







Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
SUV eropa apa om ? GLC ? Wkwkwk....sugarpot wrote: Sat May 01, 2021 8:51 Lagi,lagi dan lagi kedua rival abadi SUV ladder frame selalu dibahas dan tentunya masing-masing punya fanboy garis keras.Di sore hari ini ane kepikiran mengajukan pertanyaan di kepala ane,misalkan punya duit sekitar 600 jt dan pilihannya jatuh diantara fortuner facelift 2021 dengan pajero facelift 2021 pilihan suhu” SM-ers akan jatuh kemana ? Banyak yang bilang bahwa fortuner 2gd tidak seperkasa 2kd,dimana pada saat ini ane juga masih pakai 2kd dan sebetulnya cukup oke mobilnya selain perpindahan giginya yang bego terutama pada saat gigi 3 ke gigi 4 dimana kerasa banget jeblok rpm mesin kalo posisi transmisi di “D”
.Back to topic,pada saat ini fortuner punya trim paling laku TRD sportivo dan pajero dengan 4x2 dakar, sehingga setelah ane kerucutkan dari segi gimmick pajero dan fortuner beda tipis saja karena kebanyakan orang beli pajero bukan tipe dakar ultimate dan kick sensor pada fortuner juga bukanlah suatu keunggulan karena setelah melihat banyak review bertebaran rata”setuju bahwa kick sensor untuk fortuner tidak sensitif.Sehingga bila dikerucutkan lagi sebetulnya perbedaan fortuner trd dengan pajero dakar hanya sebatas model yang mana itu sangat subjektif,suspensi dimana bedanya fortuner lebih keras daripada pajero yang digadang” jauh lebih nyaman,dan yang menarik dan paling seru dibahas menurut ane adalah perbedaan mesin,dimana fortuner memang secara kertas jauh lebih kecil namun torsinya lebih cepat diraih sehingga fortuner lebih enak untuk stop & go sedangkan pajero sport lebih unggul untuk rpm tinggi.Banyak juga yang mereview bahwa rpm bawah pajero terasa underpower sehingga ane ingin bertanya kepada suhu” SM-ers apakah seunderpower itu ? Kiranya itu saja pertanyaan ane sehingga nantinya ane harapkan bisa membantu kawan” SM yang masih bingung untuk memilih diantara kedua rival abadi tersebut dan tentunya masukan untuk ane yang lagi galau untuk menjual SUV eropa dirumah dikarenakan gak cocok sama gaya nyetir ane yang HAJAR BLEH hahahahhaa maklum gan kalo mobil eropa dipake gradak gruduk lebih riskan ada sensor yang nyala dan itu artinya DUIT LAGI DUIT LAGI
![]()
![]()
...Dimohon juga untuk warga SM tidak merekomendasikan IPAH DISEL
![]()
![]()
![]()
GLC terlalu baru omKielConstantine wrote: Sat May 01, 2021 10:13SUV eropa apa om ? GLC ? Wkwkwk....
Ane preferensi fortuner facelift sih. Mostly karena suka aj sama modelnya. Tjakep
Kalo urusan engine. Dua2nya sama aja lah ... safety limit max 300 hp palingan (kalo nekat). Ud pake ganti turbo sgala. Transmisi pada kg kuat. No help....
Lebih enak dakar 4N15 malah.. modal remap + downpipe + filter replacement bs dpt 260-270 hp. Kg perlu ganti2 turbo.
Ooo X1 ... sama aja itu sensor rusak mulu.. wakakaka.sugarpot wrote: Sat May 01, 2021 10:38GLC terlalu baru omKielConstantine wrote: Sat May 01, 2021 10:13SUV eropa apa om ? GLC ? Wkwkwk....
Ane preferensi fortuner facelift sih. Mostly karena suka aj sama modelnya. Tjakep
Kalo urusan engine. Dua2nya sama aja lah ... safety limit max 300 hp palingan (kalo nekat). Ud pake ganti turbo sgala. Transmisi pada kg kuat. No help....
Lebih enak dakar 4N15 malah.. modal remap + downpipe + filter replacement bs dpt 260-270 hp. Kg perlu ganti2 turbo.,ane lagi coba e84 saat ini.Tapi 4N15 cenderung lebih boros gak sih gan ? Memang gak terlalu jomplang sih per km/l-nya tapi kalo untuk longtrip kan yang sedikit itu bisa jadi banyak
![]()
Makanya gan sebelum penyakitan ada niatan untuk dilepasKielConstantine wrote: Sat May 01, 2021 10:13
Ooo X1 ... sama aja itu sensor rusak mulu.. wakakaka.
Dulu seh member sini, pernah ada yg bilang dakar 4N15 lebih boros drpd fortuner 2gd (kondisi sama2 bone stock). Paling beda 1-2 km/l aj![]()
Hahahaha kalo ngomongin ipah jadi selalu inget ini lagi di forum SM HAHAHHAHAA ,yang baru jelek modelnya tapi ya omwhitehorse4 wrote: Sat May 01, 2021 20:41 Lebih suka model fortuner sih, interior juga kerasa lebih mewah
Kalo urusan nyaman sih..
lebih nyaman innova
#kabur
Kalo untuk pajero katanya jauh lebih empuk gan yang 2021 ini,bahkan kata salah satu reviewer lebih empuk dari LCHarchi wrote: Sun May 02, 2021 2:00 +1 buat fortie. Secara design, spek n angka2 di brosur ane sih bakal milih pajero sport, tapi setelah numpang enakan fortuner. Ada ipar ane awalnya pake dakar dr 2017, skrg malah ganti ke fortie trd fl. 1 lagi sepupu istri beli dakar 2019, dipake setahun ga puas karena anaknya mual terus, ganti ke fortie trd jg. Dua2nya komen lebih nyaman fortie n ga bikin yg numpang mabukan
Kalo ini ane setuju gan,ntah kenapa kalo liat pajero baru ini ingetnya xpander terus beda rasanya kalo liat C class yang rasanya liat E classblack2345 wrote: Sun May 02, 2021 3:43 +1 buat fortie..
entah kenapa lebih demen desain fortie yg keliatan timeless dibandingkan pasport.. memang keren sih pasport, macho designnya.. tapi design beginian biasanya malah bikin gampang bosen, apalagi kalau fl-nya keluar, bakal kelihatan jadul..
Remnya kenapa gan ? Apa kedodoran ngimbangin mobilnya ?untuk 2KD aja menurut ane rem bawaannya kedodoran bangetkunaskun wrote: Sat May 01, 2021 13:33 Test Drive saja, keduanya sama "bagusnya". kalau saya si si masih pilih ANF. karena ANPJS edisi awal saya TD itu bikin mabok, karena terlalu ngayun, juga transmisi responnya ga "linear" dan remnya begitulah.
Ga salah empukan fortuner?Pboyz97 wrote: Mon May 03, 2021 4:39 Test drive keduanya aja om. Dua duanya sama2 bagus kok. ANF menang di bantingan suspensi yg lebih empuk dan nyaman, sedangkan ANPS menang di transmisi 8 speed AT nya, driving feel dan handling. Tergantung om lebih prefer yg mana aja. Kalo om nyari kenyamanan, vote for ANF, tapi kalo om lebih prefer fun to drive, dan handling, vote ANPS
Betul, VRZ TRD lebih keras secara suspensi dan jok, kurang nyaman kalo buat perjalanan jauhricz wrote: Wed May 05, 2021 1:43Ga salah empukan fortuner?Pboyz97 wrote: Mon May 03, 2021 4:39 Test drive keduanya aja om. Dua duanya sama2 bagus kok. ANF menang di bantingan suspensi yg lebih empuk dan nyaman, sedangkan ANPS menang di transmisi 8 speed AT nya, driving feel dan handling. Tergantung om lebih prefer yg mana aja. Kalo om nyari kenyamanan, vote for ANF, tapi kalo om lebih prefer fun to drive, dan handling, vote ANPS
saya pernah nyoba anps dan itu mobil empuknya kira2 mirip innova reborn, en fortuner vrz lebi keras dr reborn.... kalo definisi nyaman itu ga oleng kaya kapal, nah fortuner lebi stabil dr anps, tapi kalo empuk2an sih tetap megang anps yahhh
Iya ric, empukkan fortuner, udah pernah TD keduanya juga. Dan abis test drive VRZ, begitu balik ke cx5 gen 1, bokap bilang kalo CX5 gen 1 kerasnya kaya batu itu bantingan suspensinya. Kalo ANPS sih menurut saya lebih ke fun to drive dan handling, tapi kalo ANF sih menurut saya masih lebih empuk bantingan suspensinya dan cukup nyaman buat ukuran suv ladder frame. Pas nyoba ANPS justru bantingan suspensinya kerasa agak keras, cuma kalo soal driving feel dan handling, ANPS lebih baik dibanding ANFricz wrote: Wed May 05, 2021 1:43Ga salah empukan fortuner?Pboyz97 wrote: Mon May 03, 2021 4:39 Test drive keduanya aja om. Dua duanya sama2 bagus kok. ANF menang di bantingan suspensi yg lebih empuk dan nyaman, sedangkan ANPS menang di transmisi 8 speed AT nya, driving feel dan handling. Tergantung om lebih prefer yg mana aja. Kalo om nyari kenyamanan, vote for ANF, tapi kalo om lebih prefer fun to drive, dan handling, vote ANPS
saya pernah nyoba anps dan itu mobil empuknya kira2 mirip innova reborn, en fortuner vrz lebi keras dr reborn.... kalo definisi nyaman itu ga oleng kaya kapal, nah fortuner lebi stabil dr anps, tapi kalo empuk2an sih tetap megang anps yahhh
Coba SUV diesel korea Om.. baru release tuh 2 macemsugarpot wrote: Sat May 01, 2021 8:51 Lagi,lagi dan lagi kedua rival abadi SUV ladder frame selalu dibahas dan tentunya masing-masing punya fanboy garis keras.Di sore hari ini ane kepikiran mengajukan pertanyaan di kepala ane,misalkan punya duit sekitar 600 jt dan pilihannya jatuh diantara fortuner facelift 2021 dengan pajero facelift 2021 pilihan suhu” SM-ers akan jatuh kemana ? Banyak yang bilang bahwa fortuner 2gd tidak seperkasa 2kd,dimana pada saat ini ane juga masih pakai 2kd dan sebetulnya cukup oke mobilnya selain perpindahan giginya yang bego terutama pada saat gigi 3 ke gigi 4 dimana kerasa banget jeblok rpm mesin kalo posisi transmisi di “D”
.Back to topic,pada saat ini fortuner punya trim paling laku TRD sportivo dan pajero dengan 4x2 dakar, sehingga setelah ane kerucutkan dari segi gimmick pajero dan fortuner beda tipis saja karena kebanyakan orang beli pajero bukan tipe dakar ultimate dan kick sensor pada fortuner juga bukanlah suatu keunggulan karena setelah melihat banyak review bertebaran rata”setuju bahwa kick sensor untuk fortuner tidak sensitif.Sehingga bila dikerucutkan lagi sebetulnya perbedaan fortuner trd dengan pajero dakar hanya sebatas model yang mana itu sangat subjektif,suspensi dimana bedanya fortuner lebih keras daripada pajero yang digadang” jauh lebih nyaman,dan yang menarik dan paling seru dibahas menurut ane adalah perbedaan mesin,dimana fortuner memang secara kertas jauh lebih kecil namun torsinya lebih cepat diraih sehingga fortuner lebih enak untuk stop & go sedangkan pajero sport lebih unggul untuk rpm tinggi.Banyak juga yang mereview bahwa rpm bawah pajero terasa underpower sehingga ane ingin bertanya kepada suhu” SM-ers apakah seunderpower itu ? Kiranya itu saja pertanyaan ane sehingga nantinya ane harapkan bisa membantu kawan” SM yang masih bingung untuk memilih diantara kedua rival abadi tersebut dan tentunya masukan untuk ane yang lagi galau untuk menjual SUV eropa dirumah dikarenakan gak cocok sama gaya nyetir ane yang HAJAR BLEH hahahahhaa maklum gan kalo mobil eropa dipake gradak gruduk lebih riskan ada sensor yang nyala dan itu artinya DUIT LAGI DUIT LAGI
![]()
![]()
...Dimohon juga untuk warga SM tidak merekomendasikan IPAH DISEL
![]()
![]()
![]()
Pelit amat cuman 3 … moso kalah sama venturerzbiznatch wrote: Sun Oct 24, 2021 0:38 Saat ini sih fortuner GR sport udah dicoret. Deal breakernya karena airbags cuma 3 dan gak ada cruise control (sangat kepake di tol trans sumatera). Belum lagi kalo liat fitur2 lain kayak rem tangan yg masih manual dan tenaga yg di bawah rival.
kalo semuanya gak cocok mending jalan kaki aja om, lebih sehatbiznatch wrote: Sun Oct 24, 2021 0:38 Kebetulan lagi liat2 suv 600jt. Rute perjalanan luar kota di sumatera dan sesekali lewat tol trans sumatera buat ke pulau jawa.
Saat ini sih fortuner GR sport udah dicoret. Deal breakernya karena airbags cuma 3 dan gak ada cruise control (sangat kepake di tol trans sumatera). Belum lagi kalo liat fitur2 lain kayak rem tangan yg masih manual dan tenaga yg di bawah rival.
Pajero dakar 4x2 minusnya row 2 yg gak bisa sliding (soalnya row 2 bakal diisi istri dan anak sementara row 3 dilipet) dan katanya terlalu empuk gampang bikin mabuk. Selain itu semuanya oke.
CRV prestige dari segi fitur dan kenyamanan lebih baik dibanding pajero. Tapi eksteriornya bosenin (facelift gak niat) dan driving position kurang commanding dibanding pajero (penting buat ngelibas jalan antar kota di sumatera yg banyak lubang dan banyak orang kampungan yg pake lampu silau pas malem)
CX5, santa fe, gak dulu deh. Dealernya mati suri di tempat saya.
SRZ/VRZ/GR cruise control ada om, cuma belum acc kayak di dakar ultimate.biznatch wrote: Sun Oct 24, 2021 0:38 Kebetulan lagi liat2 suv 600jt. Rute perjalanan luar kota di sumatera dan sesekali lewat tol trans sumatera buat ke pulau jawa.
Saat ini sih fortuner GR sport udah dicoret. Deal breakernya karena airbags cuma 3 dan gak ada cruise control (sangat kepake di tol trans sumatera). Belum lagi kalo liat fitur2 lain kayak rem tangan yg masih manual dan tenaga yg di bawah rival.
Pajero dakar 4x2 minusnya row 2 yg gak bisa sliding (soalnya row 2 bakal diisi istri dan anak sementara row 3 dilipet) dan katanya terlalu empuk gampang bikin mabuk. Selain itu semuanya oke.
CRV prestige dari segi fitur dan kenyamanan lebih baik dibanding pajero. Tapi eksteriornya bosenin (facelift gak niat) dan driving position kurang commanding dibanding pajero (penting buat ngelibas jalan antar kota di sumatera yg banyak lubang dan banyak orang kampungan yg pake lampu silau pas malem)
CX5, santa fe, gak dulu deh. Dealernya mati suri di tempat saya.
Yang dapat 7 airbags cuma trim 4x4, termasuk yg G.KielConstantine wrote: Sun Oct 24, 2021 1:47
Pelit amat cuman 3 … moso kalah sama venturerz
Fortuner 4x4 yang paling mahal airbagnya brapa ? Ud revisi pajak jadi murah neh
Om betul. setelah saya cek lagi ternyata mulai vrz udah ada CC.technoholic wrote: Sun Oct 24, 2021 12:34
SRZ/VRZ/GR cruise control ada om, cuma belum acc kayak di dakar ultimate.
Diatas kertas memang tenaga sama torsi dibawah 4N15, tapi untuk daily use di kota tenaga di rpm rendah enakan 2GD. Pakai dakar nginjek pedal gas musti lebih dalam biar ngacir.
Hmmm .. atau @TS coba nunggu giias bulan depan aja. Ada fortuner mesin 2.8 diesel kan 1GD ? Mungkin yg itu airbagsnya ud dapet 7 bijitechnoholic wrote: Sun Oct 24, 2021 12:34Yang dapat 7 airbags cuma trim 4x4, termasuk yg G.KielConstantine wrote: Sun Oct 24, 2021 1:47
Pelit amat cuman 3 … moso kalah sama venturerz
Fortuner 4x4 yang paling mahal airbagnya brapa ? Ud revisi pajak jadi murah neh
Setuju om, mustinya sih ya SRZ/VRZ/GR dapet 7 airbags juga.