Halo suhu2 semua,
Mohon bantuan pertimbangannya. Saya rencana ingin meminang mobkas untuk daily use. Pemakaian mix jalan biasa dan jalan tol, seminggu bisa dipakai 3-4x seharian. Ingin cari yang tampangnya oke, bisa hemat, perawatan repot dikit gpp (namanya juga bekas) asal bengkel dan sparepart umumnya yang tersedia banyak/ gak perlu inden2an. Budget 100-160jt. Lebih banyak dipakai adik cowo saya nanti. Yang jadi pertimbangan saya saat ini:
1. Juke. Kalo di modif kayaknya bisa gagah, tapi banyak dengar keluhan terkait cvtnya. Ada yang punya pengalaman mengenai hal ini? dan apakah ada bedanya dengan cvt di mobil lain?
2. Ford Fiesta. Tampangnya gagah dan sama kayak juke, sepertinya enak buat modif juga.
3. Sienta. Bukan selera saya, tapi mengingat merk dan tahunnya yang masih muda. Akhirnya jadi pertimbangan juga. Istri sih udah suka banget.
4. Spin. Ini juga denger2 sering rewel dan merepotkan. Ada yang punya pengalaman punya spin?
5. Subaru XV. Harga berbanding fitur paling make sense, tapi ya gitu ngeliat merknya mungkin agak susah dari segi sparepart dan bengkel spesialis.
Sebagai tambahan pertimbangan, mobil yang pernah kami gunakan:
1.Genio (lungsuran bokap, mobil enak, dijual karena umur)
2. Xenia gen awal. (tahan banting, jual untung kemaren)
3. Peugeot 206 (sering bermasalah transmisinya -mendadak switch ke mode S- jual jatuh harga banget)
4. Mazda 2 (so-so lah kalo yang ini, perawatan mihil)
5. HRV (masih pakai sampai sekarang, tahan banting, irit luar biasa, no issue so far, pakai sejak 2017)
Sebelumnya terima kasih banyak atas masukan dan komentarnya.
Salam
[help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Wed May 03, 2017 4:28
- Location: BSD City
- Daily Vehicle: HRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Kl ikut pertimbangannya om, subaru XV sih kl mau yg agak "beda". Di alsut bengkel resmi plaza subaru juga sudah mulai beroperasi (lokasi ex dealer nissan MPM alsut), dan harus crosscheck bengkel resmi subaru qq motorimage pd indah masih operasi apa nggak dg adanya plaza subaru alsut buat alternatif. Ada bbrp bengkel spesialis subaru di jakarta dsk, tapi sptnya mending sounding ke klubnya aja om (SCI) atau om haristkgj7 member SM sini soal rawatan. Dan perlu diingat jg krn subaru AWD yaaa ngukur iritnya ya ngukur irit mobil AWD aja omsubvillain wrote: Mon May 24, 2021 3:39 Halo suhu2 semua,
Mohon bantuan pertimbangannya. Saya rencana ingin meminang mobkas untuk daily use. Pemakaian mix jalan biasa dan jalan tol, seminggu bisa dipakai 3-4x seharian. Ingin cari yang tampangnya oke, bisa hemat, perawatan repot dikit gpp (namanya juga bekas) asal bengkel dan sparepart umumnya yang tersedia banyak/ gak perlu inden2an. Budget 100-160jt. Lebih banyak dipakai adik cowo saya nanti. Yang jadi pertimbangan saya saat ini:
1. Juke. Kalo di modif kayaknya bisa gagah, tapi banyak dengar keluhan terkait cvtnya. Ada yang punya pengalaman mengenai hal ini? dan apakah ada bedanya dengan cvt di mobil lain?
2. Ford Fiesta. Tampangnya gagah dan sama kayak juke, sepertinya enak buat modif juga.
3. Sienta. Bukan selera saya, tapi mengingat merk dan tahunnya yang masih muda. Akhirnya jadi pertimbangan juga. Istri sih udah suka banget.
4. Spin. Ini juga denger2 sering rewel dan merepotkan. Ada yang punya pengalaman punya spin?
5. Subaru XV. Harga berbanding fitur paling make sense, tapi ya gitu ngeliat merknya mungkin agak susah dari segi sparepart dan bengkel spesialis.
Sebagai tambahan pertimbangan, mobil yang pernah kami gunakan:
1.Genio (lungsuran bokap, mobil enak, dijual karena umur)
2. Xenia gen awal. (tahan banting, jual untung kemaren)
3. Peugeot 206 (sering bermasalah transmisinya -mendadak switch ke mode S- jual jatuh harga banget)
4. Mazda 2 (so-so lah kalo yang ini, perawatan mihil)
5. HRV (masih pakai sampai sekarang, tahan banting, irit luar biasa, no issue so far, pakai sejak 2017)
Sebelumnya terima kasih banyak atas masukan dan komentarnya.
Salam

Alt lain bisa sienta, cari yg Q/V CVT dan kondisi sebagus mungkin, nggak masalah mau wrn interior black-orange/purple-beige (fromage). Gimanapun basic mobil ini JDM jadi cukup masuk perhitungan asal harus terima dg radius putarnya yg segede fortuner kl sientanya pake velg oem 16".
Bisa jg freed seken 2015/2016 udah dapet harga segitu om, ya buat itungan 1.5 ga irit2 amat sih. Tp ini honda, mesin L series di freed sama K series kaya di crv lama sih sangat2 nikmat buat cruising jalan tol krn nafasnya puanjang.
Pilihan no pusing2 walaupun problemnya untung2an dptnya = HRV, pertimbangin yg prestis 1.8 krn naikannya beda banget sama yg 1.5 dr tenaga, peredamannya. Pernah coba yg prestis 1.8 saya puas sekali sama feelnya, jauh lbh solid dr yang current gen 1.5. HRV sangat dipertimbangkan asal kl mau terima ini mobil pasaran banget apalagi kl warna putih

Kl udah biasa sama honda bisa pertimbangin ke brio RS CVT/satya E cVT th 2019an om, masuk budget. Buat mobile sehari2 sih sangat2 enak unt LCGC dan irit banget, CVTnya juga enak.
Kl dr LMPV ada ertiga juga, ini enak (saya jg pakai ini dr baru, cocok sih), nyaman, cukup irit, biaya rawat murah banget
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Ambil Honda HR-V lagi saja om. Atau gak Subaru XV. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Hanya mau komen yang juke.Pernah pelihara selama 3 tahun 2012-2015 dengan odo pas dijual 92-94k KM (agak2 lupa)subvillain wrote: Mon May 24, 2021 3:39 Halo suhu2 semua,
Mohon bantuan pertimbangannya. Saya rencana ingin meminang mobkas untuk daily use. Pemakaian mix jalan biasa dan jalan tol, seminggu bisa dipakai 3-4x seharian. Ingin cari yang tampangnya oke, bisa hemat, perawatan repot dikit gpp (namanya juga bekas) asal bengkel dan sparepart umumnya yang tersedia banyak/ gak perlu inden2an. Budget 100-160jt. Lebih banyak dipakai adik cowo saya nanti. Yang jadi pertimbangan saya saat ini:
1. Juke. Kalo di modif kayaknya bisa gagah, tapi banyak dengar keluhan terkait cvtnya. Ada yang punya pengalaman mengenai hal ini? dan apakah ada bedanya dengan cvt di mobil lain?
2. Ford Fiesta. Tampangnya gagah dan sama kayak juke, sepertinya enak buat modif juga.
3. Sienta. Bukan selera saya, tapi mengingat merk dan tahunnya yang masih muda. Akhirnya jadi pertimbangan juga. Istri sih udah suka banget.
4. Spin. Ini juga denger2 sering rewel dan merepotkan. Ada yang punya pengalaman punya spin?
5. Subaru XV. Harga berbanding fitur paling make sense, tapi ya gitu ngeliat merknya mungkin agak susah dari segi sparepart dan bengkel spesialis.
Sebagai tambahan pertimbangan, mobil yang pernah kami gunakan:
1.Genio (lungsuran bokap, mobil enak, dijual karena umur)
2. Xenia gen awal. (tahan banting, jual untung kemaren)
3. Peugeot 206 (sering bermasalah transmisinya -mendadak switch ke mode S- jual jatuh harga banget)
4. Mazda 2 (so-so lah kalo yang ini, perawatan mihil)
5. HRV (masih pakai sampai sekarang, tahan banting, irit luar biasa, no issue so far, pakai sejak 2017)
Sebelumnya terima kasih banyak atas masukan dan komentarnya.
Salam
Dulu masih apa kata BeRes dalam pemeliharaan, cvtf ga pernah ganti. menjelang 90K suka CVT suka masuk limp mode. Service selalu tiap 10k KM, pas 50k baru nyadar dah ada sludge. So kalau mau cari juke, cari yg cvtf-nya rutin ganti n ati2 nge-sludge atau ndak ntuh mesinnya. Secara mesin sama lipindut sama kan mesinnya. Raja ngelitik n mudah sludge


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
gak perlu inden2an?
mazda 2 perawatan mihil?
subaru xv coret aja kalo gitu.. yang pasti lebih banyak perintilannya dari mazda 2 dan harga parts subaru termasuk yang nggak murah lho.
btw sudah ada statement "istri sih udah suka banget".... hmmm...
mazda 2 perawatan mihil?
subaru xv coret aja kalo gitu.. yang pasti lebih banyak perintilannya dari mazda 2 dan harga parts subaru termasuk yang nggak murah lho.
btw sudah ada statement "istri sih udah suka banget".... hmmm...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Sienta aja om, perawatan mesin murah krn mesin avanza, dan bini juga udah suka kan... 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Sepakat sama baris2 terakhir.omenRoo wrote: Mon May 24, 2021 4:42 gak perlu inden2an?
mazda 2 perawatan mihil?
subaru xv coret aja kalo gitu.. yang pasti lebih banyak perintilannya dari mazda 2 dan harga parts subaru termasuk yang nggak murah lho.
btw sudah ada statement "istri sih udah suka banget".... hmmm...
Itu adalah koentji..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Rasanya suka pilihan anti mainstrim.
Ambil aja Fiesta 1.6S, sisa duit buanyak buat peremajaan.
Ambil aja Fiesta 1.6S, sisa duit buanyak buat peremajaan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
3 dari 5 alternative bukan mobil yang common
. Saya mau tambah info yang saya tahu aja. Mostly negative issues, karena ga ada forum selain SM yang cukup obyektif jelasin kekurangan mobil sendiri
1. Juke.
- Overhaul A/T conventional QR20 saya kena kurang lebih 9 jt, 3 hari kerja. Overhaul CVT saya pernah tanya, masih dibawah A/T conventional
- Engine sludge saya ga alami di HR15, karena saya ganti oli ga pernah diatas 6 bulan / 6000 km. Saya lihat punya teman yang ikut standar bengkel resmi, di dipstick-nya udah nampak kerak
2. Fiesta
- Mesti siapin buat DCT repair / overhaul / replace TCM. Kalo ga salah Om Bebonk bisa ya? Saya gelap soal DCT overhaul. Keburu diconvert jadi properti sebelum rusak
- Hati-hati overheat. Saya pernah overheat 1 kali saja, di Taman Safari, area Singa
. Kalo udah overheat, must stop immediately
- Stop & Go di tanjakan, saya keringat dingin melulu. Selalu ada rasa takut ga mau naik / HSA fail
1. Juke.
- Overhaul A/T conventional QR20 saya kena kurang lebih 9 jt, 3 hari kerja. Overhaul CVT saya pernah tanya, masih dibawah A/T conventional
- Engine sludge saya ga alami di HR15, karena saya ganti oli ga pernah diatas 6 bulan / 6000 km. Saya lihat punya teman yang ikut standar bengkel resmi, di dipstick-nya udah nampak kerak
2. Fiesta
- Mesti siapin buat DCT repair / overhaul / replace TCM. Kalo ga salah Om Bebonk bisa ya? Saya gelap soal DCT overhaul. Keburu diconvert jadi properti sebelum rusak
- Hati-hati overheat. Saya pernah overheat 1 kali saja, di Taman Safari, area Singa
- Stop & Go di tanjakan, saya keringat dingin melulu. Selalu ada rasa takut ga mau naik / HSA fail
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
sienta lah.
istri senang = suami sehat jasmani rohani.
istri senang = suami sehat jasmani rohani.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Re: [help] cari mobil bekas sebagai mobil kedua buat pemakaian sehari-hari
Nyimak kelanjutan ceritanya di kandang singaalexdonovan wrote: Sat May 29, 2021 9:02 3 dari 5 alternative bukan mobil yang common. Saya mau tambah info yang saya tahu aja. Mostly negative issues, karena ga ada forum selain SM yang cukup obyektif jelasin kekurangan mobil sendiri
1. Juke.
- Overhaul A/T conventional QR20 saya kena kurang lebih 9 jt, 3 hari kerja. Overhaul CVT saya pernah tanya, masih dibawah A/T conventional
- Engine sludge saya ga alami di HR15, karena saya ganti oli ga pernah diatas 6 bulan / 6000 km. Saya lihat punya teman yang ikut standar bengkel resmi, di dipstick-nya udah nampak kerak
2. Fiesta
- Mesti siapin buat DCT repair / overhaul / replace TCM. Kalo ga salah Om Bebonk bisa ya? Saya gelap soal DCT overhaul. Keburu diconvert jadi properti sebelum rusak
- Hati-hati overheat. Saya pernah overheat 1 kali saja, di Taman Safari, area Singa. Kalo udah overheat, must stop immediately
- Stop & Go di tanjakan, saya keringat dingin melulu. Selalu ada rasa takut ga mau naik / HSA fail
