(Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
(Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Sienta = perhatiin record ganti oli cvtnya, sering salah spek cvtf. Biasa dicekokin ATF WS.
Ga pertimbangin freed om? Memang lbh boros bolot boyo cm fungsionalitasnya bagus juga. Ertiga baru oke juga, lega dan enak
Lokasi di mana?
Ga pertimbangin freed om? Memang lbh boros bolot boyo cm fungsionalitasnya bagus juga. Ertiga baru oke juga, lega dan enak
Lokasi di mana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
kalo diantara 2 itu saya vote sienta. karena memenuhi kriteria. kalo s-cross entah kenapa saya kurang suka bentuknya. kalo alternatif lain bisa lirik
- ertiga GX brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
- xpander 2018-2019
- yaris TRD CVT 2016-2017
- avanza g brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
kalo ga masalah sm tahun tua
- GNKI G diesel AT 2012-2013 atau GNKI V diesel AT 2011
- ertiga GX brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
- xpander 2018-2019
- yaris TRD CVT 2016-2017
- avanza g brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
kalo ga masalah sm tahun tua
- GNKI G diesel AT 2012-2013 atau GNKI V diesel AT 2011
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Kurang suka Ahond sih om krn terkenal kurg oke ya built quality-nya. Ertiga GX baru pasaran emg brp om?erwinign wrote: Sun Sep 12, 2021 15:45 Sienta = perhatiin record ganti oli cvtnya, sering salah spek cvtf. Biasa dicekokin ATF WS.
Ga pertimbangin freed om? Memang lbh boros bolot boyo cm fungsionalitasnya bagus juga. Ertiga baru oke juga, lega dan enak
Lokasi di mana?
Lokasi ane di Surabaya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Xpander second scr maintenance rewel gak om? sempet tertarik ama yaris juga sih dan ertiga, klo avanza kurg tertarik omPboyz97 wrote: Sun Sep 12, 2021 16:55 kalo diantara 2 itu saya vote sienta. karena memenuhi kriteria. kalo s-cross entah kenapa saya kurang suka bentuknya. kalo alternatif lain bisa lirik
- ertiga GX brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
- xpander 2018-2019
- yaris TRD CVT 2016-2017
- avanza g brand new (sepertinya masuk budget after discnya)
kalo ga masalah sm tahun tua
- GNKI G diesel AT 2012-2013 atau GNKI V diesel AT 2011
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
ga begitu rewel sih. kebetulan dulu pernah melihara selama 3 tahun. troublenya selama make cuma ac yg ga dingin pas tahun ke dua (akhirnya ganti kompresor ac) sm idle up saja . yg perlu diperhatiin ya paling kaki2 + usahain service recordnya jelas dan kalo bisa beli yg tipe ultimate saja, karena fiturnya paling lengkap dibanding varian lainnya hehehetrendyleo wrote: Mon Sep 13, 2021 5:20
Xpander second scr maintenance rewel gak om? sempet tertarik ama yaris juga sih dan ertiga, klo avanza kurg tertarik om
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
mohon ijin pengguna sienta V m/t (walopun tidak setiap hari saya pakai) ikut nimbrung.
ini murni sebagai pengguna dari tahun 2015 atau 2016 (nggak inget pastinya), bukan katanya sodara dari tetangga punya keponakan yang punya temen di gang sebelah.
dari awal beli yang sudah diganti adalah :
- ecu (klaim ke toyota karena FC sampai dengan odo 10ribuan masih 1:8 -1:9).
setelah diganti, jauh sekali perbedaannya jadi sekitar 1:12 - 1:13 metode full to full, kondisi jalan 70% lancar. bbm pertalite.
- steering rack dan front strut assy hanyabsisi kanan (klaim ke toyota karena sedari awal serah terima kunci sudah ada bunyi).
- aki. 1x klaim karena masih garansi, 1x beli sendiri sampai sekarang sudah berjalan 1 tahun 7 bulan.
- ban depan belakang dan 4 pcs strut/shock (depan-belakang).
- brake pad depan diganti saat odo sekitar 80 atau 90ribuan saya lupa. sekarang posisi odometer sekitar 110ribuan.
- oli transmisi ganti di odo 70ribuan kalau tidak salah.
- oli mesin rutin ganti per 10rb KM.
- filter udara baru 2x ganti.
- minyak rem ganti mengikuti jadwal di buku servis.
busi, plat kopling, drive belt, belum ada penggantian. tapi mengingat usia dan jarak tempuh, sudah musti persiapan.
beruntung sampai dengan saat ini tidak ada rattle walopun sektor suspensi sudah waktunya penggantian (tie rod, inner tie rod, ball joint assy).
kalau matic, seperti yang om erwinign katakan, periksa cvtf. wajib. karena sienta tidak ada dipstick, mau tidak mau musti buka check bolt yang letaknya disamping dejat ban kiri plus track record penggantian cvtf.
*edit : plus penggantian karet wiper setiap musim penghujan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
suzuki scross udah bijak banget..trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
maintenance cost murah bgt,
service 5k /10k = oli mesin + filter 400-500rb
service 20k = oli mesin + filter, busi, coolant = 900-1jt aja
service 40k = 20k + ATF = 1,5jtan aja
yg perlu diperhatiin ganti ATF nya pake suzuki AW-1 ya, suka ada beres / SA yg masukin ATF 3317
sisanya semua chemical / parts2 di bengkel resmi saat ini udh comply sama kebutuhan scross, tinggal dateng dan bayar aja...
kalo booking H-1 dapet diskon 10%
cek biaya maintenance bisa kesini https://www.suzuki.co.id/services/autom ... UCJFunRRtH
cek harga parts bisa disini https://www.suzuki.co.id/eparts/sx4-s-cross/engine
yg perlu diperhatiin setelah 50rb km / 3 tahun :
1. karet tatakan per = 30rban x 4pcs
2. support shock = pake punya xover 200-300rban aja per pcs, butuh 2pcs
3. shock breaker blkg = 2jtan / set kanan kiri
4. sambungan T hose matic - cooler - radiator = ganti pake ini, bawaannya plastik suka kropok
https://www.tokopedia.com/sambaa/westpe ... 1313474323
5. switch rem (murah 100rban paling ganti aja)
6. batre kunci pake CR 2032 beli di indom*rt bisa
semua bisa di kerjain di bengkel resmi, ga pusing2 nyari bengkel, paling nyaman ke SBT pulo gadung/ RMK kb jeruk/ SBT puri kalo domisili jabodetabek
itu aja paling yg perlu diperhatiin, sisanya aman
soal fuel cons, rata2 masuk 14 km/L rute kombinasi , rute tol rata2 tembus 17-21 km/L... scross matic tuh lari 100 kpj rpm 2rb kurang, ane scross manual kalo rute ppkm darurat bisa masuk 4.6L/100 km... 20 km/L lebih wkwk
gaspol resing tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
antara S-Cross dan Sienta, kalau val butuh 2 7 seater sih saya lebih memilih S-Cross ya karena posisi duduk row 1 fan 2 lebih nyaman. masalah konsumsi bbm, harusnya gak beda jauh, tapi Sienta lebih irit sedikit disbanding S-Cross karena teknologi mesin dan cvt yg lebih efisien.
Masalah built quality, mmm.. saya prefer S-Cross.. dari sananya dah lebih banyak kekulitan dan material soft touch, serta beberapa gimmick kayak auto headlamp, spion auto dimming, lampu led projector serta cruise control. Minusnya kalah sama Sienta yang dpt kontrol traksi, serta bagasi dive in yang enak masukkin sepeda.
Diluar 2 mobil ini, kalau budget 200 juta saya setuju sama pandamgan beberapa senior diatas mengenai All New Ertiga. Masukan saya, kalau dananya 200 jyta cash, cari saja All New Ertiga GX arau Ertiga Sport yg udah improvement (kalau ga salah tahun 2020). Karena ada arm rest ada row 2, dpt ac auto climate control, head unit yg 8 inch serta irit bbm dan sparrparts dan service. Kenyamanan jauh lebih suka ini diatas Sienta, serta japasitas kargo yg lebih luas. Usia yang sangat muda artinya perawatan juga relatif lebih murah.
Masalah built quality, mmm.. saya prefer S-Cross.. dari sananya dah lebih banyak kekulitan dan material soft touch, serta beberapa gimmick kayak auto headlamp, spion auto dimming, lampu led projector serta cruise control. Minusnya kalah sama Sienta yang dpt kontrol traksi, serta bagasi dive in yang enak masukkin sepeda.
Diluar 2 mobil ini, kalau budget 200 juta saya setuju sama pandamgan beberapa senior diatas mengenai All New Ertiga. Masukan saya, kalau dananya 200 jyta cash, cari saja All New Ertiga GX arau Ertiga Sport yg udah improvement (kalau ga salah tahun 2020). Karena ada arm rest ada row 2, dpt ac auto climate control, head unit yg 8 inch serta irit bbm dan sparrparts dan service. Kenyamanan jauh lebih suka ini diatas Sienta, serta japasitas kargo yg lebih luas. Usia yang sangat muda artinya perawatan juga relatif lebih murah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Tergantung kebutuhan, kalau masih muda dan masih lama buat berkeluarga dan ini mobil satu satunya bisa ambil scross. Lincah, fitur melimpah, sparepart cukup murah, irit (1:13 kombinasi spirited driving) dan reliable. Sy sendiri pakai scross M/T 2016, overall gak ada masalah berarti (dgn catatan tinggi mobilnya standar ya)
Sienta no comment, blm pernah nyetir soalnya.
Atau coba terios R matic? th 2018 harganya udah mepet 200jt, secara syarat yang om kasih masuk semua. Yang gaenak di mobil ini cuma posisi duduk kursi supir kurang nyaman. Kaki-kaki pasti jauh lebih awet dibanding mobil FWD.
Sienta no comment, blm pernah nyetir soalnya.
Atau coba terios R matic? th 2018 harganya udah mepet 200jt, secara syarat yang om kasih masuk semua. Yang gaenak di mobil ini cuma posisi duduk kursi supir kurang nyaman. Kaki-kaki pasti jauh lebih awet dibanding mobil FWD.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Gan, xpander built quality gmn???Pboyz97 wrote: Mon Sep 13, 2021 12:42ga begitu rewel sih. kebetulan dulu pernah melihara selama 3 tahun. troublenya selama make cuma ac yg ga dingin pas tahun ke dua (akhirnya ganti kompresor ac) sm idle up saja . yg perlu diperhatiin ya paling kaki2 + usahain service recordnya jelas dan kalo bisa beli yg tipe ultimate saja, karena fiturnya paling lengkap dibanding varian lainnya hehehetrendyleo wrote: Mon Sep 13, 2021 5:20
Xpander second scr maintenance rewel gak om? sempet tertarik ama yaris juga sih dan ertiga, klo avanza kurg tertarik om
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Mantap om sharingnya ttg Sienta, lengkap banget. Scr overall gimana om kesannya???marmut wrote: Mon Sep 13, 2021 13:22trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
mohon ijin pengguna sienta V m/t (walopun tidak setiap hari saya pakai) ikut nimbrung.
ini murni sebagai pengguna dari tahun 2015 atau 2016 (nggak inget pastinya), bukan katanya sodara dari tetangga punya keponakan yang punya temen di gang sebelah.
dari awal beli yang sudah diganti adalah :
- ecu (klaim ke toyota karena FC sampai dengan odo 10ribuan masih 1:8 -1:9).
setelah diganti, jauh sekali perbedaannya jadi sekitar 1:12 - 1:13 metode full to full, kondisi jalan 70% lancar. bbm pertalite.
- steering rack dan front strut assy hanyabsisi kanan (klaim ke toyota karena sedari awal serah terima kunci sudah ada bunyi).
- aki. 1x klaim karena masih garansi, 1x beli sendiri sampai sekarang sudah berjalan 1 tahun 7 bulan.
- ban depan belakang dan 4 pcs strut/shock (depan-belakang).
- brake pad depan diganti saat odo sekitar 80 atau 90ribuan saya lupa. sekarang posisi odometer sekitar 110ribuan.
- oli transmisi ganti di odo 70ribuan kalau tidak salah.
- oli mesin rutin ganti per 10rb KM.
- filter udara baru 2x ganti.
- minyak rem ganti mengikuti jadwal di buku servis.
busi, plat kopling, drive belt, belum ada penggantian. tapi mengingat usia dan jarak tempuh, sudah musti persiapan.
beruntung sampai dengan saat ini tidak ada rattle walopun sektor suspensi sudah waktunya penggantian (tie rod, inner tie rod, ball joint assy).
kalau matic, seperti yang om erwinign katakan, periksa cvtf. wajib. karena sienta tidak ada dipstick, mau tidak mau musti buka check bolt yang letaknya disamping dejat ban kiri plus track record penggantian cvtf.
*edit : plus penggantian karet wiper setiap musim penghujan.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Anjay super duper lengkap bener sharingnya gan, thank a lot smpe dikasih linknya hehe.rendr wrote: Mon Sep 13, 2021 14:50suzuki scross udah bijak banget..trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
maintenance cost murah bgt,
service 5k /10k = oli mesin + filter 400-500rb
service 20k = oli mesin + filter, busi, coolant = 900-1jt aja
service 40k = 20k + ATF = 1,5jtan aja
yg perlu diperhatiin ganti ATF nya pake suzuki AW-1 ya, suka ada beres / SA yg masukin ATF 3317
sisanya semua chemical / parts2 di bengkel resmi saat ini udh comply sama kebutuhan scross, tinggal dateng dan bayar aja...
kalo booking H-1 dapet diskon 10%
cek biaya maintenance bisa kesini https://www.suzuki.co.id/services/autom ... UCJFunRRtH
cek harga parts bisa disini https://www.suzuki.co.id/eparts/sx4-s-cross/engine
yg perlu diperhatiin setelah 50rb km / 3 tahun :
1. karet tatakan per = 30rban x 4pcs
2. support shock = pake punya xover 200-300rban aja per pcs, butuh 2pcs
3. shock breaker blkg = 2jtan / set kanan kiri
4. sambungan T hose matic - cooler - radiator = ganti pake ini, bawaannya plastik suka kropok
https://www.tokopedia.com/sambaa/westpe ... 1313474323
5. switch rem (murah 100rban paling ganti aja)
6. batre kunci pake CR 2032 beli di indom*rt bisa
semua bisa di kerjain di bengkel resmi, ga pusing2 nyari bengkel, paling nyaman ke SBT pulo gadung/ RMK kb jeruk/ SBT puri kalo domisili jabodetabek
itu aja paling yg perlu diperhatiin, sisanya aman
soal fuel cons, rata2 masuk 14 km/L rute kombinasi , rute tol rata2 tembus 17-21 km/L... scross matic tuh lari 100 kpj rpm 2rb kurang, ane scross manual kalo rute ppkm darurat bisa masuk 4.6L/100 km... 20 km/L lebih wkwk
Btw, brti g ada kesulitan berarti ya soal spare parts dll mengingat SCross ini kan msh buatan Indihe??? Dlm artian di Indo melimpah ruah ya gan spare parts nya.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Yes om salah satu daya tarik SCross emg dr segi fitur sih dan tntunya tahu sendiri badaknya mobil suzuki, walau toyota juga.fl4b1e wrote: Mon Sep 13, 2021 15:55 antara S-Cross dan Sienta, kalau val butuh 2 7 seater sih saya lebih memilih S-Cross ya karena posisi duduk row 1 fan 2 lebih nyaman. masalah konsumsi bbm, harusnya gak beda jauh, tapi Sienta lebih irit sedikit disbanding S-Cross karena teknologi mesin dan cvt yg lebih efisien.
Masalah built quality, mmm.. saya prefer S-Cross.. dari sananya dah lebih banyak kekulitan dan material soft touch, serta beberapa gimmick kayak auto headlamp, spion auto dimming, lampu led projector serta cruise control. Minusnya kalah sama Sienta yang dpt kontrol traksi, serta bagasi dive in yang enak masukkin sepeda.
Diluar 2 mobil ini, kalau budget 200 juta saya setuju sama pandamgan beberapa senior diatas mengenai All New Ertiga. Masukan saya, kalau dananya 200 jyta cash, cari saja All New Ertiga GX arau Ertiga Sport yg udah improvement (kalau ga salah tahun 2020). Karena ada arm rest ada row 2, dpt ac auto climate control, head unit yg 8 inch serta irit bbm dan sparrparts dan service. Kenyamanan jauh lebih suka ini diatas Sienta, serta japasitas kargo yg lebih luas. Usia yang sangat muda artinya perawatan juga relatif lebih murah.
Bener sih om, ane juga sbnrnya masukin Ertiga dlm list tp klo baru emg dpt ya segitu?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Minusnya Scross yg dirasakan apa nih Om?anadzir wrote: Tue Sep 14, 2021 3:03 Tergantung kebutuhan, kalau masih muda dan masih lama buat berkeluarga dan ini mobil satu satunya bisa ambil scross. Lincah, fitur melimpah, sparepart cukup murah, irit (1:13 kombinasi spirited driving) dan reliable. Sy sendiri pakai scross M/T 2016, overall gak ada masalah berarti (dgn catatan tinggi mobilnya standar ya)
Sienta no comment, blm pernah nyetir soalnya.
Atau coba terios R matic? th 2018 harganya udah mepet 200jt, secara syarat yang om kasih masuk semua. Yang gaenak di mobil ini cuma posisi duduk kursi supir kurang nyaman. Kaki-kaki pasti jauh lebih awet dibanding mobil FWD.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
wah kalo parts sih buanyak om... tenang aja, lebih banyak parts indihe daripada xover cbu japan hahahaha, dan enaknya lagi bbrp parts perkaretan gitu bisa subtitusi sama xover juga... xover ada parts yg made in indo jadi lebih murah...trendyleo wrote: Tue Sep 14, 2021 9:20Anjay super duper lengkap bener sharingnya gan, thank a lot smpe dikasih linknya hehe.rendr wrote: Mon Sep 13, 2021 14:50suzuki scross udah bijak banget..trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
maintenance cost murah bgt,
service 5k /10k = oli mesin + filter 400-500rb
service 20k = oli mesin + filter, busi, coolant = 900-1jt aja
service 40k = 20k + ATF = 1,5jtan aja
yg perlu diperhatiin ganti ATF nya pake suzuki AW-1 ya, suka ada beres / SA yg masukin ATF 3317
sisanya semua chemical / parts2 di bengkel resmi saat ini udh comply sama kebutuhan scross, tinggal dateng dan bayar aja...
kalo booking H-1 dapet diskon 10%
cek biaya maintenance bisa kesini https://www.suzuki.co.id/services/autom ... UCJFunRRtH
cek harga parts bisa disini https://www.suzuki.co.id/eparts/sx4-s-cross/engine
yg perlu diperhatiin setelah 50rb km / 3 tahun :
1. karet tatakan per = 30rban x 4pcs
2. support shock = pake punya xover 200-300rban aja per pcs, butuh 2pcs
3. shock breaker blkg = 2jtan / set kanan kiri
4. sambungan T hose matic - cooler - radiator = ganti pake ini, bawaannya plastik suka kropok
https://www.tokopedia.com/sambaa/westpe ... 1313474323
5. switch rem (murah 100rban paling ganti aja)
6. batre kunci pake CR 2032 beli di indom*rt bisa
semua bisa di kerjain di bengkel resmi, ga pusing2 nyari bengkel, paling nyaman ke SBT pulo gadung/ RMK kb jeruk/ SBT puri kalo domisili jabodetabek
itu aja paling yg perlu diperhatiin, sisanya aman
soal fuel cons, rata2 masuk 14 km/L rute kombinasi , rute tol rata2 tembus 17-21 km/L... scross matic tuh lari 100 kpj rpm 2rb kurang, ane scross manual kalo rute ppkm darurat bisa masuk 4.6L/100 km... 20 km/L lebih wkwk
Btw, brti g ada kesulitan berarti ya soal spare parts dll mengingat SCross ini kan msh buatan Indihe??? Dlm artian di Indo melimpah ruah ya gan spare parts nya.
kalopun indent paling 4 hari om, pengiriman dan adm aja dari gudang parts ke beres...
ada 2nd opinionnya bisa cek ke sentosa atrium senen link tokped berikut https://www.tokopedia.com/sentosa-motor
semoga bermanfaat ya om, kalo ada apa2 boleh japri aja soal ni scross

gaspol resing tim
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
trendyleo wrote: Tue Sep 14, 2021 9:17
Mantap om sharingnya ttg Sienta, lengkap banget. Scr overall gimana om kesannya???
kelupaan, plus filter ac yang sudah diganti.
kesan overall? oke.
minusnya :
- jadi penumpang di jok tengah, ngga ada sandaran tangan.
- jadi penumpang di jok paling belakang, ngga enak.
- radius putar butuh lapangan monas.
yang pasti mesin 2NR agak malas, tapi bukan berarti nggak bisa cepet. harus jaga RPM di sekitar 3000-4000 kalau mau enak akselerasinya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Racksteer aja oom yang perlu diperhatikan, beberapa parts harganya muahal seperti engine mounting kanan dan shock depan, oh iya bantingan standar juga agak keras. Ditambah sekarang udah berkeluarga kayanya kalau cuma pakai mobil 5 seater kompak kurang memadai (Subjektif).
Overall, scross ini price to valuenya kalau beli bekas oke banget, jauhh dibanding saingannya si Ha er pi.
Makanya balik lagi ke kebutuhan om, pengen kabin besar dan luas sienta, pengen kompak dan banjir fitur ambil scross. Saya agak bingung juga mau saranin yang mana soalnya pilihan dari om saling beda kelas.
Atau yang saya saranin tadi, dapet semua, tapi minim di fitur..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Gak minat Livina VL Om?
Menurut saya hidden gem, krn harga 2nd nya lebih anjlok daripada Xpander Sport.
Saya user Xpander Sport AT dari Januari 2019, odo skrg 49rb.
Sejauh ini belum ada masalah apa2, cuma recall fuel pump.
Kaki2 aman, no bunyi2, shock ga bocor.
Plus-nya livina:
+ Langsung ada DRL, pasang DRL high quality bisa 2-3jt sendiri (based on nanya sama seller yang terkenal).
+ Langsung ada jok kulit, kalo retrim sendiri bisa 5-6jt (CMIIW).
+ HU udah Android Auto + Apple carplay
+ Part modif banyak & sama persis dengan Xpander
+ Irit, kalo kepepet bisa isi Premium. Selama ini saya isi campursari Pertamax-Pertalite.
+ Shoulder room jok row 2 paling lebar menurut saya (Xp/Livina 134cm, Ertiga 125 cm). Mobilio/Avanza belom pernah ukur, tp pasti lebih sempit krn lebih ramping.
Minus-nya (ada juga di Xpander)
- Mesin lelet, males gerak, di atas 5000 RPM udah ga ada tenaganya
- Posisi duduk jok baris ke 3 agak jongkok, gak propper kaya Ertiga/XL7
- Headlamp masih halogen
Menurut saya hidden gem, krn harga 2nd nya lebih anjlok daripada Xpander Sport.
Saya user Xpander Sport AT dari Januari 2019, odo skrg 49rb.
Sejauh ini belum ada masalah apa2, cuma recall fuel pump.
Kaki2 aman, no bunyi2, shock ga bocor.
Plus-nya livina:
+ Langsung ada DRL, pasang DRL high quality bisa 2-3jt sendiri (based on nanya sama seller yang terkenal).
+ Langsung ada jok kulit, kalo retrim sendiri bisa 5-6jt (CMIIW).
+ HU udah Android Auto + Apple carplay
+ Part modif banyak & sama persis dengan Xpander
+ Irit, kalo kepepet bisa isi Premium. Selama ini saya isi campursari Pertamax-Pertalite.
+ Shoulder room jok row 2 paling lebar menurut saya (Xp/Livina 134cm, Ertiga 125 cm). Mobilio/Avanza belom pernah ukur, tp pasti lebih sempit krn lebih ramping.
Minus-nya (ada juga di Xpander)
- Mesin lelet, males gerak, di atas 5000 RPM udah ga ada tenaganya
- Posisi duduk jok baris ke 3 agak jongkok, gak propper kaya Ertiga/XL7
- Headlamp masih halogen
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
cukup bagus lah buat ukuran LMPV menurut saya. dulu selama 3 tahun pake surprisingly masih solid. blm ada rattle sama sekali hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
cukup bagus lah buat ukuran LMPV menurut saya. dulu selama 3 tahun pake surprisingly masih solid. blm ada rattle sama sekali hehehe. troublenya cuma ac yg ga dingin pas tahun ke 2 di km 20rb sm idle up doang. sisanya masih ok2 aja
setuju om. kebetulan saya pernah make xpander ultimate at dari oktober 2017 sampe dijual september 2020 lalu di odo 25rb. minusnya xpander emg di mesin yg lelet.tarikan bawahnya agak kurang , walaupun dibawa sampe 180 kpj masih bisa dan cukup stabil buat ukuran LMPV + headlamp bawaannya masih halogen which is kurang terang untuk saya priabdi. cuma plusnya ya itu fitur cukup lengkap, row 2 + row 3 lega, storage banyak dan inteiror qualitynya cukup baik buat ukuran lmpv. saya punya dulu juga selama make gaada masalah yg aneh2. cuma idle up sm ac ga dingin doang. kaki2 aman, no rattle dan shock juga masih bagus heheheFR6 wrote: Tue Sep 14, 2021 13:18 Gak minat Livina VL Om?
Menurut saya hidden gem, krn harga 2nd nya lebih anjlok daripada Xpander Sport.
Saya user Xpander Sport AT dari Januari 2019, odo skrg 49rb.
Sejauh ini belum ada masalah apa2, cuma recall fuel pump.
Kaki2 aman, no bunyi2, shock ga bocor.
Plus-nya livina:
+ Langsung ada DRL, pasang DRL high quality bisa 2-3jt sendiri (based on nanya sama seller yang terkenal).
+ Langsung ada jok kulit, kalo retrim sendiri bisa 5-6jt (CMIIW).
+ HU udah Android Auto + Apple carplay
+ Part modif banyak & sama persis dengan Xpander
+ Irit, kalo kepepet bisa isi Premium. Selama ini saya isi campursari Pertamax-Pertalite.
+ Shoulder room jok row 2 paling lebar menurut saya (Xp/Livina 134cm, Ertiga 125 cm). Mobilio/Avanza belom pernah ukur, tp pasti lebih sempit krn lebih ramping.
Minus-nya (ada juga di Xpander)
- Mesin lelet, males gerak, di atas 5000 RPM udah ga ada tenaganya
- Posisi duduk jok baris ke 3 agak jongkok, gak propper kaya Ertiga/XL7
- Headlamp masih halogen
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1469
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Mau dipakai lama apa sebentar? nanti beberapa tahun ganti?trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
Kalau cari nyaman pakai tidak lebih 5 tahun saya Vote Sienta, kalau pakai untuk lebih dari 5 tahun saya Vote SX4, kecuali Sienta pilih yang manual.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Mungkin sekitar 5 th aja hu pemakaiannya sblm ganti kedepan. Btw, kalau Sienta vs Xpander mending mana hu?Pugman wrote: Thu Sep 16, 2021 15:35Mau dipakai lama apa sebentar? nanti beberapa tahun ganti?trendyleo wrote: Sun Sep 12, 2021 13:53 Para master sekalian jadi ane butuh saran utk mobil second dg budget dibawah 200jt dg kriteria detail sbg berikut:
1. Murah perawatan (low cost maintenance).
2. Built quality & durability bagus kayak badak/bandel (kaki², exterior, interior, mesin, dll).
3. Brand jepang (toyota, suzuki, dll).
4. Irit BBM.
5. Bisa 5 atau 7 seater.
6. Matic.
Sementara pilihan ane condong ke dua mobil, yaitu: SX4 S-Cross atau Sienta V/Q.
Mohon saran dan masukan dr para master disini. Terima kasih
Kalau cari nyaman pakai tidak lebih 5 tahun saya Vote Sienta, kalau pakai untuk lebih dari 5 tahun saya Vote SX4, kecuali Sienta pilih yang manual.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jun 30, 2019 23:44
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Wah mantap hu brti overall kesan thd Xpander memuaskan ya hu. Siap hu, ane juga makin bingung ini apa Xpander aja hehePboyz97 wrote: Tue Sep 14, 2021 16:46cukup bagus lah buat ukuran LMPV menurut saya. dulu selama 3 tahun pake surprisingly masih solid. blm ada rattle sama sekali hehehe. troublenya cuma ac yg ga dingin pas tahun ke 2 di km 20rb sm idle up doang. sisanya masih ok2 aja
setuju om. kebetulan saya pernah make xpander ultimate at dari oktober 2017 sampe dijual september 2020 lalu di odo 25rb. minusnya xpander emg di mesin yg lelet.tarikan bawahnya agak kurang , walaupun dibawa sampe 180 kpj masih bisa dan cukup stabil buat ukuran LMPV + headlamp bawaannya masih halogen which is kurang terang untuk saya priabdi. cuma plusnya ya itu fitur cukup lengkap, row 2 + row 3 lega, storage banyak dan inteiror qualitynya cukup baik buat ukuran lmpv. saya punya dulu juga selama make gaada masalah yg aneh2. cuma idle up sm ac ga dingin doang. kaki2 aman, no rattle dan shock juga masih bagus heheheFR6 wrote: Tue Sep 14, 2021 13:18 Gak minat Livina VL Om?
Menurut saya hidden gem, krn harga 2nd nya lebih anjlok daripada Xpander Sport.
Saya user Xpander Sport AT dari Januari 2019, odo skrg 49rb.
Sejauh ini belum ada masalah apa2, cuma recall fuel pump.
Kaki2 aman, no bunyi2, shock ga bocor.
Plus-nya livina:
+ Langsung ada DRL, pasang DRL high quality bisa 2-3jt sendiri (based on nanya sama seller yang terkenal).
+ Langsung ada jok kulit, kalo retrim sendiri bisa 5-6jt (CMIIW).
+ HU udah Android Auto + Apple carplay
+ Part modif banyak & sama persis dengan Xpander
+ Irit, kalo kepepet bisa isi Premium. Selama ini saya isi campursari Pertamax-Pertalite.
+ Shoulder room jok row 2 paling lebar menurut saya (Xp/Livina 134cm, Ertiga 125 cm). Mobilio/Avanza belom pernah ukur, tp pasti lebih sempit krn lebih ramping.
Minus-nya (ada juga di Xpander)
- Mesin lelet, males gerak, di atas 5000 RPM udah ga ada tenaganya
- Posisi duduk jok baris ke 3 agak jongkok, gak propper kaya Ertiga/XL7
- Headlamp masih halogen
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: (Butuh Saran) Mobil Second Budget dibawah 200 Juta
Kalo ane, tanpa banyak kata
Vote Ertiga..
Dah, gitu saja..
Vote Ertiga..
Dah, gitu saja..
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.