Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Perjelas lagi boleh om, misal kaya garasi rumah brp meter atau PKB maunya berapa, matic manual?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
saya coba bantu jawab yaYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
setuju banget sama Om Pboyz97.Pboyz97 wrote:saya coba bantu jawab yaYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
Kalau boleh usul, budget 200 jutaan begini, serta pernah memiliki Nissan, apa ga sekalian mempertimbangkan Xtrail 2.5 di kisaran tahun 2014-2015 sekalian?
Asal dpt yg kilometer ga lebih daei 80 ribu, serta dah pernah ganti oli transmisi CVT sebelumnya, mudah2an cvtnya aman.
Rata2 Fortuner , Innova dan Pajero sport itu lebih banyak jadi mobil yg kilometernya dah tinggi krn sering dipakai orang..
Mobil ini jelaa lebih nyaman drp pajero sport, fortuner dan Innova, dan mungkin 11-12 dengan Santa Fe dan captiva.
Soal konsumsi bbm ya kalau dah pertimbangkan innova bensin dan captiva bensin ya gak jauh beda sih..
Perawatan: yang jelas jadwal ganti oli transmisi harus lebih pendek drpd oetunjuk bengkel resmi nissan, serta yg namanya cvt, ga perlu injak gas dalam2 . cukup 10-20% saja dan biarkan nesin mempercepat laju.
Kekurangan mobil Xtrail: selain boros bbm, harus lebih jaga cvt dan lebih rajin ganti oli transmisi, row 3 sempit. Anggep aja row 3 ga ada lah..
Btw soal row 3, diantara 4 mobil diatas, tuk dididukin yg paling nyaman mnrt saya hanya Innova, yg lain kurang nyaman, dan Xtrail itu yg palinhbsempit ya di row 3.
Row 2 yang paling nyaman: Xtrail dan Santa Fe, diikuti Captiva dan Innova. Fortuner dan Pajero Sport kalah nyaman kalau mnrt saya ya..
Terakhir, pandangan saya sih, Captiva bensinnya ga perlu maauk hitungan ya.. krn kalau gak terbiasa cari parts alternatif chevy, dengan cukup boroanya captiva bensin, lebih baik Xtrail atau Santa Fe bensin saja yang lebih banyak bengkelnya. Of course, kalau budgetnya masuk saya lebih prefer Santa Fe Diesel ya drpd Santa Fe atau Xtrail yg bensin. Tarikan dan torsi lebih joss dan kenyamanan jauh lebih ok dibanding Fortie atau PS.
Trus tuk Captiva Diesel, hmm.. perawatan rada berat ya.. Liat saja chanel youtube Proleevo sebagai acuan. Kenapa? karena dulu pas saya melihara Spin Diesel, banyak customer Captiva yang komplain aja..
Tapi kalau mau yang perawatan murah dan kenyamanan di tengah2 antara semua mobil diatas, saya memilih innova bensin ya..
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Diutamakan transmisi matic. PKB dan garasi menyesuaikan aja Omerwinign wrote: Fri Sep 03, 2021 12:29 Perjelas lagi boleh om, misal kaya garasi rumah brp meter atau PKB maunya berapa, matic manual?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Ujung ujungnya Innova diesel.
Karena baris 3 paling enak yah Innova.
Diesel jelas perawatan murah karena solarnya murah.
Nyaman untuk jalanan berlobang.
Awet kaki2x, selama tidak ada seal2x bocor aman.
KM 100rb atau 150rb kalau mau bongkar kaki2x kasih grease ulang.
Body roll mobil berasa, mobil seken sekitar 250 jt an segede Innova thn 2013 an. Pilihannya body roll berasa atau keras.
Mau agak keras dikit, tapi body roll lebih minim cari santa fee.
Tapi siap2x aja kalau pemilik sebelumnya kasih solar bukan dex
Part Innova/toyota. Banyak sekali dari ORI, KW jepang 555, sampai kw murahan.
Shock juga ORI nya murah cuma 550 rb an.
Irit, mobil segede Innova bisa 1L 12 sd 14 KM luar kota. Cativa lebih irit tapi perawatan harus extra.
Saya paling gak suka punya mobil yg kita hatus rawat extra LAH kadang masih rewel.
Mending rawat Innova, dirawat biasa aja awet, apalagi extra
Karena baris 3 paling enak yah Innova.
Diesel jelas perawatan murah karena solarnya murah.
Nyaman untuk jalanan berlobang.
Awet kaki2x, selama tidak ada seal2x bocor aman.
KM 100rb atau 150rb kalau mau bongkar kaki2x kasih grease ulang.
Body roll mobil berasa, mobil seken sekitar 250 jt an segede Innova thn 2013 an. Pilihannya body roll berasa atau keras.
Mau agak keras dikit, tapi body roll lebih minim cari santa fee.
Tapi siap2x aja kalau pemilik sebelumnya kasih solar bukan dex
Part Innova/toyota. Banyak sekali dari ORI, KW jepang 555, sampai kw murahan.
Shock juga ORI nya murah cuma 550 rb an.
Irit, mobil segede Innova bisa 1L 12 sd 14 KM luar kota. Cativa lebih irit tapi perawatan harus extra.
Saya paling gak suka punya mobil yg kita hatus rawat extra LAH kadang masih rewel.
Mending rawat Innova, dirawat biasa aja awet, apalagi extra
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Woow, thanks om Pboyz97.luar biasa masukan nya. KayanyaPboyz97 wrote: Fri Sep 03, 2021 14:52saya coba bantu jawab yaYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
fortuner VNT menarik juga ya.
Untuk OPS kurang suka tipe dakar karna menurut saya sunroof nya malah bikin ruang kepala sempit trus row ke2 jd gk ada ventilasi AC nya.
Innova memang rencananya nyari tipe V luxury bensin om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
O ya om garasi rumah ukuran berapa ya? Bukannya nggak sopan, tapi ga ada salahnya punya tempat simpen mobil yg layak khan.Yovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 23:35Woow, thanks om Pboyz97.luar biasa masukan nya. KayanyaPboyz97 wrote: Fri Sep 03, 2021 14:52saya coba bantu jawab yaYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
fortuner VNT menarik juga ya.
Untuk OPS kurang suka tipe dakar karna menurut saya sunroof nya malah bikin ruang kepala sempit trus row ke2 jd gk ada ventilasi AC nya.
Innova memang rencananya nyari tipe V luxury bensin om
Panjang=
Innova lama = 4,5m
Pajero-fortuner lama = 4,6m++ bodykit dikit kl TRD
Santa fe = 4,6-4,7m
Captiva = 4,6m juga (lupakan mobil ini, mobil enak tp ya begitulah kl rawatannya jorok)
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
ada 2 opsi yang musti dipikirkan baik baik kalo mau ambil :
1. OPS Eksid / Dakar : di luar formatnya yang ladder frame dan tampang gagahnya sbenernya ini mobil tidak durable-durable amat. shock belakangnya kl liat review om sintoni pada ngeluh cepet kalah di usia relatif cepat (sekitar 50k km). engine 4D56 juga tidak se-durable 2KD. cooling systemnya agak butut. bahkan di L300 yang (katanya) mudah perawatan dan less mechanical jg penyakit khasnya cooling system. dan buat saya dengan opsi aftermarket parts upgrade untuk 2KD yang jauh lebih berlimpah, kecilnya power 2KD dibanding 4D56 jadi bukan isu besar. lagian OPS juga kenyamanannya so-so bahkan cenderung tidak nyaman, terlalu keras untuk seven seaters dan duduknya kurang enak. so, better skip.
2. Captiva : mobil enak tapi selain faktor tidak ada ATPMnya juga kondisi di marketplace bisa random banget (that explains much kenapa resale valuenya ancur banget). ok mobil seken pasti random tapi dengan rawatan khas orang indonesia (note : bengkel resminya pun kacrut soal spek oli) ke-randoman sebuah captiva seken itu unpredictable. so, skip.
leaves us dengan 3 pilihan. Fortuner/Innova boleh dianggap mobil yang 11-12.
pertimbangannya kalau sudah dari livina yang low center of gravity dan berkonstruksi monokok, Fortuner/Innova lebih baik dirasakan dulu apakah mabuk atau tidak, cocok dengan karakter nyetirnya atau tidak. krn ladder frame dengan higher CoG akan terasa weight-shifting sangat masif ketika berbelok, apalagi ini mobil basisnya tahun 2003, saat itu handling mobil ladder frame tidak seperti yang modern seperti new Fortuner atau Pajero sekarang. diesel engine 2KD udah gak perlu ditanya lagi kenapa andalan rental-rental saat ini adalah toyota bahkan microbus rata-rata pakai hiace 2KD (bahkan ELF aja kalah laris klo gak ada permintaan yang lebih dari 15 seats). oh ya tapi kalau dari Livina bakal gak nyaman sama jok standarnya innova/fortuner. buang jauh-jauh itu jok standar yang kayak triplek, ane bingung kenapa mobil harga 2-3x sebuah avanza dan terios dikasih kursi yang sama persis konturnya. retrofit kursinya reborn saja.
lalu SantaFe DM... saya tidak terlalu rekomen ambil yang tahun 2013 ke bawah karena redaman suspensinya sangat kasar dan bodyrollnya sangat masif untuk ukuran monocoque chassis. ibaratnya kalau habis bawa CRV bawa santafe rasanya kayak habis bawa sedan mewah lalu bawa truck. kalau ada dana ambil 2014 ke atas yang sudah minor change. masih limbung sih kalo kata anak anak komunitas tapi better, dan suspensinya setidaknya lebih empuk. diesel engine nya sangat durable, satu satunya masalah cuma selang turbo udah getas waktu itu (odometer 140 ribu) maintenance slightly more expensive dan lebih kompleks dari 2KD engine (tidak bisa purging di bengkel biasa) tapi worth it. hati-hati aja kalau bisa pasang sticky tires (bisa pakai toyo proxes skrg udah banyak krn oem mazda cx5 sama-sama 19inch) krn mobil ini gak ada traction control dan saya pernah di pegunungan nyaris nabrak pemotor krn jalanan licin dan ban oem kumho nya.
hanya beware kalau tidak tinggal di kota besar rasanya harap bersabar untuk nunggu parts yang tidak jelas kapan datangnya... dan bengkel resminya menurut saya dr pengalaman di 3 tempat agak kurang memuaskan apalagi kl dibanding toyota yang sudah sangat tersistem. info aja telat-telat, misal nih FYI ABS sensor belakang santafe ini rusakan, kl mau ganti menurut anak komunitas bisa beli sensornya doank ratusan rebu, tp beres surabaya malah gak ngerti bilang musti beli se bearing bearingnya 3 jeti. lha, padahal anak komunitas jg dapet info dari beres jakarta.
malah mnurut saya kl ada channel third party lebih baik deh, cari partsnya lebih banyak available di third party. aneh kan.
1. OPS Eksid / Dakar : di luar formatnya yang ladder frame dan tampang gagahnya sbenernya ini mobil tidak durable-durable amat. shock belakangnya kl liat review om sintoni pada ngeluh cepet kalah di usia relatif cepat (sekitar 50k km). engine 4D56 juga tidak se-durable 2KD. cooling systemnya agak butut. bahkan di L300 yang (katanya) mudah perawatan dan less mechanical jg penyakit khasnya cooling system. dan buat saya dengan opsi aftermarket parts upgrade untuk 2KD yang jauh lebih berlimpah, kecilnya power 2KD dibanding 4D56 jadi bukan isu besar. lagian OPS juga kenyamanannya so-so bahkan cenderung tidak nyaman, terlalu keras untuk seven seaters dan duduknya kurang enak. so, better skip.
2. Captiva : mobil enak tapi selain faktor tidak ada ATPMnya juga kondisi di marketplace bisa random banget (that explains much kenapa resale valuenya ancur banget). ok mobil seken pasti random tapi dengan rawatan khas orang indonesia (note : bengkel resminya pun kacrut soal spek oli) ke-randoman sebuah captiva seken itu unpredictable. so, skip.
leaves us dengan 3 pilihan. Fortuner/Innova boleh dianggap mobil yang 11-12.
pertimbangannya kalau sudah dari livina yang low center of gravity dan berkonstruksi monokok, Fortuner/Innova lebih baik dirasakan dulu apakah mabuk atau tidak, cocok dengan karakter nyetirnya atau tidak. krn ladder frame dengan higher CoG akan terasa weight-shifting sangat masif ketika berbelok, apalagi ini mobil basisnya tahun 2003, saat itu handling mobil ladder frame tidak seperti yang modern seperti new Fortuner atau Pajero sekarang. diesel engine 2KD udah gak perlu ditanya lagi kenapa andalan rental-rental saat ini adalah toyota bahkan microbus rata-rata pakai hiace 2KD (bahkan ELF aja kalah laris klo gak ada permintaan yang lebih dari 15 seats). oh ya tapi kalau dari Livina bakal gak nyaman sama jok standarnya innova/fortuner. buang jauh-jauh itu jok standar yang kayak triplek, ane bingung kenapa mobil harga 2-3x sebuah avanza dan terios dikasih kursi yang sama persis konturnya. retrofit kursinya reborn saja.
lalu SantaFe DM... saya tidak terlalu rekomen ambil yang tahun 2013 ke bawah karena redaman suspensinya sangat kasar dan bodyrollnya sangat masif untuk ukuran monocoque chassis. ibaratnya kalau habis bawa CRV bawa santafe rasanya kayak habis bawa sedan mewah lalu bawa truck. kalau ada dana ambil 2014 ke atas yang sudah minor change. masih limbung sih kalo kata anak anak komunitas tapi better, dan suspensinya setidaknya lebih empuk. diesel engine nya sangat durable, satu satunya masalah cuma selang turbo udah getas waktu itu (odometer 140 ribu) maintenance slightly more expensive dan lebih kompleks dari 2KD engine (tidak bisa purging di bengkel biasa) tapi worth it. hati-hati aja kalau bisa pasang sticky tires (bisa pakai toyo proxes skrg udah banyak krn oem mazda cx5 sama-sama 19inch) krn mobil ini gak ada traction control dan saya pernah di pegunungan nyaris nabrak pemotor krn jalanan licin dan ban oem kumho nya.
hanya beware kalau tidak tinggal di kota besar rasanya harap bersabar untuk nunggu parts yang tidak jelas kapan datangnya... dan bengkel resminya menurut saya dr pengalaman di 3 tempat agak kurang memuaskan apalagi kl dibanding toyota yang sudah sangat tersistem. info aja telat-telat, misal nih FYI ABS sensor belakang santafe ini rusakan, kl mau ganti menurut anak komunitas bisa beli sensornya doank ratusan rebu, tp beres surabaya malah gak ngerti bilang musti beli se bearing bearingnya 3 jeti. lha, padahal anak komunitas jg dapet info dari beres jakarta.
malah mnurut saya kl ada channel third party lebih baik deh, cari partsnya lebih banyak available di third party. aneh kan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Pajero lama pfl sama fl1 jg ada 1 penyakit rawan ko = setir tau2 ngunci, problem di steer rack/steer column gitu yg kena. Ngeri jg setir ngunci pas lagi kondisi jalan kenceng di tol. (kl dapet barang apes, wkt masih periode garansi langsung dihandle)ChZ wrote: Sat Sep 04, 2021 2:58 ada 2 opsi yang musti dipikirkan baik baik kalo mau ambil :
1. OPS Eksid / Dakar : di luar formatnya yang ladder frame dan tampang gagahnya sbenernya ini mobil tidak durable-durable amat. shock belakangnya kl liat review om sintoni pada ngeluh cepet kalah di usia relatif cepat (sekitar 50k km). engine 4D56 juga tidak se-durable 2KD. cooling systemnya agak butut. bahkan di L300 yang (katanya) mudah perawatan dan less mechanical jg penyakit khasnya cooling system. dan buat saya dengan opsi aftermarket parts upgrade untuk 2KD yang jauh lebih berlimpah, kecilnya power 2KD dibanding 4D56 jadi bukan isu besar. lagian OPS juga kenyamanannya so-so bahkan cenderung tidak nyaman, terlalu keras untuk seven seaters dan duduknya kurang enak. so, better skip.
Pajero eksid = direm gak ngerem2 (habit ladder frame rem belakang tromol)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
soal santa fe, nubie ga terlalu bisa jawab krn kurang lama nyobanya. nubie bantu jawab cuma 4 dari 5 kandidat yah...Yovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.

-kenyamanan (dari yg paling enak smpe plg ga enak)
1. sudah pasti innova, krn ga terlalu keras bantingannya dan gak mental mentul. tapi minusnya sih agak limbung khas MPV ladder frame.
2. captiva, krn bodi monocoque, walaupun bantingan rada keras tapi cukup stabil, enak banget kalo di tol. posisi duduk dan jok juga lumayan enak walaupun kalo menurut nubie busa joknya tergolong lumayan keras..
3. fortuner, keras dan limbung, tertolong joknya yang lumayan supportive dan posisi duduk driver n penumpang yg lmyn oke.
4. pajero sport, entah kenapa ini mobil ga enak blas. joknya keras n tipis, limbung, posisi duduk juga gak enak.
-durability dan perawatan
1. pajero sport, innova, dan fortuner tergolong hampir mirip durabilitasnya, sama2 ladder frame dan mesinnya juga ga pake tech yang terlalu gimana-gimana banget. cuma innova punya point plus utk durability, terutama jika anda mau pake bbm jelek dan perawatan yang ga terlalu rajin-rajin banget, innova bensin sih pas banget krn mesinnya masih pake teknologi jaman purba. meanwhile pajero sport ama fortuner udah pake diesel common rail, jadi perawatan harus lebi rajin terutama jika pakenya biosolar..
2. captiva. kita semua tau atpm chevy udah bubar dari indonesia, dan meskipun masih banyak bengkel specialist chevrolet terutama jika anda berdomisili di kota besar, captiva tidak terkenal dgn durabilitynya... terutama variant diesel yg tergolong lumayan "manja" . captiva bensin untuk segi mesin tidak terdengar ada issue, cuma di sektor kaki2 cukup menguras kantong terutama shock belakangnya...
-rekomendasi
menurut nubie, paling cocok sih innova ama fortuner. tinggal milih yang paling sreg di hati, atau sekalian cari innova all new bensin yg tahun awal (2016-2017) nubie dengar ada sisi improvement di konsumsi bbm yg lebih irit daripada innova bensin yg jaman GNKI (mungkin krn maticnya udh ganti pake 6speed AT)
btw, kenapa ga melirik innova diesel om?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
sama kampas rem entah kenapa lebi durable yg buatan MMC thailand dibanding buatan MMKSI (made in indo)erwinign wrote: Sat Sep 04, 2021 3:40Pajero lama pfl sama fl1 jg ada 1 penyakit rawan ko = setir tau2 ngunci, problem di steer rack/steer column gitu yg kena. Ngeri jg setir ngunci pas lagi kondisi jalan kenceng di tol. (kl dapet barang apes, wkt masih periode garansi langsung dihandle)ChZ wrote: Sat Sep 04, 2021 2:58 ada 2 opsi yang musti dipikirkan baik baik kalo mau ambil :
1. OPS Eksid / Dakar : di luar formatnya yang ladder frame dan tampang gagahnya sbenernya ini mobil tidak durable-durable amat. shock belakangnya kl liat review om sintoni pada ngeluh cepet kalah di usia relatif cepat (sekitar 50k km). engine 4D56 juga tidak se-durable 2KD. cooling systemnya agak butut. bahkan di L300 yang (katanya) mudah perawatan dan less mechanical jg penyakit khasnya cooling system. dan buat saya dengan opsi aftermarket parts upgrade untuk 2KD yang jauh lebih berlimpah, kecilnya power 2KD dibanding 4D56 jadi bukan isu besar. lagian OPS juga kenyamanannya so-so bahkan cenderung tidak nyaman, terlalu keras untuk seven seaters dan duduknya kurang enak. so, better skip.
Pajero eksid = direm gak ngerem2 (habit ladder frame rem belakang tromol)
kantor nubie ada ops exceed, pake yg made in indo cepet bgt tipisnya....
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Luas garasi saya P = 5,5m L= 6m. Kalo dari ukuran mobil2 tsb sih aman Omerwinign wrote: Sat Sep 04, 2021 2:19O ya om garasi rumah ukuran berapa ya? Bukannya nggak sopan, tapi ga ada salahnya punya tempat simpen mobil yg layak khan.Yovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 23:35Woow, thanks om Pboyz97.luar biasa masukan nya. KayanyaPboyz97 wrote: Fri Sep 03, 2021 14:52
saya coba bantu jawab ya
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
fortuner VNT menarik juga ya.
Untuk OPS kurang suka tipe dakar karna menurut saya sunroof nya malah bikin ruang kepala sempit trus row ke2 jd gk ada ventilasi AC nya.
Innova memang rencananya nyari tipe V luxury bensin om
Panjang=
Innova lama = 4,5m
Pajero-fortuner lama = 4,6m++ bodykit dikit kl TRD
Santa fe = 4,6-4,7m
Captiva = 4,6m juga (lupakan mobil ini, mobil enak tp ya begitulah kl rawatannya jorok)
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
TQ om saran nya. Untuk Xtrail awalnya masuk itungan sih, tp ternyata setelah cek lsg mobilnya, row 3 nya paraha bgt gk bisa di dudukin, sementara saya perlu row ketiga nya.fl4b1e wrote: Fri Sep 03, 2021 17:32setuju banget sama Om Pboyz97.Pboyz97 wrote:saya coba bantu jawab yaYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 11:43 Mohon saran dan masukan nya om2/suhu/para master/para senior. Saya sedang cari mobil 2nd sebagai pengganti Grand Livina 2010 saat ini. Berdasarkan budget, Ada beberapa kandidat mobil, yaitu :
1. Pajero sport exceed (diesel) 2012-1015
2. Fortuner VNT 2013
3. Kijang Grand Innova Luxury (bensin) 2015
4. Santa fe (diesel / bensin) 2013
5. Captiva (bensin) 2014-2015
Mobil ini akan digunakan setiap hari untuk mobilitas kerja. Mohon saran dan pendapatnya bagaimana dari segi kenyamanan, durabilitas, perawatan, serta kekurangan dan kelebihan nya. Terima kasih sebelumnya.
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
Kalau boleh usul, budget 200 jutaan begini, serta pernah memiliki Nissan, apa ga sekalian mempertimbangkan Xtrail 2.5 di kisaran tahun 2014-2015 sekalian?
Asal dpt yg kilometer ga lebih daei 80 ribu, serta dah pernah ganti oli transmisi CVT sebelumnya, mudah2an cvtnya aman.
Rata2 Fortuner , Innova dan Pajero sport itu lebih banyak jadi mobil yg kilometernya dah tinggi krn sering dipakai orang..
Mobil ini jelaa lebih nyaman drp pajero sport, fortuner dan Innova, dan mungkin 11-12 dengan Santa Fe dan captiva.
Soal konsumsi bbm ya kalau dah pertimbangkan innova bensin dan captiva bensin ya gak jauh beda sih..
Perawatan: yang jelas jadwal ganti oli transmisi harus lebih pendek drpd oetunjuk bengkel resmi nissan, serta yg namanya cvt, ga perlu injak gas dalam2 . cukup 10-20% saja dan biarkan nesin mempercepat laju.
Kekurangan mobil Xtrail: selain boros bbm, harus lebih jaga cvt dan lebih rajin ganti oli transmisi, row 3 sempit. Anggep aja row 3 ga ada lah..
Btw soal row 3, diantara 4 mobil diatas, tuk dididukin yg paling nyaman mnrt saya hanya Innova, yg lain kurang nyaman, dan Xtrail itu yg palinhbsempit ya di row 3.
Row 2 yang paling nyaman: Xtrail dan Santa Fe, diikuti Captiva dan Innova. Fortuner dan Pajero Sport kalah nyaman kalau mnrt saya ya..
Terakhir, pandangan saya sih, Captiva bensinnya ga perlu maauk hitungan ya.. krn kalau gak terbiasa cari parts alternatif chevy, dengan cukup boroanya captiva bensin, lebih baik Xtrail atau Santa Fe bensin saja yang lebih banyak bengkelnya. Of course, kalau budgetnya masuk saya lebih prefer Santa Fe Diesel ya drpd Santa Fe atau Xtrail yg bensin. Tarikan dan torsi lebih joss dan kenyamanan jauh lebih ok dibanding Fortie atau PS.
Trus tuk Captiva Diesel, hmm.. perawatan rada berat ya.. Liat saja chanel youtube Proleevo sebagai acuan. Kenapa? karena dulu pas saya melihara Spin Diesel, banyak customer Captiva yang komplain aja..
Tapi kalau mau yang perawatan murah dan kenyamanan di tengah2 antara semua mobil diatas, saya memilih innova bensin ya..
OK deh kayanya Captiva di coret dari daftar.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Kalo di lihat dari saran2 para suhu disini, sepertinya ngerucut ke Innova dan fortuner VNT ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Innova bengsin aja kl begitu om, pajero kl butuh row 3 lupakan aja. Ini pajero lama headroomnya malesin banget dan akses naiknya apalg bw lansia susah.Yovierosmana wrote: Sat Sep 04, 2021 10:29TQ om saran nya. Untuk Xtrail awalnya masuk itungan sih, tp ternyata setelah cek lsg mobilnya, row 3 nya paraha bgt gk bisa di dudukin, sementara saya perlu row ketiga nya.fl4b1e wrote: Fri Sep 03, 2021 17:32setuju banget sama Om Pboyz97.Pboyz97 wrote: saya coba bantu jawab ya
1. Pajero sport exceed : ga recomended, kalo ada dana lebih, saya lebih milih yg dakar, kayanya buget buat exceed 2015 , dapet yg dakar tahun 2012-2013. tarikan jauh lebih enak daripada yg exceed menurut saya. kalo durability dan perawatan sih cukup awet ya buat harian. part juga cukup mudah dan maintenancenya cukup murah menurut saya, bengkel resmi maupun spesialisnya juga banyak yg bisa nanganin. selain itu plusnya juga ada di desain exterior + inteiror yg lumayan oke, row 2 yg lumayan lega, fitur yg lumayan lengkap + cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame (walaupun hitungannya masih tetep agak keras ya bantingan suspensinya) . kalo yg mesti diperhatiin ya paling injektor sm kaki2nya aja. pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli dan filter solarnya wkwk
2. fortuner VNT 2013: kalo dibandingin sm pajero sport exceed, saya lebih milih ini. karena tarikannya lebih enak dan entah kenapa saya lebih suka nyetir ini daripada pajero exceed wkwk. kalo durability mah gausah ditanya lagi, biaya perawatan gajauh beda sm innova diesel. selain itu part juga banyak dan tersedia dimana mana, mau ori, sampe kw pun banyak tersedia di pasaran, dan bengkel resmi maupun spesialisnya banyak yg bisa nanganin. selain itu, desain exteriornya juga lumayan oke menurut saya walaupun udh agak berumur + cukup irit bbm juga, serta akomodasinya ya , cukup baik lah menurut saya . minusnya cuma bantingan suspensi yg gak begitu nyaman (entah kenapa masih lebih nyaman innova daripada fortuner ini) , fiturnya biasa aja + desain interiornya yg udh mulai keliatan usang menurut saya . kalo yg mesti diperhatiin ya paling kudu sabar nyari unitnya. karena nyari VNT yg kondisinya oke agak susah. karena banyak yg dijadiin workhorse ownernya, selain itu juga udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan owner sblmnya kaya gmn + hati2 sm odo puteran , jadi yg kondisinya cape dan ga karuan banyak, apalagi di jakarta. bawa orang atau kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unit, jadi potensi unit jelek bisa diminimalkan, yg penting buku servis, buku manual dan faktur wajib ada. kalo gaada mending cari unit lain, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
3. grand innova lux (2015): kalo bisa cari yg tipe V aja, tahun 2013 pun ga masalah, karena sudah dual airbag dan ABS, sedangkan yg tipe G baru ada dual airbag saja. blm abs. dan nyarinya kudu sabar, karena unitnya cukup jarang di pasaran, apalagi yg tipe v. tapi plusnya , innova bensin, apalagi yg matic, termasuk yg paling mudah buat dapet kondisi unit yg oke dibanding varian lainnya, karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya
4. santa fe : saya lebih prefer yg diesel, karena tarikannya lebih enak daripada yg bensin + lebih irit bbm juga. kalo soal maintenance saya kurang tau, tapi kalo kenyamanan sih, lebih nyaman ya dibanding pajero, fortuner atau innova menurut saya , serta kerasa upgrade kalo dari livina
5. captiva: saya lebih prefer versi dieselnya, karena tarikannya lebih enak dibanding yg bensin. selain itu, captiva juga merupakan salah 1 mobil yg cukup nyaman . lebih enak naikannya dibanding innova, fortuner atau pajero + surprisingly irit bbm juga buat pemakaian dalkot + fiturnya juga salah 1 yg paling lengkap diantara kandidat lainnya. kalo soal durability sih lumayan awet ya , tapi jangan kaget kalo perawatannya lebih mahal daripada pajero , fortuner or innova (kebetulan om saya pernah punya yg versi dieselnya tahun 2013. sampe dijual tahun 2019 lalu cuma servis rutin dan ganti oli aja katanya dia , tapi om saya termasuk orang yg apik dalam ngerawat mobil, servis dulu selalu di beres (sebelum chevy cabut dari indo) dan ganti olinya selalu rutin dan ga pernah telat + bbm juga full pertadex setiap hari dan juga km nya dulu pas dijual masih 40 apa 50rban gitu saya lupa) wkwk. minusnya ya ada di desain interior yg mulai keliatan agak outdated, row 3 yg sempit + akomodasi yg entah kenapa ga sebaik rival sekelasnya seperti crv atau xtrail wkwk. yg perlu diperhatiin kalo beli captiva sih, paling di injektor, kaki2, elektrikal dan rack steering menurut saya + kudu sabar nyarinya. karena nyari captiva yg bagus apalagi tahun segitu agak susah, karena udh banyak yg pindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaian owner sblmnya seperti apa. kalo bisa nyari di pemakai langsung + lebih bagus kalo dapet yg masih tangan pertama dari baru dan full ori luar dalem hehehe
Kalau boleh usul, budget 200 jutaan begini, serta pernah memiliki Nissan, apa ga sekalian mempertimbangkan Xtrail 2.5 di kisaran tahun 2014-2015 sekalian?
Asal dpt yg kilometer ga lebih daei 80 ribu, serta dah pernah ganti oli transmisi CVT sebelumnya, mudah2an cvtnya aman.
Rata2 Fortuner , Innova dan Pajero sport itu lebih banyak jadi mobil yg kilometernya dah tinggi krn sering dipakai orang..
Mobil ini jelaa lebih nyaman drp pajero sport, fortuner dan Innova, dan mungkin 11-12 dengan Santa Fe dan captiva.
Soal konsumsi bbm ya kalau dah pertimbangkan innova bensin dan captiva bensin ya gak jauh beda sih..
Perawatan: yang jelas jadwal ganti oli transmisi harus lebih pendek drpd oetunjuk bengkel resmi nissan, serta yg namanya cvt, ga perlu injak gas dalam2 . cukup 10-20% saja dan biarkan nesin mempercepat laju.
Kekurangan mobil Xtrail: selain boros bbm, harus lebih jaga cvt dan lebih rajin ganti oli transmisi, row 3 sempit. Anggep aja row 3 ga ada lah..
Btw soal row 3, diantara 4 mobil diatas, tuk dididukin yg paling nyaman mnrt saya hanya Innova, yg lain kurang nyaman, dan Xtrail itu yg palinhbsempit ya di row 3.
Row 2 yang paling nyaman: Xtrail dan Santa Fe, diikuti Captiva dan Innova. Fortuner dan Pajero Sport kalah nyaman kalau mnrt saya ya..
Terakhir, pandangan saya sih, Captiva bensinnya ga perlu maauk hitungan ya.. krn kalau gak terbiasa cari parts alternatif chevy, dengan cukup boroanya captiva bensin, lebih baik Xtrail atau Santa Fe bensin saja yang lebih banyak bengkelnya. Of course, kalau budgetnya masuk saya lebih prefer Santa Fe Diesel ya drpd Santa Fe atau Xtrail yg bensin. Tarikan dan torsi lebih joss dan kenyamanan jauh lebih ok dibanding Fortie atau PS.
Trus tuk Captiva Diesel, hmm.. perawatan rada berat ya.. Liat saja chanel youtube Proleevo sebagai acuan. Kenapa? karena dulu pas saya melihara Spin Diesel, banyak customer Captiva yang komplain aja..
Tapi kalau mau yang perawatan murah dan kenyamanan di tengah2 antara semua mobil diatas, saya memilih innova bensin ya..
OK deh kayanya Captiva di coret dari daftar.
Kl innova luxury V bensin lumayan pake capt seat beneran (bentuk kursi kaya kursi row 1), kl capt seat custom itu kaya bench seat innova biasa se headrestnya tapi tengahnya kaya dipotong aja.
Innova bensin matic karena banyak yg ngehina jadi justru advantage om, harga bekasnya anjlok tapi bs dapet kondisi yang lumayan oke dan seger. Om lokasi jakarta? Sapa tau ubek2 olx dapet yg dr user di sktr jaksel/jakpus om, krn habitat inova bengsin ya di 2 wilayah itu dan rata2 original semua. Pastiin buku2 lengkap, record komplit (biasanya komplit sih kl owner2 di wilayah itu dapetnya) biar km asli juga. Sapa tau dapet unit ex user bapac2 itu biasanya rawatan innova bensinnya jos gandos om, keliatan dr bodi mulus setidaknya
Borosnya kl belum ngerasain memang hina apalagi bensin manual om, cm saya sendiri pake yg E bensin manual 11th juga biasa aja lama2. Innova bensin itu plusnya di maintenance yang simpel (banget), alus dan ga bau asep solar. Saking kebiasanya saya pake innova bensin pun naik 2KD kl ga seger2 banget rasanya ga sreg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
iya om, vnt emg menarik kalo ga mentingin kenyamanan. karena salah 1 kandidat yg irit bbm, torsinya paling gede , durable dan perawatannya tergolong murah dan mudah buat ukuran suv ladder frameYovierosmana wrote: Fri Sep 03, 2021 23:35
Woow, thanks om Pboyz97.luar biasa masukan nya. Kayanya
fortuner VNT menarik juga ya.
Untuk OPS kurang suka tipe dakar karna menurut saya sunroof nya malah bikin ruang kepala sempit trus row ke2 jd gk ada ventilasi AC nya.
Innova memang rencananya nyari tipe V luxury bensin om
tapi kalo innova bensin at sih, cukup oke kok. kalo ga mentingin peforma dan konsumsi bbm. cuma ya nyarinya mesti sabar, karena populasinya agak jarang, ga sebanyak tipe g luxury, g biasa dan v biasa. tipe g luxury aja dipasaran agak jarang, apalagi v lux. cuma bagusnya ya, varian bensin matic ini merupakan varian innova yg paling mudah nyari yg kondisinya masih oke dibanding varian lainnya menurut saya. karena masih lumayan banyak yg full ori dan tangan pertama dari baru kaya yg bro erwin bilang kalo di jakarta menurut pengamatan sotoy saya + rv nya juga termasuk anjlok buat ukuran innova, jadi bisa dapet yg tahunnya paling muda dibanding varian lainnya di range harga yg mirip hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
kalau ke depannya beli diesel dikasih minium pertadex. innova bensin second ga ada salahnya juga. Kayanya ga seboros yang orang2 bilang. Dalam kota jakarta bisa kok sekitar 1:7-1:10. plusnya : ga perlu khawatir apakah owner sebelum nya cekokin solar trus atau ga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Vote vnt dr 5 opsi td. Bio msh bs. Awet khas toyota or klo butuh tampang y anki bensin. Klo gnki better diesel
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
taun 2015 kyknya bisa dapet Reborn bensin deh om (2015 akhir), model lebih fresh dan nanti bisa di facelift sendiri juga biar keliatan baru lagi... tp klo mau diesel ambil yg gnki/dono bisa dpt yang V trus sisanya buat modip 

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Saya mau jual Innova V Manual bensin 2015 new silver.
Tgn. 1 a/n PT, plat B DKI, pajak Feb. 2022, KM 108rb.
Udah pake ampir setaon cuman ganti oli + filter ama isi bensin doank
185 juta nego.
Klo minat telp./wa aja 081282039813. Tq
Tgn. 1 a/n PT, plat B DKI, pajak Feb. 2022, KM 108rb.
Udah pake ampir setaon cuman ganti oli + filter ama isi bensin doank

185 juta nego.
Klo minat telp./wa aja 081282039813. Tq
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
dan gak direcall sama MMKSI?erwinign wrote: Sat Sep 04, 2021 3:40 Pajero lama pfl sama fl1 jg ada 1 penyakit rawan ko = setir tau2 ngunci, problem di steer rack/steer column gitu yg kena. Ngeri jg setir ngunci pas lagi kondisi jalan kenceng di tol. (kl dapet barang apes, wkt masih periode garansi langsung dihandle)
Pajero eksid = direm gak ngerem2 (habit ladder frame rem belakang tromol)

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Silent recall koChZ wrote: Mon Sep 06, 2021 3:33dan gak direcall sama MMKSI?erwinign wrote: Sat Sep 04, 2021 3:40 Pajero lama pfl sama fl1 jg ada 1 penyakit rawan ko = setir tau2 ngunci, problem di steer rack/steer column gitu yg kena. Ngeri jg setir ngunci pas lagi kondisi jalan kenceng di tol. (kl dapet barang apes, wkt masih periode garansi langsung dihandle)
Pajero eksid = direm gak ngerem2 (habit ladder frame rem belakang tromol)![]()
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Nggg anu Om, mau saran yg agak out of the box...
Gak mau nyari LMPV/LSUV macem XL7/Er3/Livina/Xpander/XpCross kah?
Nyaman, irit, lega...
Catatan buat Xpander/Livina, row 3 nya duduk sedikit agak jongkok, gak separah Avanza apalagi Xtrail.
yg beneran propper Row3 nya itu Ertiga & XL7..
cuma di Row2, Shoulder room nya gak selebar Xpander/XpCross. saia pernah ukur, 125 vs 134 cm..
Lumayan kan bedanya..
Gak mau nyari LMPV/LSUV macem XL7/Er3/Livina/Xpander/XpCross kah?
Nyaman, irit, lega...
Catatan buat Xpander/Livina, row 3 nya duduk sedikit agak jongkok, gak separah Avanza apalagi Xtrail.
yg beneran propper Row3 nya itu Ertiga & XL7..
cuma di Row2, Shoulder room nya gak selebar Xpander/XpCross. saia pernah ukur, 125 vs 134 cm..
Lumayan kan bedanya..
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Tue Aug 17, 2021 15:00
- Daily Vehicle: Nissan Grand Livina
Re: Mohon saran mobil 2nd 7 seater
Hmm, mngkin xpander kali ya pilihan terakhir.FR6 wrote: Tue Sep 07, 2021 2:39 Nggg anu Om, mau saran yg agak out of the box...
Gak mau nyari LMPV/LSUV macem XL7/Er3/Livina/Xpander/XpCross kah?
Nyaman, irit, lega...
Catatan buat Xpander/Livina, row 3 nya duduk sedikit agak jongkok, gak separah Avanza apalagi Xtrail.
yg beneran propper Row3 nya itu Ertiga & XL7..
cuma di Row2, Shoulder room nya gak selebar Xpander/XpCross. saia pernah ukur, 125 vs 134 cm..
Lumayan kan bedanya..