Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Tue Feb 01, 2022 11:52 Kru cvt keknya ngikutin data yang dikasih pihak toyota sih (12.2s)
Apa mungkin bottlenecknya di transmisinya kali ya? Sementara si dokkar udah 8speed yang pastinya rapet (cocok buat diesel yang gampang abis napasnya), Mengingat yang 2.4 aja juga masih di 14 detikan,
Yah emang agak kurang pas bahas data sintetis akselerasi untuk suv diesel ladderframe rwd sih, lebih enak bahas torsi yg perkasa buat berbagai medan dan tanjakan
At least 2.8nya masi lebih irit dari 2.4nya dokkar
yes,, diesel tuh emg enak napas low - mid RPM.
jd klo buat nanjak gradien 30 derajat jg masih entengggg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by gwsecretc »

Suryaputra wrote: Tue Feb 01, 2022 11:55
ariswp wrote: Tue Feb 01, 2022 11:52 Kru cvt keknya ngikutin data yang dikasih pihak toyota sih (12.2s)
Apa mungkin bottlenecknya di transmisinya kali ya? Sementara si dokkar udah 8speed yang pastinya rapet (cocok buat diesel yang gampang abis napasnya), Mengingat yang 2.4 aja juga masih di 14 detikan,
Yah emang agak kurang pas bahas data sintetis akselerasi untuk suv diesel ladderframe rwd sih, lebih enak bahas torsi yg perkasa buat berbagai medan dan tanjakan
At least 2.8nya masi lebih irit dari 2.4nya dokkar
yes,, diesel tuh emg enak napas low - mid RPM.
jd klo buat nanjak gradien 30 derajat jg masih entengggg :big_biglaugh:
Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by kompresorz »

gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24

Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
:big_biglaugh: ...

nah ini baru mantap...yang ngerti soal 2 GD...

kodrat disel itu seperti apa...cocok buat harian jalanan indo...2 GD kan kuat bawahnya...
nah 1 GD lebih enak lagi...apalg kena tuningan...
lampu hijau di bejek dikit yang samping belakang bengong aja... :wkkk:

emangnya main rpm tinggi tinggal di jerman jalannya autobahn...

mending beli honda tuh...manual redline enak.. :big_biglaugh:
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by bensinsolar »

Tetra Drive (AWD) 2.8 yg lebih berat tp dengan ring 17" 9.8s.


Saya rasa ini Toyota ID testnya pake bio solar, kalau Dex pasti low 10s [emo-yesno]
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ginting »

Suryaputra wrote: Tue Feb 01, 2022 8:09
ongisnade wrote: Tue Feb 01, 2022 6:35
Suryaputra wrote: Tue Feb 01, 2022 6:14

Apa bedanya sejauh itu penurunan performanya? :big_think:
Sepertinya begitu yg di Asia srilanka, thailand dan malaysia diatas 12 detik lihat di yutube
Ok, klo gtu ya cukup valid mbah :big_peace:
Lbh bertenaga dari forti 2gd, tapi gak lbh cepet dibanding ANPS.

Basically, Emang peruntukan nya buat blusukan di tanah dan main ke gunung, bukan kebut2an jalan lurus :mky_03:
kemaren sy bawa mobil ANKI G 2GD saya ke jalur puncak 2 Bogor.
jalannya kecil nanjak dan banyak jalan rusak.
terkadang macet pas tanjakan.
disitu saya merasabahwa bahwa torsi gede bikin Pede kita buat merayap atau stop and go di jalan tanjakan.
gak perlu ancang ancang, gak usah takut melorot.
speed juga max 40 kmpj aja di jalanan itu.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

bensinsolar wrote: Wed Feb 02, 2022 3:44 Tetra Drive (AWD) 2.8 yg lebih berat tp dengan ring 17" 9.8s.


Saya rasa ini Toyota ID testnya pake bio solar, kalau Dex pasti low 10s [emo-yesno]
Harusnya kg gitu beda deh pake biosolar / dex ..

Btw baru ngeh .. tumbenn kg ada yg nanyain mesin 2.8 1gd aman pake biosol ga

Walaupun ujung2nya pada kasih minum 5150 :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24
Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
Ngomongin low rpm, 2kd vnt lebih ngacir daripada 2gd mode normal.
Sama2 injek gas setengah, 2kd vnt lebih berasa jambakannya
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ctopher7 »

pengendiesel wrote:
gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24
Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
Ngomongin low rpm, 2kd vnt lebih ngacir daripada 2gd mode normal.
Sama2 injek gas setengah, 2kd vnt lebih berasa jambakannya
kalo sama power modenya om?
pecinta bio solar
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Profith83 »

ctopher7 wrote: Wed Feb 02, 2022 5:57
pengendiesel wrote:
gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24
Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
Ngomongin low rpm, 2kd vnt lebih ngacir daripada 2gd mode normal.
Sama2 injek gas setengah, 2kd vnt lebih berasa jambakannya
kalo sama power modenya om?
2KD gak ada mode nya. Asumsi normalnya 2KD itu power mode nya 2GD.
Kalau power mode 2GD jelas lebih enteng dari 2KD
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

ctopher7 wrote: Wed Feb 02, 2022 5:57
pengendiesel wrote:
gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24
Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
Ngomongin low rpm, 2kd vnt lebih ngacir daripada 2gd mode normal.
Sama2 injek gas setengah, 2kd vnt lebih berasa jambakannya
kalo sama power modenya om?
Lebih ngejambak 2gd power mode.
Kalo full pake power mode apa ada efek negatif jangka panjangnya?
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by gwsecretc »

pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 7:02
ctopher7 wrote: Wed Feb 02, 2022 5:57
pengendiesel wrote:
Ngomongin low rpm, 2kd vnt lebih ngacir daripada 2gd mode normal.
Sama2 injek gas setengah, 2kd vnt lebih berasa jambakannya
kalo sama power modenya om?
Lebih ngejambak 2gd power mode.
Kalo full pake power mode apa ada efek negatif jangka panjangnya?
Harusnya ga ada sih om secara fungsinya mirip dengan throttle controller..

Yaa paling solar jadi rada boros aja kan karena jadi doyan bejek :big_biglaugh:

Btw memang itu 2kd vnt mantap sih om, sayang udah diskontinu di indo

Krn sekarang adanya gd series ya saya nikmatin aja dah, plus nya suara dan getaran better dari kd series
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by gwsecretc »

kompresorz wrote: Tue Feb 01, 2022 23:18
gwsecretc wrote: Tue Feb 01, 2022 12:24

Nyatanya tenaga anps 4n15 lebih ke mid-high rpm om :big_slap:

Ini mah diesel rasa bensin :ngacir: :ngacir:

Beda sama karakternya 2gd yang udah ngacir dari low rpm :big_peace:
:big_biglaugh: ...

nah ini baru mantap...yang ngerti soal 2 GD...

kodrat disel itu seperti apa...cocok buat harian jalanan indo...2 GD kan kuat bawahnya...
nah 1 GD lebih enak lagi...apalg kena tuningan...
lampu hijau di bejek dikit yang samping belakang bengong aja... :wkkk:

emangnya main rpm tinggi tinggal di jerman jalannya autobahn...

mending beli honda tuh...manual redline enak.. :big_biglaugh:
Iya om kompre.. dengan kondisi jalanan sekarang yang super macet, emang ngebantu banget torsi low rpm nya 2gd :big_peace:

Saya dulu nyetir anps 4n15 yang ada malah tambah emosi kalo jalanan macet, beda pas bawa anki 2gd anteng aja :big_biglaugh:

Kalau dari karakter mesinnya, nampaknya 2gd memang lebih balance buat dalkot dan lukot, 4n15 lebih condong buat jalan lukot kalo sering nyalip” baru kerasa enaknya..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 7:02 .......
Kalo full pake power mode apa ada efek negatif jangka panjangnya?
kl kata nubie macam sy, semua yg namanya extracting more power out of an engine pasti generate more heat. jd yg terimbas pasti engine oil dan cooling system.
more power didapat dr more fuel to burn yg juga punya efek more acid sbg byproduct nya. gimana menyiasatinya, pakai bbm yg hi quality spy acid nya ga terlalu banyak. pakai oil yg high quality utk combat acid nya (good tbn di oil nya) sekaligus utk jagain engine wear nya.
meski dgn power mode dan geber2an (suhu tinggi dan high rpm) bagus juga utk membuang carbon deposit di intake valves (pasti ada deposit krn direct injection) dan carbon deposit itu kalahnya sama heat (+ water vapor kl ada)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

gwsecretc wrote: Wed Feb 02, 2022 8:03
Harusnya ga ada sih om secara fungsinya mirip dengan throttle controller..

Yaa paling solar jadi rada boros aja kan karena jadi doyan bejek :big_biglaugh:

Btw memang itu 2kd vnt mantap sih om, sayang udah diskontinu di indo

Krn sekarang adanya gd series ya saya nikmatin aja dah, plus nya suara dan getaran better dari kd series
Iya, fc juga better dibanding kd
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Wed Feb 02, 2022 8:19
pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 7:02 .......
Kalo full pake power mode apa ada efek negatif jangka panjangnya?
kl kata nubie macam sy, semua yg namanya extracting more power out of an engine pasti generate more heat. jd yg terimbas pasti engine oil dan cooling system.
more power didapat dr more fuel to burn yg juga punya efek more acid sbg byproduct nya. gimana menyiasatinya, pakai bbm yg hi quality spy acid nya ga terlalu banyak. pakai oil yg high quality utk combat acid nya (good tbn di oil nya) sekaligus utk jagain engine wear nya.
meski dgn power mode dan geber2an (suhu tinggi dan high rpm) bagus juga utk membuang carbon deposit di intake valves (pasti ada deposit krn direct injection) dan carbon deposit itu kalahnya sama heat (+ water vapor kl ada)
Jadi pake dex nih mbah?
Boro2....kick sensor aja sampe sekarang masih belom pernah berhasil :frm_bang_head:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 9:26
Jadi pake dex nih mbah?
Boro2....kick sensor aja sampe sekarang masih belom pernah berhasil :frm_bang_head:
oke ik kasih bocoran rahasianya. pertama, terima dulu kenyataan bahwa sistem kick sensor di anf bukan developed by toyota tp aftermarket product. yes dipasang dipabrik tp bukan standard equipment nya, berbeda dgn power back door system nya yg memang original toyota. :big_grin:

kenapa suka2 dia mau buka atau engga? krn sistemnya ga jd satu kesatuan sama power back doornya makanya suka2 dia kapan nurut kapan bandel. penjelasannya gini, pas kaki digoyangkan sensor ga ada masalah menerima input itu. yg jd masalah controller kick sensor (yg part "retrofit" itu) memberikan open trigger signal ke tombol open close yg di kanan dengkul driver (spt seolah2 kita pencet tombol itu). ga percaya? coba ngolong deh ke 2 tombol itu, ada jumper wire nya disitu. sy udah confirm bukan cuma asbun om :big_biglaugh:

trus masalahnya dimana? masalahnya tombol tsb baru bisa open kl menerima input signal (open trigger signal dr kick sensor ataupun dipencet manual oleh jari) selama 0.8 detik continously. sementara si kick sensor controller cuma kasih signal yg lamanya kurang dr 0.8 detik. kadang dia kasih lbh lama dr 0.8 detik, suka2 dia, makanya kadang jalan kadang engga.

kenapa hrs ada jeda 0.8 detik ditekan terus itu tombolnya? sbg safety measure jangan sampai kepencet dikit langsung terbuka back door nya. lah trus gimana? fortunately enough hal tsb bisa di coding pakai scanner yg mahalan yg punya bi-directional control. kita bisa ubah tanpa delay alias ubah jeda signal mencet tombol dari 0.8 detik diubah menjadi 0.0 detik. hasilnya skrg tombol open/close itu begitu dipencet ga pake press & hold langsung terbuka. dan si kick sensor pun udah ga bermasalah lg skrg krn dia kasih open trigger signal kurang dr 0.8 detik pun tetap back door terbuka.

nih bukti nya bukan omdo :big_peace:


bisa dicoding mau 0.8 detik atau 0.0 detik
IMG_20211014_231831~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by pengendiesel »

Omnibus wrote: Wed Feb 02, 2022 10:01
pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 9:26
Jadi pake dex nih mbah?
Boro2....kick sensor aja sampe sekarang masih belom pernah berhasil :frm_bang_head:
oke ik kasih bocoran rahasianya. pertama, terima dulu kenyataan bahwa sistem kick sensor di anf bukan developed by toyota tp aftermarket product. yes dipasang dipabrik tp bukan standard equipment nya, berbeda dgn power back door system nya yg memang original toyota. :big_grin:

kenapa suka2 dia mau buka atau engga? krn sistemnya ga jd satu kesatuan sama power back doornya makanya suka2 dia kapan nurut kapan bandel. penjelasannya gini, pas kaki digoyangkan sensor ga ada masalah menerima input itu. yg jd masalah controller kick sensor (yg part "retrofit" itu) memberikan open trigger signal ke tombol open close yg di kanan dengkul driver (spt seolah2 kita pencet tombol itu). ga percaya? coba ngolong deh ke 2 tombol itu, ada jumper wire nya disitu. sy udah confirm bukan cuma asbun om :big_biglaugh:

trus masalahnya dimana? masalahnya tombol tsb baru bisa open kl menerima input signal (open trigger signal dr kick sensor ataupun dipencet manual oleh jari) selama 0.8 detik continously. sementara si kick sensor controller cuma kasih signal yg lamanya kurang dr 0.8 detik. kadang dia kasih lbh lama dr 0.8 detik, suka2 dia, makanya kadang jalan kadang engga.

kenapa hrs ada jeda 0.8 detik ditekan terus itu tombolnya? sbg safety measure jangan sampai kepencet dikit langsung terbuka back door nya. lah trus gimana? fortunately enough hal tsb bisa di coding pakai scanner yg mahalan yg punya bi-directional control. kita bisa ubah tanpa delay alias ubah jeda signal mencet tombol dari 0.8 detik diubah menjadi 0.0 detik. hasilnya skrg tombol open/close itu begitu dipencet ga pake press & hold langsung terbuka. dan si kick sensor pun udah ga bermasalah lg skrg krn dia kasih open trigger signal kurang dr 0.8 detik pun tetap back door terbuka.

nih bukti nya bukan omdo :big_peace:


bisa dicoding mau 0.8 detik atau 0.0 detik

IMG_20211014_231831~3.jpg
Bah, emang mantap bener suhu satu ini. Kayaknya SA toyota aja gak banyak yang tau hal beginian.

Jadi yang nentuin input 0.8 detik itu dari kick sensornya? Bukan dari periode ayunan kaki kita? Dan kita betul2 gak bisa kontrol itu kick sensor mau ngasih signalnya 0.8 detik atau kurang or lebih?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 10:25
Omnibus wrote: Wed Feb 02, 2022 10:01
pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 9:26
Jadi pake dex nih mbah?
Boro2....kick sensor aja sampe sekarang masih belom pernah berhasil :frm_bang_head:
oke ik kasih bocoran rahasianya. pertama, terima dulu kenyataan bahwa sistem kick sensor di anf bukan developed by toyota tp aftermarket product. yes dipasang dipabrik tp bukan standard equipment nya, berbeda dgn power back door system nya yg memang original toyota. :big_grin:

kenapa suka2 dia mau buka atau engga? krn sistemnya ga jd satu kesatuan sama power back doornya makanya suka2 dia kapan nurut kapan bandel. penjelasannya gini, pas kaki digoyangkan sensor ga ada masalah menerima input itu. yg jd masalah controller kick sensor (yg part "retrofit" itu) memberikan open trigger signal ke tombol open close yg di kanan dengkul driver (spt seolah2 kita pencet tombol itu). ga percaya? coba ngolong deh ke 2 tombol itu, ada jumper wire nya disitu. sy udah confirm bukan cuma asbun om :big_biglaugh:

trus masalahnya dimana? masalahnya tombol tsb baru bisa open kl menerima input signal (open trigger signal dr kick sensor ataupun dipencet manual oleh jari) selama 0.8 detik continously. sementara si kick sensor controller cuma kasih signal yg lamanya kurang dr 0.8 detik. kadang dia kasih lbh lama dr 0.8 detik, suka2 dia, makanya kadang jalan kadang engga.

kenapa hrs ada jeda 0.8 detik ditekan terus itu tombolnya? sbg safety measure jangan sampai kepencet dikit langsung terbuka back door nya. lah trus gimana? fortunately enough hal tsb bisa di coding pakai scanner yg mahalan yg punya bi-directional control. kita bisa ubah tanpa delay alias ubah jeda signal mencet tombol dari 0.8 detik diubah menjadi 0.0 detik. hasilnya skrg tombol open/close itu begitu dipencet ga pake press & hold langsung terbuka. dan si kick sensor pun udah ga bermasalah lg skrg krn dia kasih open trigger signal kurang dr 0.8 detik pun tetap back door terbuka.

nih bukti nya bukan omdo :big_peace:


bisa dicoding mau 0.8 detik atau 0.0 detik

IMG_20211014_231831~3.jpg
Bah, emang mantap bener suhu satu ini. Kayaknya SA toyota aja gak banyak yang tau hal beginian.

Jadi yang nentuin input 0.8 detik itu dari kick sensornya? Bukan dari periode ayunan kaki kita? Dan kita betul2 gak bisa kontrol itu kick sensor mau ngasih signalnya 0.8 detik atau kurang or lebih?
bukan dr kick sensornya. bukan jg dr kick system controller nya. jd ga bisa ayunan kaki kita mau kita lamain apa engga, krn sensor itu praktis cuma detect ada/tidaknya kaki ngayun. begitu detect ada goyangan kaki si controller kick system ngasih signal open katakanlah lamanya adalah 0.3s which is ga cukup lama utk ECU power back door menganggap itu sbg sebuah signal yg valid utk perintah open ke back door. kecuali, di coding jedanya diubah jd 0.0s (default nya 0.8s dr pabrik)

ini sy jelasin pakai diagram deh, soalnya ini susah dimengerti kl pakai kalimat saja.

Kick Sensor PBD Fortuner.jpg

dan bonus footage, jd reliable setelah dicoding. *mudah2an sy ga keliatan ya, sekedar berbagi ilmu bukan cari fame :big_grin:

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by smgandi »

Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Suryaputra »

ginting wrote: Wed Feb 02, 2022 4:00
Suryaputra wrote: Tue Feb 01, 2022 8:09
ongisnade wrote: Tue Feb 01, 2022 6:35
Sepertinya begitu yg di Asia srilanka, thailand dan malaysia diatas 12 detik lihat di yutube
Ok, klo gtu ya cukup valid mbah :big_peace:
Lbh bertenaga dari forti 2gd, tapi gak lbh cepet dibanding ANPS.

Basically, Emang peruntukan nya buat blusukan di tanah dan main ke gunung, bukan kebut2an jalan lurus :mky_03:
kemaren sy bawa mobil ANKI G 2GD saya ke jalur puncak 2 Bogor.
jalannya kecil nanjak dan banyak jalan rusak.
terkadang macet pas tanjakan.
disitu saya merasabahwa bahwa torsi gede bikin Pede kita buat merayap atau stop and go di jalan tanjakan.
gak perlu ancang ancang, gak usah takut melorot.
speed juga max 40 kmpj aja di jalanan itu.
Iya emang diesel turbo enaknya ya gini ini.
Nanjak gak was was.
Injek gas dikit udah naik :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Wed Feb 02, 2022 12:17
pengendiesel wrote: Wed Feb 02, 2022 10:25
Omnibus wrote: Wed Feb 02, 2022 10:01

oke ik kasih bocoran rahasianya. pertama, terima dulu kenyataan bahwa sistem kick sensor di anf bukan developed by toyota tp aftermarket product. yes dipasang dipabrik tp bukan standard equipment nya, berbeda dgn power back door system nya yg memang original toyota. :big_grin:

kenapa suka2 dia mau buka atau engga? krn sistemnya ga jd satu kesatuan sama power back doornya makanya suka2 dia kapan nurut kapan bandel. penjelasannya gini, pas kaki digoyangkan sensor ga ada masalah menerima input itu. yg jd masalah controller kick sensor (yg part "retrofit" itu) memberikan open trigger signal ke tombol open close yg di kanan dengkul driver (spt seolah2 kita pencet tombol itu). ga percaya? coba ngolong deh ke 2 tombol itu, ada jumper wire nya disitu. sy udah confirm bukan cuma asbun om :big_biglaugh:

trus masalahnya dimana? masalahnya tombol tsb baru bisa open kl menerima input signal (open trigger signal dr kick sensor ataupun dipencet manual oleh jari) selama 0.8 detik continously. sementara si kick sensor controller cuma kasih signal yg lamanya kurang dr 0.8 detik. kadang dia kasih lbh lama dr 0.8 detik, suka2 dia, makanya kadang jalan kadang engga.

kenapa hrs ada jeda 0.8 detik ditekan terus itu tombolnya? sbg safety measure jangan sampai kepencet dikit langsung terbuka back door nya. lah trus gimana? fortunately enough hal tsb bisa di coding pakai scanner yg mahalan yg punya bi-directional control. kita bisa ubah tanpa delay alias ubah jeda signal mencet tombol dari 0.8 detik diubah menjadi 0.0 detik. hasilnya skrg tombol open/close itu begitu dipencet ga pake press & hold langsung terbuka. dan si kick sensor pun udah ga bermasalah lg skrg krn dia kasih open trigger signal kurang dr 0.8 detik pun tetap back door terbuka.

nih bukti nya bukan omdo :big_peace:


bisa dicoding mau 0.8 detik atau 0.0 detik

IMG_20211014_231831~3.jpg
Bah, emang mantap bener suhu satu ini. Kayaknya SA toyota aja gak banyak yang tau hal beginian.

Jadi yang nentuin input 0.8 detik itu dari kick sensornya? Bukan dari periode ayunan kaki kita? Dan kita betul2 gak bisa kontrol itu kick sensor mau ngasih signalnya 0.8 detik atau kurang or lebih?
bukan dr kick sensornya. bukan jg dr kick system controller nya. jd ga bisa ayunan kaki kita mau kita lamain apa engga, krn sensor itu praktis cuma detect ada/tidaknya kaki ngayun. begitu detect ada goyangan kaki si controller kick system ngasih signal open katakanlah lamanya adalah 0.3s which is ga cukup lama utk ECU power back door menganggap itu sbg sebuah signal yg valid utk perintah open ke back door. kecuali, di coding jedanya diubah jd 0.0s (default nya 0.8s dr pabrik)

ini sy jelasin pakai diagram deh, soalnya ini susah dimengerti kl pakai kalimat saja.


Kick Sensor PBD Fortuner.jpg


dan bonus footage, jd reliable setelah dicoding. *mudah2an sy ga keliatan ya, sekedar berbagi ilmu bukan cari fame :big_grin:

Ngeriiii kali ilmu mbah ini .... BTW, ini gaya bahasanya sdh beda ...

- Omongan expert lebih valid :big_grin:
- sy udah confirm bukan cuma asbun :big_biglaugh:
- Nih bukti nya bukan omdo :big_grin:
- Berbagi ilmu bukan cari fame :big_grin:

Kayak nonton trilogy Star Wars, masuk ke Star Wars Episode V : The Empire Strikes Back :big_biglaugh:
Yang sabar yaaa mbah bagi ilmunya :big_peace:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Wed Feb 02, 2022 16:15 .........
Yang sabar yaaa mbah bagi ilmunya :big_peace:
sebelum ada netijen (ga tau siapa) yg bilang omdo, kita ksh dulu buktinya. :mky_03:
midrpm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun Feb 21, 2021 19:11

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by midrpm »

ariswp wrote: Tue Feb 01, 2022 11:52 Kru cvt keknya ngikutin data yang dikasih pihak toyota sih (12.2s)
Apa mungkin bottlenecknya di transmisinya kali ya? Sementara si dokkar udah 8speed yang pastinya rapet (cocok buat diesel yang gampang abis napasnya), Mengingat yang 2.4 aja juga masih di 14 detikan,
Yah emang agak kurang pas bahas data sintetis akselerasi untuk suv diesel ladderframe rwd sih, lebih enak bahas torsi yg perkasa buat berbagai medan dan tanjakan
At least 2.8nya masi lebih irit dari 2.4nya dokkar
Om ini data akselerasi 2GD dari toyota 14 detikan ya? dari review otodriver kok 12.8 detik ya 0-100km/h? malah jadi lebih cepat dibandingkan claim toyota sendiri. Itu yg review Adit, di menit 19:33

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2545
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by KielConstantine »

vipere wrote: Tue Feb 01, 2022 6:38
pengendiesel wrote: Tue Feb 01, 2022 4:55
ongisnade wrote: Tue Feb 01, 2022 3:10 Ini bener gak ya kondisi standard test 0-100 kph masih kalah sama dokar 2.4
Nah ini saya juga barusan liat videonya.
Lha kok selow banget 12.2s.
Tapi agak aneh juga itu kayaknya yang 1gd tes akselerasinya apa di atap gedung? :big_think:
gak yakin mereka test beneran apa gak,
atau cuman comot dari angka yang dikasih toyota ?
kok lihat video speedometer nya waktu test ,kayak pernah lihat di mana gitu.
Biasanya media2 kek gitu pada kejar tayang sih . Makanya suka rada ngawur atau apalah . Moso ngetest akselerasi diatas gedung haha.

Lagian media otomotif yg lebih gede aja masih blom pada dapet unit test drive kan , yg ono keknya dy minjem dari second party (sales / showroom toyota independent) . Pakenya aja plat putih merah macam plat mobil mau dikirim ke customer
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 525
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Welcome VRZ 2.8 - 1GD-FTV

Post by ariswp »

midrpm wrote: Wed Feb 02, 2022 20:12
ariswp wrote: Tue Feb 01, 2022 11:52 Kru cvt keknya ngikutin data yang dikasih pihak toyota sih (12.2s)
Apa mungkin bottlenecknya di transmisinya kali ya? Sementara si dokkar udah 8speed yang pastinya rapet (cocok buat diesel yang gampang abis napasnya), Mengingat yang 2.4 aja juga masih di 14 detikan,
Yah emang agak kurang pas bahas data sintetis akselerasi untuk suv diesel ladderframe rwd sih, lebih enak bahas torsi yg perkasa buat berbagai medan dan tanjakan
At least 2.8nya masi lebih irit dari 2.4nya dokkar
Om ini data akselerasi 2GD dari toyota 14 detikan ya? dari review otodriver kok 12.8 detik ya 0-100km/h? malah jadi lebih cepat dibandingkan claim toyota sendiri. Itu yg review Adit, di menit 19:33

Iya om, bocoran slide presentasi TAM yang membandingkan 1GD vs 2GD
Gak tau deh gimana mekanisme pengujian internal TAM spt apa
12.8s not bad lah buat suv ladder diesel, meskipun jangan dibandingkan dengan suv monokok bensin (even crv paling underpowered yaitu R20A matic 5AT aja 12.2s, yang 2.0 cvt 11.7s)
Kalo nanjak panjang cipularang, nah si 2.0 N/A peminum bensin tadi makin haus minumnya tapi mundur alon2 menghirup asep 2GD/4N15 hehe
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08