Gangenlyt69 wrote: Mon Sep 20, 2021 8:10
Halo om sekalian..
Sebelumnya terima kasih banyak atas saran yg diberikan di thread saya yg ini..
viewtopic.php?f=64&t=30852
Akhirnya saya memutuskan pilih XV70
Nah sekarang karena satu dan lain hal, saya perlu cari mobil lagi untuk mengakomodasi 6-7 orang anggota keluarga..
Pilihannya lagi2 dari brand Toyota dan Mazda.
Kriteria mobil yg saya cari sbb:
- Ketika mobil diisi 7 orang, tidak ada yg merasa tersiksa duduknya
- Tidak pakai driver, alias akan disetir sendiri. Jadi paling tidak mobilnya masih enak untuk disetir sendiri
- Prioritas sih di kenyamanan, performa mesin tidak terlalu menjadi prioritas
- Untuk perjalanan luar kota di atas 3 jam masih nyaman dan tidak menimbulkan fatigue yg berlebihan
Pertanyaannya:
1. Secara overall, Vellfire atau CX9 yg bisa memenuhi kebutuhan saya tsb ya?
(Untuk CX9 mungkin akan ambil baru, tapi kalau Vellfire akan cari second)
2. Baris ketiga CX9 apa udah cukup nyaman ya untuk orang dewasa?
(Saat ini saya ada ANPS Dakar dan baris ketiga cukup menyiksa untuk orang dewasa)
3. Kalau Vellfire, lebih baik ambil yg ANH30 atau cukup ANH20 ya?
(Kalau ANH20 lumayan ada sisa dana untuk perbaikan2 dan peremajaan sparepart)
4. Apa isu rattle dan gedobrakan khas mobil sliding door bisa menjadi deal breaker kalau mau pilih Vellfire ya?
Terima kasih om sekalian..
Bantu jawap apa yg saya alamin antara 2 mobil ini ya om. CX9 skyactiv saya sdh pernah setir dan duduk di penumpang dalem durasi agak lama, alpat ANH20 bbrp kali naik dan ANH30 belum pernah nyicip samsek.
1. Ya ini kata kunci kebutuhan om, alpat vellfire menang telak deh. CX9 itu bangku baris 3nya formalitas thok walaupun kursinya tebel dan posisinya duduk terhitung oke di row 3 tapi yaudah aja. Plafon CX9 itu di atas row 3 model nurun melandai om, jd kalo orang tinggi di atas 170cm yaaa tetep ga enak headroomnya gimana pun, walau buat ukuran mazda sih legroom di cx9 udah lega.
Selain itu kl naik CX9 rombongan dan lukot jg volum bagasinya minim banget jatuhnya dan dek sisaan bagasinya tll tinggi, jd mungkin (maaf) kalau ada gangguan boyokan ato HNP saya kira bakal nyusahin soal ngangkatnya koper, dan volum bagasi jg minim. Memang bisa tambahin roof rail sama thule di atas, cm harus manjat ban ya saya pribadi males sih belum kl ada thule itu pas lukot mo bayar tol juga kudu masuk yg gerbang barengan truk.
2. Sdh saya jawap di no 1, mo duduk2annya, mo headroom2nya, mo akses masuk ke row 3 di CX9 tetep ga enak. Sama2 mau tampang suv dan baru ya palisade menang di hal ini walaupun saya belum perna tes duduk.
3. Alpat vellfire sebisa mungkin AGH30 aja om, bagaimana pun platform lebih baru dan mesin baru (2AR) nggak pernah bohong dr sisi refinementnya. Selain itu alpat AGH30 yg versi ATPM juga fiturnya lebih lengkap, jd dr pertimbangan support astra sih lebih aman ya drpd ngebet fitur ANH20 kaya prem sound tapi jatuhnya dapet unit IU, krn ANH20 atpm sepi banget dalemnya, walaupun leather seatnya jempol dan sound system berryliumnya good. Selain itu juga kl saya liat dr beberapa cerita, alpat ATPM yg ANH20 kaki2nya juga udah disesuaiin sama kondisi indonesia. Mungkin begitu juga sama AGH30 ATPM yg kaki2nya udah disesuaiin sama jalanan indonesia yg warbyasah. So AGH30 ATPM lebih all rounder dr sisi fitur, kelengkapan sama support atpmnya. Unit IU kl servis bengkel resmi jasanya dibedain jauh lbh mahal soalnya
Soal performance saya pernah naik vellfire lama unit IU yg 2.400cc mesin 2AZ udah cukup enak buat dalem kota om, sptnya walaupun mesin banyak dibilang tenaga pas2an tapi yg saya rasain itu kurva torsinya dikasih di puteran rendah yg bikin kesannya ndak lemot dan kombinasi cvt yg prinsip kerjanya nahan di rpm tertentu biar deliver torsi yg saya sebut itu cukup membantu. Entah di 2AR gimana refinementnya, pasti jauh lebih baik di 2AR yg model AGH30.
Oya, yg alpat AGH30 itu pre fl sama fl juga bedanya lumayan om di luar kosmetik kaya bentuk lampu sama velg. Yg feslip kaki2 belakang sdh independent, yg pfl masih torsion beam. Mestinya sedikit banyak lebih refined ya dr kestabilan.
4. Ndak bs jawap karena ga punya alpat. Soal mekanikal di alpat vellfire hati2 aja sama cvtnya om, sering salah rawat, ganti oli telat dan salah (oli cvt dikasi ATF WS) yg banyak bikin jebol transmisi dan behaviour pemakaian yg ga karuan
Smg membantu om. Kalau diputusin ambil CX9 sky jg hati2 om mo unit baru pun, pilih yg ban bawaannya falken ziex. Krn selama dijual itu sempet obar abir kadang kloter unit yg dateng di waktu tertentu dapetnya ekopia, masa mobil kelas gitu diberinya ban grade ecopia kan gimana gitu ya. Wkt itu saya nyetir unit yg pake falken ziex bawaan, cukup oke walaupun falken ziex reviewnya kurang sip buat ukuran ban summer touring. Tp better lah dr gradenya drpd ecopia HL 422 bawaannya.
GC juga dipertimbangin om, walaupun sbnrnya CX9 kl diliat lebih teliti ya ga tinggi2 amat, keliatan tinggi gr2 psikologis orang menilai itu mobil suv padahal suv kota2 thok