ChZ wrote: Sat Aug 28, 2021 2:47
kalau yang paling tidak stabil sudah pasti camry.
accord seperti civic gendut aja sih handlingnya. cuma kalau untuk cornering jelas mobil kecil spt civic akan lebih agile.
cuma suka high speed cornering... kebetulan saya pernah compare side to side FD2 dan Impreza 2.0 boleh tanya usernya di sini ada semua (fizrmen dan haristk7)...
impreza kalau yang reguler non-STI sebenarnya karakternya tidak untuk performance driving. tapi lebih ke comfort. dan symmetrical AWD subaru itu punya tendency untuk understeer lebih besar (tidak punya DCCD macem STi manual), agak tricky ketika main di corner in-out nya harus main power, apalagi mobil ini bertransmisi CVT yang punya masalah dengan instant power delivery (well not as rubbish as nissan or toyota CVT, but still...). di mobil bertenaga monster, bertransmisi Manual kayak STi atau minimal se-Forester XT lebih mudah karena turbo spoolnya cukup kuat untuk eliminasi understeer. di impreza biasa agak tricky, dan feel mobil-mobil subaru di tikungan itu sama : berat. jadi less playful.
plus side nya, mobil ini sebenarnya sangat "safe" di tikungan karena sedikit tendensi pantat ngebuang. sangat controlled... dan untuk high speed lower center of gravity bikin lebih secure. hanya kalau tidak tinggal di jakarta pastikan ada chain spareparts yang mampu supply. krn sejauh ini plaza subaru baru ada di jakarta.
lalu civic FD2... bagi orang yang tak paham paling anggepnya hanya FD1 bermesin 200cc lebih besar padahal dari segi berkendara saja beda banget, dan ternyata karena secara teknikal juga beda :
banyak spare parts FD2 yang tidak compatible dengan versi ekonomisnya FD1, kaki-kaki banyak beda, track roda nya pun lebih lebar. buat saya kelebihan FD2 ada di sisi more playful nya : mobil ini keras, lebih ringan (FWD) jadi pantatnya ringan tidak terasa dragging along saat menikung, bisa main kepot kepot dikit, mesin dengan top end power yang kuat tinggal kasih enhancement lebih saja spt exhaust dan tuning, dan yang tidak kalah penting kalau memang mau bikin serious cornering machine : akses ke part pendukung, dan honda juaranya di sini. engine, kaki kaki, kelistrikan, banyak yang bisa suplai part pendukungnya. dan untuk eksperimen handling sebenarnya mobil FWD / RWD itu punya fleksibilitas lebih baik karena tidak terikat dengan ukuran ban. kita bisa ngakalin grip dengan ban lebih lebar dan eksperimen dengan geometri roda bagian depan / belakang. AWD tidak bisa dikasih ukuran ban belang.
minus side nya : automatic transmissionnya tidak punya power delivery yang lebih baik dari CVT subaru sejujurnya, a bit sluggish di lower RPMs, tapi sebenarnya paddle shifters bisa membantu untuk jaga momentum di tikungan (sequential stepped mode di CVT gimanapun tetep terasa aneh dan tidak punya fleksibilitas seperti AT...).
in short keduanya sangat beda karakter. kalau mau high speed cornering dengan aman ya subaru. kalau lebih suka yang playful di tikungan (dan tuning) ya FD2. sadly, untuk subaru part tuning yang berlimpah adalah untuk mesin EJ (WRX & STI). untuk mesin FB20 (XV dan Impreza) kurang populer karena unitnya jg sedikit, ya iyalah ATPMnya kasus.
LanEX tidak ada pengalaman tapi sptnya agak susah cari yang full ori tidak dimodif evo ala ala.