Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 13:53
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Berarti cocoknya pk 5w30 mbah.
Di manual booknya boleh 0w20?
Wah asoy ngadu ams signature sm q8
Di bukman paling encer 5W30 om, emg penasaran aja pake buntunt 20 gimana. Ternyata emg enteng bgt tp jadi lebih kasar aja suara mesinnya
Iya nih om merk ono harganya lg ga masuk kantong jd nyoba merknya om surya dulu [emoji3526]
BA merk ono, ada di sini kok
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Omnibus wrote: Fri Jan 28, 2022 15:26
itu motor starternya yg bermasalah. begitu engine sdh nyala si gear nya motor starter sulit utk balik ke posisi disengage. biasanya kotor itu dalemnya n perlu pelumasan ulang.
Oh starternya ya. Noted thanks mbah. Pantes suaranya spt nyangkut cranking terus meski engine sdh nyala. Next servis minta cek aja deh.
di bengkel resmi sy ga tau mereka bisa repair ngga, jangan2 disuruh ganti assy baru. kan sayang buang2 wang kl ternyata carbon brush msh tebel dan cuma perlu dibersihkan aja.
coba skip ke menit 7:22 dan 7:49. cuma mekanisme itu yg perlu dibersihkan n grease ulang.
atau video ini, sama aja. lucu orangnya, ndeso tp kl istilah2 bhs inggris dia ga pernah keliru nyebutnya
Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel
Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
Minggu kemarin akhirnya annual oil change, AMS sig 5w30 pemakaian pas 1 tahun, odo di ~9000 km. Berhubung level dipstick aman from time to time, diputuskan untuk coba viskositas 0w20. Secara specsheet, Avanza K3VE mentok di 5w30. Terlanjur dibeli dan penasaran, yowes this year's bakal using ams 0w20.
For the first hundred kilometers, nothing worrying to be reported. Engine still running smooth (mungkin karena sisa oli kemarin?), heavy traffic pun nggak ada ngelitik/powerloss/sudden jolt/piston splurting out from the engine bay
On the other hand, FC pun sama, engine response tad better (karena habis service juga ogud rasa).
Lets see untuk bulan-bulan selanjutnya, mungkin akan fokus di dipstick level
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?
Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?
Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life
Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin
Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
Tmo w40 ngerii.
Cocoknya buat dorong oli lama, di oil pan aja
Btw, setelah pakai Q8 0w20
1st use OCI 7rb km
2nd use OCI 8rb km
3rd use 9rb KM and keep going
Posisi skrg di 47rb km
Semoga seterusnya kyk gini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 23:28
Kalo ane di mesin saya suaranya persis seperti di video ini om, yg paling jelas di detik 0:30an. Pas pake AMS 0w30 itu paling sebentar bunyinya, pake ams 0w20 agak panjang, pake tmo 10w-40 agak mengkhawatirkan saking lamanya
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd
ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Omnibus wrote:
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obd
ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Mbah sy mau dong dicolok mobilnya.
Hbs push di tol trus colok obd mau lihat temp mesin sm girboks
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51
varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an
yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj
kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51
varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an
yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj
kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons
lgs ilang tuh varnish
bukan ilang tp secara mistik pindah vernis dan slaj nya ke as kopel sang pemilik mobil. haa pas lagi mau action kaget sendiri.
triport13 wrote: Fri Jan 28, 2022 13:53
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?
Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?
Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life
Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin
Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
I see...sejauh ini malah lebih cepat hilang suara kasar nya kalo mesin dingin...keliatan di lampu oil pressure juga. Mungkin karena oli masih baru..Aman berarti pakai viscosity 0w20 [emoji1]
DOHC wrote: Sat Jan 29, 2022 8:51
varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an
yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj
kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]
nah itu yg di foto atas
terjadi akibat oksidasi, gesekan dan panas. biasanya akibat oci terlalu lama terutama pada oli yg kl menguap meninggalkan residu (low quality oil tdk murni, banyak impurities nya)