditif PTT). Beberapa kali sempat denger katanya kalau mobil diesel jangan isi Solar pas tinggal 1/4 Tangki karena bisa masuk angin?
Selain itu apakah ada efek interval / intensitas penggunaan mobil, kebiasaan pengisian bahan bakar (isi pada saat 1/2 VS 1/4 Tangki VS Hampir habis ) dengan bahan bakar yang digunakan (biosolar VS Dexlite VS DEX ) ?
Apakah ini benar? Mungkin Om2 disini yang udah banyak pengalaman sama mobil diesel boleh bantu?
Terima kasih
Sejak covid, vnt saya jadi agak jarang keliling. Jadinya isi solar dikit2 supaya gak basi di dalam tangki. Sekali isi 100 rebu, ngisinya pas indikator solar udah nyala. No problem sama sekali
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Ga masuk angin..tapi efek kondensasi di dalam tangki bikin tangki cpt kotor..katanya begitu om
Sy sendiri ga pernah alami..selalu jaga minimal 1/3 krn jaga2 misal sampe perlu nge-genset dll
Sy sendiri ga pernah alami..selalu jaga minimal 1/3 krn jaga2 misal sampe perlu nge-genset dll
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
saya punya dakar bensinnya kalo ud mau setengah sama full kok berasa beda ya acclnya??? keknya kudu kuras tangki juga 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
ahh ane sering ini dr dulu
baru isi solar kadang sampe lampu solarnya nyala
lampu solar uda nyala juga masih tetep dipake jalan
sampe skg juga masih sering kek gitu.. saking iritnya sih jd lupa isi solar.. tiap jalan jarang liat jarum bbm

sekali isi full awetnya pake banget
baru isi solar kadang sampe lampu solarnya nyala

lampu solar uda nyala juga masih tetep dipake jalan

sampe skg juga masih sering kek gitu.. saking iritnya sih jd lupa isi solar.. tiap jalan jarang liat jarum bbm


sekali isi full awetnya pake banget

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyenOmnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...
mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...
kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..
tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..
tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..
mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...
kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..
tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..
tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.
Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.
Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.
Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
siapa suruh beli mobil itu ......DOHC wrote: Mon Dec 27, 2021 15:11dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyenOmnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang

............

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
sama, saya jg mobil apapun selalu isi di setengah tangki. lebih ke arah rasa aman aja, daripada udah nyala nanti pas posisi macet/jauh dari pomquyquy wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45 Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.
Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.
Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
mantap om pecerahannyaginting wrote: Mon Dec 27, 2021 15:25 menurut saya itu cuma mitos yang dilebih lebihkan...
mungkin dulu ada yang terlanjur sampai habis...lalu masuk angin sehingga harus ada extra effort.
kalau logika saya sih, saya mobil terguncang guncang atau nanjak/turunan..membuat solar di tangki jadi pindah pindah..sehingga bisa jadi udara yang kesedot..bukan solar...
kalau dibilang "jangan sampai sisa dikit solarnya baru isi,,,nanti kotoran yang paling bawah keangkat ke atas...
lha..emangnya lobang sedotan di dalam tangki adanya di bagian atas ya ? kalau gitu maka kalau udah sisa 1/4 harusnya udah gak bisa nyedot dong..
tapi ada benarnya kalau soal udara masuk ke tangki..makin sedikit isi solar di tangki maka ruang kosong buat udara makin banyak..
humidity di indo sangat tinggi..nanti uap air nanti jadi makin banyak di tangki..
tapi itu juga gak langsung rusak ke mesin secara udah ada sedimentator alias filter penyaring air / water separator juga..
tapi kalau jalan lukot mending kalau sudah separoh sisa, langsung isi..jangan kayaknya saya...entar aja isinya masih bisa kok ..eh gak ada DEx...entar aja..kali kali di spbu terdekat ada dex...
tau taunya jarak jauh sekali yg gak ada lagi SPBU...jadinya deg degan selama di jalan..

Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Captiva saya sudah 7 tahun sering isi solar ketika indikator solar nyala. Waktu lampu indicator nyala sebenarnya di dalam tangki masih ada sekitar 17 liter kalo di Captiva.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 968
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Feb 23, 2017 13:04
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Thanks Om2 Semua reply nya.
Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.well wrote: Tue Dec 28, 2021 2:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
kyknya lbh krn mobilnya lbh enteng klo bensinnya mw abiswell wrote: Tue Dec 28, 2021 2:07 temen ane bilang klo bbmnya mepet2 garis E kecenderungannya mobil bisa lbh irit krn ecu mengatur keluaran bensin lbh sedikit. Saya tdk tahu bener apa ga y? mgkn rekan2 ada pny pengalaman..
kalau saya pribadi biasanya seminggu sekali isi selalu isi kec klo dlm minggu itu minim keluar.
klo mobil tangki 35L aja, asumsi fulltank 30an kg, mepet E paling sisa 5kg bbmnya hahahaha
ya bner aja klo lbh irit pas bensinnya mw abis, muatannya lbh enteng

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
takutnya karena ud terlalu turun level bensinnya akhirnya kotoran di dalem tangki ikut kesedot soalnya pajero saya gejalanya gitu kalo tangkinya mau setengah lagnya berasa banget pas penuh nyaris gak berasa lagnya maklum mantan isi solar tapi belom ngurasChZ wrote: Tue Dec 28, 2021 3:43
justru saya dari pengalaman malah kayaknya makin deket ke E lebih berat larinya. akhirnya musti gas agak dalem klo mau akselerasi.
saya mikirnya ya nyedot bensinnya lebih susah![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
kalau saya mikirnya simple. dibawah separoh aja udah ga betah. bukan karena faktor tangki kecil. tapi model pompa bensin mobil sekarang itu kan ngandelin bensin di dalemnya untuk pendinginan juga makanya model celup, selain juga faktor performa dll. nah kala sering ga kecelup lalu sering kena bensin kualitas negara wakanda gini, ya lama2 kalah itu pompa. juga ada benernya kalau kata org dulu: biar kotoran yg ngendap ga gampang kesedot pompa bensin. terlebih pompa bensin model sekarang, filternya dibikiin jadi satu dengan pompanya dan biasanya ga bisa diganti terpisah.winnertrollino wrote: Tue Dec 28, 2021 3:36 Thanks Om2 Semua reply nya.
Jadi kesimpulannya ini hanya mitos ya? Dan untuk amannya mungkin isi ketika Tangki 1/5 ya? jangan kurang dari itu biar aman?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
paling tidakOmnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45siapa suruh beli mobil itu ......DOHC wrote: Mon Dec 27, 2021 15:11dulu kita orang waktu punya ispan 4ja-1 yg katanya ud dairek injeksyenOmnibus wrote: Mon Dec 27, 2021 11:36 sdh ga berlaku krn dulu diesel jadul indirect injection sementara skrg semua sdh direct injection (suction lbh kuat). tp yg namanya ngisi bbm sebisa mungkin jangan dibiasakan sampai habis krn kotoran biasanya ada di bagian bawah tanki, kuatir malah kesedot.
tetep aj mbah kl keabisan solar , itu ngompa solar yg di ruang enjin itu sembari kuarin kebon binatang
![]()
............![]()
pake mobil itu
- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah






numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
memang nya sampai jaman euro 4 begini, masih tidak ada pompa solar di dalam tangki ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
kalau alasan no 1 kayaknya sih masuk akal karena dia butuh cooling juga motornya.quyquy wrote: Mon Dec 27, 2021 16:45 Kalo ane, nggak diesel nggak gasoline ane selalu segera isi bbmnya jika sudah setengah tangki.
Maksimal seperempat tangki kalo ane wajib segera isi bbmnya.
Simple sih, 1. Biar awet fuel pumpnya karena selalu kerendam cairan. 2. Endapan di dasar tangki nggak kesedot
tapi kalau alasan nomor 2 kok kayaknya perlu dipertanyakan...apa iya, fuel itu yang kesedot adalah bagian atasnya duluan ?
jadi ingat orang minum kopi maka ampas ampas yg di bawah gak diminum.
setahu aku pompa bahan bakar (rotax nama kerennya) itu pasti ujung sedotannya menuju titik terbawah..untuk memastikan BBM bisa kesedot semua...
nah kalau memang demikian maka biar kata BBM full kalau kotoran endapan banyak, tetap aja bisa ikut kesedot.
btw, s etahu saya di mobil jadul tetap ada filternya juga di tangki , mirip kaus kaki , untuk mencegah kotoran disedot rotax.
btw, jaman old saat masih pakai membran, memang sih karburatur yg nyedot minyak dr tanki.
skrg sih minya didorong pakai motor dari tanki ke filter fuel depan...dari situ dipompakan sama bosch pump ke injector..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
kok langsung kebayang wujudnya seekor panther ya mbahDOHC wrote: Tue Dec 28, 2021 14:30 paling tidak
pake mobil itu
- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mitos Isi Solar Dibawah Setengah Tangki
Biar adilAbdulHakim wrote: Fri Jun 03, 2022 8:33kok langsung kebayang wujudnya seekor panther ya mbahDOHC wrote: Tue Dec 28, 2021 14:30 paling tidak
pake mobil itu
- ga perlu pusing aki abis kl naroh konci mobil deket dgn mobil
- ga perlu oli mahal2
- ga perlu solar mahal2
- troubleshooting tanpa scanner2 an
- ga perlu sering2 ganti filter
- spare part murah
- pajek murah
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
Jgn lupa elsape jg
numpang lewat aja....

