Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:14
Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Hi para sesepuh SM,
Saya mau beralih ke mobil dengan kargo yang lebih besar supaya mudah bawa sepeda ketika weekend. Budget saya 300jt
Hal-hal yang jadi pertimbangan:
- fun to drive (setir tidak berat, responsif, visibilitas bagus, etc)
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m supaya mudah nyempil di jalanan Jakarta apalagi kalo someday ketemu gang buntu
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
- irit BBM
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
- maintenance tidak rewel
- 5 seater
Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Yang sudah di-cross dari list:
- Hyundai Kona (feel pedal rem-nya aneh, harus injek sangat dalam)
- Suzuki SX4 S-Cross (setir berat, cukup lemot)
- Honda HRV (saya baca di forum ini sepertinya banyak issue, juga fitur biasa saja)
- KIA Sonet 5 seater (bagasi tidak rata lantai)
- Honda City hatchback (ground clearance terlalu rendah)
Appreciate your suggestions either dari antara list di atas atau ada yang lainnya, thank you semuanya
Saya mau beralih ke mobil dengan kargo yang lebih besar supaya mudah bawa sepeda ketika weekend. Budget saya 300jt
Hal-hal yang jadi pertimbangan:
- fun to drive (setir tidak berat, responsif, visibilitas bagus, etc)
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m supaya mudah nyempil di jalanan Jakarta apalagi kalo someday ketemu gang buntu
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
- irit BBM
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
- maintenance tidak rewel
- 5 seater
Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Yang sudah di-cross dari list:
- Hyundai Kona (feel pedal rem-nya aneh, harus injek sangat dalam)
- Suzuki SX4 S-Cross (setir berat, cukup lemot)
- Honda HRV (saya baca di forum ini sepertinya banyak issue, juga fitur biasa saja)
- KIA Sonet 5 seater (bagasi tidak rata lantai)
- Honda City hatchback (ground clearance terlalu rendah)
Appreciate your suggestions either dari antara list di atas atau ada yang lainnya, thank you semuanya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4632
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Tetap pilih Honda HRV.
Tidak semua kena problem
Apabila kena problem ada garansi.
Pengalaman garansi Honda cukup OK.
Pernah ganti master rem sampai 4x free semua
Pernah ganti lower arm di thn ke 5 free karena beli perpanjangan garansi
Kualitas mobil Honda cukup bagus. Pemakaian normal per thn 10rb KM, bisa dipakai 7 sd 8 thn tanpa ganti part.
Mesin cukup responsif, handling khas Honda, bagasi belakang gede, jok cukup lumayan menopang.
Chev trax mesinnya bagus 1.4 Turbo. Tarikan yahud.
Yg gak tahu, apakah tahan selama 100 rb KM selama 8 thn tanpa problem?
Tapi agak sempit, entah handlingnya agak lupa. Apakah cukup setajam HRV?
Tidak semua kena problem
Apabila kena problem ada garansi.
Pengalaman garansi Honda cukup OK.
Pernah ganti master rem sampai 4x free semua
Pernah ganti lower arm di thn ke 5 free karena beli perpanjangan garansi
Kualitas mobil Honda cukup bagus. Pemakaian normal per thn 10rb KM, bisa dipakai 7 sd 8 thn tanpa ganti part.
Mesin cukup responsif, handling khas Honda, bagasi belakang gede, jok cukup lumayan menopang.
Chev trax mesinnya bagus 1.4 Turbo. Tarikan yahud.
Yg gak tahu, apakah tahan selama 100 rb KM selama 8 thn tanpa problem?
Tapi agak sempit, entah handlingnya agak lupa. Apakah cukup setajam HRV?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Sienta Q?
- fun to drive
Setirringan,
responsif up to 100kpj
visibilitas bagus, etc
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda
Banget
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m
Pendek. Velg ganti 14/15” biar lincah
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
Jarang mentok juga si
- irit BBM
Standar lah
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
Auto ac
- maintenance tidak rewel
Toyota
- 5 seater
5 seater + bagasi guede
- fun to drive
Setirringan,
responsif up to 100kpj
visibilitas bagus, etc
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda
Banget
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m
Pendek. Velg ganti 14/15” biar lincah
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
Jarang mentok juga si
- irit BBM
Standar lah
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
Auto ac
- maintenance tidak rewel
Toyota
- 5 seater
5 seater + bagasi guede
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Saran lain Subaru XV. Masih dapat kembalian lebih lagi. 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Wed Dec 24, 2014 14:20
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Dear Pak, kalau butuh kargo besar buat sepeda, chevy trax gak cocok. bagasinya imut, kecuali jok-nya dilipat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Maintenance ga rewel tp milih ford focus over SX4 / HRV? Apa sudah yakin betul survey ke bbrp toko parts / bengkel?
Ga kebalik yah listnya hehehehehe
Kenikmatan semu aja itu....
Kalo Tiguan masih make sense deh.. even DSG, dia DQ250 wet clutch.. masih reliable...
Ga kebalik yah listnya hehehehehe
Kenikmatan semu aja itu....
Kalo Tiguan masih make sense deh.. even DSG, dia DQ250 wet clutch.. masih reliable...
gaspol resing tim
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Kalau Ertiga All New atau XL7 dengan GC yang lebih tinggi gimana?
Jok kalau dilipat memang tidak rata lantai, tapi kalau row 2 dan 3 dilipat jadi full rata, bisa masukin sepeda tanpa dibongkar rodanya.. Kalau row 3 yang dilipat masih bisa muat sepeda dengan roda dilepas.
Setir enteng, irit bbm, AC auto, headlight belum auto.
XL7 masih ada roof rail just in case punya bike rack yang di roof rail. Dengan bujet yang ada masih ada kembalian buat upgrade atau nambah sepeda, dan dapat mobil baru ga pusing maintenance..
Jok kalau dilipat memang tidak rata lantai, tapi kalau row 2 dan 3 dilipat jadi full rata, bisa masukin sepeda tanpa dibongkar rodanya.. Kalau row 3 yang dilipat masih bisa muat sepeda dengan roda dilepas.
Setir enteng, irit bbm, AC auto, headlight belum auto.
XL7 masih ada roof rail just in case punya bike rack yang di roof rail. Dengan bujet yang ada masih ada kembalian buat upgrade atau nambah sepeda, dan dapat mobil baru ga pusing maintenance..
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Mau muat sepeda jangan beli subcompact SUV, tapi beli midsize SUV. Hyundai Santa Fe aja om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Paling bener udah sienta om.
Sering maen sepeda =
- Butuh yg deknya rendah dan rata
- Sienta punya 3rd row dive-in seat jadi dek bagasi pasti rata pas dilipet
Option lain ya freed seken
- Dek rata dan rendah kaya sienta
- Capt seat = poin +++ dr sienta, di aisle row 2 bs leluasa taruh sepeda yg non lipet
- Setir enteng (banget), sienta blm pernah rasain seberapa enteng
- Visibility sangat sangat sangat sangat bagus
- Irit ya begitulah freed/sienta, jgn berharap banyak sama roti tawar mini wkwkwkwkwk
Sering maen sepeda =
- Butuh yg deknya rendah dan rata
- Sienta punya 3rd row dive-in seat jadi dek bagasi pasti rata pas dilipet
Option lain ya freed seken
- Dek rata dan rendah kaya sienta
- Capt seat = poin +++ dr sienta, di aisle row 2 bs leluasa taruh sepeda yg non lipet
- Setir enteng (banget), sienta blm pernah rasain seberapa enteng
- Visibility sangat sangat sangat sangat bagus
- Irit ya begitulah freed/sienta, jgn berharap banyak sama roti tawar mini wkwkwkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
gak mau seven seater
gak mau mobil panjang
irit bbm
maunya 5 seater
ground clearance tinggi
perawatan mudah
tapi mau kargo besar
jadi mau small car yang kargonya bisa muat sepeda
errr
mau kasih saran honda jazz GK5 seken tapi ground clearance rendah kan
mau kasih saran jazz tinggi aka HRV udah dicoret
apa ya
masa toyota kijang innova lagi ... eh tapi ga mau 7 seater. sienta juga 7 seater dan larinya senen kamis apa masuk fun to drive?
masalahnya kalo mau nyepedah lebih make sense beli MPV.
raize rocky ga muat sepeda deh. ga tau ding, sepedanya segede apa jg... indennya jg lama.
jadi apa.... bingung.
gak mau mobil panjang
irit bbm
maunya 5 seater
ground clearance tinggi
perawatan mudah
tapi mau kargo besar
jadi mau small car yang kargonya bisa muat sepeda
errr
mau kasih saran honda jazz GK5 seken tapi ground clearance rendah kan
mau kasih saran jazz tinggi aka HRV udah dicoret
apa ya
masa toyota kijang innova lagi ... eh tapi ga mau 7 seater. sienta juga 7 seater dan larinya senen kamis apa masuk fun to drive?
masalahnya kalo mau nyepedah lebih make sense beli MPV.
raize rocky ga muat sepeda deh. ga tau ding, sepedanya segede apa jg... indennya jg lama.
jadi apa.... bingung.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
sebenernya om, kalau ga mikir sepeda harus masuk kabin.. sebenernya pilihan towing sepeda cukup oke dan aman, yang penting beli towing bar dan bike racknya yang beneran.. dan kalau pilihan towing+bike rack jadi pilihan, mobil apapun ga masalah, bahkan sedan pun bisaChZ wrote: Sun May 23, 2021 7:32 gak mau seven seater
gak mau mobil panjang
irit bbm
maunya 5 seater
ground clearance tinggi
perawatan mudah
tapi mau kargo besar
jadi mau small car yang kargonya bisa muat sepeda
errr
mau kasih saran honda jazz GK5 seken tapi ground clearance rendah kan
mau kasih saran jazz tinggi aka HRV udah dicoret
apa ya
masa toyota kijang innova lagi ... eh tapi ga mau 7 seater. sienta juga 7 seater dan larinya senen kamis apa masuk fun to drive?
masalahnya kalo mau nyepedah lebih make sense beli MPV.
raize rocky ga muat sepeda deh. ga tau ding, sepedanya segede apa jg... indennya jg lama.
jadi apa.... bingung.
masukin sepeda dalam kabin banyak resikonya, kabin dan kaca film lecet, belum lagi sepedanya juga lecet..
mau mobil yang fun to drive kalau bawa sepeda masuk kabin jadinya nyetirnya harus nyantai kalau ga mau sepeda dan kabinnya jadi lecet lecet..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
ada bro, atoyo chr hybrid memenuhi semua kriteria yang anda mau
tapi
.
.
.
.
.
ngambilnya 3 taon lagi

tapi
.
.
.
.
.
ngambilnya 3 taon lagi

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Apr 06, 2021 2:58
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Kalau lihat dr semua kriteria yg paling memenuhi syarat yah Honda HRV om. Terlepas dr bbrp issue, jelas HRV lbh reliable & mudah maintenance dibandingkan kandidat lainnya spt Trax, X1 & Focus. Selama pemakaian HRV saya slm 5 tahun ga pernah rewel sama sekali, masuk bengkel cuma utk perawatan rutin.
Lagipula dgn 300jt HRV bs dpt brand new sdgkan kandidat lainnya (diluar raize) hanya dpt used. Mobil baru jelas lbh peace of mind. Ada masalah msh ada warranty.
Kriteria lainnya fun to drive, ukuran compact, rata lantai, irit bbm, gc tinggi semuanya checked. Makanya saya bingung kenapa HRV dicoret pdhal jelas2 memenuhi semua kriteria.
Lagipula dgn 300jt HRV bs dpt brand new sdgkan kandidat lainnya (diluar raize) hanya dpt used. Mobil baru jelas lbh peace of mind. Ada masalah msh ada warranty.
Kriteria lainnya fun to drive, ukuran compact, rata lantai, irit bbm, gc tinggi semuanya checked. Makanya saya bingung kenapa HRV dicoret pdhal jelas2 memenuhi semua kriteria.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Kalau mau angkut sepeda di DALAM mobil, Sienta udh bener. Amaze juga gara2 dive-in seatnya itu...erwinign wrote: Sun May 23, 2021 7:27 Paling bener udah sienta om.
Sering maen sepeda =
- Butuh yg deknya rendah dan rata
- Sienta punya 3rd row dive-in seat jadi dek bagasi pasti rata pas dilipet
Option lain ya freed seken
- Dek rata dan rendah kaya sienta
- Capt seat = poin +++ dr sienta, di aisle row 2 bs leluasa taruh sepeda yg non lipet
- Setir enteng (banget), sienta blm pernah rasain seberapa enteng
- Visibility sangat sangat sangat sangat bagus
- Irit ya begitulah freed/sienta, jgn berharap banyak sama roti tawar mini wkwkwkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Sienta tipe V
Hal-hal yang jadi pertimbangan:
- fun to drive (setir tidak berat, responsif, visibilitas bagus, etc) --> Sienta tipe V yg manual 6 speed maju --> responsif --> setir ringan
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda --> sangat jelas.. Dan meski dilipat rata lantai itu tanpa mengurangi tinggi dari dek bawah ke plafon lho.. juara..
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m supaya mudah nyempil di jalanan Jakarta apalagi kalo someday ketemu gang buntu
--> Yes masih dibawah 4,2m
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
--> Yaa.. selama make jarang banget mentok sih pake pelek stdnya yg R16. Biar tinggi lagi bisa ganti bannya pake profil 55
- irit BBM
--> Yes terutama yang versi improvement (box filter udara sudah di belakangnya headlamp). Yg cvt bisa 1:12an kalo yg manual sptnya bisa lebih dari itu
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
--> Yes: keyless, AC digital auto climate, 3 airbag, headunit kenwood bisa mirroring bisa browsing2 pake wifi bisa bluethoot plus pengaturan audionya bagus, rem cakram belakang, slidding door electric.
- maintenance tidak rewel
--> Penyakitnya sih tensioner.. tp yg versi improvement sptnya sudah pake yg bagusan.
- 5 seater
--> hmm tinggal dicopot aja jok belakangnya jadi 5 seater deh.. heheheh apalagi sienta di jepang memang ada versi 5 seaternya.
Hal-hal yang jadi pertimbangan:
- fun to drive (setir tidak berat, responsif, visibilitas bagus, etc) --> Sienta tipe V yg manual 6 speed maju --> responsif --> setir ringan
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda --> sangat jelas.. Dan meski dilipat rata lantai itu tanpa mengurangi tinggi dari dek bawah ke plafon lho.. juara..
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m supaya mudah nyempil di jalanan Jakarta apalagi kalo someday ketemu gang buntu
--> Yes masih dibawah 4,2m
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
--> Yaa.. selama make jarang banget mentok sih pake pelek stdnya yg R16. Biar tinggi lagi bisa ganti bannya pake profil 55
- irit BBM
--> Yes terutama yang versi improvement (box filter udara sudah di belakangnya headlamp). Yg cvt bisa 1:12an kalo yg manual sptnya bisa lebih dari itu
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
--> Yes: keyless, AC digital auto climate, 3 airbag, headunit kenwood bisa mirroring bisa browsing2 pake wifi bisa bluethoot plus pengaturan audionya bagus, rem cakram belakang, slidding door electric.
- maintenance tidak rewel
--> Penyakitnya sih tensioner.. tp yg versi improvement sptnya sudah pake yg bagusan.
- 5 seater
--> hmm tinggal dicopot aja jok belakangnya jadi 5 seater deh.. heheheh apalagi sienta di jepang memang ada versi 5 seaternya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Iya dah om, sienta ini practicalnya walaupun ga sebagus freed cuma ketolong di dive in seat itu di samping row 2 yg buka capt seat (ini kalahnya sienta sama freed ya di jenis kursi row 2 ini). Freed kursi row 3nya model lipet atas kaya innova jd no problem sih, deknya masih rata jatuhnya kl posisi dilipet, jadi tetep ringkes.alvin23 wrote: Sun May 23, 2021 13:29Kalau mau angkut sepeda di DALAM mobil, Sienta udh bener. Amaze juga gara2 dive-in seatnya itu...erwinign wrote: Sun May 23, 2021 7:27 Paling bener udah sienta om.
Sering maen sepeda =
- Butuh yg deknya rendah dan rata
- Sienta punya 3rd row dive-in seat jadi dek bagasi pasti rata pas dilipet
Option lain ya freed seken
- Dek rata dan rendah kaya sienta
- Capt seat = poin +++ dr sienta, di aisle row 2 bs leluasa taruh sepeda yg non lipet
- Setir enteng (banget), sienta blm pernah rasain seberapa enteng
- Visibility sangat sangat sangat sangat bagus
- Irit ya begitulah freed/sienta, jgn berharap banyak sama roti tawar mini wkwkwkwkwk
NAHH yg bingungin ini mau angkut sepeda tapi ngga mau 3 rows sih, krn sepenglihatan saya mobil 2 row itu rata2 ya dek bagasinya relatif tinggi2, dan fleksibilitas kursinya biasa aja krn memang orientasi bentuk, fungsi dasarnya bukan buat angkut2 barang banyak/rombongan. Tp ini ga dispesifikin sih sepeda yg dipake itu lipet/non lipet, kl ada non lipetnya sih merem antara sienta sama freed. Budget sisa buanyak bs buat rapih2, panjang pol2an di 4.1-4.2m, masih bisa blusuk2 gang tapi tetep visibility bagus dan akomodasi oke krn dek rendah dan (terhitung) hi roof. Mobil 2 rows rata2 atapnya merendah ke belakang ditambah dek yg mayan tinggi (bibir bagasi juga tinggi).
Dg catetan nggak masalah sama tahun (freed paling muda awal 2016 kalo dapet) saya masukin freed dan choose freed
Maaf om TS, saya ngawang2 kl butuh akomodasi buesar dg panjang maks 4,2m pilihan saya tidak lain dan tidak bukan = Grenmek minibus/Luxio X, ini mau angkut aerox ngab-ers 2 biji aja hayukk, angkut rombongan anak SD/ibu2 kondangan hayuk, sama atepnya tinggi

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Apa yaa... ane jg bingung... sebenernya bener kata oom2 di sini sih 300 jt yg practical dan disetirin msh enak plus fitur2 cukup kumplit itu HaeRPi. Tapi ya kalo oom TS sendiri udh gak sreg ya jangan.
Sienta boleh, luas, dimensi msh kompak, cuma disetirin mungkin gak seenak HRV Scross dkk.
Paling KIA Seltos oom. Kalo budget 300an pas ya ambil tipe terendah dgn resiko fitur kopong. Kl bisa up budget ke 350an bisa ambil top trim yg fiturnya dah kumplit. Disetirin cukup enak, akomodasi cukup luas, angkut sepeda asalkan sepeda lipat jg bisa.
Di sini ane asumsi sepedanya sepeda lipat ya oom, soalnya di opsi oom ada Trax X1 focus yg mana mobil2 tsb gamungkin angkut sepeda non lipat.
Sienta boleh, luas, dimensi msh kompak, cuma disetirin mungkin gak seenak HRV Scross dkk.
Paling KIA Seltos oom. Kalo budget 300an pas ya ambil tipe terendah dgn resiko fitur kopong. Kl bisa up budget ke 350an bisa ambil top trim yg fiturnya dah kumplit. Disetirin cukup enak, akomodasi cukup luas, angkut sepeda asalkan sepeda lipat jg bisa.
Di sini ane asumsi sepedanya sepeda lipat ya oom, soalnya di opsi oom ada Trax X1 focus yg mana mobil2 tsb gamungkin angkut sepeda non lipat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Kalo saya vote sienta. Paling memenuhi kriteria , kalo gamau yg 5 seater bisa lirik HRV, karena biarpun ada issue yg macem2, mobilnya termasuk all rounder, bagasi dan row 2 lega + storage juga banyak + fitur juga lumayan lengkap menurut saya walaupun bq dan road noisenya agak kurang menurut saya buat mobil 300jtan hehehe. Atau kalo alternatif bisa lirik raize, sepertinya juga masuk kriteriaapplecart wrote: Sat May 22, 2021 14:16 Hi para sesepuh SM,
Saya mau beralih ke mobil dengan kargo yang lebih besar supaya mudah bawa sepeda ketika weekend. Budget saya 300jt
Hal-hal yang jadi pertimbangan:
- fun to drive (setir tidak berat, responsif, visibilitas bagus, etc)
- bagasi kalau dilipat rata lantai biar mudah masuk sepeda
- dimensi tidak terlalu panjang kalo bisa di bawah 4,2m supaya mudah nyempil di jalanan Jakarta apalagi kalo someday ketemu gang buntu
- ground clearance tinggi supaya pede dibawa ke mana pun menerjang macem-macem medan
- irit BBM
- fitur komplit (sunroof tidak masalah, tapi auto AC, auto headlamp, headunit touchscreen etc sangat praktis)
- maintenance tidak rewel
- 5 seater
Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Yang sudah di-cross dari list:
- Hyundai Kona (feel pedal rem-nya aneh, harus injek sangat dalam)
- Suzuki SX4 S-Cross (setir berat, cukup lemot)
- Honda HRV (saya baca di forum ini sepertinya banyak issue, juga fitur biasa saja)
- KIA Sonet 5 seater (bagasi tidak rata lantai)
- Honda City hatchback (ground clearance terlalu rendah)
Appreciate your suggestions either dari antara list di atas atau ada yang lainnya, thank you semuanya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
BMW X1 aja .. mudah, murah 200 jt ud dapet, perawatan gampang, sparepart ready stock, bengkel dimana2, fun to drive . Draiping pleisurapplecart wrote: Sat May 22, 2021 14:16 Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Keren lg.. dipandang orang, keren tersohorrr. Jangankan muat bawa sepeda. Sepeda ente malah dibawain sama satpam, kang parkir, belboll hotel, you named it. Ga usah taro2 dimobil lg, ngapain lah kek orang susah ...
Yang penting kg membandingkan isi dompet sendiri vs isi dompet orang laen kan? Lmfao


S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
udah gitu peace of mind lagi. jadi banyak sedekah. bikin ati nyamanKielConstantine wrote: Mon May 24, 2021 2:57BMW X1 aja .. mudah, murah 200 jt ud dapet, perawatan gampang, sparepart ready stock, bengkel dimana2, fun to drive . Draiping pleisurapplecart wrote: Sat May 22, 2021 14:16 Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Keren lg.. dipandang orang, keren tersohorrr. Jangankan muat bawa sepeda. Sepeda ente malah dibawain sama satpam, kang parkir, belboll hotel, you named it. Ga usah taro2 dimobil lg, ngapain lah kek orang susah ...
Yang penting kg membandingkan isi dompet sendiri vs isi dompet orang laen kan? Lmfao![]()
![]()
sedekah ke bengkel dan toko spare part
sedekah wang roko dan es ke mekanik
sedekah wang parkir bengkel

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3036
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
ChZ wrote: Mon May 24, 2021 3:03udah gitu peace of mind lagi. jadi banyak sedekah. bikin ati nyamanKielConstantine wrote: Mon May 24, 2021 2:57BMW X1 aja .. mudah, murah 200 jt ud dapet, perawatan gampang, sparepart ready stock, bengkel dimana2, fun to drive . Draiping pleisurapplecart wrote: Sat May 22, 2021 14:16 Sejauh ini yang masih jadi pertimbangan:
- Chevrolet Trax
- Toyota Raize (tapi ini entah kapan delivery-nya)
- BMW X1
- Ford Focus hatchback
Keren lg.. dipandang orang, keren tersohorrr. Jangankan muat bawa sepeda. Sepeda ente malah dibawain sama satpam, kang parkir, belboll hotel, you named it. Ga usah taro2 dimobil lg, ngapain lah kek orang susah ...
Yang penting kg membandingkan isi dompet sendiri vs isi dompet orang laen kan? Lmfao![]()
![]()
sedekah ke bengkel dan toko spare part
sedekah wang roko dan es ke mekanik
sedekah wang parkir bengkel
![]()

Peace of mind & engage your life ..
Ky slogannya sujuki .. “way of life..”
Skali ngadep bengkel, gesek debit card kluar duit 5 jt .. easy lah.. cuma uang receh. Kasih tip ke satpam jasa bawain sepeda tinggal kasih goban..
Isi full tank pertamax turbo abis 600rb
Masuk jalur buss way ditahan polisi, tinggal kasih 100rebu lewatt..
Cincay lah cuma uang recehhhhh

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:14
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Terima kasih semuanya atas respon dan masukannya.
Kebetulan weekend kemarin nyoba bawa Sienta seharian (ada aplikasi namanya Share Car dan pilihan armadanya mayoritas Sienta). Setirnya berat, tapi entah apakah ini karena unitnya yang bermasalah atau memang seperti itu feel setirnya, karena kok saya baca di sini pada bilang Sienta ringan setirnya. Yang juga mengherankan belum equip dengan kamera mundur?
Iya ini sejujurnya yang jadi faktor pertimbangan negatif kayaknya kalo ambil yang nuansa-nuansa mewah alamat bakal banyak pengeluaran buat jaga gengsi, semua ongkos pasti naik harus ngasi tip macem-macem.KielConstantine wrote: Mon May 24, 2021 2:57 BMW X1 aja .. mudah, murah 200 jt ud dapet, perawatan gampang, sparepart ready stock, bengkel dimana2, fun to drive . Draiping pleisur
Keren lg.. dipandang orang, keren tersohorrr. Jangankan muat bawa sepeda. Sepeda ente malah dibawain sama satpam, kang parkir, belboll hotel, you named it. Ga usah taro2 dimobil lg, ngapain lah kek orang susah ...
Yang penting kg membandingkan isi dompet sendiri vs isi dompet orang laen kan? Lmfao![]()
![]()
Kebetulan weekend kemarin nyoba bawa Sienta seharian (ada aplikasi namanya Share Car dan pilihan armadanya mayoritas Sienta). Setirnya berat, tapi entah apakah ini karena unitnya yang bermasalah atau memang seperti itu feel setirnya, karena kok saya baca di sini pada bilang Sienta ringan setirnya. Yang juga mengherankan belum equip dengan kamera mundur?
Raize saya memang sudah booking tapi entah kapan bakalan dapat unit-nya karena order yang TSS. Sampai oleh sales-nya saja disarankan untuk tukar ke yang GR aja.Pboyz97 wrote: Sun May 23, 2021 16:50 Kalo saya vote sienta. Paling memenuhi kriteria , kalo gamau yg 5 seater bisa lirik HRV, karena biarpun ada issue yg macem2, mobilnya termasuk all rounder, bagasi dan row 2 lega + storage juga banyak + fitur juga lumayan lengkap menurut saya walaupun bq dan road noisenya agak kurang menurut saya buat mobil 300jtan hehehe. Atau kalo alternatif bisa lirik raize, sepertinya juga masuk kriteria
Belum pernah bawa XL7, apakah enak atau sama dengan SX4 ya Oom? Saya sudah sempat lirik juga, sangat menarik memang XL7, sayang 7 seater.leogalih wrote: Sun May 23, 2021 6:55 Kalau Ertiga All New atau XL7 dengan GC yang lebih tinggi gimana?
Jok kalau dilipat memang tidak rata lantai, tapi kalau row 2 dan 3 dilipat jadi full rata, bisa masukin sepeda tanpa dibongkar rodanya.. Kalau row 3 yang dilipat masih bisa muat sepeda dengan roda dilepas.
Setir enteng, irit bbm, AC auto, headlight belum auto.
XL7 masih ada roof rail just in case punya bike rack yang di roof rail. Dengan bujet yang ada masih ada kembalian buat upgrade atau nambah sepeda, dan dapat mobil baru ga pusing maintenance..
Pengalaman saya pernah punya CR-V dulu 2008 sampai 2013, engine mounting-nya sudah rusak di tahun ke-5 ketika ga lagi di-cover garansi. Makanya engga terlalu silau dengan merk Honda. Saya ga tahu apakah sekarang skema garansinya sudah beda.Profith83 wrote: Sat May 22, 2021 16:06 Tetap pilih Honda HRV.
Tidak semua kena problem
Apabila kena problem ada garansi.
Pengalaman garansi Honda cukup OK.
Pernah ganti master rem sampai 4x free semua
Pernah ganti lower arm di thn ke 5 free karena beli perpanjangan garansi
Kualitas mobil Honda cukup bagus. Pemakaian normal per thn 10rb KM, bisa dipakai 7 sd 8 thn tanpa ganti part.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Biasanya kalau nyari mobil buat angkut sepeda carinya yang segede mungkin om, hehehe. Supaya bisa masuk plong tanpa bongkar wheelset. Jadinya pilihannya paling engga yang 3row om..applecart wrote: Tue May 25, 2021 10:58 Terima kasih semuanya atas respon dan masukannya.
Iya ini sejujurnya yang jadi faktor pertimbangan negatif kayaknya kalo ambil yang nuansa-nuansa mewah alamat bakal banyak pengeluaran buat jaga gengsi, semua ongkos pasti naik harus ngasi tip macem-macem.KielConstantine wrote: Mon May 24, 2021 2:57 BMW X1 aja .. mudah, murah 200 jt ud dapet, perawatan gampang, sparepart ready stock, bengkel dimana2, fun to drive . Draiping pleisur
Keren lg.. dipandang orang, keren tersohorrr. Jangankan muat bawa sepeda. Sepeda ente malah dibawain sama satpam, kang parkir, belboll hotel, you named it. Ga usah taro2 dimobil lg, ngapain lah kek orang susah ...
Yang penting kg membandingkan isi dompet sendiri vs isi dompet orang laen kan? Lmfao![]()
![]()
Kebetulan weekend kemarin nyoba bawa Sienta seharian (ada aplikasi namanya Share Car dan pilihan armadanya mayoritas Sienta). Setirnya berat, tapi entah apakah ini karena unitnya yang bermasalah atau memang seperti itu feel setirnya, karena kok saya baca di sini pada bilang Sienta ringan setirnya. Yang juga mengherankan belum equip dengan kamera mundur?
Raize saya memang sudah booking tapi entah kapan bakalan dapat unit-nya karena order yang TSS. Sampai oleh sales-nya saja disarankan untuk tukar ke yang GR aja.Pboyz97 wrote: Sun May 23, 2021 16:50 Kalo saya vote sienta. Paling memenuhi kriteria , kalo gamau yg 5 seater bisa lirik HRV, karena biarpun ada issue yg macem2, mobilnya termasuk all rounder, bagasi dan row 2 lega + storage juga banyak + fitur juga lumayan lengkap menurut saya walaupun bq dan road noisenya agak kurang menurut saya buat mobil 300jtan hehehe. Atau kalo alternatif bisa lirik raize, sepertinya juga masuk kriteria
Belum pernah bawa XL7, apakah enak atau sama dengan SX4 ya Oom? Saya sudah sempat lirik juga, sangat menarik memang XL7, sayang 7 seater.leogalih wrote: Sun May 23, 2021 6:55 Kalau Ertiga All New atau XL7 dengan GC yang lebih tinggi gimana?
Jok kalau dilipat memang tidak rata lantai, tapi kalau row 2 dan 3 dilipat jadi full rata, bisa masukin sepeda tanpa dibongkar rodanya.. Kalau row 3 yang dilipat masih bisa muat sepeda dengan roda dilepas.
Setir enteng, irit bbm, AC auto, headlight belum auto.
XL7 masih ada roof rail just in case punya bike rack yang di roof rail. Dengan bujet yang ada masih ada kembalian buat upgrade atau nambah sepeda, dan dapat mobil baru ga pusing maintenance..
Pengalaman saya pernah punya CR-V dulu 2008 sampai 2013, engine mounting-nya sudah rusak di tahun ke-5 ketika ga lagi di-cover garansi. Makanya engga terlalu silau dengan merk Honda. Saya ga tahu apakah sekarang skema garansinya sudah beda.Profith83 wrote: Sat May 22, 2021 16:06 Tetap pilih Honda HRV.
Tidak semua kena problem
Apabila kena problem ada garansi.
Pengalaman garansi Honda cukup OK.
Pernah ganti master rem sampai 4x free semua
Pernah ganti lower arm di thn ke 5 free karena beli perpanjangan garansi
Kualitas mobil Honda cukup bagus. Pemakaian normal per thn 10rb KM, bisa dipakai 7 sd 8 thn tanpa ganti part.
Sayapun juga senang sepedahan om.
Pengalaman mobil (yang pernah saya pake) yang paling enak buat angkut sepeda menurut saya Gren Mex om, tapi ya ga ada fun to drive sama sekali, basic aja, hahahaha... Pernah muat 7 sepeda plus 5 orang lesehan, hahaha..
Lalu Grand Vitara, di kabin belakang banyak cantolan cargo, bisa dimanfaatin buat nyantolin tali pengikat sepeda biar ga goyang goyang, kondisi sepeda yang masuk kabin lepas roda ya, bisa muat 2 sepeda kalau lepas roda. Satu lagi ban cadangan gran vitara yang model konde bisa dimanfaatin gantungin bike rack juga
Lalu Ertiga dan XL7, kursi row 2 dan 3 dilipet,. Jadinya bisa rata tinggal masukin aja sepedanya tiduran tanpa bongkar roda (satu sepeda)
Mungkin perlu diperjelas lagi om, sepeda yang dipakai apa? Apakah sepeda lipat, atau sepeda biasa (Road atau MTB)..
Sebenernya mobil apa aja bisa buat angkut sepeda, tinggal omnya aja sukanya aja yang mana..
Angkut sepedapun juga ga harus masuk kabin, bisa pake bike rack gendong, bike rack di towing bar ataupun bike rack di roofrail..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
rendr wrote: Sun May 23, 2021 6:28 Maintenance ga rewel tp milih ford focus over SX4 / HRV? Apa sudah yakin betul survey ke bbrp toko parts / bengkel?
Ga kebalik yah listnya hehehehehe
Kenikmatan semu aja itu....
Kalo Tiguan masih make sense deh.. even DSG, dia DQ250 wet clutch.. masih reliable...

demen dah....
di kijang n fortuner gw merasa hepi....
pake merci itu hanya mata aja luarnya...gak berasa enjoy...bikin beban aja...semu
klo pun ada lagi malas pakenya....
walo dirumah perempuan sudah ada obrolan CLA 45 AMG S...itu trs dibahas....gw bilangin bagus yaris GR...

ogah gw pakenya....walo kbanyakan org merasa keren pake mobil gituan...norak banget...gw sih biasa aja..
gak bisa semau gw pake sih....seradak seruduk terbang....parkir setir belok...matiin mesin ac idup....parkir mentok trotoar...yahh masa bodo teing....yang penting gw COOL CALM n CONFIDENT
btw...
kijang disel buat kargo top....
jangan kan sepeda...kulkas aja bisa gampang masuk...
klo buat kargo ya jangan tanggung....
pasang pigibak...beuhhhhh.....nyengserr booooowwww....fun drive...enak mobil kargo RWD bisa kepotin buang buntut lg pedal to pretttt jarum nyender pojok kanan bawah....
skrg tuner udah gape di kijang...
yahhhh.....
selain itu semua hanya semu....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Rekomendasi mobil 300jt fun to drive kargo besar
Hahaha pas ts sebut trax buat bawa sepeda si saya agak ngakak. Bagasi nya imut om...
Kalau udah harga 300 si mending sekalian mid suv / mpv om. Nyetir mobil panjang 4.5 - 4.6 masih termasuk gampang di jakarta kok.
Ada almaz, fitur lengkap tapi boros bbm....
ada anki G, bagasi luas, irit bbm tapi fitur seadanya dan 7 seater....
Kalau mobil kecil si saya vote hrv dan sienta juga.
Saya pake hrv 5 tahun cuma kena masalah umum di kaki kaki dan road noise di tol berisik.
Kalau udah harga 300 si mending sekalian mid suv / mpv om. Nyetir mobil panjang 4.5 - 4.6 masih termasuk gampang di jakarta kok.
Ada almaz, fitur lengkap tapi boros bbm....
ada anki G, bagasi luas, irit bbm tapi fitur seadanya dan 7 seater....
Kalau mobil kecil si saya vote hrv dan sienta juga.
Saya pake hrv 5 tahun cuma kena masalah umum di kaki kaki dan road noise di tol berisik.