Review BMW 320i F30 2016
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Review BMW 320i F30 2016
Latar belakang:
Sekitar 2 bulan lalu, saya menjual accord 2013 saya karena satu dan lain hal. Saat itu sebenarnya ingin mencoba mencari W204 sekitaran tahun 2013-2014 karena dari jaman kuliah sudah naksir sama W204 dengan AMG bodykit. Entah kenapa sampai tahun 2021 sekarang designnya tetap cantik dimata saya. Tapi karena berbagai pertimbangan (terutama karena umurnya ketuaan) jadinya saya terpaksa batal untuk beli W204 dan akhirnya jadi beli CX5 touring 2016. CX5 ini sebenarnya cukup memuaskan. Saya beli di pemakai langsung dengan kondisi odo 50rb km, service record lengkap, dan yg paling penting harganya super miring karena owner sebelumnya BU. Peer hanya engine mounting yg mulai bunyi dan ada beberapa baret dalam di bemper depan belakang dan kap mesin yg harus direpaint jika mau enak dilihat lagi. Setelah pakai kurang lebih 1 bulan, ternyata tetap hati kecil saya maunya balik tetap pakai sedan, sehingga saya putuskan untuk iseng2 coba tawarkan di salah satu marketplace jual beli mobil. Ternyata besoknya ada pedagang lihat dan hari itu juga di dp. Agak cukup heran saya karena harga jual yg saya minta cukup tinggi dan dapat untung sektar 8 juta
Setelah CX5 terjual, saya kembali lagi ke marketplace nyari2 mau beli sedan. Adik saya (yg sesekali suka pakai mobil saya) saran untuk beli CLA sekitaran tahun 2014-2015. Selain karena bentuknya yg cantik dan antimainstream, harganya saya lihat juga cukup terjaga dibanding W204 yg sering dipakai sebagai armada taksi. Tapi sayangnya cantik diluar tidak terlalu berbanding lurus dengan dalamnya, Sempat test drive unit di showroom mobil bekasnya tapi impresi ya ga terlalu baik. Bantingan keras dan underpower juga. Sempat coba C200 W205 juga tapi kesannya terlalu bulky (menurut saya agak mirip2 saya bawa E250 W212 kepunyaan papa saya).
Setelah menimbang2, akhir saya putuskan ambil BMW F30 320i LCI dengan akte lahir 2015 tapi registrasi 2016. Sebenarnya beda harga antara LCI dan pre-LCI cukup banyak untuk tahun yg sama, sekitar 50jt. Tapi keputusan untuk ambil LCI karena pertimbangan mesin B48 boleh dibilang sudah tidak ada masalah di timing chainnya lagi. Setelah research kanan kiri juga ternyata F30 LCI cukup robust juga.
Jadi inilah F30 320i yg saya ambil. Maaf masih kotor, tadi pagi jakarta hujan soalnya
Jadi F30 320i sport line ini saat saya ambil odo tercatat di sekitar 53.000 km, kondisi ekterior dan interior relatif flawless, ada penyok minim di daerah bagasi kiri (tapi bisa di PDR). Cek service record cukup oke riwayatnya, penggantian part juga minim. Sensor abs kiri kanan depan pernah ganti, kampas rem dan disc brake juga baru ganti saat BSI mau habis di 52rb km. Overall kondisi cukup terawat. Hasil GCU juga memuaskan, PR hanya accu yg mulai lemah, shockbreaker belakang juga mulai lemah, tapi menurut SA BMW masih sangat aman untuk digunakan bbrp bulan kedepan. Di estimasi harga perbaikan 2 item itu sekitar 19jt. Cukup kaget juga ternyata accu BMW jaman sekarang sampai 11 jutaan, padahal dulu saya pake E90 accunya masih sekitar 5-6 jutaan. Tapi It’s okay lah namanya mobil bekas, jangan berharap bisa perfect kaya mobil baru (mobil baru aja kadang ada cacatnya).
Masuk ke Interior, bisa dilihat bahwa kulit2 (sintetis?) masih perfect, ga ada cacat, ga ada robek, kursi juga ga ada yg ambles.
Stir M masih belum licin dan mengkilap, mungkin pemilik sebelumnya ngebungkus dengan cover stir?
Plastik2 console, trim-trim juga kondisi 90-95%, ga ada lecet2 mengganggu. Kayanya pemilik sebelumnya cukup apik menjaga kondisi mobil.
Bagian eksterior juga cukup terawat. Ga ada baret-baret dalam, swirl mark wajar pemakaian. Velg juga relatif mulus, ga banyak cacat untuk ukuran mobil usia 5 tahun.
Satu2nya minus di bagasi saja agak penyok sedikit.
Driving experience:
Ada 4 driving yg bisa dipilih di F30 ini, mulai dari eco pro, comfort, sport, dan sport +.
Sesuai namanya saja, eco dan comfort, tarikan jadi lemot dan stir sangat enteng. Di modr sport dan sport+ ini karakter BMWnya baru terasa. Respons gas jauh membaik dan bobot stir pun sedikit bertambah berat. Sangat "menggairahkan" untuk dipakai sruntulan di jalan tol
Untuk driving experience secara keseluruhan saya akan coba compare dengan E90 320i yg jaman kuliah dulu pernah saya pakai.
Engine
Soal power tidak bisa banyak dibandingkan, diatas kertas saja 2000cc twin turbo F30 sudah unggul sekitar 30hp dan 70Nm lebih banyak dari E90. Figur akselerasi dan top speed saya ga menghitung secara real tapi jika dirasa dengan feeling-o-meter saya, keduanya lebih baik dari E90. Saya pernah bawa E90 sampai 210kmh, mungkin F30 320i standar bisa sampai 230-240kmh (CMIIW). Barusan saya coba sedikit tarik di mode sport, mobil dengan mudahnya mencapai 150kmh.
Tetapi ada 2 hal yg cukup mengganggu di F30 ini. Hal pertama adalah respons akselerasi yg tidak spontan seperti di mesin NA E90. Saya masih merasa ada delay (beberapa milisecond mungkin) di respons mesin saat pedal gas diinjak agak dalam. Hal kedua yg agak kurang nyaman adalah transmisinya yg kadang masih suka bingung di mode comfort atau di mode eco, jika di pakai kondisi macet-macetan respons mesin agak kurang lincah dan jika downshift engine brakenya terasa sekali. Point: 8,5/10
Comfort
Untuk masalah kenyamanan juga F30 meningkat 1 kelas dibanding E90. Seperti yg kita tahu, E90 terkenal dengan bantingannya yg super keras untuk ukuran mobil compact eropa. F30 saya ini bantingan juga sebenarnya masih tergolong keras, apalagi dipadukan dengan ban RFT laknatnya itu. Tapi bantingan keras ini memang dibayarkan dengan handling yg sigap dan sangat akurat. Sebenarnya kurang tepat untuk bilang bantingannya keras, mungkin istilah yg lebih cocok adalah firm. Point: 8/10
Handling
Masalah handling mungkin disini lah yg membedakan BMW dengan mobil lain. BMW is BMW. Stir sangat akurat, pindah2 jalur di tol body mobil tidak gugup sama sekali. Gokart-like feelnya masih dapat sekali seperti di E90. Koneksi antara stir dengan ban yg menapak di jalan juga terasa baik, tidak kosong seperti kebanyakan electric power-steering jaman sekarang.
Untuk bodyroll saya tidak terlalu merasa banyak perbedaan antara E90 atau F30, tapi mungkin juga karena saya belum pernah membawa F30 ini sampai limitnya. To be fair, mungkin overall handling F30 ini sedikit dibawah E90 karena E90 saya masih hydrolic power-steering yg memberikan feedback ke jalanan jauh lebih baik dibanding electric power steering. Tapi menurut saya perbedaannya minimal sekali. Point: 9/10
Accomodation
Masalah akomodasi saya ga terlalu perhatiin karena memang mobil akan banyak dipakai saya sendiri. Tapi sepertinya ruang dalamnya juga dimensinya bertambah luas dibanding E90. Point 8/10
Entertainment
Tidak ada yg terlalu istimewa untuk urusan entertainment di mobil ini.
Audio bawaan mobil bukan HK seperti bawaan trim2 diatasnya, tapi cukup lah untuk pemakaian sehari2. Saya juga bukan tergolong audioholic juga, sehari2 di perjalanan malah lebih sering dengar podcast daripada musik. Bluetooth, CD, AUX, USB dan Radio sudah jadi standar seperti pada umumnya mobil jaman sekarang. Point 8/10
Interior Quality
Kualitas interior sayangnya ga terlalu berbeda jauh dengan E90. Feel kulit2nya juga kualitas hanya sebatas cukup saja, belum sampe tahapan istimewa. Jika dibanding generasi mazda baru (mazda 3 atau CX30) menurut saya masih 1 tingkat dibawah mereka. Sticky panel tetap menjadi penyakit bawaannya, untungnya unit yg saya dapat masih sangat baik, no sticky panel at all. Kata pedagangnya sih ni mobil ga pernah dijemur. Point: 7,5/10
Features:
Fitur-fitur yg ada di F30 320i sebenarnya cukup standar, dengan harga bekas di usia 5 tahun yg tetap hampir 2x lipat dibandingkan dengan LSUV Atau LMPV toyodai, fitur 320i ini dibantai habis oleh mereka. There is no electric parking brake, no adaptive cruise control (bahkan cruise control biasa saja tidak ada), no apple carplay atau android auto, bahkan parking camera aja ga ada. Well untuk apple carplay dan kamera parkir bisa ditambah sendiri, cukup siapkan budget kurang lebih 8-10 jt. Cruise control bisa ditambah dengan biaya 4,5 jt. Semuanya bukan di bmw tapi ya. Entah brp duit kalo di bmw. Beberapa fitur lain yg lazim ada di mobil modern seperti: electric seat with memory, AC dual Zone, Maps (udah agak outdated dan kalo mau di update lumayan juga biayanya)
Ada juga beberapa fitur yg nice to have seperti ambient light dengan 2 warna, automatic tailgate opener, display AC yang otomatis berubah warna antara terang dan gelap dan sport display di idrive, tapi kalo disuruh milih mending kasih saya kamera parkir deh, lebih bermanfaat. Features: 7/10 Modification potential:
Untuk masalah modifikasi saya rasa F30 ini salah satu sedan eropa yg paling banyak part modifnya.
Mau meningkatkan performa, jasa remap F30 sudah menjamur dimana2. Dengan remap sederhana tanpa banyak ganti hardware, F30 320i ini dengan mudah bisa menembus 200hp++.
Part kaki2, bodykit, coding juga semua tinggal cari baik di toko online maupun offline.
Sama sekali tidak sulit mencari part2 modifikasi F30 ini, yg sulit adalah mencari uang untuk belinya, karena harganya part2 modifnya juga sebanding dengan harga mobilnya
Conclusion
Mobil ini cocok untuk:
1. Spirited driver
2. Punya mobil lebih dari 1 mobil di rumah, jaga2 kalo tiba2 ngambek pagi-pagi
3. Orang yg tidak terlalu memikirkan Resale value.
4. Keluarga kecil (anak 1, max 2)
Mobil ini kurang cocok untuk:
1. Orang yg pakai mobil hanya dari point A ke point B tanpa menikmati kenikmatan mengendarainya
2. Orang yg sangat mementingkan fitur dan gimmick
3. Orang yg sangat mementingkan resale value.
4. Keluarga dengan anggota lebih dari 4 orang, karena row kedua mobil ini cukup sempit untuk 3 orang.
5. Pecinta krom . karena mobil ini krom2annya cuman ada di list grill (ini aja mau saya delete chrome sekalian)
Sebagai latar belakang profil saya, saya adalah seorang laki-laki usia awal 30an, sudah menikah tapi belum ada momongan. Di rumah ada 4 orang anggota keluarga (ibu dan adik saya).
Kebetulan dirumah ada 3 unit mobil, 2 mobil lagi punya adik dan istri saya. Lokasi sekeliling saya tinggal daerah yg cukup rawan banjir (untungnya depan rumah saya tidak pernah banjir). Jika ada keperluan menerobos banjir, kebetulan mobil istri adalah SUV ladder frame yg siap menerobos banjir.
Mobil-mobil yg pernah saya punya secara pribadi sejak jaman kuliah: jazz GD3 idsi 2006, BMW E90 320i 2009, CRV 2.0 RM 2014, accord CR2 2013, dan mazda CX-5 2016 (2 mobil terakhir saya beli bekas tahun 2021 ini)
Sekian review dari saya. Maafkan jika masih ada kekurangan-kekurangan
Sekitar 2 bulan lalu, saya menjual accord 2013 saya karena satu dan lain hal. Saat itu sebenarnya ingin mencoba mencari W204 sekitaran tahun 2013-2014 karena dari jaman kuliah sudah naksir sama W204 dengan AMG bodykit. Entah kenapa sampai tahun 2021 sekarang designnya tetap cantik dimata saya. Tapi karena berbagai pertimbangan (terutama karena umurnya ketuaan) jadinya saya terpaksa batal untuk beli W204 dan akhirnya jadi beli CX5 touring 2016. CX5 ini sebenarnya cukup memuaskan. Saya beli di pemakai langsung dengan kondisi odo 50rb km, service record lengkap, dan yg paling penting harganya super miring karena owner sebelumnya BU. Peer hanya engine mounting yg mulai bunyi dan ada beberapa baret dalam di bemper depan belakang dan kap mesin yg harus direpaint jika mau enak dilihat lagi. Setelah pakai kurang lebih 1 bulan, ternyata tetap hati kecil saya maunya balik tetap pakai sedan, sehingga saya putuskan untuk iseng2 coba tawarkan di salah satu marketplace jual beli mobil. Ternyata besoknya ada pedagang lihat dan hari itu juga di dp. Agak cukup heran saya karena harga jual yg saya minta cukup tinggi dan dapat untung sektar 8 juta
Setelah CX5 terjual, saya kembali lagi ke marketplace nyari2 mau beli sedan. Adik saya (yg sesekali suka pakai mobil saya) saran untuk beli CLA sekitaran tahun 2014-2015. Selain karena bentuknya yg cantik dan antimainstream, harganya saya lihat juga cukup terjaga dibanding W204 yg sering dipakai sebagai armada taksi. Tapi sayangnya cantik diluar tidak terlalu berbanding lurus dengan dalamnya, Sempat test drive unit di showroom mobil bekasnya tapi impresi ya ga terlalu baik. Bantingan keras dan underpower juga. Sempat coba C200 W205 juga tapi kesannya terlalu bulky (menurut saya agak mirip2 saya bawa E250 W212 kepunyaan papa saya).
Setelah menimbang2, akhir saya putuskan ambil BMW F30 320i LCI dengan akte lahir 2015 tapi registrasi 2016. Sebenarnya beda harga antara LCI dan pre-LCI cukup banyak untuk tahun yg sama, sekitar 50jt. Tapi keputusan untuk ambil LCI karena pertimbangan mesin B48 boleh dibilang sudah tidak ada masalah di timing chainnya lagi. Setelah research kanan kiri juga ternyata F30 LCI cukup robust juga.
Jadi inilah F30 320i yg saya ambil. Maaf masih kotor, tadi pagi jakarta hujan soalnya
Jadi F30 320i sport line ini saat saya ambil odo tercatat di sekitar 53.000 km, kondisi ekterior dan interior relatif flawless, ada penyok minim di daerah bagasi kiri (tapi bisa di PDR). Cek service record cukup oke riwayatnya, penggantian part juga minim. Sensor abs kiri kanan depan pernah ganti, kampas rem dan disc brake juga baru ganti saat BSI mau habis di 52rb km. Overall kondisi cukup terawat. Hasil GCU juga memuaskan, PR hanya accu yg mulai lemah, shockbreaker belakang juga mulai lemah, tapi menurut SA BMW masih sangat aman untuk digunakan bbrp bulan kedepan. Di estimasi harga perbaikan 2 item itu sekitar 19jt. Cukup kaget juga ternyata accu BMW jaman sekarang sampai 11 jutaan, padahal dulu saya pake E90 accunya masih sekitar 5-6 jutaan. Tapi It’s okay lah namanya mobil bekas, jangan berharap bisa perfect kaya mobil baru (mobil baru aja kadang ada cacatnya).
Masuk ke Interior, bisa dilihat bahwa kulit2 (sintetis?) masih perfect, ga ada cacat, ga ada robek, kursi juga ga ada yg ambles.
Stir M masih belum licin dan mengkilap, mungkin pemilik sebelumnya ngebungkus dengan cover stir?
Plastik2 console, trim-trim juga kondisi 90-95%, ga ada lecet2 mengganggu. Kayanya pemilik sebelumnya cukup apik menjaga kondisi mobil.
Bagian eksterior juga cukup terawat. Ga ada baret-baret dalam, swirl mark wajar pemakaian. Velg juga relatif mulus, ga banyak cacat untuk ukuran mobil usia 5 tahun.
Satu2nya minus di bagasi saja agak penyok sedikit.
Driving experience:
Ada 4 driving yg bisa dipilih di F30 ini, mulai dari eco pro, comfort, sport, dan sport +.
Sesuai namanya saja, eco dan comfort, tarikan jadi lemot dan stir sangat enteng. Di modr sport dan sport+ ini karakter BMWnya baru terasa. Respons gas jauh membaik dan bobot stir pun sedikit bertambah berat. Sangat "menggairahkan" untuk dipakai sruntulan di jalan tol
Untuk driving experience secara keseluruhan saya akan coba compare dengan E90 320i yg jaman kuliah dulu pernah saya pakai.
Engine
Soal power tidak bisa banyak dibandingkan, diatas kertas saja 2000cc twin turbo F30 sudah unggul sekitar 30hp dan 70Nm lebih banyak dari E90. Figur akselerasi dan top speed saya ga menghitung secara real tapi jika dirasa dengan feeling-o-meter saya, keduanya lebih baik dari E90. Saya pernah bawa E90 sampai 210kmh, mungkin F30 320i standar bisa sampai 230-240kmh (CMIIW). Barusan saya coba sedikit tarik di mode sport, mobil dengan mudahnya mencapai 150kmh.
Tetapi ada 2 hal yg cukup mengganggu di F30 ini. Hal pertama adalah respons akselerasi yg tidak spontan seperti di mesin NA E90. Saya masih merasa ada delay (beberapa milisecond mungkin) di respons mesin saat pedal gas diinjak agak dalam. Hal kedua yg agak kurang nyaman adalah transmisinya yg kadang masih suka bingung di mode comfort atau di mode eco, jika di pakai kondisi macet-macetan respons mesin agak kurang lincah dan jika downshift engine brakenya terasa sekali. Point: 8,5/10
Comfort
Untuk masalah kenyamanan juga F30 meningkat 1 kelas dibanding E90. Seperti yg kita tahu, E90 terkenal dengan bantingannya yg super keras untuk ukuran mobil compact eropa. F30 saya ini bantingan juga sebenarnya masih tergolong keras, apalagi dipadukan dengan ban RFT laknatnya itu. Tapi bantingan keras ini memang dibayarkan dengan handling yg sigap dan sangat akurat. Sebenarnya kurang tepat untuk bilang bantingannya keras, mungkin istilah yg lebih cocok adalah firm. Point: 8/10
Handling
Masalah handling mungkin disini lah yg membedakan BMW dengan mobil lain. BMW is BMW. Stir sangat akurat, pindah2 jalur di tol body mobil tidak gugup sama sekali. Gokart-like feelnya masih dapat sekali seperti di E90. Koneksi antara stir dengan ban yg menapak di jalan juga terasa baik, tidak kosong seperti kebanyakan electric power-steering jaman sekarang.
Untuk bodyroll saya tidak terlalu merasa banyak perbedaan antara E90 atau F30, tapi mungkin juga karena saya belum pernah membawa F30 ini sampai limitnya. To be fair, mungkin overall handling F30 ini sedikit dibawah E90 karena E90 saya masih hydrolic power-steering yg memberikan feedback ke jalanan jauh lebih baik dibanding electric power steering. Tapi menurut saya perbedaannya minimal sekali. Point: 9/10
Accomodation
Masalah akomodasi saya ga terlalu perhatiin karena memang mobil akan banyak dipakai saya sendiri. Tapi sepertinya ruang dalamnya juga dimensinya bertambah luas dibanding E90. Point 8/10
Entertainment
Tidak ada yg terlalu istimewa untuk urusan entertainment di mobil ini.
Audio bawaan mobil bukan HK seperti bawaan trim2 diatasnya, tapi cukup lah untuk pemakaian sehari2. Saya juga bukan tergolong audioholic juga, sehari2 di perjalanan malah lebih sering dengar podcast daripada musik. Bluetooth, CD, AUX, USB dan Radio sudah jadi standar seperti pada umumnya mobil jaman sekarang. Point 8/10
Interior Quality
Kualitas interior sayangnya ga terlalu berbeda jauh dengan E90. Feel kulit2nya juga kualitas hanya sebatas cukup saja, belum sampe tahapan istimewa. Jika dibanding generasi mazda baru (mazda 3 atau CX30) menurut saya masih 1 tingkat dibawah mereka. Sticky panel tetap menjadi penyakit bawaannya, untungnya unit yg saya dapat masih sangat baik, no sticky panel at all. Kata pedagangnya sih ni mobil ga pernah dijemur. Point: 7,5/10
Features:
Fitur-fitur yg ada di F30 320i sebenarnya cukup standar, dengan harga bekas di usia 5 tahun yg tetap hampir 2x lipat dibandingkan dengan LSUV Atau LMPV toyodai, fitur 320i ini dibantai habis oleh mereka. There is no electric parking brake, no adaptive cruise control (bahkan cruise control biasa saja tidak ada), no apple carplay atau android auto, bahkan parking camera aja ga ada. Well untuk apple carplay dan kamera parkir bisa ditambah sendiri, cukup siapkan budget kurang lebih 8-10 jt. Cruise control bisa ditambah dengan biaya 4,5 jt. Semuanya bukan di bmw tapi ya. Entah brp duit kalo di bmw. Beberapa fitur lain yg lazim ada di mobil modern seperti: electric seat with memory, AC dual Zone, Maps (udah agak outdated dan kalo mau di update lumayan juga biayanya)
Ada juga beberapa fitur yg nice to have seperti ambient light dengan 2 warna, automatic tailgate opener, display AC yang otomatis berubah warna antara terang dan gelap dan sport display di idrive, tapi kalo disuruh milih mending kasih saya kamera parkir deh, lebih bermanfaat. Features: 7/10 Modification potential:
Untuk masalah modifikasi saya rasa F30 ini salah satu sedan eropa yg paling banyak part modifnya.
Mau meningkatkan performa, jasa remap F30 sudah menjamur dimana2. Dengan remap sederhana tanpa banyak ganti hardware, F30 320i ini dengan mudah bisa menembus 200hp++.
Part kaki2, bodykit, coding juga semua tinggal cari baik di toko online maupun offline.
Sama sekali tidak sulit mencari part2 modifikasi F30 ini, yg sulit adalah mencari uang untuk belinya, karena harganya part2 modifnya juga sebanding dengan harga mobilnya
Conclusion
Mobil ini cocok untuk:
1. Spirited driver
2. Punya mobil lebih dari 1 mobil di rumah, jaga2 kalo tiba2 ngambek pagi-pagi
3. Orang yg tidak terlalu memikirkan Resale value.
4. Keluarga kecil (anak 1, max 2)
Mobil ini kurang cocok untuk:
1. Orang yg pakai mobil hanya dari point A ke point B tanpa menikmati kenikmatan mengendarainya
2. Orang yg sangat mementingkan fitur dan gimmick
3. Orang yg sangat mementingkan resale value.
4. Keluarga dengan anggota lebih dari 4 orang, karena row kedua mobil ini cukup sempit untuk 3 orang.
5. Pecinta krom . karena mobil ini krom2annya cuman ada di list grill (ini aja mau saya delete chrome sekalian)
Sebagai latar belakang profil saya, saya adalah seorang laki-laki usia awal 30an, sudah menikah tapi belum ada momongan. Di rumah ada 4 orang anggota keluarga (ibu dan adik saya).
Kebetulan dirumah ada 3 unit mobil, 2 mobil lagi punya adik dan istri saya. Lokasi sekeliling saya tinggal daerah yg cukup rawan banjir (untungnya depan rumah saya tidak pernah banjir). Jika ada keperluan menerobos banjir, kebetulan mobil istri adalah SUV ladder frame yg siap menerobos banjir.
Mobil-mobil yg pernah saya punya secara pribadi sejak jaman kuliah: jazz GD3 idsi 2006, BMW E90 320i 2009, CRV 2.0 RM 2014, accord CR2 2013, dan mazda CX-5 2016 (2 mobil terakhir saya beli bekas tahun 2021 ini)
Sekian review dari saya. Maafkan jika masih ada kekurangan-kekurangan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kendibocor on Sun Dec 05, 2021 16:05, edited 4 times in total.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: Review BMW 320i F30 2016
Nice review oom! Cakep banget mobilnya
Saran saya sih standarin aja oom kalo udah bisa sampe 240km/h mah hahahaha, dah lebih lebih lebih dari cukup itu
Saran saya sih standarin aja oom kalo udah bisa sampe 240km/h mah hahahaha, dah lebih lebih lebih dari cukup itu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Emang ga bakal diapa2in si om. Adik saya yg uda gatel mau ganti bodykit dan velg, tapi dasarnya saya udah tua kali jd kayanya udah lewat jamannya gitu2an. Sekarang menikmati standaran aja. Apalagi soal mesin sih pasti 100% standar.adriangaut wrote: ↑Sun Dec 05, 2021 15:54 Nice review oom! Cakep banget mobilnya
Saran saya sih standarin aja oom kalo udah bisa sampe 240km/h mah hahahaha, dah lebih lebih lebih dari cukup itu
Makasih om responsnya
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review BMW 320i F30 2016
nice review om dan congrats buat mobil barunya, f30 ini emg cocok buat orang yg mentingin driving feel, tarikkan dan handling cuma minusnya ya itu, biaya maintenancenya kalo amit2 lg apes bisa nyari seharga mobilnya sendiri apalagi gak punya kenalan spesialis or komunitas serta denger2 cukup rawan di rack steering, kaki2 sm paking, walaupun durability mesinnya udh lebih bagus dibanding PFL serta maticnya jg udh lebih robust dibanding E90 , , sama kalo buat saya pribadi, kebetulan sempet consider mobil ini juga dalam kondisi seken buat gantiin yaris sm xpander, cuma karena 1 dan lain hal akhirnya ambil HRV 2018 seken yg masih saya gunakan sampe hari ini
Conclusion menurut versi saya
Mobil ini cocok untuk:
1. Spirited driver, memprioritaskan driving feel, handling dan tarikkan
2. Punya mobil lebih dari 1 mobil di rumah, jaga2 kalo tiba2 ngambek pagi-pagi
3. orang yg hobi otak atik mobil, karena namanya mobil eropa seken, pasti ada aja bagian yg perlu diperbaikkin karena umur dan pemakaian
4. orang yg hobi explore, karena kalo buat saya pribadi, punya mobil eropa seken kalo bisa ada kenalan spesialis or komunitas, karena selisihnya lumayan banyak dibanding beres hehehe
5. siap mental dan waktunya banyak, karena percayalah, nyari mobil eropa seken apalagi yg udh berumur dengan kondisi oke gak mudah, perlu perjuangan, dan juga perlu spare waktu tambahan juga buat beresin PR2nya + spare dana jg diluar harga mobil buat perbaikkan , cuma buat saya disitulah seninya, karena bisa dapet hal2 dan pengalaman baru yg gak kita dapatkan di mobil baru
6. orang yg telaten, suka merawat mobil, dan mau repot sedikit , karena percayalah, maintenancenya juga ga semurah mobil jepang, cuma kalo kondisi sehat kebayar sm driving feel dan handlingnya yg mantep + prestigenya yg jelasss lebih tinggi dibanding mobil jepang manapun menurut saya, kapan lagi bisa dibukain pintu, dicariin parkir dan di tongkrongan ga malu2 in kalo pake BMW ini wkwkwk
7. cuek sm brand dan RV
Mobil ini kurang cocok untuk:
1. Orang yg pakai mobil hanya dari point A ke point B tanpa menikmati kenikmatan mengendarainya
2. Orang yg sangat mementingkan biaya maintenance (karena kalo biasa pake mobil jepang, piara mobil ini bakal kaget sendiri liat biaya maintenancenya yg lumayan wkwkwk, apalagi mentalnya blm siap )
3. orang yg blm siap mental dan waktunya terbatas, mending beli mobil baru saja, karena lebih peace of mind karena baru atau piara mobil jepang aja, biaya maintenancenya lebih terjangkau juga dibanding mobil eropa kwkwkw
Conclusion menurut versi saya
Mobil ini cocok untuk:
1. Spirited driver, memprioritaskan driving feel, handling dan tarikkan
2. Punya mobil lebih dari 1 mobil di rumah, jaga2 kalo tiba2 ngambek pagi-pagi
3. orang yg hobi otak atik mobil, karena namanya mobil eropa seken, pasti ada aja bagian yg perlu diperbaikkin karena umur dan pemakaian
4. orang yg hobi explore, karena kalo buat saya pribadi, punya mobil eropa seken kalo bisa ada kenalan spesialis or komunitas, karena selisihnya lumayan banyak dibanding beres hehehe
5. siap mental dan waktunya banyak, karena percayalah, nyari mobil eropa seken apalagi yg udh berumur dengan kondisi oke gak mudah, perlu perjuangan, dan juga perlu spare waktu tambahan juga buat beresin PR2nya + spare dana jg diluar harga mobil buat perbaikkan , cuma buat saya disitulah seninya, karena bisa dapet hal2 dan pengalaman baru yg gak kita dapatkan di mobil baru
6. orang yg telaten, suka merawat mobil, dan mau repot sedikit , karena percayalah, maintenancenya juga ga semurah mobil jepang, cuma kalo kondisi sehat kebayar sm driving feel dan handlingnya yg mantep + prestigenya yg jelasss lebih tinggi dibanding mobil jepang manapun menurut saya, kapan lagi bisa dibukain pintu, dicariin parkir dan di tongkrongan ga malu2 in kalo pake BMW ini wkwkwk
7. cuek sm brand dan RV
Mobil ini kurang cocok untuk:
1. Orang yg pakai mobil hanya dari point A ke point B tanpa menikmati kenikmatan mengendarainya
2. Orang yg sangat mementingkan biaya maintenance (karena kalo biasa pake mobil jepang, piara mobil ini bakal kaget sendiri liat biaya maintenancenya yg lumayan wkwkwk, apalagi mentalnya blm siap )
3. orang yg blm siap mental dan waktunya terbatas, mending beli mobil baru saja, karena lebih peace of mind karena baru atau piara mobil jepang aja, biaya maintenancenya lebih terjangkau juga dibanding mobil eropa kwkwkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Review BMW 320i F30 2016
> accu BMW jaman sekarang sampai 11 jutaan
Ni karena dia ada idle start stop ya om
Ni karena dia ada idle start stop ya om
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Review BMW 320i F30 2016
Untuk bmwnya karena warranty sudah habis lebih baik kerjakan di bengkel luar.
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Rencana saya sih kalo maintenance rutin (ganti2 oli, dll) bakal di beres om biar tetap ada service recordnya. Kalo penggantian part2 baru akan cari di spesialis. Boleh om dm saya tokonya hehehe. Setau saya 320 blm adaptive ya.vp920b wrote: ↑Sun Dec 05, 2021 23:32 Untuk bmwnya karena warranty sudah habis lebih baik kerjakan di bengkel luar.
Karena pengalaman piara F15 begitu warranty abis lebih baik kabur dari BeRes karena harganya yang ga make sense.
Contoh: shock depan adaptive di beres 20juta diluar ongkos 1 pcs jadi 40 juta depan
Saya ke bengkel langganan bmw sekalian pasang baru garansi juga hanya dibawah 30jt. So pengiritan yang cukup signifikan.
Batere bmw skg pke AGM makanya dibilang 11juta, padahal di toko spare part hanya setengahnya.
Kalau berminat kabarin aja nanti sy kasih konteknya. Sudah pengalaman spare part bmw dan merc selama 40 tahun.
B48 memang kebih robust. So far ga ada masalah di mesin tersebut. Cuma F30 kalau ga salah adaptive suspension ya? Nah itu aja sih pr yang agak mahal..
Thanks om tambahannyaPboyz97 wrote: ↑Sun Dec 05, 2021 16:45 nice review om dan congrats buat mobil barunya, f30 ini emg cocok buat orang yg mentingin driving feel, tarikkan dan handling cuma minusnya ya itu, biaya maintenancenya kalo amit2 lg apes bisa nyari seharga mobilnya sendiri apalagi gak punya kenalan spesialis or komunitas serta denger2 cukup rawan di rack steering, kaki2 sm paking, walaupun durability mesinnya udh lebih bagus dibanding PFL serta maticnya jg udh lebih robust dibanding E90 , , sama kalo buat saya pribadi, kebetulan sempet consider mobil ini juga dalam kondisi seken buat gantiin yaris sm xpander, cuma karena 1 dan lain hal akhirnya ambil HRV 2018 seken yg masih saya gunakan sampe hari ini
Conclusion menurut versi saya
Mobil ini cocok untuk:
1. Spirited driver, memprioritaskan driving feel, handling dan tarikkan
2. Punya mobil lebih dari 1 mobil di rumah, jaga2 kalo tiba2 ngambek pagi-pagi
3. orang yg hobi otak atik mobil, karena namanya mobil eropa seken, pasti ada aja bagian yg perlu diperbaikkin karena umur dan pemakaian
4. orang yg hobi explore, karena kalo buat saya pribadi, punya mobil eropa seken kalo bisa ada kenalan spesialis or komunitas, karena selisihnya lumayan banyak dibanding beres hehehe
5. siap mental dan waktunya banyak, karena percayalah, nyari mobil eropa seken apalagi yg udh berumur dengan kondisi oke gak mudah, perlu perjuangan, dan juga perlu spare waktu tambahan juga buat beresin PR2nya + spare dana jg diluar harga mobil buat perbaikkan , cuma buat saya disitulah seninya, karena bisa dapet hal2 dan pengalaman baru yg gak kita dapatkan di mobil baru
6. orang yg telaten, suka merawat mobil, dan mau repot sedikit , karena percayalah, maintenancenya juga ga semurah mobil jepang, cuma kalo kondisi sehat kebayar sm driving feel dan handlingnya yg mantep + prestigenya yg jelasss lebih tinggi dibanding mobil jepang manapun menurut saya, kapan lagi bisa dibukain pintu, dicariin parkir dan di tongkrongan ga malu2 in kalo pake BMW ini wkwkwk
7. cuek sm brand dan RV
Mobil ini kurang cocok untuk:
1. Orang yg pakai mobil hanya dari point A ke point B tanpa menikmati kenikmatan mengendarainya
2. Orang yg sangat mementingkan biaya maintenance (karena kalo biasa pake mobil jepang, piara mobil ini bakal kaget sendiri liat biaya maintenancenya yg lumayan wkwkwk, apalagi mentalnya blm siap )
3. orang yg blm siap mental dan waktunya terbatas, mending beli mobil baru saja, karena lebih peace of mind karena baru atau piara mobil jepang aja, biaya maintenancenya lebih terjangkau juga dibanding mobil eropa kwkwkw
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2837
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Review BMW 320i F30 2016
Kalo mau fitur nya agak banyakan dikit coba unlock features ke org coding bmw macem bimmercoding, eztuning, dsb
Untuk transmisi bisa di coding jg pake xhp atau di aktifin sport plus nya biar makin rusuh, atau ada comfort plus nya, steering ringam tp respon gas lebih sporty.
Kalo aki, di spesialis 5 jt kok itu sudah kering murni dan agm, jgn lupa di register aki nya.
Untuk transmisi bisa di coding jg pake xhp atau di aktifin sport plus nya biar makin rusuh, atau ada comfort plus nya, steering ringam tp respon gas lebih sporty.
Kalo aki, di spesialis 5 jt kok itu sudah kering murni dan agm, jgn lupa di register aki nya.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review BMW 320i F30 2016
Cakep mobil barunya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Review BMW 320i F30 2016
wow aki-nya doang 11 jt
emang harus siap mental dan kantong kalo mau miara bmw
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Review BMW 320i F30 2016
accu 11 jt...yang biasa miara mobil jepun langsung bergetar hati, otak & rekening tabungannya :p
Increase speed = increase Risk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Sementara masih menikmati standaran dlu om hehehe. Masalah transmisi masih dalem tahap acceptable sih, cuman saya harus adapt lagi aja.farizfsa wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 1:01 Kalo mau fitur nya agak banyakan dikit coba unlock features ke org coding bmw macem bimmercoding, eztuning, dsb
Untuk transmisi bisa di coding jg pake xhp atau di aktifin sport plus nya biar makin rusuh, atau ada comfort plus nya, steering ringam tp respon gas lebih sporty.
Kalo aki, di spesialis 5 jt kok itu sudah kering murni dan agm, jgn lupa di register aki nya.
Planning selanjutnya sih mau update Idrive 4 ke idrive 5/6, unlock apple carplay, sama pasang kamera parkir. Yg penting itu sih karena uda kebiasaan parkir liat kamera.
Aki emang rencana ganti juga di spesialis sih om, udsh cari2 emang cuman 1/2 harga hehehe.
Saya masih piara mazda juga om dirumah yg ada istopnya. Klo dipikir2 emang accunya juga 2x lipet harga accu normal sih. Cuman masalahnya accu normal mobil jepang sekitar 1 jutaan, 2x lipet normal jadi 2-3 jt. Ini dlu Bmw e90 saya accu normalnya 5 jutaan, Di F30 yg ada start stopnya 2x lipetnya jadi 10 jutaan
makasih om
Emang pasti untuk maintenance akan jauh lebih mahal daripada mobil jepang mainstream sih om, tapi ya costnya terbayar dengan harapan yg saya mau dari sebuah mobil. Mudah2an aja ga ada masalah major kedepannya.
Ya gitu lah om hehehe, harus pinter2 cari barang di spesialis biar kantong ga kempes.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review BMW 320i F30 2016
setuju om, makanya saya pribadi, kalo miara mobil eropa apalagi yg udh abis garansi, usahakan cari kenalan spesialis dulu sebelum beli, jadi harganya bisa lebih murah, lagian bmw ini partnya masih cukup mudah kalo di jakarta, spesialisnya banyak yg bisa handle wkwkwk .
nah iya, mahal juga ya, lexus saya aja yg 1 kelas sm bmw akinya 6,9 jt saja which is separonya, itu udh ganti yg ori loh di beres , cuma ya kebayar sm driving feel, naikkan dan handlingnya which is terbaik dikelasnya menurut saya
makanya om, lexus saya aja aki ori nya yg di beres 6,9 jt saja, which is 1/2 nya harga akinya bmw ini kalo sama2 ori
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review BMW 320i F30 2016
setuju sm yg saya bold, bmw costnya emg lebih mahal dibanding mobil jepangan, cuma ya kebayar sm driving feel, tarikan dan handlingnya . dan emg iya om, usahakan udh ada kenalan spesialis kalo mau beli mobil eropa seken apalagi yg udh abis garansi, karena selisihnya lumayan dibanding beres hehehekendibocor wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 3:15Sementara masih menikmati standaran dlu om hehehe. Masalah transmisi masih dalem tahap acceptable sih, cuman saya harus adapt lagi aja.farizfsa wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 1:01 Kalo mau fitur nya agak banyakan dikit coba unlock features ke org coding bmw macem bimmercoding, eztuning, dsb
Untuk transmisi bisa di coding jg pake xhp atau di aktifin sport plus nya biar makin rusuh, atau ada comfort plus nya, steering ringam tp respon gas lebih sporty.
Kalo aki, di spesialis 5 jt kok itu sudah kering murni dan agm, jgn lupa di register aki nya.
Planning selanjutnya sih mau update Idrive 4 ke idrive 5/6, unlock apple carplay, sama pasang kamera parkir. Yg penting itu sih karena uda kebiasaan parkir liat kamera.
Aki emang rencana ganti juga di spesialis sih om, udsh cari2 emang cuman 1/2 harga hehehe.
Saya masih piara mazda juga om dirumah yg ada istopnya. Klo dipikir2 emang accunya juga 2x lipet harga accu normal sih. Cuman masalahnya accu normal mobil jepang sekitar 1 jutaan, 2x lipet normal jadi 2-3 jt. Ini dlu Bmw e90 saya accu normalnya 5 jutaan, Di F30 yg ada start stopnya 2x lipetnya jadi 10 jutaan
makasih om
Emang pasti untuk maintenance akan jauh lebih mahal daripada mobil jepang mainstream sih om, tapi ya costnya terbayar dengan harapan yg saya mau dari sebuah mobil. Mudah2an aja ga ada masalah major kedepannya.
Ya gitu lah om hehehe, harus pinter2 cari barang di spesialis biar kantong ga kempes.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2837
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Review BMW 320i F30 2016
bmw f series by default fitur nya agak aneh
- beberapa ga auto fold spion kalau ngunci
- kaca ga bisa turun naik auto kalo pintu lg buka
- sensitifitas auto lamp sama wiper agak2 aneh
- easy entry jok setir ga di aktifin
tp semua bisa diatas di solve dengan coding. saya sih matiin auto start stop nya, aki awet, alternator awet, motor starter awet.
coding ga sampe 2 juta, lebih baik preventif drpd cost besar nantinya.
saya jg mau pasang carplay maju mundur, soalnya bluetooth audio nya bmw udah lumayan seamless.
- beberapa ga auto fold spion kalau ngunci
- kaca ga bisa turun naik auto kalo pintu lg buka
- sensitifitas auto lamp sama wiper agak2 aneh
- easy entry jok setir ga di aktifin
tp semua bisa diatas di solve dengan coding. saya sih matiin auto start stop nya, aki awet, alternator awet, motor starter awet.
coding ga sampe 2 juta, lebih baik preventif drpd cost besar nantinya.
saya jg mau pasang carplay maju mundur, soalnya bluetooth audio nya bmw udah lumayan seamless.
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 582
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review BMW 320i F30 2016
akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Varta ada lineup AGM.whitehorse4 wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:43 akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
AGM itu jenis akinya.
https://www.varta-automotive.com/en-be/ ... technology
& aki BMW jenis AGM emang klo lihat di tokped, 9jt plus, sm ongkir
________________________________________________
Btw klo ada start-stopnya jadinya 2 aki ya?
Atau emg harganya 2x lipat?
Ya wajar harga partsnya lbh mahal, lah currencynya aja pk euro.
Klo lexus kan pakai Yen
+ Shipment feenya udh pasti lbh mahal, krn lbh jauh
Last edited by Suryaputra on Mon Dec 06, 2021 6:09, edited 5 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Saya juga selalu matiin start stopnya om baik lg pakai ini atau mazda. Agak ga demen aja mobil nyala mati di lampu merah.farizfsa wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:35 bmw f series by default fitur nya agak aneh
- beberapa ga auto fold spion kalau ngunci
- kaca ga bisa turun naik auto kalo pintu lg buka
- sensitifitas auto lamp sama wiper agak2 aneh
- easy entry jok setir ga di aktifin
tp semua bisa diatas di solve dengan coding. saya sih matiin auto start stop nya, aki awet, alternator awet, motor starter awet.
coding ga sampe 2 juta, lebih baik preventif drpd cost besar nantinya.
saya jg mau pasang carplay maju mundur, soalnya bluetooth audio nya bmw udah lumayan seamless.
Coding yg preventif itu fitur yg mana yg diaktifin ya om? Yg default start stopnya dimatikan saja?
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Saya juga selalu matiin start stopnya om baik lg pakai ini atau mazda. Agak ga demen aja mobil nyala mati di lampu merah.farizfsa wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:35 bmw f series by default fitur nya agak aneh
- beberapa ga auto fold spion kalau ngunci
- kaca ga bisa turun naik auto kalo pintu lg buka
- sensitifitas auto lamp sama wiper agak2 aneh
- easy entry jok setir ga di aktifin
tp semua bisa diatas di solve dengan coding. saya sih matiin auto start stop nya, aki awet, alternator awet, motor starter awet.
coding ga sampe 2 juta, lebih baik preventif drpd cost besar nantinya.
saya jg mau pasang carplay maju mundur, soalnya bluetooth audio nya bmw udah lumayan seamless.
Coding yg preventif itu fitur yg mana yg diaktifin ya om? Yg start stopnya mati by default kalo mobil dinyalakan?
Carplay lebih karena mo pake gmaps sih om, lebih familiar selama ini pake gmaps. kayanya lebih mudah dipakai juga dibanding maps bmwnya dan yg pasti selalu update secara gratis.
whitehorse4 wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:43 akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
kemarin dikasih quotation sama beres accu nya GM kalo ga salah 92Ah om. Gatau pengaruh ga kalo pake 95 atau 105. Takut kelistrikan bermasalah. Tp saya blm nanya2 juga si om ke spesialis soalnya estimasi saya accu nya masih bisa dipakai minimal untuk 2-3 bulan kedepan.
Kalo mazda setau saya 1 sih ya om, kemarin di beres sih di quotenya cuman 1 item accu nya. Blm cari tau juga saya sih om.Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:50AGM itu lineupnya varta.whitehorse4 wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:43 akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
___________________________________________
Btw klo ada start-stopnya jadinya 2 aki ya?
Ya wajar harga partsnya lbh mahal, lah currencynya aja pk euro.
Klo lexus kan pakai Yen
+ Shipment feenya udh pasti lbh mahal, krn lbh jauh
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Emang harganya 9jt plus plus dan ongkir mbahkendibocor wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:56
Kalo mazda setau saya 1 sih ya om, kemarin di beres sih di quotenya cuman 1 item accu nya. Blm cari tau juga saya sih om.
https://tokopedia.link/5BeJynp9Klb
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Review BMW 320i F30 2016
Iya saya juga udah liat omSuryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 6:04Emang harganya 9jt plus plus dan ongkir mbahkendibocor wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:56
Kalo mazda setau saya 1 sih ya om, kemarin di beres sih di quotenya cuman 1 item accu nya. Blm cari tau juga saya sih om.
https://tokopedia.link/5BeJynp9Klb
Begitu liat di tokoijo harganya segitu langsung males juga hahaha. Nanti saya tanya ke spesialis dlu deh ada substitusinya apa.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Mantap trit rame gegara harga aki bs dapat skutik bekas
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11139
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review BMW 320i F30 2016
Biasanya ganti aki kering 900-1jt an
Bergetar dengkul ngeliat nya, red
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 582
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review BMW 320i F30 2016
i see om, thanks infonya..Suryaputra wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:50Varta ada lineup AGM.whitehorse4 wrote: ↑Mon Dec 06, 2021 5:43 akinya f30 apa ndak bisa pakai merk varta om? harganya kalo gak salah 4-5 jutaan, ada 95Ah dan 105Ah
AGM itu jenis akinya.
https://www.varta-automotive.com/en-be/ ... technology
& aki BMW jenis AGM emang klo lihat di tokped, 9jt plus, sm ongkir
________________________________________________
Btw klo ada start-stopnya jadinya 2 aki ya?
Atau emg harganya 2x lipat?
Ya wajar harga partsnya lbh mahal, lah currencynya aja pk euro.
Klo lexus kan pakai Yen
+ Shipment feenya udh pasti lbh mahal, krn lbh jauh
setelah iseng nyari ada juga yang 4-5 juta alias setengahnya, tulisannya sih AGM juga. apa asal AGM cocok? masih awam soal aki bmw..
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... 0501-105ah
https://www.tokopedia.com/tokoaki/aki-b ... 501?whid=0
edit:
kata seller, ukuran yg 105ah ga muat ditaro f30, jadi bisa pake 95Ah di https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... 59501-95ah
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5881
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review BMW 320i F30 2016
Nais ripiu om, lumayan infomatik buat ane yg ga pernah punya yurop. Hahaha.
Ini mobil yg dibawa ke Bali kemaren om? Hahaha.
Ini mobil yg dibawa ke Bali kemaren om? Hahaha.