Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:17
Suryaputra wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 13:53
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?

Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar

Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Berarti cocoknya pk 5w30 mbah.
Di manual booknya boleh 0w20?

Wah asoy ngadu ams signature sm q8 :big_love:
Di bukman paling encer 5W30 om, emg penasaran aja pake buntunt 20 gimana. Ternyata emg enteng bgt tp jadi lebih kasar aja suara mesinnya

Iya nih om merk ono harganya lg ga masuk kantong jd nyoba merknya om surya dulu [emoji3526]
BA merk ono, ada di sini kok :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 0:50
marvelio wrote: Fri Jan 28, 2022 15:33
Omnibus wrote: Fri Jan 28, 2022 15:26
itu motor starternya yg bermasalah. begitu engine sdh nyala si gear nya motor starter sulit utk balik ke posisi disengage. biasanya kotor itu dalemnya n perlu pelumasan ulang.
Oh starternya ya. Noted thanks mbah. Pantes suaranya spt nyangkut cranking terus meski engine sdh nyala. Next servis minta cek aja deh.
di bengkel resmi sy ga tau mereka bisa repair ngga, jangan2 disuruh ganti assy baru. kan sayang buang2 wang kl ternyata carbon brush msh tebel dan cuma perlu dibersihkan aja.

coba skip ke menit 7:22 dan 7:49. cuma mekanisme itu yg perlu dibersihkan n grease ulang.




atau video ini, sama aja. lucu orangnya, ndeso tp kl istilah2 bhs inggris dia ga pernah keliru nyebutnya :big_grin:

Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel :big_biglaugh:

Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

Omnibus wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan :mky_01:

sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

imingwahyudi wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 13:53
imingwahyudi wrote:Nitip sendal di thread baru :mky_01:



Minggu kemarin akhirnya annual oil change, AMS sig 5w30 pemakaian pas 1 tahun, odo di ~9000 km. Berhubung level dipstick aman from time to time, diputuskan untuk coba viskositas 0w20. Secara specsheet, Avanza K3VE mentok di 5w30. Terlanjur dibeli dan penasaran, yowes this year's bakal using ams 0w20. :big_grin:


For the first hundred kilometers, nothing worrying to be reported. Engine still running smooth (mungkin karena sisa oli kemarin?), heavy traffic pun nggak ada ngelitik/powerloss/sudden jolt/piston splurting out from the engine bay :big_bored:

On the other hand, FC pun sama, engine response tad better (karena habis service juga ogud rasa).

Lets see untuk bulan-bulan selanjutnya, mungkin akan fokus di dipstick level :big_grin:
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?

Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar

Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?

Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya :big_grin:
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?

Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life


Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin

Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Sat Jan 29, 2022 6:03
Omnibus wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan :mky_01:

sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
Tmo w40 ngerii.
Cocoknya buat dorong oli lama, di oil pan aja :mky_03:

Btw, setelah pakai Q8 0w20
1st use OCI 7rb km
2nd use OCI 8rb km
3rd use 9rb KM and keep going

Posisi skrg di 47rb km

Image

Semoga seterusnya kyk gini :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by mcdelivery »

Sebelumnya ada varnish ato bahkan sludge om surya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

mcdelivery wrote: Sat Jan 29, 2022 7:34 Sebelumnya ada varnish ato bahkan sludge om surya?
ndak mbah.
sblmnya pakai oli be-res dan bbrp oli yg kelas OCI nya di 5rb Km aja.

Jujur klo dah varnish susah.
Yaris ortu, dah varnish agak tebel, susah ngilangin nya :mky_03:
Plg OCI jd tiap 3rb KM aja pk 5w30 PTT botol item.

Mencegah emg lbh baik daripada ngobatin :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1794
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sat Jan 29, 2022 7:21

Tmo w40 ngerii.
Cocoknya buat dorong oli lama, di oil pan aja :mky_03:

Btw, setelah pakai Q8 0w20
1st use OCI 7rb km
2nd use OCI 8rb km
3rd use 9rb KM and keep going

Posisi skrg di 47rb km

Image

Semoga seterusnya kyk gini :mky_02:
Kinclong :big_love:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
Wkwkkwkwkwkw
Celupin migor sm margarin
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Sat Jan 29, 2022 4:40
Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 0:50
Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel :big_biglaugh:

Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69 :ngacir:
simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.

yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya

:big_weee:

... :ngacir:


User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 9:29
Suryaputra wrote: Sat Jan 29, 2022 4:40
Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 0:50
Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel :big_biglaugh:

Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69 :ngacir:
simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.

yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya

:big_weee:

... :ngacir:


:mky_03: :mky_03:

Iya itu ribetnyaaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

triport13 wrote: Sat Jan 29, 2022 6:03
Omnibus wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan :mky_01:

sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd :mky_07:

ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 9:37
triport13 wrote: Sat Jan 29, 2022 6:03
Omnibus wrote:
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan :mky_01:

sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.

Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km

Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd :mky_07:

ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Mbah sy mau dong dicolok mobilnya.
Hbs push di tol trus colok obd mau lihat temp mesin sm girboks :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
Ada varnish bukannya emang bener yah harus cabut aki dulu..

lalu di turunin mesinnya...
lalu di porting & polish...
baru deh kinclong itu jeroan...

baru bener2 klarrr + pake oli keraton deh abis itu [emoji1]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sat Jan 29, 2022 10:21
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
Ada varnish bukannya emang bener yah harus cabut aki dulu..

lalu di turunin mesinnya...
lalu di porting & polish...
baru deh kinclong itu jeroan...

baru bener2 klarrr + pake oli keraton deh abis itu [emoji1]
Atau ganti bpkb :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 9:29
Suryaputra wrote: Sat Jan 29, 2022 4:40
Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 0:50
Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel :big_biglaugh:

Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69 :ngacir:
simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.

yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya

:big_weee:

... :ngacir:


mending lipindut donk

copotin tabung reservoir coolant doank

mo 3 hari skali copotin buat di kasi vet jg gapapa :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 9:45
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons

lgs ilang tuh varnish :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 11:50
Omnibus wrote: Sat Jan 29, 2022 9:45
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons

lgs ilang tuh varnish :big_weee: :big_weee:
bukan ilang tp secara mistik pindah vernis dan slaj nya ke as kopel sang pemilik mobil. haa pas lagi mau action kaget sendiri. :wkkk:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by imingwahyudi »

triport13 wrote:
imingwahyudi wrote:
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 13:53 Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?

Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar

Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?

Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya :big_grin:
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?

Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life


Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin

Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
I see...sejauh ini malah lebih cepat hilang suara kasar nya kalo mesin dingin...keliatan di lampu oil pressure juga. Mungkin karena oli masih baru..Aman berarti pakai viscosity 0w20 [emoji1]
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by imingwahyudi »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by marmut »

imingwahyudi wrote: Sat Jan 29, 2022 12:10
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]



lapisan warna kekuningan seperti ini :


20201026_161010.jpg


jangan membayangkan clear coat. kalo itu, pake tehnik flow coat 3x jadi makin bagus.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

imingwahyudi wrote: Sat Jan 29, 2022 12:10
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51 varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an

yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj


kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!

ada varnish = cabut aki

kelaar!

:big_weee: :big_weee: :mky_03: :mky_03:
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]
nah itu yg di foto atas

terjadi akibat oksidasi, gesekan dan panas. biasanya akibat oci terlalu lama terutama pada oli yg kl menguap meninggalkan residu (low quality oil tdk murni, banyak impurities nya)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5710
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

marmut wrote: Sat Jan 29, 2022 12:18
imingwahyudi wrote: Sat Jan 29, 2022 12:10
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]



lapisan warna kekuningan seperti ini :



20201026_161010.jpg



jangan membayangkan clear coat. kalo itu, pake tehnik flow coat 3x jadi makin bagus.
Wih, keren mbah, warnanya jadi kayak Mclaren ini ya mbah.

Image

:emo-big_love: