Berawal dari berita Ford India cabut, ibarat merobek koreng yang baru kering, jadi kepikiran buat review mantan terindah saia sekaligus trit pertama. Mon maap kaga nemu cara masukin gambar pake dropbox, jadi pake link aja lah ya
(2013) Ford Fiesta 1.4 MT Zetec Sport Wannabe



Ini mobil pertama saya, cinta pertama juga, cinta pada pandangan pertama juga!!



Flashback sedikit, dulu budget beli 180jt di tahun 2018. Kandidatnya: Chevrolet Aveo LT, Brio 1.3 (dulu masih CBU) & Ford Fiesta. Jazz, Yaris & Mazda 2 jelas2 di coret, krn out of budget.
Tertarik Aveo krn stance nya keren, lebar, rendah & cukup besar. Interior cukup lega, tapi mundur perlahan krn fitur kopong.
Tertarik Brio krn 1 hal sahaja, yaitu kentjank. Soal fitur, BQ bener2 ampas. jadi jelas2 coret.
Lalu Fiesta, dari SMA udah suka ini mobil, ngerasa keren bgt, fiturnya juga banyak waktu baru keluar (2010).
Apalagi ngebayangin mesinnya cukup gede (1600 cc). Sampe akhirnya ketemu di pameran salah satu mall di Jak-Bar.
BEUH ASLI MAKIN DEMEN AMA INI MOBIL!!! nanti di ceritain di first impression:
Awalnya pengen Fiesta S 1.6 MT, tapi bener2 out of budget, waktu itu mentok di 207jt include discount. (OTR 227 kalo gak salah). Nah si Fiesta Trend ini bisa dapet diskon 30jt. OTR 197, diskon jadi 167jt, sisanya langsung pasang bodykit & spoiler dari Inspi*e Tuning Kedoya dan Alhamdulillah bisa home service (dibantu salesnya, mobil belom ada plat nomor.
Saya ceritain dulu sejarahnya fiesta generasi ke 6, tapi entah kenapa sering di sebut MK7 baik di Indo atau di luar negeri. Cikal bakal Fiesta 6th gen berasal dari Ford Verve Concept di 2008, kalau gak salah filosofinya itu mobil kecil, lincah-efisien tapi fitur cukup banyak.
Ford Verve Concept, panoramic roof & frameless (konsepnya doang, aslinya kaga):

interiornya, masih bisa keep up di tahun 2021 sekarang:

Oh iya, Fiesta generasi ini sharing platform dengan Mazda 2 DE
Masuk ke Indonesia tahun 2010 & saya rasa cukup sensasional. Langsung banyak populasinya walaupun masih belum bisa ngalahin market leader (Jazz GE8). Tapi cukup sukses membuat Jazz GE8 & Yaris XP90 kelihatan kuno.
Saya jabarin dulu tipe Fiesta pre-fl (2010-2013):
1.4 Style MT (5 Speed) only.
1.4 Trend MT (5 Speed) & AT (TQ Planetary Gear 4 Speed + Triptonic). ini mesin purba, belum katup variabel juga. kalau ga salah mesin tahun 92-an.
1.6 Sport MT (5 Speed) & AT (6 Speed Dual Clutch: Ford Powershi*t yang penuh problematika).
1.6 Sport Limited AT only,
Fitur2:
Style: Velg Steel 15 inch (185/55R15), 4 speaker (kalau gak salah), ABS+EBD+BA, Single Airbag, Small MID, HU Single CD +USB+AUX+BT, Door Trim soft touch bahan fabric, Blade key, Remote Entry, Small MID, Follow me Home, Variable Intermittent Wiper, Underseat Storage, Windshield ticket/card holder, Sein di Spion, electric trunk opener, Rear Fog Lamp (iya rear), rear defogger, rear wiper, ISOFIX, kursi belakang 60:40.
Trend: sama dengan Style, di tambah: Velg Alloy 15inch (185/55R15, BAN NYA CONTINENTA DONG), Dual Airbags, 4 speaker + 2 Tweeter, Alarm, Rem Cakram-Tromol, Spion Auto Retract + Autofolding by lock, MID HU yang lebih besar, Sensor Parkir 3 titik,
Sport: Velg 16 inch (195/50R16 ContiSportContact, ban bawaan cukup lebar buat small hatchback di jamannya, Jazz & Yaris aja cuma 185 mm), Bucket Seat, Tuned Suspension, Sport Grille, Sport Diffuser, Dual Tip Exhaust tapi ngumpet WKWKW, foglamp, jok kulit campuran, setir kulit, Floorwell Lamp (lampu kaki), Housing Tacho & Speedo Silver Glossy (Trend/Style plastik hitam biasa), ESC khusus AT & gak bisa di non-aktif.
Sport Limited: Interior Full kulit biru, AC digital, Bodykit depan & belakang (tanpa side skirt).
Dimensi:
P x L x T = 3.950 x 1.722 x 1.481 mm
Weight: 1.106 kg (style MT & trend MT), 1.131 (trend AT), 1.153 (Sport AT & MT).
Berat yang hampir sama dengan Old Ertiga (ZE) padahal Ertiga jauh lebih besar (beda 60 kg), nanti di bawah keliatan alasannya apa



Skip, langsung bahas first impression:
Exterior:
Saya bahas exterior Sport, ex-gerobak saia udh di upgrade ala ala ZetecS.
ngeliat Fiesta di 2010, berasa lebih modern & fresh walaupun desain tahun 2008, one step ahead dibanding XP90 yang udah purba & GE8 brataktaktak. Fiesta Sport lebih keren dari Trend. Ada diffuser ala ala, grille lebih besar & ada chrome nya (saya prefer grille ZetecS krn full black). Khusus Sport Limited, lebih keren lagi krn ada front spoiler & rear skirt. Stance nya keren, rendah, lebar & atap merendah di belakang dengan spoiler yang desainnya menyatu bgt sama body, tapi kolong nya agak tinggi, gak se-ceper Jazz GE8. Oh iya, body nya emang lebar, tapi lebar nya gak efektif buat ruang interior. Lebar gara2 lekukan body aja, bikin keliatan semok tapi gak se semok Scirocco. Smack-queen cinta sama ini mobil!
Velg Sparco RTT524 repaint black, 195/50R16. Foto terakhir2 sebelum di jual:
https://www.dropbox.com/s/5nngnyydqc5zb ... I.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/9t5r2rdfyig09 ... I.jpg?dl=0
IMHO, desain samping masih lebih mengalir dibanding City Hatchback yg menurut saya kaku.
https://www.dropbox.com/s/e1vysh9bx1j16 ... 1.jpg?dl=0
Ban 205/50R16, agak kegedean.
https://www.dropbox.com/s/8t57muo1if88w ... 1.jpg?dl=0
Ban 205/45R16 paling pas IMHO:
https://www.dropbox.com/s/9mr8csq3iqomb ... 3.jpg?dl=0
Interior:
Masuknya agak susah, rendah & atap landai. Pintunya berat & feeling buka-tutup pintunya beda bgt sama mob-din bokap waktu itu (Innova), di tutup bunyinya bukan "bruk", tapi ada kesan "bleb" gitu, satisfying lah buat di buka-tutup



Posisi duduk enak bgt, sangat ergonomis, akses tuas transmisi & rem tangan gampang, tapi tombol2 di head unit agak jauh. kalau di set paling rendah, kaki bener2 selonjor, selain itu punggung & paha tertopang jok full, gak pendek macem di GE8 atau XP90 (maklum, ukuran fisik saya sehat hahaha). Untuk tipe Sport, Jok nya semi-bucket gitu, lebih enak lagi di dudukin. Bahan setirnya masih kaya karet gitu, tapi lumayan enak & empuk. Kalo tipe Sport udh bahan kulit. Door handle juga ergonomis banget, tapi tombol power window jadi terpaksa agak terlalu mundur dan quirky nya, semua tombol ada backlight nya. NICE! (logat bacanya kaya Fransiscus Rossano ya, biar lebih sedep).
Door pocket besar, tapi cup holder agak kurang bagus, holder tapi seperti gak ada holdernya (?), gampang kegeser maju-mundur kalo botol/cup nya langsing. Visibilitas ke samping agak kurang, garis bahu tinggi & pillar A tebel jadi agak susah. Ditambah lagi, kalau spion terbuka, lebar overall 1.973 mm.
Kursi ke 2, yah apa adanya aja lah ya, cup holder gak ada, hand grip gak ada, posisi agak tegak, visibilitas buruk gara2 jok depan tinggi & garis bahu tinggi. tapi suport jok nya panjang, jadi paha ter-topang sempurna & ada ruang kaki di bawah jok depan. Oh iya, posisi duduk saya gak jongkok kaya di GE8 krn efek dari tanki di bawah jok depan.
Kata banyak orang, Fiesta sempit, masih lebih lega Yaris Bapao. Gak 100% benar menurut saya. Kalau posisi saya di duduk kursi depan Yaris XP90 disesuaikan dengan posisi duduk di Fiesta (full selonjor), legroom kursi baris ke 2 11/12 dengan Fiesta, bedanya XP90 lantainya gak ada gundukan & support jok depan XP90 gak se panjang Fiesta.
Berikut penampakannya punya saia waktu awal2 delivery ke rumah:
https://www.dropbox.com/s/fzucaek5l55wb ... 2.jpg?dl=0
Panel silver di repaint hitam:
https://www.dropbox.com/s/g5cfsha4kim05 ... h.jpg?dl=0
Re-trim kulit (awal):
https://www.dropbox.com/s/mljdbgal0k8px ... 7.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/luewpqbpv3mjr ... 6.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/sh/8zy6v9n5ymup ... A4wea?dl=0
https://www.dropbox.com/s/fzag434lfe0i1 ... 9.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/o359nneyzpx14 ... 8.jpg?dl=0
Re-trim kulit (setelah 5 tahun):
https://www.dropbox.com/s/fa3jhxeqajo05 ... 0.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/55ksb7vyvh7vl ... 4.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/flsithek65nkt ... 2.jpg?dl=0
Mesin & Transmissi:
1400 CC DOHC, 95 gp @5750 RPM, 128 nm @ 4200 RPM. Kecil banget tenaganya, kalah jauh dibanding Jazz GE8, lebih ringan pula. Kondisi standaran, 0-100 km/h 12,8 detikan, gak pake GPS, cuma pake stopwatch + liat speedo. Karakternya lemah banget di RPM bawah (mungkin faktor DOHC?), lumayan enak di putaran tinggi, tapi RPM juga gak se tinggi rival2nya. Redline di 6000. Mesin yang aneh

Tapi enaknya, RPM nya cukup rendah kalau cruising di tol. 100 km/h cuma 2800 RPM, GE8 MT & XP90 MT udh teriak di 3200-3300 RPM. Tapi biarpun RPM rendah tetep aja konsumsi bbm mesin tua & gak ada katup variabel gak bisa se-irit rivalnya, cuma dapet 1:15 an, dalkot 1:10 udah bagus banget. kalau di Tol, info temen saya yg 1600 cc malah lebih irit, average bisa 1:17an (AT sih). Oh iya, kalau Ecoboost MT malah RPM di 100 km/h lebih rendah lagi, kalau gak salah 2600 RPM sahaja. Kopling nya enak, tuas transmisi terasa "berisi". Pindah gigi gampang, gak se keras XP90 atau se hambar GE8.
Handling & kenyamanan:
Nah ini yang bener2 jawara!! Kalau Fiesta Trend, set suspensinya lebih empuk, nyaman banget sih kalau buat berdua. Apalagi ban nya gak terlalu tipis, profil 55. Empuknya gak floaty kaya suspensi belakang Avanza/ANKI. Tapi meredam getaran banget! Sasis sangat kaku, lebih kaku dibanding XP90 apalagi GE8. Steering lock to lock juga kecil, jadi setir berasa responsive banget. Pasang strut bar, biar lebih kaku + Tein S Tech buat Mazda 2 dengan Ban Toyo DRB 205/45R16, alhasil lebih "rebah" bahkan dibanding Mazda 2. Mungkin gara2 bobot Fiesta lebih berat, if i'm not mistaken, Mazda 2 DE gak sampai 1 ton. Jadi cakep banget sih stance nya, gak nangkring kaya sebelumnya. Handling meningkat jauh, tapi getaran kecil lebih berasa, tapi enak banget di tol. Pokoknya mobil kelas rakjel ter-ena handlingnya yang pernah saya coba, maklum saya nubi & gak banyak coba mobil mevvah kaya master suhu aganz di SM yang terkenal itu. Tapi berhubung mobil dipake AKAP Jakarta-Surabaya tiap libur semesteran, akhirnya di copot lah tein itu, agak sayang2 aja kalo kolong mentok gegara jalanan pantura yang jarang mulus itu. Habis pasang Tein, ganti per standar Fiesta S. Nah ini setup paling pas antara kenyamanan & handling. Handling tetep tajam, tapi gak se asik Tein, menurut butt-o-meter nubi, 90% an dari Tein lah. Tapi nyamannya, menurut saya sama saja dengan suspensi bawaan Trend. Emang lebih keras, tapi kerasnya enak. Sangat meredam, bukan glodakan kaya GE8. menurut saya mirip dengan Grand Livina L11 tapi lebih keras. Bantingan "DEWASA" kalo bahasanya Om FE jurnalis terkenal itu.



Soal kenyamanan, sangat nyaman untuk perjalanan jauh khusus 2 orang. apalagi kekedapan kabin nya yang sangat wow. Hmm mobil ini sangat kedap dibanding rival2nya, bahkan kembaran beda bapak lain emak (Mazda 2 DE) masih lebih kedap Fiesta. Buat yang mau coba fiesta, coba ketok atap nya, padet! nah peredam atam tebel, peredam lantai juga ada. Dan hebatnya, di dalam door trim ada plastik penutup lagi, yaa mirip2 mobil yang di pasang peredam tambahan. Road noise agak berisik waktu pake Toyo DRB, beda banget sama Conti yang kedap tapi grip nya yahud. Se berisik2nya DRB di Fiesta, gak lebih berisik dari GE8 yang pake Turanza.. Sayangnya, radius putar mobil ini biasa banget, menurut saya cenderung agak gede walaupun gak se gede Yaris Lele.
Peredam Pintu:
https://www.dropbox.com/s/444v2nabt7nm6 ... 3.jpg?dl=0
Beda banget sama City GM6 punya Bokap, di balik doortrim cuma dikasih plastik+sealant di pinggir2nya

Peredam lantai, yang di lingkari merah

https://www.dropbox.com/s/yknvfqvlwvlhc ... I.jpg?dl=0
Maintenance:
Nah ini, karena MT, bener2 trouble-free.
Yang bener2 corrective/repair maintenance cuma shockbreaker di 30rb km, wajar lah ya namanya juga Fiesta AKAP Reli Pantura tiap liburan semester HEHEHEHE



Sisanya maintenance biasa (ganti oli, filter dll di BeRes) + PANTAU COOLANT RADIATOR. Banyak yang lengah, coolant sampe abis akhirnya Cyl. Block retak. Saya pernah baca, kalau gak salah di SM sih, Operating Temperature Engine Fiesta itu lebih tinggi daripada mobil biasanya (aneh yak?), apalagi yang Ecoboost.
Oh iya saya selalu minumin Pertamaxxxx soalnya Fiesta 1400 itu lebih gampang ngelitik.
Aki juga agak mahal kalo di banding sekelasnya, amperenya cukup gede, kalo ga salah 55 Ah, Xpander aja cuma 35 Ah (CMIIW).
Overall mesin nya Badak kok, kaki2 juga gak se ringkih Honda.
Cocok buat daily workhorse, apalagi punya saya dulu dipake Reli Pantura, belom ada trans jawa.
Nikmat bener dah kalo kena lobang bisa ancur ban, nih dokumentasi korban pantura:
https://www.dropbox.com/s/gb7kb79ppk1q6 ... 6.jpg?dl=0



Sayangnya, ini mobil harus di jual di kilometer 62.[cencored] km setelah 5,5 tahun bersama



Sedih banget, menyayat hati banget ngejualnya. Mana masih mulus banget... tapi apa boleh buat, kebutuhan berkata lain.
yang susah dari Fiesta ini.... SUSAH NYARI PENGGANTINYA WKWKWKW
Seriously, nyari mobil kelas jelata tapi BQ bagus, fitur banyak, nyaman, handling enak, kedap + irit-kenceng (khusus Ecoboost) itu susah.
Kalo mesin kenceng.. gak berharap sih buat mobil budget gak tinggi wkwkw anggap lah bonus..
Akhirnya muncul LMPV sensasional yang menurut saya kekedapannya & road noise yang mirip. Nanti ada ceritanya juga itu si Kalipander hahaha.
Buat yang cari mobil 100 jutaan, kondisi single/married belum ada anak/belum berencana punya anak dalam waktu dekat, Fiesta jadi pilihan bijak dengan budget yang lebih miring. Tapi hati2 sama kondisinya, kalau rawatannya jelek yang ada malah boncos..
Semoga kalo ada kesempata, bisa pelihara Fiesta Ecoboost manual
beberapa minggu lalu ada yg jual di Samarinda, eh gak lama kemudian ilang iklannya.
Foto-foto lain:
Operasi mata di Yoong Motor, terbaik banget pelayanannya! Pernah claim garansi gak pake ribet:
https://www.dropbox.com/s/z8bvjqovv7b7d ... I.jpg?dl=0
Pasang foglamp HID
https://www.dropbox.com/s/2eheevzh5jwaq ... 1.jpg?dl=0
Awali inreyen 1000 KM dengan reli pantura:
https://www.dropbox.com/s/on05hmnhx7kn4 ... I.jpg?dl=0
Sama temen2 komunitas, ke Bukit Jadih Madura:
https://www.dropbox.com/s/4cv6k8q61qnwi ... 4.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/7xrh6y3jaqs14 ... I.jpg?dl=0
Pasang diffuser custom Fiesta ST:
https://www.dropbox.com/s/x13g1aso1sazy ... 6.jpg?dl=0
ZetecS Grille:
https://www.dropbox.com/s/php4i996gsevx ... I.jpg?dl=0
Coating Chemical Guys:
https://www.dropbox.com/s/c3nyuj9w05my9 ... I.jpg?dl=0
foto kekinian pada masanya:
https://www.dropbox.com/s/3z1wdri8grzur ... 7.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/qhv6e9cgpmflq ... 0.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/r0fdg7n14b1qh ... 1.jpg?dl=0
Custom exhaust fullset ironcraft:
https://www.dropbox.com/s/3hyxgrcqrjdz4 ... 8.jpg?dl=0
Korban serempet motor di Jalan Arjuna Selatan:
https://www.dropbox.com/s/bmusba0tligff ... 1.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/l737vkdv0xitz ... 9.jpg?dl=0
https://www.dropbox.com/s/f0pzmws8q89eg ... 8.jpg?dl=0
Korban maling tas, untung isinya cuma PB + HP nokia:
https://www.dropbox.com/s/jghuwo6se29el ... 5.jpg?dl=0
Photoshoot ala ala:
https://www.dropbox.com/sh/8zy6v9n5ymup ... A4wea?dl=0
https://www.dropbox.com/s/5zqpgttdd1wpa ... 2.jpg?dl=0