Mobil ini saya pakai dari baru, dulu pilih Fortuner karena telanjur booking fee buat Voxy namun gara-gara inden nya lama jadinya ambil ini, sebelum ini saya pake Fortuner VNT Facelift TRD 2012 & CX-5 Facelift GT 2015, sebenernya dari dulu maunya ambil ANPS CKD 2017, tapi gara-gara kalau booking fee Voxy di cancel duit booking feenya hangus 100% jadi pilihan kedua ambil Fortuner VRZ 2GD ini. Fortuner VRZ ini saya ganti dengan Innova Venturer 2GD 2019 & CRV Turbo Prestige Facelift 2021 (Tunggu reviewnya nanti)
Exterior:
Menurut saya design Fortuner ini ganteng dan belum keliatan tua, dan kalo mau facelift ke model 2021 juga gk susah kok, di mgk udh bnyk juga yng jual paket faceliftnya. Untuk lampu Bi-LED nya menurut saya cukup bagus, jauh lebih terang dri Venturer yang sampah bngt, tapi tidak sebagus CX-5 Facelift GT, ya wajar sih, dan untuk bikin lebih terang lampu foglight nya saya ganti ke Philips X-Treme Ultinon jadi tambah joss lampunya. Tapi yang bikin kesel itu switch lampunya gk ada posisi OFF nya cuma ada Auto/Senja/Low beam/High beam.
Interior:
Untuk interior menurut saya interior VRZ lebih mewah dri ANPS, gara2 ada soft touch di dashboard & facia tengah. Namun saya rasa suara audio ANPS jauh lebih baik, dan jok ANPS juga lebih nyaman, tpi jok VRZ ini gk jelek kok + meterial kulitnya juga tidak selembut ANPS. Tapi saya rasa untuk telescopic stirnya kurang maju/jauh sedikit. Soal AC memang Toyota selalu juara, ACny dingin bngt, jauh lbh dingin dri CX-5 ato CRV skrng. Tapi emang msh Single zone Automatic Climate control vs ANPS/CX5/CRV yang udh dual zone. Satu penyakitnya biasa di VRZ ato Venturer ya itu adalah stir kulitnya yng ngelupas, saya punya baru 33rb KM udh mulai ngelupas, dan satu detail yang saya suka di VRZ ini adalah semua kacanya yng udh Auto dan 98% tombol2 nya udh ada backlightnya, sampe tombol2 AC di blkng & tombol2 kyk buat nyalain lampu interior juga ada backlightnya, namun kurang Ambient light aja kyk di Innova V & UP.
Driving Experience:
Untuk mobil yng umurnya 4thn 33rb KM cukup dikit gara2 banyak di pakenya di dalkot, buat bolak balik kantor aj, namun saya udh bawa Fortuner ini ke Bali 2x, Semarang & Jogya 2x dan lumayan sering juga ke Cirebon. Untuk di dalam kota sebenernya gk cocok pke Fortuner segede ini apa lgi klo mau msk jln sempit, ato mau bawa orang tua gara2 tinggi, + stirnya yang berat karena msh HPS, dan suspensinya yang cukup keras walau pun tdk sekeras suspensi TRD Fortuner saya dulu disini lbh empuk. Menurut saya kalo lebih sering di dalam kota mending ambil CRV/CX-5/X-trail dll karena lebih easy to drive, namun kalo di dlm kota pke Fortuner orang lebih mau ksh jln tanpa hrs di kalkson

Untuk mesin 2GD nya kalo di banding 2KD VNT, yng 2GD ini lebih minim geteran, lebih senyap, dan turbo lag lebih minim juga, namun mesin 2KD dulu saya rasa lebih fun dan sedikit lebih bertenaga, tapi gara2 transmisi yng 4AT nya aj yang lemot, bikin kurang enak, tapi transmisi 6AT di VRZ juga biasa2 aj, dulu juga pernah sempet ada jeduk 1-2 kali waktu pindah gigi 1 ke 2 tapi udh gk pernah lgi, dan klo temen2 yng ada Innova ato Fortuner diesel yng matik, klo susah/keras pindah gigi dri P ke D, saran saya sebelum parkir giginya di tarok di N dulu, terus tarik rem tangan baru mskin ke P. Untuk tenaga menurut saya 2GD ini biasa2 aj, jauh lebih enak ANPS kalo std, nah makanya saya tambah BRQ, K&N Filter & Remap stage 1, setelah itu tenaganya lumayan jdi joss dan lebih kencang sedikit dari ANPS std. Yang dulu nya 0-100km/h di 13 detik sekarang di sekitar 9.8 detik, tapi memang tidak sekencang CX-5 saya dulu yng 8.5 detik ke 100km/h. Untuk soal pengereman VRZ yng Improvement 2017 ini sangat baik gara2 rem udh cakram dan saya rasa pengeremanya lebih baik dari ANPS + di VRZ rem depanya 4 Piston vs ANPS yng 2 Piston, walaupun mobil baru jln 33rb KM tapi rem nya udh mulai geter klo di injek dlm2, ini saya baca sih penyakit normal buat VRZ. Tapi untuk safety Fortuner sebelum facelift ini sangat kurang untuk mobil setengah M lebih, kyk airbag cuma 3 & gk ada VSC,HSA, dll.
Klo reliability mesin, selama 4 thn saya pake sih gk pernah masalah, mungkin juga gara2 dari baru isinya DEX ato Shell diesel trs, dan untuk konsumsi BBM sebelum remap, dan pke BRQ doang sekitar 1:10-11 km/l dengan rata2 18-20 km/h dan setelah remap bisa 13 km/l + untuk isi empty to full bisa kena 750-800rb buat isi DEX.
Kesimpulan:
Overall klo di tanya nyesel gk beli Fortuner VRZ ini, kalo 4 thn yang lalu sih gk, namun kalo belinya skrng mungkin iya
