Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Jul 30, 2021 7:19
- Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016
Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Keluarga ane ada Revo Fi 110 2014, yang dari tahun kemaren gak ganti-ganti oli saking emang itu motor jarang banget keluar rumah semenjak pandemi ini. (Biasanya ane yang niatin gantiin olinya, cuma karena orang dari yang make daily-nya aja gak ada inisiatif ngerawat + tekor dananya kalau ane mele yang gantiin olinya (ane ada daily driver Mio M3) + toh ntuh motor "yang penting masih jalan", yaudahlah ya).
Cuma penasaran aja sebenarnya. Dan ane sadar ini aslinya adalah pertanyaan konyol, saking ini motor gak pernah ganti oli deh, karena kasian juga udah lama gak ganti. Apakah kalau ganti oli full sintetik (contoh lah Shell Ultra) kira-kira bisa 'memperpanjang' waktu ganti enggak ya? Sejauh ini motor make AX-7, ganti dari bawaan Honda, sejujurnya ini oli awet asli kalau dipake yang jarang banget ganti oli ini, pernah 6 bulan gak ganti, ini udah rekor baru sebenarnya sampai 5 siklus waktunya ganti, gak diganti wkwkwk
Satu lagi, motor ini udah masuk ke 24 ribu kilo lebih, dan udah agak kedengeran jelas kek suaranya 'kletek-kletek' (bukan knocking kayaknya) dari mesin pas digas. Apa ini klepnya minta setting ulang kaliya atau ada yang kendor gitu di dalamnya, dan perlu turun mesin? Kalaupun iya, kira-kira biayanya berapa dah untuk servis?
Yang penasaran 'itu mesinnya gak ngebul apa?', belum kok so far, paling nunggu ngebul aja.
Cuma penasaran aja sebenarnya. Dan ane sadar ini aslinya adalah pertanyaan konyol, saking ini motor gak pernah ganti oli deh, karena kasian juga udah lama gak ganti. Apakah kalau ganti oli full sintetik (contoh lah Shell Ultra) kira-kira bisa 'memperpanjang' waktu ganti enggak ya? Sejauh ini motor make AX-7, ganti dari bawaan Honda, sejujurnya ini oli awet asli kalau dipake yang jarang banget ganti oli ini, pernah 6 bulan gak ganti, ini udah rekor baru sebenarnya sampai 5 siklus waktunya ganti, gak diganti wkwkwk
Satu lagi, motor ini udah masuk ke 24 ribu kilo lebih, dan udah agak kedengeran jelas kek suaranya 'kletek-kletek' (bukan knocking kayaknya) dari mesin pas digas. Apa ini klepnya minta setting ulang kaliya atau ada yang kendor gitu di dalamnya, dan perlu turun mesin? Kalaupun iya, kira-kira biayanya berapa dah untuk servis?
Yang penasaran 'itu mesinnya gak ngebul apa?', belum kok so far, paling nunggu ngebul aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Kalau males ganti oli, bisa pakai oli diesel.
Sy sdh pakai oli diesel di motor mx old 2008 dari baru sampai sekarang akan saja.
Ganti per 1 tahun atau 5000km
Untuk kenyamanan biasa wae, apa yg di harapkan dari motor bebek std.
Untuk suara kemlatak, bisa jd ada deposit / kerak atau waktunya stel klep atau ganti keteng.
Siapin budget 500rb sdh cukup sy rasa kalau mesin ga ngebul
Sy sdh pakai oli diesel di motor mx old 2008 dari baru sampai sekarang akan saja.
Ganti per 1 tahun atau 5000km
Untuk kenyamanan biasa wae, apa yg di harapkan dari motor bebek std.
Untuk suara kemlatak, bisa jd ada deposit / kerak atau waktunya stel klep atau ganti keteng.
Siapin budget 500rb sdh cukup sy rasa kalau mesin ga ngebul
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
2014, sekarang baru 24.000 km?
Dikit banget km nya
Wkwkwk
Kalo 6 bulan sekali ganti tapi umur olinya cuma 2-4 ribu km mah oli biasa gpp sih
Supra ane 2008, odo udah hampir 100.000, soalnya semenjak 2015an sudah jarang di pake sih
Ganti oli kalo inget
Oli cari yang sewajarnya aja (gk sampe 60k/lt)
Terakhir saya lihat bak mesinnya di bongkar masih relatif bersih
Blm ada sludge
Kletek kletek apa klutuk klutuk Om?
Kl klutuk² dan hilangnya kl mesin panas itu kalo di supra ane tensioner timing chain
Nanti kalo udah sempet mau coba di ganti
Dikit banget km nya
Wkwkwk
Kalo 6 bulan sekali ganti tapi umur olinya cuma 2-4 ribu km mah oli biasa gpp sih
Supra ane 2008, odo udah hampir 100.000, soalnya semenjak 2015an sudah jarang di pake sih
Ganti oli kalo inget
Oli cari yang sewajarnya aja (gk sampe 60k/lt)
Terakhir saya lihat bak mesinnya di bongkar masih relatif bersih
Blm ada sludge
Kletek kletek apa klutuk klutuk Om?
Kl klutuk² dan hilangnya kl mesin panas itu kalo di supra ane tensioner timing chain
Nanti kalo udah sempet mau coba di ganti
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Jul 30, 2021 7:19
- Daily Vehicle: Yamaha Mio M3 2016
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Oli diesel aman ya enggak buat selip? Soalnya pernah bokap ngide ngasi oli mesin mobil eh suka selip terus.pernahmiskin wrote: Sat Jul 31, 2021 14:33 Kalau males ganti oli, bisa pakai oli diesel.
Sy sdh pakai oli diesel di motor mx old 2008 dari baru sampai sekarang akan saja.
Ganti per 1 tahun atau 5000km
Untuk kenyamanan biasa wae, apa yg di harapkan dari motor bebek std.
Untuk suara kemlatak, bisa jd ada deposit / kerak atau waktunya stel klep atau ganti keteng.
Siapin budget 500rb sdh cukup sy rasa kalau mesin ga ngebul
Emang motor jarang dipake gan, dulu second juga beli kalo gasalah tahun 2016 apa 2017 gitu masih 16.000 KM, sekarang aja masih nambah 300-400 km doang paling terakhir make. Mio M3 ane ini malah boros, dari 2019 ke 2021 nambah 10.000 km lebih udahan (ane demen keliling) wkwkkwmichaelgiri93 wrote: Sun Aug 01, 2021 11:45 2014, sekarang baru 24.000 km?
Dikit banget km nya
Wkwkwk
Kalo 6 bulan sekali ganti tapi umur olinya cuma 2-4 ribu km mah oli biasa gpp sih
Supra ane 2008, odo udah hampir 100.000, soalnya semenjak 2015an sudah jarang di pake sih
Ganti oli kalo inget
Oli cari yang sewajarnya aja (gk sampe 60k/lt)
Terakhir saya lihat bak mesinnya di bongkar masih relatif bersih
Blm ada sludge
Kletek kletek apa klutuk klutuk Om?
Kl klutuk² dan hilangnya kl mesin panas itu kalo di supra ane tensioner timing chain
Nanti kalo udah sempet mau coba di ganti
Selama ini oli yaaa selalu sewajarnya ajasih, AX7 lah udah pas di tengah2, mau ganti full-synthetic rasanya sayang juga.
Klutuk klutuk mungkin sih, asalnya dari mesin kedengarannya.
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
no signature
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Kijang Innova
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Saya pakai revo fi 2015, oli pakai mobildelvac mx 15w40, kalau berisik, biasanya krn keteng udh lemah. Dia ada pengaturan keteng otomatis juga soalnya
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
mending jual aja daripada jadi debu dan gak keurus
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
masih ada dipakai, om. nggak full ngejogrok kyak motor mertua saya.
saya masih manasin seminggu sekali, karena tiba2 aja nanti mertua perlu pakai, walaupun belum tentu sebulan sekali.
saya masih manasin seminggu sekali, karena tiba2 aja nanti mertua perlu pakai, walaupun belum tentu sebulan sekali.
no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Wuiih yg pake oli diesel di motornya berani, klo menurut ogut stationer motor aja lebih tinggi drpd mesin diesel (±1400 rpm vs ±800 rpm) belum lg klo di motor mencapai 3000-4000 rpm tu cepet banget ga berasa, klo mesin diesel karakternya torsi tinggi mudah digapai di rpm rendah jd paling daily use di 2000-3000 rpm (kecuali tronton2 overload
). Oli motor juga paling butuh ±1L tiap ganti, kalo diesel bisa sampai 5-8L kapasitasnya mana utk motor bebek kan transmisi kerendem oli mesin beda sama mesin diesel yg oli mesin sm transmisi terpisah jd perlu tambahan friction modifier di motor biar ga selip kopling yg beresiko kopling jd hangus. Jd opini ogut blm tentu oli diesel cocok dipakai di motor dr faktor2 yg ogut tau dan sebutin td


Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?Ryan Steele wrote: Mon Aug 29, 2022 9:06 Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Kalau ketahuan telat ganti oli, secepatnya aja, om. 300 km udah banyak telatnya kalau Honda, IMO. Kalau saya mana yang tercapai duluan aja. udah 2000 km, ganti oli. 6 bulan gak sampai 2000 km, ganti.daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 13:13 -cut-Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?Ryan Steele wrote: Mon Aug 29, 2022 9:06 Ganti olinya kalau pakai AX7 mending per 2000 km atau 6 bulan sekali. Klo udah lewat udah gak enak. dan mesin Honda sekarang sensitif sama oli. Saya pernah pakai Supra X 125 FI tahun 2009, sekali telat ganti oli, bearing stang seher kena. Turun mesin. Sekali telat ganti oli lagi, mesin macet. Oli pakai AX7 juga. 2014 udah dijual
Gpp lah klo menurut saya untuk sekedar bayarin ganti oli. Gak sampe 100 rb / 6 bulan. Mertua punya revo 2010, saya yang handle. Boro2 dirawat, sebelum nikah aja motor ngejogrok di pinggir jalan komplek, sampe ketumbuhan rumput. Setelah nikah saya perbaiki, pajak saya urus. Setelah selesai selama 3 bulan gak bergeser 1 mm sekalipun di garasi, sampe aki mati lagi.
Jadi ya per 6 bulan sekali ganti oli. Sekarang pakai Repsol, cuma 38k. Sama service (masih karbu) 45k. 100 rb masih ada sisa bwt makan mie ayam di samping bengkel.
Kalau motor mertua, karena gir nanas ban depan udah rusak, jadi odo & speedo gak jalan, 6 bulan sekali saya service & ganti oli. 6 bulan juga gak sampe 500 km jalannya. Terakhir2 udah seingetnya aja, suka kelupaan

no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Siap suhu makasi sudah menjawabRyan Steele wrote: Wed Aug 31, 2022 2:35Kalau ketahuan telat ganti oli, secepatnya aja, om. 300 km udah banyak telatnya kalau Honda, IMO. Kalau saya mana yang tercapai duluan aja. udah 2000 km, ganti oli. 6 bulan gak sampai 2000 km, ganti.daimler wrote: Tue Aug 30, 2022 13:13 -cut-Kira2 toleransi telatnya berapa ratus km ya? Mislanya ganti di 2300ankm udh terhitung telat apa belum?
Kalau motor mertua, karena gir nanas ban depan udah rusak, jadi odo & speedo gak jalan, 6 bulan sekali saya service & ganti oli. 6 bulan juga gak sampe 500 km jalannya. Terakhir2 udah seingetnya aja, suka kelupaan![]()

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.daimler wrote: Wed Aug 31, 2022 10:51 -cut-
Siap suhu makasi sudah menjawabnubi dlu ngikut anjuran yg per 3000rb km, tapi kok rasa2nya di 2300an ini udh ga enak motornya. Klo pas jarang dipakai ya 3bln ganti
AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.
Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan

no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Ryan Steele wrote: Wed Aug 31, 2022 15:44 -cut-
Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.
AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.
Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan![]()

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja nggaRyan Steele wrote: Wed Aug 31, 2022 15:44Honda jangan ganti oli per 3.000 km deh... Apa lagi kalau pakai oli resminya. Konon kabarnya baru jalan 2.000 km sisa olinya di bawah 500 ml. Nggak tau bener apa nggaknya itu gosip.daimler wrote: Wed Aug 31, 2022 10:51 -cut-
Siap suhu makasi sudah menjawabnubi dlu ngikut anjuran yg per 3000rb km, tapi kok rasa2nya di 2300an ini udh ga enak motornya. Klo pas jarang dipakai ya 3bln ganti
AX7 saya pakai di Supra sekedar untuk harian biasa sih cukup.
Kalau jarang pakai, 6 bulan lah menurut saya. Walaupun 100rb, tapi kan lumayan![]()

klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Toss dulu om, ni samaan ksatria baja hitamnya.
ane revo fi 2015, sekarang udah di 55ribu km.
Current pakai ptt 10w30 diesel botol item, udah jalan hampir setahun n puas.
Pernah coba ahm oil (ampas bgt), ca*trol power1 (sama ampas), t*p1 syn & yg mineral (2-2nya biasa aja), mdelvac 10w40 (lemot kekentelan).
yang paling cocok ya oli thai ini.
Ganti tiap 2 bulan/1500~2000 km.
Keteng juga udh berisik, ntr aja desember gantinya (150 ribuan ori ahm incl pasang), suspectnya roller karet udah aus. hahaha.
ane revo fi 2015, sekarang udah di 55ribu km.
Current pakai ptt 10w30 diesel botol item, udah jalan hampir setahun n puas.
Pernah coba ahm oil (ampas bgt), ca*trol power1 (sama ampas), t*p1 syn & yg mineral (2-2nya biasa aja), mdelvac 10w40 (lemot kekentelan).
yang paling cocok ya oli thai ini.
Ganti tiap 2 bulan/1500~2000 km.
Keteng juga udh berisik, ntr aja desember gantinya (150 ribuan ori ahm incl pasang), suspectnya roller karet udah aus. hahaha.
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
AX7 yang 10W-40, om. yang 15W-40 AX5.daimler wrote: Wed Aug 31, 2022 16:11
-cut-
Iya nih banyak bersliweran di mana2 soal kualitas oli resminya emang begitu ceritanya suhu. AX7 yg 15w-40 ya? Di range harga segitu yg oke oli apa aja buat supra? Saat ini lg pake power1 4T
Motor zaman now pakai 10W-40 aman. Gap kan udah tipis.
Owner sudah bersabdadoge wrote: Wed Aug 31, 2022 23:45 -cut-
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja nggalgsg ngacir ke bengkel
klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya
no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganyadoge wrote: Wed Aug 31, 2022 23:45 -cut-
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja nggalgsg ngacir ke bengkel
klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnya

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
beresnya aja g worth sm skalidaimler wrote: Thu Sep 01, 2022 9:42Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganyadoge wrote: Wed Aug 31, 2022 23:45 -cut-
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja nggalgsg ngacir ke bengkel
klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnyaDgn range harga segitu bisa dapet oli yg lbih ok ya


-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Nah... ini...doge wrote: Thu Sep 01, 2022 12:13beresnya aja g worth sm skalidaimler wrote: Thu Sep 01, 2022 9:42Sepertinya oli aslinya malah ga sebanding ya dgn harganyadoge wrote: Wed Aug 31, 2022 23:45 -cut-
kalo yg mpx2 sekitar 7-8th lalu emg bner... dlu pke itu di beat gnti tiap dkt 2000km... prnah sekali cek dipstik, lah kok di low aja nggalgsg ngacir ke bengkel
klo yg spx2 sepengalaman g ada nguap"nya... cmn ya itu, cpt kerasa g enak mesinnyaDgn range harga segitu bisa dapet oli yg lbih ok ya
![]()


no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Dec 18, 2020 12:04
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: public transport
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Dari jaman jahiliah saia selalu pakai oli mesin bekas, aliran dompet cekak juga mendukung ramah lingkungan. Ditetesi tiap 2 minggu sekali. 1 bkn sekali cuci rantai pakai sabun colek + sabun cuci piringdaimler wrote: Tue Sep 06, 2022 4:40 Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
-
- SM Moderator
- Posts: 4486
- Joined: Tue May 29, 2007 12:23
- Location: Ke mana pun tugas negara membawaku
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Pengalaman saya pakai chainlube, seminggu aja udah harus aplikasi lagi karena sudah kering.daimler wrote: Tue Sep 06, 2022 4:40 Sori OOT, karena keliatannya trit2 di motor ini ga serame yg mobil. Ogut mau nanya utk ngelumasin rantai motor ada saran selain pakai k*t? Dan intervalnya baik tiap brp km/hari?
Pakai oli baru lebih baik dari oli bekas, kali aja ada sisa2 dikit entah dari mana. Kali aja khilaf ganti oli revo pakai kemasan 1 liter, jadi ada sisa 200 ml, bisa bwt pelumasan

no signature
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Yakin aman pakai oli bekas, ga ada efek samping ke rantainya? Pernah baca2 katanya ga disaranin pakai oli bekas, karena bikin debu cepet nempel di rantai+gear yg mana sifatnya "ngamplas" rantai ama gearnya jd cepet aus malahan. Belum lg klo olinya SAE 10w-40 mayan encer, emg ga kemana2 olinya pas rantainya muter?unna wrote: Tue Sep 06, 2022 4:46
Dari jaman jahiliah saia selalu pakai oli mesin bekas, aliran dompet cekak juga mendukung ramah lingkungan. Ditetesi tiap 2 minggu sekali. 1 bkn sekali cuci rantai pakai sabun colek + sabun cuci piring

Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 463
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Nah itu dia alasannya suhu mau cr selain k*t, klo oli baru pakai sisaan motor 10W-40 gapapa ya, nubi takutnya keenceran trs pas dipakai jalan, oli motornya malah bececeran kemana2Ryan Steele wrote: Tue Sep 06, 2022 9:30 -cut-
Pengalaman saya pakai chainlube, seminggu aja udah harus aplikasi lagi karena sudah kering.
Pakai oli baru lebih baik dari oli bekas, kali aja ada sisa2 dikit entah dari mana. Kali aja khilaf ganti oli revo pakai kemasan 1 liter, jadi ada sisa 200 ml, bisa bwt pelumasan![]()

Pernah baca2 jg di forum pakai oli gardan buat ngelumasin rantai, kira2 gimana suhu?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pertanyaan sekitar Revo Fi 2014
Chain lube sepertinya oli kental yang dikasih pelarut, sehingga bisa encer ketika disemprot. Setelah disemprotkan ke rantai, pelarutnya menguap, dan oli kentalnya lengket ke rantai, nggak belepotan.
Kalau pakai oli biasa, olinya itu biasanya berlebihan, sehingga menangkap debu dan rantai cepat kotor. Spakbor rantai juga kena cipratan oli sehingga kotoran menumpuk disitu.
Kalau pakai oli biasa, olinya itu biasanya berlebihan, sehingga menangkap debu dan rantai cepat kotor. Spakbor rantai juga kena cipratan oli sehingga kotoran menumpuk disitu.