kebetulan dulu pernah naik E46 323I 2000 PFL (kebetulan dipinjemin sodara wkwk) . kalo udh ada kandidat e36 323 atau w124 e320, which is varian tertinggi dari masing2 tipenya. coret 318. karena bakal kerasa jomplang secara tarikan mesinnya dibanding 323 atau e320. kalo mau lebih baik ke e46 325i aja, karena tarikannya lebih bagus dibanding 318. kalo durability sih saya vote w124. kebetulan temen saya dulu ada yg pernah miara (which is ini juga dream car saya yg saya pengen beli suatu saat nanti kalo ada rejeki lebih), partnya termasuk mudah dan terjangkau lah biaya maintenancenya buat ukuran mobil eropa. dan juga kalo sama2 di spesialis, gajauh beda kok biaya maintenancenya dibanding merek jepang kaya honda, nissan or mazda seangkatan. part termasuk mudah lah menurut saya kalo tinggal di kota besar seperti jakarta, bengkel spesialisnya banyak yg bisa handle. coba main2 ke komunitasnya aja om , siapatau bisa dapet informasi lebih detil tentang mobil yg om incer. sama kalo w124 , yg mesti diperhatiin paling w124 e320 asli atau bukan. maksud saya, e320 cuma ada di fl (yg resmi masuk via ATPM ke Indonesia) , dan yg masuk indo setau saya ada 3 trim, e320 sportline, e320 masterpiece dan e320 MPS (masterpiece sportline yg langka) , apalagi yg bener asli bukan convertan dari versi PFL atau e320 sportline or masterpiece biasa (sertifikat dan jam tangannya masih ada) sm ada beberapa perbedaan option fiturnya , saya lupa wkwk , harganya cukup gelap, karena yg kondisinya bagus apalagi full ori dan km rendah asli cukup jarang ditemukan dan kalopun ada , harganya cenderung diatas pasaran

. paling yg mesti diperhatiin kalo beli w124 e320
- interior masih full ori dan lengkap printilannya
- kropos di list deket kaca dan dek
- maticnya pastikan masih sehat dan responsif
- coba liat interiornya dulu, apakah mobilnya e320 asli fl atau convertan dari versi pfl, caranya gampang, kalo yg fl setirnya udh ada airbagnya, kalo yg pfl blm
- elektrikal
kalo e36 323 i mt sih, kalo sehat, driving feelnya enak dan tarikannya jg kenceng wkwk. harganya saat ini juga agak gelap karena udh masuk mobil hobby jg jatohnya. usahain cari yg full ori luar dalem dan elektrikalnya sehat. kalo yg mesti diperhatiin kalo beli e36
- elektrikalnya
- kaki2
- rack steering
- kropos di bagian dek dan bagasi
- wiring2 (karena e36 ini cukup banyak yg dipake modif dan cukup jarang yg standar kalo saya perhatiin , jadi wiringnya usahain cari yg masih ori dan bagus, bukan akal2an atau jumper2an hehehe)
kalo e46 sih entah kenapa lebih prefer yg 325 i , apalagi om TS udh kepincut sm E320 atau 323. tarikannya lebih kenceng dan fiturnya juga lebih lengkap dibanding 318, sm kondisinya masih lumayan banyak lah yg full ori, kalo 318 entah knp agak susah nyari yg kondisinya bagus menurut saya. rata2 udh ga karuan kondisinya . kalo yg mesti diperhatiin paling
- kaki2
- rack steering
- maticnya pastikan masih sehat dan responsif(jangan segan2 buat GCU ke beres or spesialis yg berpengalaman dalam menangangi bmw dan juga test drive )
- elektrikal
kalo maintenance cost ya mirip2 ya. cuma kalo sama2 di spesialis paling murah ya w124 menurut saya sm e36 kalo dibanding sm e46, karena elektrikalnya lebih simpel dibanding e46 menurut saya. kalo bisa servis di spesialis aja, karena selisihnya lumayan dibanding beres. dan kalo konsumsi bbm juga hampir sama ya , gajauh beda. dan jangan berharap konsumsi bbm yg irit kalo make mobil eropa tahun segitu, paling konsumsi bbmnya sekitar 1:6-8 dalkot hehehe