Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo om, butuh saran mobil semi-harian (2-3x seminggu) dipakai pas belanja atau pas hujan aja. Kriterianya mobil yang lincah ditekuk2 di jalan pegunungan, enak disetir
(semacam jazz dan brio)
Tapi karena 2 mobil itu secondnya mahal dan pasaran, mau cari alternatif lain
Pertimbangan sparepart, asal sparepart ada di toko online dan mobilnya gak minta jajan tiap bulan biar bisa dinikmati
Sedikit gambaran selera:
ge8, gk5, brio paling sering buat tersenyum
innova diesel 2gd feel torsinya uenakk tapi serem buat nikung
Hrv 1.8 kurang fun
Mobilio paling fun di kelasnya (non tol)
Xpander, prefer ini kalau di tol karena lebih kedap
Kelasnya gado2 amat om
Ada hatchback dan sedan
Sedannya jg beda2 kelas
Btw kayanya coret fiesta tuh
Mobil2 di list bukannya sparepart mayan2 mahal smua
Apalagi kayanya usia mobilènya mayan tua utk yg tipe sedan
Cmiiw
Pilihan aman = mazda 2 sky DJ, asal enggak keberatan di row 2nya yg khas mazda om
Pilihan lain civic FD, pelan2 aja krn di seken bosok semua om. Selain kaki2 jgn lupa discbrake2 diperhatiin. Sy sering baca common problemnya juga di discbrake gampang gelombang (ga perna pake ini mobil)
Civic FD2 PRnya biasa kaki-kaki standar (bearing roda belakang/depan kalau dengung, ball joint/tie rod/rack end alias long tie rod, dan kemungkinan bushing arm), yang sering juga kemakan usia adalah engine mounting kanan bawah yang amblas, dan untuk FD1 seal power steering rembes, kalau FD2 racksteer yang mulai oblak.
Untuk cakram yang bergelombang dan bergetar bisa pakai disc rotor merk Brembo yang OEM replacement, harga lebih murah daripada disc rotor ori Honda.
Patut juga diperhatikan karet-karet bodi seperti karet pelipit kaca, dan karet molding atap. Kalau sambungan pillar A yang tertutup karet molding atap sampai berkarat, bisa rembes masuk air ke plafon.
Bagasi harus check sampai ke ruang ban serep karena FD2 saya sendiri sudah bocor sampai bagasi genang (fixed).
Real testi dari pemakai langsung Civic FD
Penyakit model gitu cuman ngerepotin pemiliknya, tp kg bikin kantong bolong, bank accounts aman. Santailah honda gituloh
Jadi ya ane saranin civic FD aja. Secara engine jg ud 1.8 / 2.0
Prefer yg 2.0 lebih kenceng wkwk. Maticnya aja rada bolot pas shifting, awet sih model torque converter biasa no problemo. Atau cari model 1.8 tapi transmisi manual.. itu baru mantep
Accord 3.5 kudu hati2 jg, agak susah cari sparepartnya & cendrung lebih mahal. Blom lg pajak tahunan lumayan berasa, temen ane pernah pelihara 2 tahun (2016-2018). Unit facelift 2011, pajaknya 11 juta/thn .. mesin diatas 3,000cc dianggep mobil super mewah kata pemerintah
Vote civic fd2
Tapi hati hati cari bekasnya, denger denger banyak yg sudah kurang bagus.
Kalo eterna dan lancer ck apalagi cb itu cari secondnya yg masih bagus susah banget om, jauh lebih susah drpd fd
Dan mereka mobil udah 20 tahun lebih semua bahkan mepet 30 tahun, bisa dijamin bakal banyak pr.
Positifnya ada sisa budget banyak buat beres beres, pajak murah banget, setau ane sparepart di toko online juga relatif gk sulit carinya.
Untuk accord fiesta dkk ane kurang tau jd no comment om
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
whitehorse4 wrote: Mon Jun 28, 2021 0:52
Halo om, butuh saran mobil semi-harian (2-3x seminggu) dipakai pas belanja atau pas hujan aja. Kriterianya mobil yang lincah ditekuk2 di jalan pegunungan, enak disetir
(semacam jazz dan brio)
Tapi karena 2 mobil itu secondnya mahal dan pasaran, mau cari alternatif lain
Pertimbangan sparepart, asal sparepart ada di toko online dan mobilnya gak minta jajan tiap bulan biar bisa dinikmati
Sedikit gambaran selera:
ge8, gk5, brio paling sering buat tersenyum
innova diesel 2gd feel torsinya uenakk tapi serem buat nikung
Hrv 1.8 kurang fun
Mobilio paling fun di kelasnya (non tol)
Xpander, prefer ini kalau di tol karena lebih kedap
Saran2 lain juga sangat welcome om
kalo saya vote m2 sky, asal cuek sm brand dan akomodasi + storage ya. mobilnya jauh lebih fun to drive dan jauh lebih banyak fiturnya dibanding jazz atau brio. dan kalo 160, kayanya agak mepet ya, dapetnya paling tipe GT tahun 2014 atau R 2015 kalo budget segitu
kalo alternatif, saya vote FD2, cuma ya nyarinya kudu pelan2 karena populasinya ga sebanyak FD1 dan kondisinya banyak yg cape dan ga karuan kaya yg bro erwin bilang, secara mobil nya jg udh berumur lebih dari 5 tahun which is udh pindah tangan entah yg ke brp kali dan kita gatau perawatan pemilik sebelumnya kaya apa + banyak juga yg bekas modif (secara mobil ini denger2 jadi salah 1 favorit juga buat kontes modifikasi pada jamannya) . yg perlu diperhatiin paling kaki2 sm rack steeringnya (penyakit umum honda kalo udh diatas 5 taon dan km diatas 100rb) sm pastiin owner sblmnya rutin dan telaten ganti oli maticnya + wiringnya kudu cari yg bener2 masih original (bukan bekas jumperan sana sini atau akal akalan) secara banyak juga civic FD yg bekas modif dan kita gatau pengerjaan modifnya seperti apa (rapih atau gak nya)
kalo lancer sm eterna, nyari sekennya termasuk gampang gampang susah nyari yg bagusnya, kalo yg om michaelgiri bilang. km atau odometer ga bisa jadi patokan lagi buat motuba ,apalagi umurnya udh lebih dari 10 tahun. nyari yg no rangka sm no mesinnya akur sm body masih ori no dempul dan cat ulang aja + interior masih utuh (gaada yg rusak atau hilang) sm masih full ori udh susah apalagi yg bener2 mint. kecuali om TS ada waktu lebih buat bangun mobil, hunting unitnya dan punya koneksi ke bengkel spesialis or komunitas. part mesin dan kaki2 masih cukup mudah cuma denger2 bodypartnya udh mulai susah setau saya terutama eterna . cuma plusnya ya dapet fun to drive, handling dan peforma yg oke khas mitsu jadul dan kembaliannya lumayan banyak
alternatif lain bisa lirik camry XV40 V6 , tahunnya ga tua2 amat tapi salah 1 yg paling awet dibanding kandidat lainnya. populasi juga lebih banyak dibanding accord v6 + perawatannya juga termasuk wajar buat ukuran mobil mewah + partnya juga masih cukup mudah didapatkan menurut saya
saya gak pake MIKIR ge8 ud pake 5th beli 2013 tipe S so far mobil terbaik yang saya punya apalagi kalo dah di modif suspensi rem sama mesinnya , ditambah bonus reability yang super awet pake ud jalan 88rb km gak pernah benerin apa2x cuma rutin ganti oli sama kampas rem karena sering saya siksa di jalan , sekarang sampe bela2xin beli pajero dakar buat mobil kerja saking sayangnya sama GE8 biar gak banyak jalan
ikut vote njez GE8.
bodi kecil tapi akomodasi gede.
nyetirnya enak, lincah, nggak rewel, masi tetep cakep juga desainnya sampe sekarang.
ah, jadi kangen...
Pasangan baru angkat Kia Rio UB thn 2012.
Harga deal 92.
Doi angkat yg matic.
Pas nyobain mobilnya, oe terkesima.
Mobil 9 tahun dengan odo read sekitar 137k KM kok bisa masih enak begitu.
Yg kurang di mesin aja sih.
1.4L + 4AT TC = biasa aja
whitehorse4 wrote: Mon Jun 28, 2021 0:52
Halo om, butuh saran mobil semi-harian (2-3x seminggu) dipakai pas belanja atau pas hujan aja. Kriterianya mobil yang lincah ditekuk2 di jalan pegunungan, enak disetir
(semacam jazz dan brio)
Tapi karena 2 mobil itu secondnya mahal dan pasaran, mau cari alternatif lain
Pertimbangan sparepart, asal sparepart ada di toko online dan mobilnya gak minta jajan tiap bulan biar bisa dinikmati
Ini sih budgetnya luas banget, mungkin ditentuin dulu mau main yg lama2 (retro) atau ttp mau mobil kekinian. Terus perlu bagasi atau ngga.
Kl lawas2, ya silakan lah itu Lancer, Eterna, atau Galant tuh belum kesebut, Galant Hiu ok banget jg jadi base mobil buat dioprek...
Kl modern, ya paling Mazda 2 Sky, Fiesta MT atau Swift yg lama tp kopongan. Kl Swift yang baru kan gaterlalu fun to drive kecuali Swift Sportnya.
Sedan modern sih selain Civic FD gaada yg benar2 membekas ya fun to drivenya. Accord yg kesini2 malah malesin rawatnya mending Camry. Mazda 6 sebenarnya OK, tp sparepart agak ribet.
Mazda 2 sky yg manual atau accord cp2 manual aja langka tuh. Meskipun masih enakan bawa yg cm5, karena body kecil, tapi cp2 jg enak bawanya n secara design lbh moderen n berkelas aja (subyektif). Klo yg 3.5 itu di indo yg pake mesin j35a ga ada selain dia, susah cari persamaan parts. Beda ama k24 kan banyak, jd ga harus tergantung ama bengkel resmi
Fun to drive yg diincer itu yg gmn om? Soalnya bisa berarti banyak.
Bisa yg enak digeber2 n high rev, tenaga ngisi terus
Bisa yg tenaga ga usah gede tapi handling mantep n lincah
Bisa jg yg baru duduk di jok yg enak n pegang kemudi yg berkelas bikin dia kagum
Atau ada yg suka dengeran suara engine, exhaust atau siulan turbo, dll
Beda2 sih
Klo ane sih sukanya yg bantingannya ok n lincah, yg meskipun ukuran mobilnya besar ga berasa lagi nyetir besar, trus ada perasaan menyatu dgn pengemudi dlm artian begitu digas langsung ngerespon dgn spontan n dibelokin jg belok secara spontan tanpa ada rasa artifical. Jd ane rekomen cm5 mt. Bahkan brio mt menurut ane ga enak, karena respon gasnya yg tbw
whitehorse4 wrote: Mon Jun 28, 2021 0:52
Halo om, butuh saran mobil semi-harian (2-3x seminggu) dipakai pas belanja atau pas hujan aja. Kriterianya mobil yang lincah ditekuk2 di jalan pegunungan, enak disetir
(semacam jazz dan brio)
Tapi karena 2 mobil itu secondnya mahal dan pasaran, mau cari alternatif lain
Pertimbangan sparepart, asal sparepart ada di toko online dan mobilnya gak minta jajan tiap bulan biar bisa dinikmati
Sedikit gambaran selera:
ge8, gk5, brio paling sering buat tersenyum
innova diesel 2gd feel torsinya uenakk tapi serem buat nikung
Hrv 1.8 kurang fun
Mobilio paling fun di kelasnya (non tol)
Xpander, prefer ini kalau di tol karena lebih kedap
Saran2 lain juga sangat welcome om
taun lalu sayang angkat under 160 jt seekor Subaru Exiga GT.
sangat cukup lah buat ngasapi semua yg ada di daftar oom...
buat seruntulan hayuk, belanja bisa, keluarga besar juga oke.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
Terima kasih om semua.. kayaknya pilihan aman di mazda 2 n civic fd
Kebetulan dua makhluk itu lewat depan komplek rumah beriringan.. apakah ini pertanda
sudah test drive mazda 2 langsung bawa ke temanggung
impression:
mobil enak, belok bukannya lepas gas malah gaspol kayak bawa gokart
lebih pd pake ini untuk high speed cornering daripada gk
tenaga ok, walaupun dibanding gk cvt masih dibawahnya
tanjakan effortless
km hampir 100k tapi rasanya masih solid banget
jok suportif meluk tubuh
next mau cari fd2 untuk di test drive nih om kebetulan belom ada nemu unitnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by whitehorse4 on Fri Jul 02, 2021 12:29, edited 1 time in total.
whitehorse4 wrote: Fri Jul 02, 2021 12:23
Terima kasih om semua.. kayaknya pilihan aman di mazda 2 n civic fd
Kebetulan dua makhluk itu lewat depan komplek rumah beriringan.. apakah ini pertanda
sudah test drive mazda 2 langsung bawa ke temanggung
impressionnya mobil enak, belok bukannya lepas gas malah gaspol kayak bawa gokart
sekarang mau cari fd2 untuk di test drive nih om kebetulan belom ada nemu unitnya
Ntuh logo memang deh ya..
Kalau jd ambil, beli tempelan logo buat si setir om