Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Salam kenal om semua. Setelah jadi silent reader kesana-sini, saya memberanikan diri untuk post pertama. Beberapa bulan lalu saya mengadopsi sebuah mobil "uzur" Vios G AT thn 2010 sebagai mobil pertama setelah selama ini nebeng punya ortu. Mengingat masih awamnya saya untuk perawatan mobil, saya mohon saran dari om-om semua rekomendasi bengkel untuk mobil yang usianya sudah cukup uzur. Dari hasil mengikuti beberapa diskusi di forum ini saya mendapat gambaran kira-kira sebagai berikut:
Bengkel Resmi
(+)
Jaminan suku cadang asli,
Service record (jadi posisi tawar untuk harga jual kembali),
(-)
Biaya jasa
Bengkel Umum
(+)
Biaya lebih murah
Punya spesialisasi tertentu (selama rajin cari info dan mau muter-muter utk pengerjaan tiap parts)
Sebenernya sama2 ada service record om, bedanya kl bengkel resmi computerized aja dan ada nota/kertu ganti oli.
Kl bengkel non resmi itu kita cm bs andelin dari nota fisik sama kertu ganti oli yg kudu disimpen rapih2. Di non resmi soal part kadang dimaenin ya itu memang resikonya om, kl bengkelnya udh akrab ya kita bs beli di dealer trs mintain bengkel langganan pasang. Mending cari bengkel yg bonafid aja om, kaya BOS, toda, carfix. Saya ga tau di bogor keadaan perbengkelan gimana, kl ragu2 ya tetep ke auto2000/setiajaya paling aman ato ada sentra onderdil kaya di transyogi cibubur itu oke juga
masjaki wrote: Tue Aug 24, 2021 9:24
Salam kenal om semua. Setelah jadi silent reader kesana-sini, saya memberanikan diri untuk post pertama. Beberapa bulan lalu saya mengadopsi sebuah mobil "uzur" Vios G AT thn 2010 sebagai mobil pertama setelah selama ini nebeng punya ortu. Mengingat masih awamnya saya untuk perawatan mobil, saya mohon saran dari om-om semua rekomendasi bengkel untuk mobil yang usianya sudah cukup uzur. Dari hasil mengikuti beberapa diskusi di forum ini saya mendapat gambaran kira-kira sebagai berikut:
Bengkel Resmi
(+)
Jaminan suku cadang asli,
Service record (jadi posisi tawar untuk harga jual kembali),
(-)
Biaya jasa
Bengkel Umum
(+)
Biaya lebih murah
Punya spesialisasi tertentu (selama rajin cari info dan mau muter-muter utk pengerjaan tiap parts)
(-)
Gak ada service records
Harga/parts kadang dimainin
Mohon sarannya dari om-om sekalian. Terima kasih
kalo saya pribadi lebih ke bengkel umum. tapi cari yg rujukkan komunitas, biasanya harga wajar dan servicenya lumayan oke menurut saya. mungkin bisa main2 ke forum or komunitasnya biar nemu bengkel umum yg oke hehehe kalo masalah service record. bonnya simpen aja. ga usah dibuang, jadi kalo suatu saat buyer nanya soal servicenya, om tinggal tunjukkin bon penggantian parts di bengkel umum tersebut serta gantungan olinya . gak usah takut buat servis ke bengkel umum, kalo model vios gini banyak kok yg bisa nanganin, apalagi di jakarta. saya sendiri udh 4 tahun selalu servis ke bengkel umum gapernah ada masalah yg aneh2 sama sekali sampai sekarang hehehe
Sy lebih suka bengkel umum krn bbrp kali ke beres ga pernah dpt impresi bagus...ntah kenapa mekanik2nya kurang pintar analisa.
Contoh aja..kijang kapsul odo 100rb-an ada asap tipis dr knalpot...ke beres dpt estimasi turun mesin...ke bengkel umum dibilang ini mah sil klep..turun separo kelar & ternyata solved.
Kuda diesel..pagi susah nyala..busi pemanas mati..ke beres ya ok lah ganti busi pemanas..tp pas diambil SA kasi note tetap perlu stater panjang krn sy udh modif pake turbo wkwk...udahlah bawa pulang aja...besoknya di cek ya elah masang busi koq kendor semua bisa dilepas pake tangan.
Setuju mending ke bengkel langganan komunitas aja sih..utk error2 harusnya mrk lbh banyak tangani
Saya kebetulan ada mobil opel blazer tua sudah 21thn dan sampai skrg masih ke bengkel resmi fontana. Alasannya simpel, mekaniknya yg saya kejar dan dekat. Diluar kerjaan berat dia mau dipanggil ke rumah koq. Mekanik ini jg yg pegang mobil saya ini dr baru dulu thn 2000.
Saya jg sering ke bengkel mentari motor dan ini patut diacungi jempol, karena spesialis dia jd hafal luar kepala mobil tsb. Minusnya lagi2 jauh dr rumah.
Pengalaman saya dengan bengkel resmi toyota hmm...bisa dilihat di thread yg saya create. viewtopic.php?f=82&t=29803&p=1144079#p1144079
Sebenarnya saya ada satu bengkel resmi yg cukup terjangkau harganya dan bole dibilang jasanya mirip bengkel umum. Akastra di kebayoran baru. Harga partnya kalau inden yg ori jg ga mahal.
So far ga ada pengalaman aneh2 udah 10thn. Sayang aj jauh bgt dr rumah.
kl tancep blutut dongle obd2 jitbango yg pairing pake tablet advan cepeceng seken di roxy, kira2 enaknya kenain brapa tu di bon nya mbah ?
Hmm hmm hmmm
Gocap lah skali colok…. Ok tuh mbah. 2x colok balik modal
Star diagnosis aja cap bintang yang zuperrr premium itu skali colok 150 rebu
gilee star diagnosis aj cuman pegoceng
lah saya dl di cas pegoceng + duit kopi ama sala satu bengkel bahlul, padahal cuman pake obd2 dongle blutut jitbango di toped ama tablet advan cungkwo layar ud retak... asem bener
Saya ada pengalaman biaya jasa di bengkel umum di salah satu bengkel di semarang lebih mahal dprd di nasmoco.
Tau gt lsg ke nasmoco aja.
dimanapun, biasakan bertanya sejelas-jelasnya om...
kalo ada yang menolak ditanya-tanya apalagi masalah biaya perbaikan, tinggal saja.
bengkel nggak cuman satu.
erwinign wrote: Tue Aug 24, 2021 11:57
Sebenernya sama2 ada service record om, bedanya kl bengkel resmi computerized aja dan ada nota/kertu ganti oli.
Kl bengkel non resmi itu kita cm bs andelin dari nota fisik sama kertu ganti oli yg kudu disimpen rapih2. Di non resmi soal part kadang dimaenin ya itu memang resikonya om, kl bengkelnya udh akrab ya kita bs beli di dealer trs mintain bengkel langganan pasang. Mending cari bengkel yg bonafid aja om, kaya BOS, toda, carfix. Saya ga tau di bogor keadaan perbengkelan gimana, kl ragu2 ya tetep ke auto2000/setiajaya paling aman ato ada sentra onderdil kaya di transyogi cibubur itu oke juga
Terima kasih sarannya om. Cara ini saya pake waktu kemarin cek unit di Auto2000 Yasmin. Minta list parts yg kudu diganti dan bawa ke bengkel langganan ortu. Berhubung tempatnya cukup jauh dari rumah, jadi kemungkinan akan ke bengkel BOS yg jaraknya lebih deket untuk tune-up rutin. Sempet nyoba utk tune-up pertama dan so far sih cukup baik. Pesan moral: nota-nota servis harus mulai disimpenin dari sekarang hehehehe
masjaki wrote: Tue Aug 24, 2021 9:24
Salam kenal om semua. Setelah jadi silent reader kesana-sini, saya memberanikan diri untuk post pertama. Beberapa bulan lalu saya mengadopsi sebuah mobil "uzur" Vios G AT thn 2010 sebagai mobil pertama setelah selama ini nebeng punya ortu. Mengingat masih awamnya saya untuk perawatan mobil, saya mohon saran dari om-om semua rekomendasi bengkel untuk mobil yang usianya sudah cukup uzur. Dari hasil mengikuti beberapa diskusi di forum ini saya mendapat gambaran kira-kira sebagai berikut:
Bengkel Resmi
(+)
Jaminan suku cadang asli,
Service record (jadi posisi tawar untuk harga jual kembali),
(-)
Biaya jasa
Bengkel Umum
(+)
Biaya lebih murah
Punya spesialisasi tertentu (selama rajin cari info dan mau muter-muter utk pengerjaan tiap parts)
(-)
Gak ada service records
Harga/parts kadang dimainin
Mohon sarannya dari om-om sekalian. Terima kasih
kalo saya pribadi lebih ke bengkel umum. tapi cari yg rujukkan komunitas, biasanya harga wajar dan servicenya lumayan oke menurut saya. mungkin bisa main2 ke forum or komunitasnya biar nemu bengkel umum yg oke hehehe kalo masalah service record. bonnya simpen aja. ga usah dibuang, jadi kalo suatu saat buyer nanya soal servicenya, om tinggal tunjukkin bon penggantian parts di bengkel umum tersebut serta gantungan olinya . gak usah takut buat servis ke bengkel umum, kalo model vios gini banyak kok yg bisa nanganin, apalagi di jakarta. saya sendiri udh 4 tahun selalu servis ke bengkel umum gapernah ada masalah yg aneh2 sama sekali sampai sekarang hehehe
Sering baca di marketplace/forum jual beli mobil service record jadi merasa agak terintimidasi nih om hehehehe. Kayaknya sakti banget itu catatan buat naikin harga jual. Tapi begitu liat nota-nota servis di Beres, total biaya jasanya sendiri bisa buat 1-2 kali tune-up lengkap di Bengkel BOS/Carfix. Terima kasih sarannya om, sekarang udah mantep utk cari bengkel umum yg sreg di sekitaran Bogor Kota (dan tidak lupa simpen bon service).
Saya ada pengalaman biaya jasa di bengkel umum di salah satu bengkel di semarang lebih mahal dprd di nasmoco.
Tau gt lsg ke nasmoco aja.
dimanapun, biasakan bertanya sejelas-jelasnya om...
kalo ada yang menolak ditanya-tanya apalagi masalah biaya perbaikan, tinggal saja.
bengkel nggak cuman satu.
Terima kasih sarannya om. Intinya harus rajin tanya dan mau muter sampai cari ketemu yang pas ya om.
MSU wrote: Tue Aug 24, 2021 13:18
Sy lebih suka bengkel umum krn bbrp kali ke beres ga pernah dpt impresi bagus...ntah kenapa mekanik2nya kurang pintar analisa.
Contoh aja..kijang kapsul odo 100rb-an ada asap tipis dr knalpot...ke beres dpt estimasi turun mesin...ke bengkel umum dibilang ini mah sil klep..turun separo kelar & ternyata solved.
Kuda diesel..pagi susah nyala..busi pemanas mati..ke beres ya ok lah ganti busi pemanas..tp pas diambil SA kasi note tetap perlu stater panjang krn sy udh modif pake turbo wkwk...udahlah bawa pulang aja...besoknya di cek ya elah masang busi koq kendor semua bisa dilepas pake tangan.
Setuju mending ke bengkel langganan komunitas aja sih..utk error2 harusnya mrk lbh banyak tangani
Terima kasih sharing-nya om. Kebetulan pemilik sebelumnya juga ngasih rekomendasi beberapa bengkel umum di wilayah Bogor Kota: Bengkel BOS sama Nawilis. BOS udah pernah coba sekali utk tune-up setelah selesai jual beli, so far cukup memuaskan lah. Nawilis blm nyoba karena lokasinya kudu menerabas salah titik macet paling amsyong hehe. Ada satu lagi sih Aneka Motor langganan ortu. Ganti parts setelah jual beli kemarin di sini dan ownernya juga telaten karena melihara spesies yg sejenis. Minesnya cuma mayan jauh dari rumah
erwinign wrote: Tue Aug 24, 2021 11:57
Sebenernya sama2 ada service record om, bedanya kl bengkel resmi computerized aja dan ada nota/kertu ganti oli.
Kl bengkel non resmi itu kita cm bs andelin dari nota fisik sama kertu ganti oli yg kudu disimpen rapih2. Di non resmi soal part kadang dimaenin ya itu memang resikonya om, kl bengkelnya udh akrab ya kita bs beli di dealer trs mintain bengkel langganan pasang. Mending cari bengkel yg bonafid aja om, kaya BOS, toda, carfix. Saya ga tau di bogor keadaan perbengkelan gimana, kl ragu2 ya tetep ke auto2000/setiajaya paling aman ato ada sentra onderdil kaya di transyogi cibubur itu oke juga
Terima kasih sarannya om. Cara ini saya pake waktu kemarin cek unit di Auto2000 Yasmin. Minta list parts yg kudu diganti dan bawa ke bengkel langganan ortu. Berhubung tempatnya cukup jauh dari rumah, jadi kemungkinan akan ke bengkel BOS yg jaraknya lebih deket untuk tune-up rutin. Sempet nyoba utk tune-up pertama dan so far sih cukup baik. Pesan moral: nota-nota servis harus mulai disimpenin dari sekarang hehehehe
Nota, kertu oli itu kudu disimpen om. Saya pas awal 2020 jual yaris 2007 itu krn nota saya simpenin sampe kartu2nya, yg beli seneng banget. Liat hr sabtu, minggu pagi lsg deal
Kmrn saya jual innova full record beres dr baru pun krn notanya pd ilang saya mintain ke dealer keluar record data dalam bentuk tabel yg ada rincian penggantian, tanggal dan kilometer. sy satuin sama buku2nya beres langsung laku
erwinign wrote: Tue Aug 24, 2021 11:57
Sebenernya sama2 ada service record om, bedanya kl bengkel resmi computerized aja dan ada nota/kertu ganti oli.
Kl bengkel non resmi itu kita cm bs andelin dari nota fisik sama kertu ganti oli yg kudu disimpen rapih2. Di non resmi soal part kadang dimaenin ya itu memang resikonya om, kl bengkelnya udh akrab ya kita bs beli di dealer trs mintain bengkel langganan pasang. Mending cari bengkel yg bonafid aja om, kaya BOS, toda, carfix. Saya ga tau di bogor keadaan perbengkelan gimana, kl ragu2 ya tetep ke auto2000/setiajaya paling aman ato ada sentra onderdil kaya di transyogi cibubur itu oke juga
Terima kasih sarannya om. Cara ini saya pake waktu kemarin cek unit di Auto2000 Yasmin. Minta list parts yg kudu diganti dan bawa ke bengkel langganan ortu. Berhubung tempatnya cukup jauh dari rumah, jadi kemungkinan akan ke bengkel BOS yg jaraknya lebih deket untuk tune-up rutin. Sempet nyoba utk tune-up pertama dan so far sih cukup baik. Pesan moral: nota-nota servis harus mulai disimpenin dari sekarang hehehehe
yes, nota2 servis kalo saya, saya simpen didalem map bening dari mulai servis apapun, ganti oli, gantungan oli, kalo beli part onlone invoice saya print,
terakhir saya pas jual mobil ada kali tuh tebelnya sebuku anak sd saya kasih ke oner yang belinya
Kalo ke pemakai, nota2 servis cukup berpengaruh.
Tapi kalo ke pedege....biasanya mereka gak ngurus ginian. Nota servis lengkap, masih ada 1001 cara buat menjatuhkan mental pemilik mobil.
pengendiesel wrote: Tue Aug 24, 2021 15:06
Tergantung jualnya ke mana
Kalo ke pemakai, nota2 servis cukup berpengaruh.
Tapi kalo ke pedege....biasanya mereka gak ngurus ginian. Nota servis lengkap, masih ada 1001 cara buat menjatuhkan mental pemilik mobil.
Keinget saya bawa duster 4x4 2018 ke mangga dua square dan ditawar 70jt. Padahal mau dijual juga ngga udah bikin keributan tuh haha
Kt temen saya anda belikan saya satu deh. 100jt jg saya beli hahaha.
pengendiesel wrote: Tue Aug 24, 2021 15:06
Tergantung jualnya ke mana
Kalo ke pemakai, nota2 servis cukup berpengaruh.
Tapi kalo ke pedege....biasanya mereka gak ngurus ginian. Nota servis lengkap, masih ada 1001 cara buat menjatuhkan mental pemilik mobil.
Kl jual ke pedege malah pd ngga mau ngambil om kl service record lengkap ke beres, soale jd ga bs puter odo..
Pengalaman bbrp bulan lalu jual mobil, odo lumayan tinggi, begitu tau servis rutin di beres lgsg mundur, kl pun ada yg nawar jd turun dr awal buka nya